Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | May 18, 2018

Waspadai Gejala Lupus, Penyakit Autoimun yang Sering Menyerang Wanita

Bagikan


Waspadai Gejala Lupus, Penyakit Autoimun yang Sering Menyerang Wanita

Penyakit autoimun adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh Moms secara keliru menyerang tubuh. Sistem kekebalan biasanya melindungi terhadap kuman seperti bakteri dan virus. Salah satunya lupus, jenis penyakit autoimun yang sering menyerang wanita tanpa kita sadari gejala-gejalanya.

Pada kondisi autoimun, sistem kekebalan tubuh malah akan mengirimkan pasukan sel-sel untuk menyerang tubuh sendiri. Biasanya, sistem kekebalan dapat mengetahui perbedaan antara sel asing dan sel tubuh sendiri.

Namun, pada penyakit autoimun, kesalahan sistem kekebalan tubuh adalah menganggap bagian tubuh Moms seperti sendi atau kulit sebagai benda asing. Hal Ini melepaskan protein yang disebut autoantibodi yang menyerang sel-sel sehat.

Baca Juga : Jamilah Sungkar Meninggal Akibat Autoimun, Penyakit yang Sama Kejamnya dengan Kanker

Beberapa penyakit autoimun hanya menargetkan satu organ. Misalnya, untuk diabetes tipe 1 dapat merusak organ pankreas. Tapi, jenis penyakit autoimun lainnya seperti lupus, justru bisa memengaruhi seluruh tubuh. Seperti apa gejalanya? Mari kita simak lebih lanjut.

Lupus

Penyakit yang menyerang sistem imunitas ini memang sering menyerang wanita. Meski demikian, dampak dari penyakit ini cukup parah, penyakit ini bukanlah penyakit menular.

Tahukah Moms bahwa salah satu penyakit yang dapat disebabkan oleh autoimun adalah lupus, dimana peradangan yang disebabkan oleh lupus ini akan menyebabkan banyak dari sistem tubuh yang terpengaruh.

Seperti diantaranya sendi, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung hingga paru-paru. Jenis penyakit lupus juga terdiri dari tiga macam yaitu eritematosus sistemik, eritematosus discoid dan lups akibat penggunaan obat.

Baca Juga : 8 Penyakit Autoimun yang Harus Kita Ketahui

Penyebab Lupus

Faktor yang menyebabkan penyakit lupus juga bermacam-macam, seperti:

1. Sinar UV

Bagi Moms yang sering berada di luar ruangan, hendaknya berhati-hati karena ternyata paparan sinar matahari dapat membawa memicu reaksi internal pada mereka yang tidak memiliki sistem imunitas yang baik.

2. Obat

Seperti yang telah disebutkan bahwa lupus dapat disebabkan oleh obat, terutama bagi mereka yang kerap mengkonsumsi obat anti kejang, antibiotik serta obat tekanan darah. Hal yang malah akan memicu timbulnya lupus adalah ketika penggunaan obat-obatan tersebut dihentikan.

Lupus dapat dipicu oleh beberapa jenis obat seperti obat anti kejang, obat tekanan darah dan antibiotik. Pada beberapa orang, penghentian obat akan membuat penderita lupus sembuh.

3. Infeksi

Lupus juga dapat disebabkan oleh infeksi seperti infeksi virus, parvovirus, dan infeksi hepatitis C yang dapat menyebabkan lupus.

Baca Juga : 6 Selebritis Dunia Ini Mengidap Lupus

Waspadai Gejala Lupus

Gejala penyakit lupus ini ternyata meliputi gejala-gejala yang ringan, seperti:

1. Demam

Demam merupakan gejala lupus yang paling umum, dimana biasanya diiringi dengan rasa lelah yang ekstrim. Bahkan pada sebagian kasus, kelelahan akan menyebabkan seseorang tak mampu beraktivitas. Selain itu, biasanya penderita lupus juga akan merasakan nyeri sendi.

2. Ruam Kulit

Waspadai pula juga akan ruam yang tiba-tiba terjadi pada kulit. Dimana ruam ini biasanya terdapat pada bagian pipi dan hidung. Biasanya selain ruam ada pula luka atau bintik pada lengan, wajah, leher hingga punggung dan yang paling signifikan adalah luka di bibir.

3. Gejala Umum Lain

Gejala umum lainnya yang dapat dialami penderita lupus adalah jari tangan yang berubah menjadi pucat atau membiru, sesak pada pernapasan yang disertai nyeri pada bagian dada hingga mata yang terasa kering.

Itulah tadi penyebab dan gejala penyakit lupus. Mulai sekarang jangan abaikan alarm tubuh atau perubahan kesehatan meski tampak sepele, ya, Mom.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.