Jalan-jalan

16 September 2021

Wisata Gunung Gambir: Lokasi, Biaya, dan Fasilitas, Cocok untuk Keluarga!

Banyak spot foto instagramable!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Jember memang selalu menjadi daya tarik tersendiri. Suasana serta pemandangan alam hijau yang masih terbilang asri menjadikan daerah ini selalu ramai dikunjungi saat musim libur, salah satunya objek wisata Gunung Gambir.

Wisata Gunung Gambir bisa dibilang menjadi pilihan utama pengunjung yang ke Jember. Hamparan perkebunan teh sepanjang mata memandang dengan iklim pegunungan membuat suasana berlibur terasa sempurna.

Kebun teh ini sudah ada sejak tahun 1918 dan merupakan salah satu bekas peninggalan kolonial Belanda. Ketika Jepang menjajah Indonesia, perkebunan teh ini sempat terbengkalai di masa perang.

Meskipun sudah lama, namun keindahan dan keasrian kebun teh ini masih tetap terjaga bahkan sekarang dijadikan sebagai agrowisata.

Gunung Gambir yang hampir berada pada ketinggian 900 mdpl ini tidak hanya menawarkan eksotime keindahan alam, suhu dingin di sana dipercaya mampu menghilangkan kepenatan aktivitas sekaligus meluangkan waktu bersama keluarga untuk berlibur.

Sebuah penelitian Journal of Travel Research membuktikan bahwa, liburan keluarga bukan hanya bersenang-senang saja tetapi memberikan manfaat, seperti meningkatkan komunikasi, mengurangi kemungkinan perceraian, dan memperkuat ikatan keluarga.

Bagi Moms yang tertarik berkunjung ke wisata Gunung Gambir, yuk simak lebih lengkap lokasi hingga biayanya ke sana.

Baca Juga: 8 Zodiak yang Memiliki Mata Indah, Moms Salah Satunya?

Lokasi Wisata Gunung Gambir

lokasi gunung gambir.jpg

Foto: instagram.com/pesonagununggambir

Wisata Gunung Gambir berlokasi di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Lebih tepatnya terletak di lereng pegunungan Argopuro yang berjarak sekitar 48 km dari pusat kota Jember.

Tidak sulit untuk mencapai lokasi wisata Gunung Gambir karena lokasinya dan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan motor maupun mobil.

Jika Moms dari pusat Kota Lumajang atau Surabaya bisa melawati menuju Pom Klalah belok ke arah timur dengan tujuan Randu Agung - Kaliduren.

Nantinya Moms akan bertemu di desa Kaliduren dan kemudian menuju desa Gelang yang berada di puncak gunung.

Moms tidak perlu khawatir untuk datang ke sini pada siang hari, sebab udara di sekitar sini sangat sejuk dan menyegarkan. Hal ini dikarenakan objek wisata perkebunan teh ini berada pada dataran tinggi.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Karamel dan Resepnya Anti Gosong, Wajib Coba!

Biaya Masuk Wisata Gunung Gambir

biaya masuk wisata gunung gambir.jpg

Foto: instagram.com/ayu_tck

Harga tiket masuk (HTM) wisata Gunung Gambir ini cukup terjangkau, yaitu Rp10.000/orang. Moms sudah bisa masuk sepuasnya menjelajahi kawasan kebun teh ini.

Saat masuk ke wisata Gunung Gambir, Moms akan membayar HTM sekaligus parkir. Untuk tarif parkirnya yaitu Rp2.000 untuk sepeda motor sedangkan Rp5.000 untuk mobil.

Parkir sepeda motor boleh di mana saja asalkan tidak menghalangi jalan dan pastikan cari lokasi yang aman. 

Kebun teh ini buka 24 jam setiap harinya dan terbuka untuk setiap pengunjung yang akan berwisata menghabiskan waktu liburan di tempat ini.

Baca Juga: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi TBC pada Anak

Fasilitas Wisata Gunung Gambir

Untuk memanjakan para wisatawan, area wisata Gunung Gambir memiliki fasilitas yang menarik sehingga pengunjung betah berlama-lama di sana.

Berikut ini fasilitas yang bisa Moms dapatkan jika berkunjung ke sana:

1. Teawalk

wisata gunung gambir Teawalk.jpg

Foto: instagram.com/inisialcee_

Salah satu fasilitas yang disediakan oleh wisata Gunung Gambir adalah jalur trekking yang sangat keren, berbentuk jembatan. Namanya Jembatan Layang Klobungan.

Jembatan kayu yang mengitari kebun teh seluas 183 hektar. Jadi, Moms tidak usah bersusah payah untuk menikmati pemandangan teh sepanjang wisata Gunung Gambir.

Umumnya, jembatan ini digunakan masyarakat sekitar sebagai jogging track. Wah seru ya Moms olahraga sambil melihat pemandangan asri yang indah!

2. Spot Foto

Spot foto wisata gunung gambir.jpg

Foto: instagram.com/estersaimoon

Objek wisata Gunung Gambir rupanya tidak mau ketinggalan dengan trend kekinian, yaitu menyajikan spot foto yang instagramable, sangat banyak, variatif, namun tidak merusak alam sekitar,

Salah satu spot foto yang banyak dikunjungi wisatawan adalah kau berbentuk bintang dan dibagian belakang terdapat tulisan Gunung Gambir dengan memperlihatkan luasnya kebun teh.

Baca Juga: 8 Mitos Hadiah yang Bikin Langgeng untuk Diberikan pada Pasangan

3. Gazabo

gazabo gunung gambir.jpg

Foto: instagram.com/popy_3g

Nah, jika Moms lelah saat menelusuri kebuh teh wisata Gunung Gambir, bisa istirahat di gazabo yang sudah disediakan.

Gazabo ini didesain sedikit tinggi 1-2 meter dari tanaman teh agar wisatawan beristihat sambil melihat pemandangan kebun teh yang sejuk dan indah. Wah seru ya Moms!

4. Home Stay

kolam renang wisata gunung gambir.jpg

Foto: instagram.com/pesonagununggambir

Wisata Gunung Gambir juga menyediakan penginapan yang lokasinya tidak jauh dari kebun teh. Saat menyewa penginapan ini, Moms sudah mendapatkan sarapan gratis, wifi, hingga pembersihan kamar setiap hari.

Keuntungan lainnya adalah Moms dan keluarga bisa berenang sambil menikmati pemandangan kebuh teh yang sejuk dan tentunya menghilangkan stres.

Harga penginapan wisata Gunung Gambir mulai dari Rp 150.000 per malam.

Baca Juga: 10 Dampak Media Sosial dari Sisi Positif dan Negatif yang Harus Diketahui

Selain itu juga tersedia fasilitas umum lainnya seperti tersedianya tempat parkir yang luas, toilet, kamar mandi, warung makan dan lain sebagainya.

Jika Moms tertarik berlibur ke sana, usahakan berangkat di pagi hari sekali agar masih sepi pengunjung. Sebab, terutama di saat weekend tempat wisata ini selalu dipadati oleh wisatawan.

Jika mengendarai motor maupun mobil pastikan kondisi kendaraan baik ya, jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan seperti ban pecah atau gembos, karena tidak ada tukang ban jika sudah memasuki area perkebunan.

Kondisi tubuh Moms dan keluarga juga harus sehat agar kuat mengelilingi kebuh teh.

Nah itu dia Moms seputar wisata Gunung Gambir, semoga membantu ya!

  • https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/0047287513496478
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait