Jalan-jalan

16 Juli 2021

6 Wisata Bogor Bernuansa Alam yang Cocok Dikunjungi Bersama Anak

Ajak Si Kecil cintai alam sejak dini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Bogor dikenal merupakan wilayah yang asri dan sejuk. Karenanya, banyak objek wisata Bogor yang bisa Moms kunjungi bersama Si Kecil dan keluarga untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

Penting untuk mengenalkan Si Kecil dengan makhluk hidup lainnya, tak hanya sesama manusia, tapi juga hewan dan tanaman. Moms bisa merasakan udara sejuk sambil menikmati pemandangan alam yang indah dengan mengunjungi beberapa rekomendasi wisata alam di Bogor ini.

Berikut ini wisata Bogor yang bisa menjadi rekomendasi liburan keluarga, sekaligus untuk mengenalkan keindahan alam kepada Si Kecil.

Rekomendasi Tempat Wisata Bogor

Kota berhawa sejuk ini telah berkembang menjadi kawasan wisata dengan sederet pesona. Bukan cuma kawasan Puncaknya yang layak dikunjungi, masih ada puluhan tempat wisata Bogor lainnya yang tak kalah menarik.

1. Gunung Pancar

bogor1

Foto: piknikyok.com

Moms bisa mengajak Si Kecil berpiknik bersama keluarga di wisata Gunung Pancar, Bogor. Di lokasi wisata Bogor ini, Moms bisa berpiknik dan juga melakukan aktivitas seperti berkemah, bersepeda, hiking hingga berkuda.

Untuk menyegarkan badan setelah lelah berkemah, Moms bisa mampir ke pemandian air panas yang memiliki sumber air panas alami.

Mandi berendam sambil menikmati pemandangan pohon pinus di sekeliling yang bisa membantu merilekskan pikiran, dan membuat Si Kecil nyaman. Si Kecil juga bisa menemukan hewan-hewan yang hidup bebas di sini.

Baca Juga: 5 Ide Seru Ngabuburit Bareng Anak

2. Air Terjun Bidadari

bogor2

Foto: wiki-wisata.blogspot.com

Ingin berenang dengan suasana alam yang asri dan air yang sejuk asli dari mata air? Maka tempat wisata Bogor inilah jawabannya.

Tepatnya, Air Terjun Bidadari terletak di Sentul Paradise Park. Dengan ketinggian 75 meter, sumber air terjun ini berasal dari hutan lindung yang ada di sekitar kawasan tersebut.

Limpahan air tersebut dijadikan berbagai macam wahana seperti Wave Pool, kolam arus, Lazy Pool yang dibuat untuk anak-anak.

Si Kecil bisa menikmati kesegaran bermain air, namun tetap awasi ia saat bermain ya, Moms.

3. Curug 7 Cilember

bogor3

Foto: penawisata.com

Jika Moms menginginkan wisata air terjun lain, silahkan kunjungi Curug 7 Cilember, yang memiliki tidak hanya satu, tapi 7 air terjun sekaligus!

Wisata ini berada di desa Jogjogan, Cisarua, yang masih di kawasan Puncak Bogor.

Tak hanya menyajikan kesegaran air terjun, wisata Bogor ini juga memiliki kawasan yang indah khas pegunungan, yang memberikan kenyamanan dan terasa sejuk.

Si Kecil dan keluarga bisa menikmati gemuruh air terjun, ditambah ada tempat penangkaran kupu-kupu loh, Moms! Bisa dilihat dari jarak yang dekat.

Baca Juga: Yuk Buat Soto Mie Bogor Untuk Menu Berbuka Puasa!

4. Kebun Raya Cibodas

bogor4

Foto: anandastoon.com

Jika Moms merasa bosan menghampiri daerah Puncak, Bogor, ajak Si Kecil dan keluarga pergi ke Kebun Raya Cibodas.

Wisata alam ini memiliki sungai berair jernih untuk tempat bermain anak-anak, serta tanaman hijau luas dengan pemandang yang membuat takjub.

Apa yang menarik dari kebun raya ini adalah lokasi wisata alam di mana menjadi ikon bagi lumut. Ada kurang lebih 216 jenis lumut dari seluruh Indonesia, bahkan dunia.

Tempat wisata Bogor ini berlokasi di komplek Hutan Gunung Gede Pangrango, Jl. Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Kecamatan Cianjur, Jawa Barat.

5. Kuntum Farmfield

bogor5

Foto: trivindo.com

Kuntum Farmfield bisa menjadi lokasi wisata Bogor yang berfokus mengajari anak untuk mencintai flora dan fauna, sembari bermain langsung di alam.

Tempat ini memiliki ragam aktivitas yang bisa dilakukan oleh Si Kecil. Seperti memanen sayur organik, permainan tangkap ikan, berkuda, berinteraksi dengan kelinci dan marmut, dan masih banyak lagi.

Berlokasi di Jl. Raya Tajur No. 291, Bogor, Kuntum Farmfield buka setiap hari, dari jam 8 pagi hingga 6 sore. Moms bisa membeli tiketnya seharga Rp45.000 (hari kerja) dan Rp50.000 (akhir pekan dan libur nasional).

Untuk lebih jelasnya, Moms bisa mengunjungi link ini.

Baca Juga: Ajak Si Kecil ke 5 Tempat Bermain Baru di Jabodetabek Ini Agar Liburan Lebih Menyenangkan

6. Kampung Wisata Cinangneng

bogor6

Foto: hayukabogor.id

Menjadi salah satu pelopor wisata edukasi di Bogor, Kampoeng Wisata Cinangneng adalah tempat wisata yang menjadi favorit turis asing.

Berlokasi di Jalan Babakan Kemang, Cihideung Udik, Ciampea, Bogor, Kampoeng Wisata Cinangneng didirikan dan dikelola oleh Hester Basoeki, seorang praktisi dunia pariwisata.

Ada banyak paket yang bisa Moms pilih jika ingin berkunjung ke Kampoeng Wisata Cinangneng, seperti, program Poelang Kampoeng, program Saya Pun Berasal dari Desa, serta paket menginap dan ronda.

Info lebih lengkapnya, Moms bisa kunjungi situsnya di: kampoengwisatacinangneng.com.

Untuk harga paket wisatanya:

  • Paket "Poelang Kampoeng" Rp135.000/orang (minimal 20 orang)
  • Paket "Saya pun Berasal dari Desa" Rp110.000/orang (minimal 10 orang)
  • Pendamping Rp75.000 per orang
  • Paket Survei Rp20.000 per orang
  • Paket menginap Rp525.000 per kamar per malam
  • Paket menginap dan ronda Kampoeng Rp625.000 per kamar per malam

7. Paralayang Bukit Gantole Puncak

paralayang.jpg

Foto: jadwaltravel.com

Tempat wisata Bogor yang satu ini paling cocok untuk pecinta olahraga ekstrem. Letaknya di Jalan Raya Puncak Km 87, Bukit Paralayang, Puncak.

Kapan lagi kita bisa mengudara sambil selfie? Dengan membayar tarif yang ditentukan, kita bisa terbang dari ketinggian Puncak Bogor selama 10 menit.

Selain paragliding, pengunjung juga bisa bersantai menikmati pemandangan kota Bogor dari ketinggian dan selfie.

Tarif: Rp13.000,00 (tarif masuk), Rp350.000,00 (per penerbangan).

Baca Juga: Ini Destinasi Wisata yang Harus Dikunjungi Berdasarkan Zodiak

8. Kebun Raya Bogor

kebun raya bogor.jpeg

Foto: bisnis.com

Kebun Raya Bogor bisa dibilang merupakan salah satu tempat wisata Bogor yang paling populer. Berupa taman raya di tengah kota Bogor, Kebun Raya Bogor punya taman hamparan rumput yang luas, trek berlari atau bermain sepeda, pepohonan yang rimbun seolah di hutan, hingga berbagai tempat aktivitas.

Kebun Raya Bogor merupakan kebun botani tertua di Asia Tenggara, dan kini berada di bawah LIPI. Enggak heran, juga ada laboratorium dan juga museum flora di dalam area ini, lho.

Saat berkunjung ke sana, jangan lupa mampir ke Taman Meksiko yang memiliki lebih dari 100 spesies tanaman kaktus. Ada juga area bebatuan yang menciptakan kesan bak padan gurun Meksiko. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pintu masuk tempat wisata.

Ada banyak hal yang bisa Moms lakukan di Kebun Raya Bogor, baik itu untuk berolahraga maupun bersantai bersama keluarga dan teman-teman. Pastikan untuk mampir ke Kebun Raya Bogor pagi-pagi saat liburan ke Bogor, ya!

9. Taman Safari Bogor

taman safari.jpg

Foto: tiket.com

Rugi rasanya kalau liburan ke Bogor tapi enggak mampir ke Taman Safari Bogor ya, Moms. Wisata Bogor ini seolah menjadi salah satu ikon di Kota Hujan.

Dengan luas mencapai 168 hektare, Taman Safari Bogor di Cisarua, Kabupaten Bogor ini adalah salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk melihat berbagai macam satwa seperti di habitat aslinya.

Moms bisa bersafari menggunakan kendaraan pribadi keliling berbagai area di dalam Taman Safari, dan berinteraksi dengan para satwa secara langsung dari dekat. Jika penasaran dengan pengalaman safari yang berbeda, di Taman Safari Bogor juga ada program Safari Malam yang menarik.

Ada pula wahana permainan, seperti Lolly Swing, Crazy Plane, Speedway, Bom Bom Car, Sepeda Layang, Bumper Boat, hingga Safari Waterpark.

Jika malas pergi menggunakan mobil pribadi dari Jakarta, Moms dan keluarga juga bisa mengikuti paket tour ke Puncak dan Taman Safari Bogor dari Jakarta.

Baca Juga: 5 Aktivitas Wisata Asyik di Dalam Kota

10. Highland Park Resort

highland.jpg

Foto: instagram.com/thehighlandparkresorrtbogor

Tempat wisata Bogor ini suguhkan glamping, konsep berkemah ala hotel berbintang yang saat ini sedang marak di Indonesia.Cocok untuk Moms yang ingin liburan lengkap di satu tempat.

Berlokasi di Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Taman Sari, Highland Park Resort menawarkan sensasi menginap dengan latar pemandangan Gunung Salak.

Mereka juga menyediakan tenda-tenda ala Mongolia dengan fasilitas lengkap dan berbagai wahana permainan. Antara lain kolam renang, perosotan, karaoke, foot reflexology, futsal, dan flying fox.

11. Ranggon Hills Bogor

ranggon.jpg

Foto: wisataidn.com

Ranggon Hills Bogor adalah sebuah tempat wisata Bogor di kaki Gunung Salak dengan pemandangan yang alam yang luar biasa.

Nah, pemandangan tersebut dipadukan dengan berbagai fasilitas berfoto yang tersedia di sini, membuat Ranggon Hills jadi salah satu tempat wisata Instagramable di Bogor yang patut Moms datangi kalau kamu tertarik berburu foto-foto unik.

Salah satu yang paling populer adalah Ranggon Air Balloon, yag menyuguhkan foto di atas balon udara layaknya di luar negeri.

Tapi tidak hanya berfoto, Moms juga bisa camping di sini, dengan tenda yang sudah disiapkan. Paket campingnya sudah termasuk trekking ke Curug Pangeran, dan juga layanan sarapan, makan siang, makan malam, snack, dan aktivitas api unggun.

Baca Juga: Ini yang Harus Disiapkan Saat Pertama Kali Mengajak Anak Camping

12. Jembatan Gantung Bukit Halimun

Jembatan Gantung Bukit Halimun.jpg

Foto: Trip Canvas Indonesia

Cari pemandangan alam plus spot foto yang Instagramable? Jembatan Gantung Bukit Halimun adalah salah satu tempat wisata Bogor yang perlu masuk dalam rencana perjalanan Moms berikutnya.

Dengan desain artistik plus latar belakang alam yang indah, hasil foto-foto di Jembatan Gantung Bukit Halimun memang bakal keren banget.

Lokasinya yang dekat dengan berbagai tempat wisata curug dan pemandian air panas di area Kawasan Wisata Gunung Salak membuat Jembatan Gantung Bukit Halimun bisa dikunjungi dalam satu hari dengan berbagai tempat wisata lainnya.

13. Desa Wisata Malasari 

desa-wisata-malasari-2-2-min.jpg

Foto: Advontura

Desa Wisata Malasari memang cukup jauh dari pusat kota Bogor - hampir 50km dari Kebun Raya Bogor. Meski begitu, begitu sampai di sana setelah perjalanan panjang, Moms dipastikan akan dibuat kagum dengan pemandangan indah yang disajikan desa yang terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini.

Selain panoramanya yang indah, Moms juga bisa melakukan berbagai aktivitas, termasuk trekking, melewati canopy trail, camping, hingga belajar berbagai kerajinan seperti pembuatan gula aren hingga anyaman bambu.

Jangan khawatir kemalaman saat berwisata ke sini, karena ada homestay juga yang berdiri di desa wisata ini.

Baca Juga: 4 Pilihan Wisata Edukasi Bersama Anak Untuk Liburan Tahun Baru

14. Sungai Cisadane Bogor

Rafting-Bogor-3.jpg

Foto: sentul.city

Tahukah Moms kalau ada lokasi rafting di Sungai Cisadane di Bogor? Di area hulu sungai ini, air sungai yang relatif masih cukup bersih dengan arus yang deras membuat sungai ini populer sebagai area rafting di Bogor.

Selain arung jeram sejauh 7km atau 11km, juga ada aktivitas lainnya seperti memanah dan paintball yang bisa dipesan bersamaan dengan aktivitas arung jeram di Sungai Cisadane.

15. Little Venice

Ven-3.jpg

Foto: sentul.city

Little Venice terletak di Jalan Hanjawar, Desa Sukanagalih Kota Bunga, Cinapas, Jawa Barat. Seperti namanya, konsep tempat wisata ini adalah dibuat mirip Kota Venesia dengan kanal-kanal air yang dilewati gondola.

Pengunjung yang datang ke wisata Bogor ini juga dapat menikmati fasilitas sepeda air, perahu naga, kolam renang, lapangan tenis, hingga penyewaan kuda.

Pencinta foto instagramable pun tak perlu khawatir karena di sana disediakan spot-spot foto yang unik. Little Venice menyediakan replika Menara Eiffel Paris, Kuil Itsukushima Jepang, dan Patung Merlion Singapura.

Moms bisa mengunjungi tempat wisata ini setiap hari. Jam buka hari Senin-Jumat pukul 09.00-16.30 WIB, sedangkan di Sabtu dan Minggu pukul 08.00-18.00 WIB.

Baca Juga: Suka Kulineran? Ini 4 Tips Wisata Kuliner Dari Food Blogger Hans Danial

16. Devoyage Bogor

wisata-bogor-7-devoyage.jpg

Foto: devoyagebogor.com

Devoyage Bogor bisa jadi rekomendasi tempat wisata Moms dan keluarga. Lokasinya ada di Jalan Raya Boulevard CBD Bogor Nirwana Residence, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Tempat wisata ini menawarkan sejumlah spot selfie Instagramable, seperti replika Menara Eiffel atau kincir angin khas Belanda.

Usai berfoto ria, pengunjung juga bisa memanfaatkan perahu sampan yang telah disediakan untuk mengelilingi Kampung Eropa.

Jam operasional Devoyage Bogor pada tanggal 13 Mei 2021 adalah 12.00-20.00 WIB. Tanggal 14-19 Mei 2021, jam bukanya adalah pukul 09.00-18.00 WIB.

Harga tiket masuknya adalah Rp 30.000 per orang pada hari biasa dan Rp 40.000 per orang pada akhir pekan atau hari libur nasional.

17. Rumah Air Bogor Nirwana Residence

Rumah Air Bogor Nirwana Residence.jpg

Foto: travelspromo.com

Ada apa di Rumah Air Bogor Nirwana Residence? Di lokasi wisata Bogor ini, terdapat saung di tepi kolam tempat pengunjung bisa menikmati beragam kuliner tradisional. Diiringi live music pula. Suasana bersantap pasti jadi bertambah nikmat.

Rumah Air berlokasi di Jalan Boulevard CBD Bogor Nirwana Residence. Di sini Anda juga bisa mencoba fasilitas di arena outbond yang tersedia di sini.

18. Taman Ade Irma Suryani

Taman Ade Irma Suryani.jpg

Foto: piknikasik.com

Taman Topi yang memiliki nama resmi Taman Ade Irma Suryani merupakan pusat hiburan rakyat yang sudah beroperasi selama puluhan tahun.

Wisata Bogor satu ini, kini memiliki 20 wahana yang bisa dijajal, antara lain bumper car, perahu air, dan kuda poni.

Taman Topi berada di samping stasiun, jadi Anda tidak perlu berjalan kaki terlalu jauh untuk menjangkaunya.

19. Taman Ekspresi Lapangan Sempur

taman-ekspresi.jpeg

Foto: bogor.net

Mulanya, Lapangan Sempur adalah gelanggang olahraga. Namun tempat ini sudah berkembang menjadi pusat wisata dan kuliner.

Di wisata Bogor ini ada fasilitas untuk skaeteboard, panjat tebing, dan tempat bermain anak-anak.

Kalau ke sini jangan lupa menengok Taman Ekspresi yang memutar film-film indie setiap bulan.

Baca Juga: Seru Banget! Ini Destinasi Wisata di Bogor yang Pas untuk Anak

Nah, itu dia Moms beberapa lokasi wisata Bogor yang menarik. Tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bisa menjadi kegiatan liburan yang edukatif untuk Si Kecil, bukan?

  • https://www.merdeka.com/gaya/tempat-wisata-di-bogor-kln.html?page=3
  • https://www.klook.com/id/blog/tempat-wisata-di-bogor/
  • https://www.anekawisata.com/25-tempat-wisata-alam-di-bogor-dan-sekitarnya.html
  • https://indonesia.tripcanvas.co/bogor/natural-attractions-around-bogor/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait