Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | May 17, 2018

Waspada! Ini Tanda-tanda Awal Gejala Serangan Jantung

Bagikan


Waspada! Ini Tanda-tanda Awal Gejala Serangan Jantung

Sebagai salah satu penyakit tak menular yang mematikan, penyakit jantung bisa terjadi pada siapa saja dengan beragam usia. Sayangnya, masih banyak orang mengabaikan tanda-tanda awalnya. Misalnya, lalai mengenali gejala serangan jantung saat beraktivitas sehari-hari.

Selain dipicu faktor genetik, saat ini pencetus utama penyakit jantung maupun serangan jantung adalah pola hidup tak sehat. Seperti konsumsi makanan berlemak, jarang berolahraga, kurang tidur dan beristirahat, dan sebagainya.

Baca Juga: Ini 8 Makanan yang Ramah Jantung

Untuk menghindari risiko yang lebih fatal, lebih baik Moms memahami juga tanda-tanda awal atau gejala serangan jantung berikut.

1. Nyeri di dada

Nyeri yang terasa di dada biasanya adalah pertanda umum bagi penderita penyakit jantung. Termasuk mereka yang terkena serangan jantung tiba-tiba.  

Serangan jantung ini biasanya ditandai dengan perasaan tertekan di area dada kiri. Namun bagi wanita, nyeri dada tidak hanya di rasakan di satu bagian saja tapi bisa jadi menyeluruh atau menjalar.

2. Kelelahan

Gejala awal selain nyeri dada yang sering didapati oleh pasien serangan jantung adalah cepat lelah.

Walaupun aktivitas yang dilakukan tidak terlalu berat, orang yang berpotensi mengalami serangan jantung akan mudah capek. Untuk beberapa kasus, rasa lelah bahkan sudah terasa saat bangun tidur di pagi hari.

Baca Juga : 7 Penyakit Mematikan Bagi Wanita

3. Sesak napas

Pembuluh darah yang menghambat aliran darah membuat orang yang berpotensi mengidap serangan jantung akhirnya mengalami sesak napas.

Hal ini berakibat fatal karena denyut jantung menjadi tidak teratur. Risiko buruk lainnya terjadi penyempitan pada katup dan berakhir pada kebocoran jantung yang dalam hitungan menit bisa menyebabkan kematian.

4. Sakit kepala

Moms yang sering merasakan migrain perlu waspada karena dugaan potensi serangan jantung bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Sakit kepala demikian biasanya terjadi saat terkena paparan sinar matahari. Penyimpangan sirkulasi darah adalah penyebab sakit kepala kronis jenis ini dimana mampu menyebabkan penderitanya berisiko terkena serangan jantung.

Baca Juga: Kenali Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi

5. Sakit perut

Jangan sepelekan sakit perut! Sebab penyakit ini pun adalah salah satu gejala serangan jantung bisa menghantui kita, Moms. Rasa sakit perut yang dialami akan sangat menyiksa dan disertai dengan gejala lain seperti flu.

6. Keringat dingin

Pernah mendengar orang yang mengatakan kalau tangannya seringkali terasa basah, pertanda adanya penyakit jantung?

Hal ini tidak sekedar mitos, lho. Umumnya orang berkeringat saat udara panas atau usai melakukan aktivitas fisik. Namun, jika tidak sedang mengalami dua hal tadi, lalu tangan atau daerah tubuh lainnya kerap berkeringat, bisa jadi itu tanda-tanda awal serangan jantung bagi sebagian orang.

Baca Juga : 3 Mitos Penyakit Jantung yang Sering Dipercaya

Jadi, jika Moms sering mengalami tanda-tanda serangan jantung seperti disebutkan di atas, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Setidaknya pemeriksaan sejak dini mampu mencegah risiko fatal yang menyebabkan kematian mendadak yang tak bisa kita prediksi. Selain itu, selalu ingat untuk menerapkan pola hidup yang sehat, ya, Moms. Tak mau, kan, serang jantung mengintai kita atau orang-orang terkasih di keluarga?

(LMF)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.