Jalan-jalan

3 September 2021

12 Lokasi Wisata Bahari dengan Pemandangan Alam yang Elok

Catat untuk destinasi wisata bersama keluarga!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Indonesia terkenal memiliki banyak destinasi wisata bahari yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Wisata Bahari merupakan seluruh kegiatan yang bersifat rekreasi.

Aktifitasnya dilakukan pada media kelautan atau bahari dan meliputi daerah pantai, pulau-pulau sekitarnya, serta kawasan lautan dalam pengertian pada permukaannya, dalamnya, ataupun pada dasarnya termasuk didalamnya taman laut.

Tak hanya lautnya yang biru jernih, hamparan pasir dengan beragam tekstur dan warna pun terhampar di beberapa pulau.

Penasaran? Ini dia Moms deretan rekomendasi tempat wisata bahari di Indonesia! Yuk, jangan lupa dicatat!

Baca Juga: Jangan Lupa Ajak Si Kecil ke 5 Tempat Wisata Anak di Bandung Ini

Destinasi Wisata Bahari Indonesia

Terkenal sebagai negara kepualauan, Indonesia terdiri dari gugusan pulau yang dipisahkan oleh lautan.

Namun bukan sekadar lautan, tapi juga pemandangan di dalamnya begitu menakjubkan, sehingga tak heran jika negara yang terletak di khatulistiwa ini memiliki wisata bahari yang begitu menjanjikan.

1. Kepulauan Derawan

Wisata bahari

Foto: celebes.co

Wisata bahari yang satu ini terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Kepulauan ini memiliki beberapa pulau dengan keindahan alam yang sama-sama memukau seperti pulau Derawan, Pulau Kakaban, Maratua, dan Sangalaki.

Di pulau Derawan sendiri, bisa dikatakan sebagai salah satu surganya diving Kalimantan.

Banyak lokasi diving dan snorkeling yang bisa dilakukan di pulau ini. Di pulau Derawan ini Moms dan keluarga juga bisa melihat lokasi konservasi penyu hijau.

2. Kepulauan Seribu

wisata bahari

Foto: kepulauanseribu.co.id

Destinasi wisata bahari yang satu ini masih menjadi favorit para wisatawan Ibu Kota yang ingin melepas penat tanpa perlu jauh-jauh menyeberang pulau.

Selain bisa melakukan berbagai aktivitas bahari, Moms juga bisa menjelajahi beberapa gugusan pulau untuk berwisata sejarah.

Selain gugusan pulau dengan konsep yang berbeda-beda, Kepulauan Seribu juga mempunyai taman nasional yang digunakan sebagai habitat 54 jenis karang, 144 jenis ikan, 2 jenis kima, 3 kelompok ganggang, 6 jenis rumput laut, 17 jenis burung pantai.

Pulau ini juga menjadi tempat peneluran biawak, ular cincin emas, piton, dan penyu hijau yang merupakan satwa langka.

Baca Juga: 7+ Wahana Wisata Owabong di Purbalingga, Siap-Siap Ketagihan!

3. Pantai Nihiwatu

Wisata bahari

Foto: katalogwisata.com

Nama Pantai Nihiwatu mungkin tak sepopuler Pantai Kuta. Namun siapa sangka wisata bahari yang satu ini berada di posisi ke 17 dari 100 pantai terbaik di dunia dan satu-satunya pantai di Indonesia yang terpilih versi CNN World’s 100 Best Beaches in The World.

Bahkan, pantai yang terletak di wilayah Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur ini mengalahkan Pantai Hanalei Bay di Hawaii yang jatuh ke peringkat 27.

Tak hanya pemandangannya yang menkajubkan, pantai ini menjadi salah satu surge bagi para surfer dunia untuk mencoba keganasan ombaknya.

Pasalnya, pantai berpasir putih ini mendapat julukan Left God Waves karena memiliki speed ombak tercepat.

4. Bunaken

Wisata bahari

Foto: celebes.co

Pulau Bunaken sudah menjadi highlight wisata bahari di Indonesia. Keindahan bawah laut pulau ini mampu membuat siapa saja yang melihatnya berdecak kagum.

Gugusan coral dan aneka biota laut masih bisa dinikmati dengan jelas di air yang sangat jernih, hal inilah yang membuat banyak orang mengatakan Bunaken sebagai 'surga di bawah air'.

UNESCO juga telah menetapkan Taman Nasional Bunaken sebagai salah satu wilayah konservasi laut yang harus dijaga dan dilindungi.

Pulau Bunaken terletak di Teluk Manado, jika ingin pergi ke pulau ini Moms bisa menyewa perahu dari pelabuhan kota Manado atau pelabuhan Marina.

5. Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai.jpeg

Foto: travelingyuk.com

Wisata bahari di Indonesia selanjutnya yaitu Kepulauan Mentawai yang berada di Sumatera Barat.

Lokasinya yang menghadap ke Samudera Hindia membuat kepulauan ini memiliki ombak yang besar.

Ombak di Kepulauan Mentawai merupakan salah satu ombak terbaik di dunia untuk berselancar.

Banyak para peselancar dunia datang untuk menguji adrenalin sambil menikmati keindahan bahari Mentawai.

Baca Juga: Yuk Ajak Si Kecil Liburan ke 13 Tempat Wisata di Bali Ini!

6. Kepulauan Anambas

Kepulauan Anambas.jpg

Foto: herworld.com

Terletak di Provinsi Kepulauan Riau, Taman Wisata Perairan Kepulauan Anambas memiliki banyak sekali potensi wisata bahari. Salah satunya adalah Pulau Durai yang merupakan surga bagi para penyu di gugusan pulau tersebut.

Jika Moms berkunjung ke sana, maka bisa melihat sendiri dan mempelajari bagaimana kehidupan penyu di konservasi.

Meski begitu, Moms harus mematuhi peraturan yang ada agar tidak merusak habitat si penjaga ekosistem laut tersebut.

Potensi wisata bahari lainnya dari Kepulauan Anambas adalah pasir putih bulir halus yang membentang sepanjang delapan kilometer.

Bahkan, bentangan pasir tersebut memasuki Kelurahan Letung dan Desa Bukit Padi.

Pulau Penjalin juga menawarkan pemandangan eksotis, tidak hanya hamparan laut biru jernih yang mengelilingi Pulau Penjalin Besar dan Pulau Penjalin Kecil, di kejauhan juga terdapat pemandangan bukit.

Biota laut yang terdapat dalam Kepulauan Anambas tidak kalah saing dengan pulau lain di Indonesia. Air laut yang jernih dapat membuat pengunjung melihat biota laut dengan mudah.

7. Pantai Ora

Wisata bahari

Foto: penginapan.net

Mungkin belom banyak orang yang mengunjungi wisata bahari yang satu ini karena memang lokasinya yang berada terpencil di dalam Maluku Tengah.

Namun, sekali Moms berkunjung ke pantai yang konon keindahannya serupa dengan Pantai Boracay di Filipina ini pasti akan terkejut.

Pasalnya, lautnya yang sejernih kaca, membuat Moms dapat menikmati langsung keindahan karang dan dunia bawah laut dari atas perahu. Kurang puas menikmatinya dari atas perahu, cobalah untuk menyelam.

Moms tak perlu menyelam terlalu dalam, karena dengan menyelam 2 hingga 3 meter saja sudah bisa melihat indahnya surga bawah laut pantai yang terletak di ujung barat Teluk Sawai ini.

Baca Juga: Mulai dari Museum Hingga Taman, Ini Rekomendasi Wisata Surabaya yang Menarik

8. Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gilir Air di Lombok

Wisata bahari

Foto: tribunnews.com

Trio Gili yang terletak di Lombok ini memang sudah terkenal karena keeksotisannya. Dari ketiga Gili tersebut, memiliki beberapa perbedaan.

Di antara ketiga gili, Gili Trawangan adalah yang terbesar yang menonjol dengan wisata bahari berupa pasir pantai yang putih dengan lautnya yang jernih, sehingga sangat tepat untuk melakukan scuba diving.

Di dalamnya Moms akan menemukan berbagai jenis anemon laut dan clown fish yang berenang di sekitar terumbu karang.

Sedangkan jika Moms mendambakan suasana tenang, maka bisa menyebrang ke Gili Meno dan Gili Air.

Tak ada kendaraan membuat kedua gili ini begitu tenang dengan suasana yang asri.

Soal wisata bahari juga tak kalah, apalagi pantainya memiliki kualitas yang lebih jernih. Nikmati suasananya sambil diving ditemani dengan beragam ikan, manjakan mata dengan keindahan terumbu karang, dan juga gerombolan rumput laut.

9. Nusa Penida

Wisata bahari

Foto: liburanbali.net

Pulau terbesar dari gugus kepulauan Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Nusa Penida ini dikenal karena keindahan lautnya, serta pantai yang lebih landai dan berpasir yang dikelilingi perbukitan. 

Selain menawarkan panorama yang indah dan belum banyak terjamah, pulau ini juga menyimpan pesona alam bawah laut berupa 200 spesies terumbu karang dan 500 spesies ikan di perairan dangkal sekelilingnya.

Dengan kekayaan bawah laut yang dimilikinya, tidak heran kalau Nusa Penida dianggap sebagai destinasi wisata bahari dan penyelaman bertaraf internasional.

Baca Juga: Sedang Liburan ke Malang? Cek 12 Wisata Malang yang Patut Dikunjungi!

10. Taman Nasional Wakatobi

Wisata bahari

Foto: jalanrimba.com

Wisata bahari di Indonesia berikutnya adalah Taman Nasional Wakatobi yang memiliki banyak spot untuk menyelam dan snorkeling. Wakatobi berada di provinsi Sulawesi Tenggara.

Taman nasional ini merupakan surga bagi para penyelam.

Data Kementerian Kelautan dan Perikanan menunjukkan terdapat 25 gugusan terumbu karang dengan keliling pantai dari pulau-pulau karang mencapai 600 km dan lebih dari 112 jenis karang ada di Wakatobi.

Bagaimana, Moms? Tertarik mengunjungi destinasi wisata bahari satu ini?

11. Kepulauan Padaido

Wisata bahari

Foto: wikimapia.com

Kepulauan Padaido adalah kepulauan yang terletak di utara Papua tepatnya di Kabupaten Biak, Papua.

Nama Pulai Padaido memang belum seterkenal Raja Ampat. Namun, keindahan kepulauan ini tak kalah dibandingkan Raja Ampat.

Pulau ini merupakan rumah bagi ratusan spesian ikan termasuk hiu dan gurita. Jadi, sangat cocok untuk Moms yang mencari wisata bahari indah namun belum terlalu ramai.

12. Pulau Banda

Wisata bahari

Foto: pegipegi.com

Potensi wisata bahari yang terkahir berada di Kepulauan Banda di Maluku Tengah. Kepulauan ini terdiri dari pualu besar dan kecil yang kaya akan poetnsi di laut dan darat.

Kepulayan Banda terkenal sebagai surga wisata selam, sejarah, dan budaya.

Untuk biota laut lainnya, Pulau Banda Besar tercatat memiliki lebih dari 300 spesies karang. Sementara di perairan teluk Pulau Banda-Neira, terdapat banyak sekali ikan cakalang dan kerang mutiara yang dilestarikan.

Potensi wisata lain yang menjadi sorotan adalah adanya 25 titik penyelaman.

Beberapa titik penyelaman paling populer terdapat di Pulau Hatta yang memiliki sekelompok ikan hiu martil, dan Pulau Ai yang memiliki beberapa gua di dalam perairannya.

Meski Kepulauan Banda memiliki wisata bahari yang menakjubkan, wisata sejarah yang terdapat di Pulau Banda-Neira juga tidak kalah mengagumkan.

Di sana, Moms bisa berkunjung ke Benteng Belgica yang terletak di atas bukit, Istana Mini Neira yang menghadap langsung ke lautan, dan rumah bekas pengasingan Bung Hatta, Sutan Syahrir, dan dokter Tjipto Mangunkusumo.

Baca Juga: Mengenalkan Anak Pada Alam, Ini Dia 5 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Indonesia

Itu dia Moms rekomendasi 12 wisata bahari yang tersebar di seluruh Indonesia.

  • https://travel.kompas.com/read/2020/01/09/170100627/5-kepulauan-di-indonesia-yang-kaya-akan-potensi-wisata-bahari?page=all
  • https://kkp.go.id/an-component/media/upload-gambar-pendukung/DitJaskel/workshop/gelar%20wisata%20bahari/POTENSI%20WISATA%20BAHARI%20DI%20INDONESIA.pdf
  • https://travel.detik.com/travel-news/d-5350404/definisi-wisata-bahari-dan-potensi-indonesia
  • https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/destinasi-wisata-bahari-di-indonesia-acc/38336
  • https://sahabatbahari.com/potensi-pariwisata-bahari-indonesia-dan-tantangannya-di-era-digital/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait