Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
13 Juni 2020

Waspada, Ini Penyebab Asam Lambung Pada Anak

Perhatikan apa saja penyebab asam lambung pada anak supaya bisa dihindari, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, apakah Si Kecil mengalami susah makan? Atau Si Kecil sering mengeluh sakit perut dan tenggorokannya tidak enak? Hati-hati, keluhan tersebut bisa jadi pertanda Si Kecil mengalami asam lambung.

Menurut studi dari University of Rochester Medical Center, asam lambung atau biasa disebut GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah penyakit gangguan pencernaan jangka panjang. Hal ini terjadi ketika isi dari lambung kembali (refluks) mengalir ke dalam pipa makanan (esofagus) dan menyebabkan gejala atau masalah.

Menurut Kids Health, asam lambung bisa terjadi pada anak-anak, bahkan pada bayi. Gejala umum yang biasa terjadi pada anak-anak adalah perut atau dada yang terasa tidak enak, sedangkan pada bayi biasanya terjadi muntah-muntah dan menyebabkan rewel saat menyusui.

Penyebab Asam Lambung Anak

John Hopkins Hospital menyebutkan ada beberapa makanan yang bisa jadi penyebab asam lambung anak. Misalnya saja cokelat, peppermint, makanan tinggi lemak.

Namun, selain makanan, ternyata asam lambung juga bisa disebabkan oleh hal-hal lain. Apa saja penyebab asam lambung anak yang harus Moms waspadai?

1. Makanan Pedas dan Berlemak

Penyebab Asam Lambung Anak 1.jpg

Foto: Freepik.com

Jika Si Kecil sering mengonsumsi makanan yang pedas dan berlemak, ini dapat jadi pemicu meningkatnya kadar asam pada lambung. Begitu juga jika ia senang mengonsumsi makanan berlemak seperti goreng-gorengan.

Baca Juga: 7 Makanan Pereda Asam Lambung Bagi Anak

2. Obesitas

Penyebab Asam Lambung Anak 2.jpg

Foto: Freepik.com

Ketika Si Kecil mengalami obesitas, kemungkinan besar ia juga akan mengalami gangguan asam lambung.

Selain kelebihan berat badan, pola makan dan gaya hidup anak-anak yang mengalami obesitas juga dapat jadi penyebab asam lambung anak jadi tinggi.

3. Perokok Pasif

Penyebab Asam Lambung Anak 3.jpg

Foto: Freepik.com

Asap rokok dapat meningkatkan sekresi asam dan mengurangi produksi air ludah yang berguna untuk menetralkan kadar asam di mulut dan tubuh. Untuk itu, jauhkan Si Kecil dari perokok di sekitarnya, ya.

4. Stres

Penyebab Asam Lambung Anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Stres bisa menjadi salah satu penyebab naiknya asam lambung Si Kecil. Hal ini terjadi karena stres dapat meningkatkan sensitivitas nyeri termasuk ulu hati.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Anak Stres saat Belajar di Rumah Menurut Psikolog

Makanan Penyebab Asam Lambung

Selain hal-hal di atas, makanan juga bisa jadi penyebab asam lambung anak jadi tinggi, Moms. Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari jika tidak mau asam lambung jadi tinggi.

1. Kol dan Sawi

Penyebab Asam Lambung Anak 5.jpg

Foto: Freepik.com

Kedua sayuran ini tidak baik dikonsumsi berlebihan karena banyak mengandung gas. Untuk itu, batasi konsumsi kol dan sawi untuk Si Kecil ya, Moms.

2. Kopi

Penyebab Asam Lambung Anak 6.jpg

Foto: Freepik.com

Kopi adalah minuman yang harus dihindari Si Kecil, karena dapat meningkatkan refluks asam lambung.

Baca Juga: 9 Makanan Penyebab Asam Lambung yang Harus Dihindari

3. Goreng-gorengan

Penyebab Asam Lambung Anak 7.jpg

Foto: Freepik.com

Si Kecil sebaiknya menghindari makanan yang digoreng dan berlemak, karena makanan yang direndam dalam minyak panas dan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan iritasi pada lambung Si Kecil.

Cara Atasi Asam Lambung pada Anak

Lantas, apabila asam lambung anak sudah tinggi, apa yang harus dilakukan, Moms? Berikut ini beberapa langkah yang dapat ditempuh:

  • Tegakkan posisi anak setelah makan
  • Jaga asupan makanan anak
  • Hindari porsi makan yang besar
  • Atur jadwal makan malam
  • Tidur dan istirahat yang cukup

Nah, Moms itulah beberapa penyebab asam lambung anak yang harus Moms waspadai. Jika rasa sakit tak kunjung hilang selama berhari-hari, jangan ragu untuk segera bawa anak berkonsultasi ke dokter.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait