Kesehatan

11 Juni 2021

Kecil-kecil Tangguh, Simak 6 Manfaat Wijen Hitam yang Tak Disangka!

Moms, ingin tahu manfaat wijen hitam? Ini ulasannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Pernahkah Moms mencoba mengonsumsi wijen hitam? Tahukah Moms bahwa biji wijen ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan?

Biji wijen adalah biji kecil kaya minyak yang tumbuh di polong tanaman Sesamum indicum. Biji yang belum dikupas memiliki kulit luar yang dapat dimakan utuh. Manfaat biji wijen, termasuk wijen hitam ternyata sangat banyak.

Cara mengolah wijen hitam agar dapat dikonsumsi, yaitu dengan disangrai atau dipanggang sampai matang.

Moms mungkin sering memasukkan biji wijen untuk pelengkap hidangan khas Korea, atau mungkin sebagai bahan utama dalam Kue Keciput atau Kue Wijen.

Wijen hitam juga dapat dicampurkan pada sushi, sereal, nasi, mie, smoothie, yoghurt, atau hidangan lainnya.

Baca Juga: Tak Hanya sebagai Taburan, Ini 18 Manfaat Wijen untuk Kesehatan

Manfaat Biji Wijen Hitam untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat wijen hitam yang baik untuk kesehatan.

Moms mungkin perlu makan dalam jumlah yang banyak, seperti misalnya segenggam kecil per hari untuk bisa mendapatkan manfaat wijen untuk kesehatan.

Nah, berikut ini manfaat biji wijen hitam untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat wijen hitam ternyata mampu mencegah penuaan dini. Hal ini juga sudah menjadi kepercayaan orang Cina. Ternyata, ada studi yang mendukung pernyataan ini, lho, Moms.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard pada tahun 2010 mengungkapkan, biji wijen hitam kaya akan vitamin B dan zat besi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Nyatanya, kebanyakan orang yang kekurangan vitamin B atau zat besi menunjukkan gejala seperti rambut beruban, kehilangan pendengaran, dan kehilangan ingatan, yang semuanya adalah indikator penuaan.

Jadi, apabila Moms ingin menjaga tubuh tetap kuat dan sehat hingga usia tua nanti, cobalah untuk mempertimbangkan mengonsumsi wijen hitam secara rutin, ya.

Baca Juga: 4 Menu Percepat Penuaan Dini

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga Kesehatan Tulang

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat wijen hitam berikutnya, yaitu menjaga dan memelihara kesehatan tulang, serta mampu mencegah terjadinya osteoporosis. Osteoporosis adalah kondisi tulang yang rapuh dengan kerentanan yang meningkat terhadap patah tulang.

Faktanya, wanita lebih rentan mengalami osteoporosis dibandingkan pria. Maka dari itu, ada baiknya Moms memelihara kesehatan tulang mulai dari sekarang.

“Massa tulang cenderung menurun setelah usia 35 tahun. Maka dari itu, pengeroposan tulang terjadi lebih cepat pada wanita setelah menopause. Biji wijen hitam kaya akan kalsium dan zinc yang dapat membuat tulang lebih kuat,” ungkap Dr. Gargi Sharma, ahli gizi di New Delhi.

Selain itu, sebagai cara mencegah terjadinya osteoporosis, Moms harus rutin berolahraga sejak usia muda. Rutin berolahraga membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan keseimbangan, postur tubuh, dan fleksibilitas.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C, D, K, serta protein, magnesium, dan kalsium sebagai cara mencegah terjadinya osteoporosis.

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Mengatasi Gangguan Pencernaan.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat wijen hitam lainnya, yaitu membantu menyembuhkan sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Biji wijen hitam dapat membantu menyembuhkan sembelit karena kandungan seratnya yang tinggi dan kandungan asam lemak tak jenuh.

Minyak yang ditemukan dalam bijinya dapat melumasi usus, sedangkan serat dalam bijinya membantu melancarkan buang air besar. Wijen hitam ini juga membantu membersihkan cacing di saluran usus dan meningkatkan proses pencernaan.

Nah, Moms dapat menggiling biji wijen hitam atau merendamnya semalaman agar membantu membuat benih lebih mudah dicerna.

Selain mendapatkan asupan serat dalam tubuh, Moms dapat menjaga kesehatan pencernaan dengan cara lainnya. Di antaranya, yaitu menjaga hidrasi tubuh, mengonsumsi probiotik, serta mengurangi asupan kafein dan minuman beralkohol.

Bisa dikatakan, air mineral adalah minuman yang paling baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Air digunakan untuk menjaga tingkat pH tubuh.

Jika tingkat pH itu terlalu asam, artinya asam lambung meningkat sehingga perut terasa melilit. Air juga mencegah meningkatnya kadar asam dalam lambung. Jika tubuh tidak bisa membuang limbah, maka limbah itu akan bertahan dalam usus besar sampai akhirnya bisa terbuang.

Baca Juga: Resep: Bubur Udang Gurih Tabur Wijen

3. Mengurangi Risiko Kanker

Mengurangi Risiko Kanker.jpg

Foto: freepik.com

Kanker masih menjadi momok yang menakutkan bagi siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Untuk itu, gaya hidup sehat harus diterapkan demi mengurangi risiko terjadinya kanker.

Nah, ternyata Moms dapat makan wijen hitam untuk mengurangi risiko kanker. Mengapa demikian?

Biji wijen, termasuk wijen hitam mengandung magnesium yang memiliki sifat anti kanker. Wijen hitam juga mengandung senyawa anti kanker yang disebut fitat.

Dikutip dari jurnal Nutrition and Cancer, manfaat wijen hitam terbukti efektif dalam mengurangi risiko tumor kolorektal, sehingga mencegah kanker kolorektal.

Hal ini juga didukung oleh Dr. Ronald DePhino dari MD Anderson Cancer Center. Ia mengungkapkan, sesamin yang ditemukan dalam biji wijen hitam ternyata dapat melindungi hati dari kerusakan akibat radikal bebas di dalam tubuh.

Bijinya kaya akan serat, lignan (penguat sel) dan fitosterol (fitokimia), yang dapat melindungi Moms dari perkembangan kanker usus besar.

4. Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Foto: Orami Photo Stock

Mengapa penting sekali untuk rutin mengukur tekanan darah? Sebab, tekanan darah yang normal menjadi tanda bahwa jantung memberikan suplai darah yang berisi oksigen dan makanan dengan baik.

Baik tekanan darah rendah maupun tekanan darah tinggi sama-sama memiliki dampak negatif untuk tubuh. Maka dari itu, Moms harus menjaga tekanan darah tetap normal. Nah, salah satu cara untuk menstabilkan tekanan darah, yaitu mengonsumsi biji wijen hitam.

Hal ini karena wijen hitam kaya magnesium yang membantu mencegah hipertensi. Lemak tak jenuh ganda dan senyawa sesamin yang ada dalam minyak wijen juga diketahui menjaga tingkat tekanan darah tetap terkendali.

Beberapa makanan lainnya yang dipercaya mampu menstabilkan tekanan darah, yaitu bawang putih, kapulaga, kayu manis, daun selasih, buah pisang, dan sayur bayam.

Baca Juga: Kenali Makanan yang Boleh Dikonsumsi Maupun Dihindari Penderita Hipertensi

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat wijen hitam satu ini sebenarnya masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Jadi, ketika tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka meningkatkan risiko untuk mengalami penyakit jantung hingga serangan stroke.

Untuk itu, Moms harus mengatur pola makan yang sehat untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan mengonsumsi wijen hitam. Wijen hitam ini mengandung senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang disebut sesamol yang juga menunjukkan sifat anti-aterogenik.

Faktor inilah yang membuat manfaat wijen hitam dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dikutip dari International Journal of Food and Science Nutrition, manfaat wijen juga datang dari kandungan asam lemak tak jenuh tunggal, asam oleat, yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Alhasil, wijen bisa mencegah risiko penyakit arteri koroner dan stroke.

Baca Juga: 3+ Cara Membuat Minyak Wijen, Enak dan Mudah Banget!

6. Membantu Mengelola Stres

Membantu Mengelola Stres.jpg

Foto: freepik.com

Stres memang tidak akan bisa lepas dari kehidupan manusia. Namun, tingkat stres yang tinggi dapat berpengaruh pada kesehatan mental. Moms harus memiliki kemampuan untuk mengelola stres dengan baik.

Dilansir dari laman Natural News, manfaat wijen hitam datang berkat kandungan beberapa nutrisi yang memiliki khasiat penghilang stres.

Wijen hitam mengandung magnesium dan kalsium bertindak sebagai antispasmodik dengan mengatur fungsi otot yaitu kontraksi dan relaksasi.

Sementara itu, thiamin (vitamin B1) memiliki sifat menenangkan yang membantu fungsi saraf yang tepat. Triptofan juga merupakan asam amino esensial yang terlibat dalam produksi serotonin, neurotransmitter yang mengurangi rasa sakit dan mengatur pola tidur dan suasana hati.

Itulah beberapa manfaat wijen hitam untuk kesehatan tubuh hingga mental. Tertarik untuk mencobanya?

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16201847/
  • http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22263599
  • https://blogs.naturalnews.com/10-health-benefits-sesame-even-wont-believe/
  • https://food.ndtv.com/food-drinks/5-healthy-benefits-of-sesame-seeds-for-better-digestion-and-healthier-bones-1416030
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait