Program Hamil

28 Mei 2021

10 Cara Aman untuk Atasi Wasir Saat Hamil

Rasa tidak nyaman di sekitar dubur, bahkan menyakitkan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Dina Vionetta

Wasir saat hamil adalah sebuah kondisi yang lazim terjadi. Penyebabnya adalah pembengkakan pembuluh darah vena di dalam dan di sekitar anus akibat tekanan yang disebabkan oleh tekanan rahim.

Gejala wasir saat hamil yang paling umum adalah timbulnya rasa gatal dan terbakar di anus, dan rasa sakit saat buang air besar.

Dalam sebuah jurnal yang berjudul Hemmorhoid in Pregnancy disebutkan bahwa kondisi ini sangat umum terjadi pada para perempuan yang sedang hamil tua atau hamil di trimester ke tiga.

Baca Juga: Makanan untuk Penderita Wasir: Apa yang Boleh dan Tidak Boleh?

Wasir internal akan berdarah ketika Moms buang air besar yang keras, sedangkan wasir eksternal akan muncul sebagai benjolan yang bengkak dan berwarna kebiruan di bagian luar anus, terasa menyakitkan tetapi biasanya tidak berdarah.

Menurut Arthur Zaltz, kepala kebidanan dan kandungan, sekaligus kepala program studi Women and Babies di Sunnybrook Health Sciences Centre, Toronto, wasir biasanya muncul di trimester pertama atau trimester akhir.

"Dalam beberapa bulan pertama kehamilan, wanita cenderung mengalami hal ini karena perubahan hormon, dan mengejan adalah faktor risiko munculnya wasir," ucapnya.

Wasir saat hamil sebenarnya bisa dicegah. Cassandra Reid, ahli gizi terregister dari Toronto, merekomendasikan Moms untuk memperbanyak konsumsi serat. Bersamaan dengan makanan yang kaya serat, Reid juga menyarankan Moms untuk minum banyak air dan mengonsumsi probiotik.

Namum sebelumnya, yuk ketahui penyebab wasir saat hamil lebih dalam dan wajib untuk Moms ketahui!

Baca Juga: Segala Hal Tentang Penyakit Wasir, Mulai dari Penyebab Hingga Pencegahannya

Penyebab Wasir Saat Hamil

wasir saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Lebih dari 50% perempuan mengalami wasir saat hamil. Hal tersebut dikarenakan perempuan lebih rentan mengalami sembelit saat hamil jika dibandingkan dengan masa di waktu yang lainnya.

Dalam sebuah studi yang berjudul Haemorrhoids and Anal Fissures During Pregnancy and After Childbirth: A Prospective Cohort Study menemukan bahwa dari 280 perempuan hamil terdapat 45,7% mengalami konstipasi.

Konstipasi tersebut biasanya disebabkan oleh terlalu banyak duduk, perubahan hormon dan juga mengonsumsi suplemen. Lalu sebenearnya, apakah wasir akan hilang jika kehamilan sudah selesai?

Baca Juga: Ternyata Kecemasan Berlebih Bisa Jadi Penyebab Diare! Kenali Penyebab Lainnya dan Cara Mencegahnya

Akankah Wasir Hilang Setelah Kehamilan Selesai?

wasir saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Wasir saat hamil biasanya akan hilang seutuhnya setelah kehamilan. Usai Moms melahirkan, wasir saat hamil bisa langsung sembuh tanpa pengobatan.

Sembuhnya wasir saat hamil ketika melahirkan disebabkan oleh tingkat hormon, volume darah dan tekanan intra-abdominal yang berkurang setelah melahirkan, Moms.

Biasanya wasir saat hamil berkembang atau hadir saat kehamilan masuk ke trimester ke tiga dan ketika melahirkan secara mendadak.

Cara Mengatasi Wasir Saat Hamil

Melansir jurnal yang berjudul sama, Moms mungkin bisa terkena kondisi ini saat melahirkan karena merasa tegang yang lama dan pembukaan kedua saat melahirkan.

Tapi, bagaimana jika wasir terlanjur muncul? Berarti, Moms harus fokus pada cara menanganinya.

Inilah cara mengatasi wasir saat hamil!

1. Berendam di Dalam Air Hangat Beberapa Kali Sehari

begini cara mengatasi wasir saat hamil 1

Foto: babycenter.com

Cara mengatasi wasir saat hamil yang pertama adalah dengan merendamkan diri ke dalam air hangat selama beberapa kali dalam satu hari. Tak perlu berendam di dalam bathtub, Moms bisa berendam di dalam bak kecil asalkan bagian anus dan sekitarnya terendam.

Baca Juga: Janin Dideteksi Cacat, Apa yang Harus Moms Lakukan?

2. Lakukan Kompres Dingin di Area Wasir Beberapa Kali Sehari

begini cara mengatasi wasir saat hamil 2

Foto: pregnantchicken.com

Cara untuk mengobati wasir saat hamil yang kedua dengan alami adalah melakukan kompres air dingin di area wasir untuk beberapa kali dalam satu hari nih, Moms! Kompres dingin dapat mengurangi pembengkakan dan membantu menghilangkan rasa sakit pada wasir.

3. Jaga Anus Tetap Bersih dan Kering

begini cara mengatasi wasir saat hamil 3

Foto: americanpregnancy.org

Jangan sampai diabaikan nih, Moms. Cara selanjutnya untuk menyembuhkan wasir saat hamil adalah dengan menjaga anus agar tetap bersih dna kering meski sering bolak-balik ke toilet.

Gunakan handuk atau tisu lembut untuk membersihkan area di sekitar anus setiap kali Moms selesai buang air besar. Hindari tisu toilet yang cenderung kasar.

Baca Juga: Areola Kering dan Terasa Nyeri saat Hamil, Bahayakah?

4. Hindari Duduk Terlalu Lama

begini cara mengatasi wasir saat hamil 4

Foto: everydayhealth.com

Wasir saat hamil bisa disebabkan oleh perempuan hamil yang menghabiskan waktu duduk terlalu lama. Cara mengobatinya tentu saja dengan berusaha bergerak dan tidak duduk terlalu lama, Moms!

Atau jika tak bisa dihindari, Moms bisa gunakan bantalan untuk duduk agar tidak mengganggu benjolan wasir.

Baca Juga: Tidak Hanya Minum Air Putih, Ini 6 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

5. Minum Air Putih dan Makanan Makanan Berserat

wasir saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Agar wasir saat hamil tidak menjadi lebih parah, Moms perlu mengonsumsi air putih yang banyak serta makan makanan yang berserat, ya! Hal tersebut dimaksudkan agar feses yang keluar tetap lembut dan tidak membuat anus terluka.

6. Hindari Mengejan Ketika Buang Air Besar

wasir saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Hal lain yang perlu dilakukan agar wasir saat hamil tidak menjadi lebih parah adalah menghindari mengejan saat buang air besar. Ketika mengejan, anus mungkin malah akan terluka.

Jadi, setelah minum banyak air putih dan makan makanan berserat, semoga hal tersebut bisa membantu untuk melembutkan tekstur feses. Tekstur feses yang lembut pun bisa membantu Moms untuk tidak duduk terlalu lama di toilet mengingat duduk terlalu lama malah bisa membuat lebih sakit.

Baca Juga: Kenali Bahaya dan Risiko Jika Ibu Hamil Terkena Hepatitis A

7. Tidur dengan Posisi Menyamping

wasir saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Ketika wasir saat hamil menyerang, rasanya mencari posisi tidur saja bisa sulit ya, Moms. Nah, agar anus tidak terasa sakit, lebih baik Moms mencoba untuk berbaring atau tidur dengan posisi menyamping saja.

Menggunakan bantal kehamilan pun bisa membantu Moms dalam menemukan posisi yang pas dan nyaman saat hamil.

9. Senam Kegel

wasir saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Healthline, melakukan kegel adalah salah satu cara untuk mengobati wasir saat hamil.

Dengan melakukan senam kegel, pengotrolan kita terhadap otto dasar panggul menjadi lebih baik, Moms!

Baca Juga: Ketahui Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien yang Bisa Dilakukan

10. Mencoba Beberapa Salep Topikal untuk Wasir Eksternal

begini cara mengatasi wasir saat hamil 5

Foto: healthexpertgroup.com

Cara lain untuk mengobati wasir saat hamil adalah dengan menggunakan salep tropikal. Salep ini digunakan untuk eksternal saja ya, Moms! Tapi, pastikan Moms konsultasikan dulu pada dokter mengenai pengobatan yang tepat dan aman untuk wasir.

Itulah cara mengatasi wasir saat hamil. Semoga tips di atas berguna untuk Moms yang sedang berjuang mengatasi wasir saat hamil, ya.

Baca Juga: Ketahui Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien yang Bisa Dilakukan

Catatan Penting

Ketika Moms memiliki kondisi wasir saat hamil, memeriksakan diri ke dokter adalah hal yang perlu sebelum mengobatinya secara alami di rumah.

Hal ini diperlukan agar Moms bisa mendapatkan diagnosa yang tepat dan mengerti pilihan pengobatan yang tersedia untuk Moms.

Ketika sedang dalam masa kehamilan, sebaiknya Moms selalu bertanya dan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan oral maupun salep. Hal ini sebagai bentuk keyakinan agar pengobatan yang Moms lakukan tidak berisiko pada bayi di kandungan.

Nah itu dia Moms penyebab dan juga cara pengobatan wasir saat hamil yang bisa dilakukan di rumah. Sehat selalu dan semoga persalinannya lancar, ya!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2278306/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24810254/
  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-hemorrhoids#treatment
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait