Rupa-rupa

30 Juli 2021

Tips Desain Warung Minimalis, Lengkap dengan Inspirasinya

Menarik pembeli buat mampir!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Meiskhe
Disunting oleh Karla Farhana

Ketika memulai usaha, banyak hal yang perlu dipikirkan, termasuk konsep desain toko atau warung. Kalau Moms berencana membuka usaha warung minimalis di rumah atau pinggir jalan, pastikan mengonsep desainnya dengan baik ya!

Desain yang menarik dan nyaman merupakan bagian dari trik pemasaran untuk mengundang pembeli datang, dan bikin usaha jadi laris manis.

Tidak usah khawatir, karena ada banyak sekali ide desain warung minimalis seperti warung kopi, kedai makanan, maupun kios sembako yang bisa Moms jadikan sebagai inspirasi.

Tips Membuat Desain Warung Minimalis

warung minimalis

Foto: Pinterest.com

Ingin warung yang Moms buka menarik perhatian pembeli? Yuk, simak tips desain warung minimalis berikut ini!

Baca Juga: Modern dan Indah, Ini 10 Ide Denah Rumah Minimalis yang Kekinian

1. Cari Inspirasi Desain

Sebelum membuat desain warung minimalis, carilah inspirasi sebanyak-banyaknya terkait desain tampilan luar, interior ataupun material yang akan digunakan saat membangun sebuah warung.

Moms bisa menemukan inspirasi di internet, sosial media ataupun berkeliling melihat desain warung-warung minimalis di sekitar tempat tinggal.

2. Sesuaikan dengan Jenis Warung yang akan Dibuka

Tentunya desain warung kopi atau cafe minimalis berbeda dengan kios yang menjual sembako. Oleh karena itu, sesuaikan desainnya dengan jenis warung yang akan dibuka ya, Moms. Desain warung kopi biasanya akan lebih estetik dan menyediakan kursi dan meja bagi pelanggan, sementara kios sembako lebih simpel.

3. Visual Warung Menarik dan Unik

Ketika Moms membuka warung minimalis di pinggir jalan, di mana terdapat warung-warung lainnya, usahakan desain warung terlihat lebih menonjol, sehingga mudah menarik perhatian orang-orang yang lewat. Menonjol tidak berarti menggunakan warna-warna terang lho, Moms. Namun, lebih terlihat unik, estetik dan lain daripada yang lain.

4. Display Produk

Biasanya orang akan menghampiri warung yang dari luar terlihat bersih dan terdapat display produk yang menarik. Semisal Moms membuka kedai jus buah, susun rapi buah-buahan dia area depan agar terlihat oleh pembeli.

5. Perhatikan Kenyamanan Pembeli

Ungkapan pembeli adalah raja berlaku di dunia usaha lho, Moms. Jika Moms membuka warung kopi atau warung makan, sediakan fasilitas yang memadai. Misalnya meja dan kursi yang nyaman ataupun peralatan makan yang bersih. Kalau kedai makan atau kopi yang Moms buat cukup kecil, manfaatkan depan atau halaman untuk menaruh kursi dan meja.

Baca Juga: 16 Tips Desain dan Dekorasi untuk Ruang Tamu Minimalis

Inspirasi Desain Warung Minimalis Depan Rumah

warung minimalis

Foto: Pinterest.com

Jika terdapat lahan yang cukup luas di area rumah, Moms bisa memanfaatkannya untuk membuka warung minimalis, berupa kios sembako ataupun warung kopi. Dengan begitu, tidak perlu lagi mengeluarkan ekstra biaya untuk menyewa tempat.

Buka warung atau kedai di bagian depan atau halaman terluar rumah agar memudahkan akses pembeli untuk datang ya, Moms!

Berikut adalah beberapa inspirasi warung minimalis depan rumah yang bisa Moms sontek!

1. Warung Minimalis Samping Rumah

warung minimalis

Foto: Pinterest.com

Punya lahan kosong di samping rumah? Moms bisa menggunakannya untuk membuka kedai kopi kecil, yang tidak mengambil banyak tempat. Sisakan area depan kedai untuk menaruh kursi untuk pelanggan menikmati minuman mereka ya!

2. Minimalis dan Artistik

warung minimalis

Foto: Instagram.com/b.thanakran

Kalau lokasi rumah persis berada di pinggir jalan besar, namun tidak punya lahan yang cukup besar, inspirasi desain warung minimalis ini bisa dicoba. Meski berukuran kecil, jika penataan dan desainnya artistik, akan mengundang orang untuk mampir lho, Moms!

3. Warung di Teras Rumah

warung minimalis

Foto: Instagram.com/b.thanakran

Sebagian teras rumah juga dapat dimanfaatkan untuk membuka warung atau kedai lho. Biar pelanggan nyaman, buat pembatas antara rumah dan area usaha. Selain itu, sediakan tempat yang memadai untuk mereka bisa menikmati minuman dan makanan yang dipesan.

4. Kedai Kecil di Taman

warung minimalis

Foto: Pinterest.com

Kalau di rumah terdapat taman hijau yang luas, coba manfaatkan untuk membangun warung minimalis di atasnya. Dijamin ini akan jadi magnet bagi orang-orang untuk datang bersantai dan menikmati menu yang Moms buat.

5. Gerobak Warung

warung minimalis

Foto: Pinterest.com

Warung model gerobak (mobile stall) yang juga bisa dijadikan inspirasi lho, Moms! Terutama kalau lahan rumah tidak cukup luas. Selain minuman, Moms juga bisa menjual jajanan tradisional, nasi uduk, gorengan ataupun buah-buahan.

6. Warung Hasil Kebun

warung minimalis

Foto: Pinterest.com

Pernah nggak Moms terpikir untuk menjual hasil hobi berkebun yang ditekuni selama ini? Moms bisa membangun warung minimalis di tengah-tengah kebun sayur atau area depan rumah, lho!

Baca Juga: 9 Ide Taman Minimalis dan Cara Membuatnya

Inspirasi Desain Warung Minimalis Modern

Kalau Moms lebih suka dengan warung dengan desain tampak modern dan kekinian, bisa mencoba konsep industrial yang memberikan kesan unfinished, menggunakan warna-warna cerah agar terlihat playful, ataupun dinding kaca agar tampak modern.

Berikut beberapa inspirasi warung minimalis modern.

7. Warung Pinggir Jalan

warung minimalis

Foto: Pinterest.com

Meski berukuran kecil terlihat minimalis, namun desain kedai ini tampak stand out, sehingga menarik perhatian orang-orang yang lewat. Visualnya juga tampak manis karena dihiasi dengan dekorasi tanaman hidup di sekelilingnya.

8. Konsep Foodtruck

warung minimalis

Foto: Pinterest.com

Warung minimalis berkonsep ala foodtruck juga bisa dijadikan inspirasi lho, Moms. Kedai food truck yang sedang tren belakangan ini, akan mengundang pembeli untuk datang karena melihat desainnya yang unik. Ditambah kalau hidangannya enak, mereka akan datang dan datang lagi.

9. Konsep Playful

warung minimalis

Foto: Hanako.tokyo.com

Membangun warung dengan memadukan warna-warna cerah juga terlihat atraktif lho. Biar memberi kesan minimalis, gunakan warna-warna yang lembut dan konsep interior yang memberi kesan warm ya, Moms!

10. Warung Berbentuk Unik

warung minimalis

Foto: Pinterest.com

Ingin memiliki desain warung yang unik dan beda dari yang lain? Coba lebih kreatif dengan mendesain warung dengan bentuk lebih modern seperti ini. Tak melulu berbentuk persegi atau persegi panjang, Moms!

Baca Juga: 7+ Inspirasi Desain Mushola dalam Rumah, Agar Ibadah Makin Khusyuk!

Inspirasi Warung Minimalis dari Kayu

Hingga kini desain dari bahan kayu masih sangat diminati. Tidak heran, selain terlihat vintage, juga memberi kesan natural dan hangat.

Selain mempertahankan warna kayu yang cokelat, Moms juga bisa membuat warung minimalis berbahan kayu dengan warna-warna lain, seperti hitam, biru, kuning ataupun warna-warna cerah lainnya.

Yuk, intip inspirasi desainnya!

11. Warung Konsep Monokrom

warung minimalis

Foto: Pinterest.com

Biar tidak bosan dengan warna kayu yang itu-itu saja, Moms bisa membuat tampilan luar warung minimalis dengan warna monokrom, seperti hitam ataupun abu-abu. Jangan lupa hiasi dengan dekorasi tanaman dan bunga, serta lampu-lampu dengan bentuk unik ya!

12. Mobile Stall Minimalis

warung minimalis

Foto: Pinterest.com

Kalau Moms berencana membuka kedai atau kios di mall, buatlah desain warung minimalis dari kayu yang terlihat modern tapi unik.

13. Warung Ala Jepang

warung minimalis

Foto: Pinterest.com

Desain warung ala Jepang juga sangat menarik untuk dijadikan inspirasi lho, Moms. Terutama kalau Moms menjual makanan Jepang ataupun produk-produk Asia lainnya.

14. Display yang Artistik

warung minimalis

Foto: Pinterest.com

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika menjalankan usaha warung adalah display produk di dalamnya. Selain tertata rapi dan bersih, usahakan peralatan display seperti rak dan meja juga terbuat dari material warna senada.

15. Warung Kayu Berwarna Cerah

warung minimalis

Foto: Instagram.com/b.thanakran

Warung kayu milik Moms juga akan terlihat lebih stand out kalau dicat dengan warna-warna cerah, seperti biru, kuning, ataupun merah muda, tanpa menghilangkan kesan minimalisnya, lho!

Baca Juga: 15 Aplikasi Desain Rumah, Yuk Mulai Rancang Rumah Idaman!

Itu dia tips dan inspirasi warung minimalis untuk usaha rumahan ataupun di pinggir jalan, Moms! Semoga membantu Moms dalam menemukan konsep desain yang sesuai ya!

  • https://www.aami.com.au/aami-informed/inside-a-business/managing-a-business/build-a-standout-market-stall.html
  • https://www.thefinderskeepers.com/blog/2011/03/top-10-tips-market-stalls/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait