Jalan-jalan

23 Juli 2021

10 Wisata Baturaden, Cocok Didatangi Bersama Keluarga atau Pasangan

Selain pemandangan alamnya yang bagus, harga tiket masuknya juga terjangkau
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Melakukan perjalanan wisata Baturaden bersama dengan keluarga atau pasangan tak hanya bisa melepas penat dan stres, tapi juga bisa membuat hubungan dengan pasangan menjadi lebih erat.

Berwisata adalah salah satu cara untuk mempererat hubungan antar keluarga atau pasangan karena kita akan melakukan banyak kegiatan selama berwisata sehingga waktu yang dihabiskan bersama akan lebih banyak.

Salah satu daerah yang bisa Moms jadikan sebagai tempat berwisata adalah Baturaden. Moms pernah mendengar nama daerah ini? Baturaden adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Kawasan Baturaden ini dikelilingi oleh gunung dan bukit sehingga pemandangan yang ada di sekitarnya terlihat sangat asri. Udaranya juga sejuk dan menyegarkan.

Baca Juga: 13 Pilihan Wisata Batu Malang yang Wajib Dikunjungi

Wisata Baturaden dengan Pemandangan Alam yang Bagus

Kebanyakan wisata Baturaden adalah wisata-wisata alam. Tapi ada juga beberapa yang merupakan wisata kekinian sehingga bisa Moms jadikan sebagai latar alias background untuk berfoto.

Di bawah ini ada wisata Baturaden yang bisa Moms kunjungi saat pergi berlibur, yaitu:

1. Curug Telu

Curug Telu Wisata Baturaden

Foto: instagram.com/banyumaskeren_

Wisata Baturaden pertama yang punya pemandangan alam bagus adalah Curug Telu. Curug Telu memiliki arti air terjun tiga. Hal ini dikarenakan ada tiga air terjun yang mengalir di sini.

Curug Telu yang berada di daerah Karangsalam, Baturaden memiliki aliran air terjun yang cukup deras di salah satu curugnya sehingga ketika jatuh ke bawah, airnya akan menimbulkan sedikit kabut yang membuat tampilannya semakin cantik.

Di wisata Baturaden ini, Mims bisa berenang, main air, dan pastinya berfoto di bawah air terjun. Untuk harga tiket masuknya snagat murah sekali karena Moms hanya perlu mengeluarkan dana sekitar Rp5.000 per orang saja.

Untuk jam bukanya, Curug Baturaden dibuka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 saja.

Lokasi: Sawah & Hutan, Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

Baca Juga: 7 Rumah Adat Sumatera Utara yang Punya Ciri Khas Unik

2. Curug Bidadari

Curug Bidadari Wisata Baturaden

Foto: www.itrip.id

Curug Bidadari menjadi salah satu curug wisata Baturaden yang wajib Moms kunjungi. Curug ini memiliki nama lain yakni Curug Lawang.

Salah satu ciri khas dari Curug Bidadari yang membuatnya unik adalah adanya pintu masuk yang bentuknya mirip dengan goa sehingga saat Moms datang ke sana seperti sedang masuk ke air terjun tersembunyi karena dari luar, curug ini tidak terlihat disebabkan terhalang goa tersebut.

Untuk sampai di lokasi Curug Bidadari yang Karangsalam, Baturaden ini, Moms harus melewati jalanan yang agak terjal. Tapi tenang saja Moms, perjalanannya tidak lama dan saat sampai di lokasi, rasa lelah selama perjalanan akan terbayar dengan pemandangan yang sangat indah.

Untuk tiket masuk yang perlu dibayar hanyalah Rp14.000 saja per orangnya.

Lokasi: Dusun II, Karangsalam, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

Baca Juga: 5+ Destinasi Wisata di Blitar, Indah Memukau

3. Curug Jenggala

Curug Jenggala Wisata Baturaden

Foto: instagram.com/ayuambr_

Curug Jenggala menjadi salah satu wisata Baturaden yang menyuguhkan asrinya pemandangan hutan hujan tropis. Curug Jenggala ini memang terletak di dalam hutan sehingga untuk mencapainya, Moms harus melawati trek mendaki terlebih dahulu.

Curug Jenggala seringkali disebut dengan nama Air Terjun Cinta. Hal ini dikarenakan ada spot foto yang berada tepat di seberang air terjun. Spot foto ini memiliki alas kayu berbentuk hati sehingga curug ini lebih dikenal sebagai Air Terjun Cinta.

Ada banyak pasangan yang berfoto di spot ini karena memiliki latar air terjun yang apik dan pastinya tanda hati yang menjadi pijakannya.

Curug Jenggala berlokasi di Jalan Pangeran Limboro, Ketenger, Baturaden. Curug Jenggala memiliki harga tiket masuk Rp5.000 saja.

Lokasi: Dusun II Ketenger, Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

4. Curug Bayan

Curug Bayan Wisata Baturaden

Foto: instagram.com/wisatakphbanyumastimur

Masih dengan curug yang ada di wisata Baturaden, ada Curug Bayan yang juga bisa Moms kunjungi bersama dengan pasangan.

Curug Bayan atau yang disebut oleh masyarakat sekitar dengan nama Curug Gede adalah curug yang berlokasi di Ketenger, Baturaden.

Berbeda dengan ketiga curug di atas, Curug Bayan ini terbilang lebih mudah dijangkau karena letaknya yang tidak terlalu masuk ke dalam hutan. Ditambah lagi, air terjun di sini tidak terlalu tinggi dan kolam air terjunnya juga dangkal.

Tapi bukan berarti pemandangan yang disajikan tidak indah. Salah satu kelebihan dari Curug Bayan adalah curug ini bertingkat sehingga membuat tampilannya terlihat sangat cantik saat air terjun mengalir ke bawah bebatuan yang membentuk anak tangga.

Ditambah lagi, harga tiket masuknya hanya Rp5.000 saja. Jadi menghemat dana liburan kan Moms?

Lokasi:

Baca Juga: Ngemil Santai Hingga Berwisata, Ini 5 Kegiatan di Akhir Pekan yang Asyik

5. Lokawisata Baturaden

Lokawisata Baturaden

Foto: instagram.com/galeripurwokerto

Menjadi tempat wisata Baturaden yang memadukan keindahan alam dengan wisata kekinian, Lokawisata Baturaden tak hanya banyak didatangi oleh anak muda saja, tapi juga keluarga.

Di Lokawisata Baturaden, Moms bisa menemukan air terjun kecil yang mengalir di tebing bebatuan. Lalu ada beberapa kolam di bawahnya yang mengeluarkan semburan air hingga beberapa meter ke atas langit. Pemandangan ini pastinya terlihat sangat cantik.

Selain itu, di sini juga ada pemandian air panas belerang, permainan seluncur, dan lain sebagainya.

Lokawisata Baturaden yang berlokasi di Karangmangu, Baturaden ini hanya mematok tiket masuk seharga Rp20.000 hingga Rp25.000 saja.

Lokasi: Lokawisata, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

Baca Juga: 3 Wisata Terbaru di Lembang. Semuanya Menarik!

6. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi Wisata Baturaden

Foto: akurat.co

Selanjutnya ada Telaga Sunyi yang sesuai dengan namanya, suasana di sini memang sangat tenang dan sunyi. Moms hanya bisa mendengarkan suara gemericik air dan kicauan burung.

Telaga Sunyi adalah telaga yang lokasinya berada di tengah hutan rimbun. Air di telaga ini sangat jernih dan bening sehingga banyak yang snorkeling untuk melihat pemandangan indah di bawahnya.

Jika tak bawa peralatan snorkeling, pihak pengelola ada juga menyewakan peralatan snorkeling. Selain snorkeling, Moms juga bisa berenang, berendam saja, hingga berpiknik di pinggir telaga.

Telaga Sunyi yang berlokasi di Limpakuwus, Sumbang ini hanya mematok biaya masuk Rp13.000 saja.

Lokasi: Sawah & Hutan, Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53183

7. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Pancuran Pitu Wisata Baturaden

Foto: instagram.com/purwokertoasli

Wisata alam yang satu ini memiliki tampilan yang sangat unik sehingga diburu oleh pecinta foto.

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu sebenarnya adalah pemandian air panas yang mengandung belerang sehingga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Keunikan dari Pancuran Pitu dan Pancuran Telu adalah tebing yang dialiri air pancuran belerang ini berwarna cokelat muda sehingga tampilannya sangat apik terlihat, apalagi untuk berfoto.

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu yang berlokasi di Ketenger, Baturaden ini hanya memiliki biaya masuk Rp7.500 saja.

Lokasi: Dusun III Kalipagu, Ketenger, Baturaden, Banyumas, Central Java 53151

Baca Juga: 5 Wisata Indonesia Timur yang Wajib Dikunjungi

8. Baturaden Adventure Forest

Baturaden Adventure Forest

Foto: tutorialaplikasi.com

Buat penyuka wisata ekstrem, ada Baturaden Adventure Forest yang bisa Moms datangi. Di sini terdapat banyak wahana permainan yang bisa menantang adrenalin Moms.

Salah satunya adalah river boarding yang merupakan wahana menyusuri sungai dengan menggunakan papan. Selain itu ada rapperlling yang merupakan aktivitas menuruni sebuah jurang dan tebing dengan tingkat kecuraman tinggi.

Harga tiket wisata Baturaden Adventure Forest terbilang yang paling mahal karena berkisar antara Rp395.000 hingga Rp425.000 tergantung dari kegiatan apa saja yang Moms pilih.

Lokasi: Dusun II Pandak, Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

9. Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturraden

Foto: travelspromo.com

Ingin menyegarkan mata dengan pemandangan yang hijau-hijau? Moms bisa datang ke Kebun Raya Baturaden. Di sini Moms bisa menjumpai berbagai macam tanaman, mulai dari liliana, perdu, anggrek, pinus, dan masih banyak lagi.

Jika tak ingin masuk ke dalam kawasan hutannya, ada banyak sekali spot berfoto dengan latar arsitektur bangunan yang unik karena di tempat wisata Baturaden ini ada bangunan balai kebun raya yang bisa didatangi.

Untuk harga tiket masuk Kebun Raya Baturaden ini hanya Rp10.000 saja untuk tiket biasa dan Rp25.000 untuk tiket terusan.

Lokasi: Jalan Pancurantujuh - Wanawisata Baturraden, Purwokerto, Dusun III Berubahan, Kemutug Lor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

Baca Juga: 25 Manfaat Susu Beruang untuk Tubuh, Luar Biasa Sehat!

10. Taman Miniatur Dunia

Taman Minimatur Dunia Baturaden

Foto: radarbanyumas.co.id

Wisata Baturaden yang terakhir adalah Taman Miniatur Dunia atau yang lebih dikenal dengan nama Small World Baturaden. Wisata kekinian ini paling banyak dikunjungi oleh anak muda karena menjadi spot foto hits dengan latar yang instagramable.

Ada berbagai macam spot dari ikon wisata dunia seperti Menara Pisa, Patung Liberty, Patung Merloin, Menara Eiffel, Piramida, Kincir Angin, dan masih banyal lagi.

Taman Miniatur Dunia berlokasi di Jalan Raya Baturaden Barat Nomor 270, Desa Ketenger, Baturaden. Untuk tiket masuknya sangatlah murah. Moms hanya perlu mengeluarkan dana Rp15.000-Rp25.000 saja per orang.

Lokasi: Jalan Raya Baturaden Barat No.270, Ketenger, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kecamatan Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah 53151

Pemandangannya terlihat cantik-cantik bukan? Moms ingin mengajak anggota keluarga untuk pergi ke wisata Baturaden yang mana?

  • https://www.javatravel.net/tempat-wisata-baturaden-banyumas
  • https://travelingyuk.com/rekomendasi-wisata-alam-di-banyumas/292198/
  • https://travelingyuk.com/wisata-baturaden/24313/
  • https://harga.web.id/harga-tiket-masuk-wisata-baturaden.info
  • https://nyero.id/wisata-baturaden-dan-sekitarnya/
  • https://www.itrip.id/tempat-wisata-baturaden-banyumas
  • https://travel.detik.com/domestic-destination/d-5327663/belum-liburan-kalau-belum-ke-5-wisata-air-baturaden-ini
  • https://anekatempatwisata.com/5-lokasi-wisata-menarik-di-baturaden-yang-wajib-dikunjungi/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait