Jalan-jalan

25 Agustus 2021

12 Wisata Gunung Kidul yang Hits dan Instagramable

Selain instagramable, wisata Gunung Kidul juga punya pemandangan alam yang sangat indah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Wisata Gunung Kidul selalu menjadi daya tarik Yogyakarta. Wisata Gunung Kidul sangat populer karena memiliki banyak sekali spot wisata untuk didatangi.

Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya ini berada di bagian selatan.

Jika Moms pergi dari pusat kota atau alun-alun Yogyakarta, jaraknya sekitar 40 km saja dan hanya membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam saja jika naik kendaraan.

Baca Juga: 3 Cara Membedakan Oximeter Asli dan Palsu, Jangan Asal Beli!

Destinasi Wisata Gunung Kidul yang Hits

Gunung Kidul memiliki banyak sekali wisata alam yang sangat populer, baik itu di kalangan wisatawan lokal maupun asing. Saat Moms datang ke Gunung Kidul, tak cukup waktu satu hari untuk mengelilingi semua tempat wisata yang ada di sana.

Dari sekian banyaknya destinasi wisata Gunung Kidul, ada beberapa yang populer dan wajib dikunjungi karena punya pemandangan yang cantik dan pastinya instagramable untuk dijadikan sebagai spot berfoto. Yuk, lihat!

1. Gua Jomblang

Gua Jomblang Wisata Gunung Kidul

Foto: instagram.com/weekend.list

Wisata Gunung Kidul yang pertama adalah Gua Jomblang. Gua Jomblang berlokasi di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul.

Daya tarik utama dari Gua Jomblang adalah tampilannya yang cantik dan eksotis. Gua ini mendapat julukan dari para wisatawan sebagai tempat cahaya dari surga karena ada satu spot di sana yang disinari cahaya matahari dari atas dan tampilannya terlihat sangat mempesona.

Untuk dapat melihat pemandangan indah ini, Moms harus masuk ke dalam dasar gua hingga 60-80 meter.

Berhubung masuk ke dalam guanya ini membutuhkan peralatan khusus agar aman dan juga pemandu, maka biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit. Untuk satu orang, tarif yang dikenakan antara Rp450.000 hingga Rp1.000.000.

Jika ingin mencoba wisata Gunung Kidul ini, Moms juga harus melakukan reservasi terlebih dahulu karena pihak pengelola membatasi jumlah pengujung per harinya.

Lokasi: Jetis, Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893

Baca Juga: Ini Dosis dan Manfaat Vitamin C untuk Ibu Hamil yang Dianjurkan, Catat!

2. Gua Pindul

Gua pindul Wisata Gunung Kidul

Foto: jejak-kenzie.blogspot.com

Masih dengan wisata gua yang ada di Gunung Kidul, ada Gua Pindul yang lokasinya berada di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul.

Jika Gua Jomblang terkenal akan cahaya dari surganya, Gua Pindul ini populer dengan cave tubingnya, yakni mengitari atau menyusuri gua dengan menggunakan ban yang mengapung di atas aliran sungai .

Meski demikian, jika Moms datang saat pagi menuju siang hari pasti bisa melihat pemandangan pancaran cahaya dari sinar matahari yang masuk ke dalam gua seperti yang ada pada Gua Jomblang.

Sensasi melihat cahaya yang cantik dari dalam gua dengan menaiki ban yang mengapung di atas air tentunya akan sangat berbeda.

Dalam satu kali perjalanan, Moms bisa mengajak serta 4-5 orang sehingga suasananya akan lebih seru. Wisata Gunung Kidul yang buka mulai pukul 07.00 sampai 17.00 mematok biaya tarif seharga Rp40.000-Rp50.000.

Lokasi: Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

3. Puncak Segoro

Puncak Segoro Wisata Gunung Kidul

Foto: instagram.com/puncaksegoro

Puncak Segoro merupakan salah satu wisata Gunung Kidul yang menjadi spot foto terfavorit para wisatawan.

Lokasi Puncak Segoro terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul. Lokasinya ini tak jauh dari Glass Terrace Pantai Nguluran.

Untuk dapat menikmati pemandangan yang ada di Puncak Segoro hanya dipatok seharga Rp5.000. Tapi kalau ingin berfoto di beberapa spot wisata, Moms harus membayar biaya tambahan Rp15.000.

Ada beberapa spot untuk berfoto di Puncak Segoro. Mulai dari spot ayunan kayu, kereta kencana, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Wiloso, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872

Baca Juga: Bolehkah Ibu Menyusui Makan Sate Kambing? Berikut Penjelasannya

4. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang Wisata Gunungkidul

Foto: instagram.com/pesonaairterjunindonesia

Gunung Kidul juga punya wisata air terjun yang bisa memukau mata Moms yakni Air Terjun Kedung Kandang namanya.

Air Terjun Kedung Kandang adalah salah satu air terjun Gunung Kidul yang punya tampilan cantik, eksotis, dan pastinya instagramable jika dijadikan latar berfoto.

Air terjun di sini memiliki banyak undakan dan kolam di bawahnya. Bisa dikatakan kalau Air Terjun Kedung Kandang mengalir di tengah-tengah bukit karena di samping kiri kanannya terdapat hamparan rerumputan dan pepohonan hijau yang indah.

Untuk lokasinya, wisata Gunung Kidul ini berlokasi di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Sementara tiket masuknya hanya Rp7.000 saja.

Meski bisa datang kapan saja karena buka setiap hari selama 24 jam, tapi lebih baik Moms datang di pagi dan sore hari supaya cuacanya tidak terlalu terik. Hindari datang pada saat musim hujan karena jalanan menuju air terjun ini agak licin.

Lokasi: Gunung Butak, Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862

5. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk Wisata Gunung Kidul

Foto: instagram.com/jogja.istimewa

Air terjun berikutnya yang masuk dalam jajaran wisata Gunung Kidul yang hits adalah Air Terjun Sri Gethuk.

Wisata air terjun ini memiliki tampilan yang sangat eksotis karena bebatuan yang berada di bawah air terjun ini berwarna kecoklatan dengan pohon-pohon hijau yang berada di sekelilingnya.

Uniknya, air terjun di sini tetap mengalir sangat deras meski sedang musim kemarau. Jadi Moms bisa mengunjunginya kapan saja. Tapi ingat, saat musim hujan, kolam yang ada di bawah Air Terjun Kedung Kandang bisa mencapai lima meter dalamnya.

Air Terjun Sri Gethuk berada di Mungguran II, Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk harga tiket masuknya hanya Rp10.000 hingga Rp15.000 saja.

Lokasi: Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Baca Juga: 17 Tanaman Hias Dalam Ruangan yang Mudah untuk Dirawat

6. Air Terjun Luweng Sampang

Air terjun Luweng Sampang Wisata Gunung Kidul

Foto: instagram.com/estetikajogja

Air terjun di Gunung Kidul selanjutnya adalah Air Terjun Luweng Sampang. Air terjun di sini punya tampilan yang sangat berbeda jika dibandingkan dua air terjun sebelumnya.

Air Terjun Luweng Sampang punya tampilan yang lebih eksotis karena air terjun di sini diapit dengan bebatuan-bebatuan serta tebing besar.

Meski diapit dengan batu dan tebing, tapi uniknya air yang ada di sini berwarna biru dan sangat bening sehingga tampilannya terlihat akan terlihat instagramable jika difoto.

Moms bisa berfoto di depan air terjun atau berenang di sini karena airnya tidak terlalu dalam. Kedalaman kolam di bawah Air Terjun Luweng Sampang kurang lebih di bawah satu meter.

Lokasi: Jalan Juminahan, Kayen, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55863

7. Pantai Gesing

Pantai Gesing Wisata Gunung Kidul

Foto: instagram.com/kotawonosari

Selanjutnya ada Pantai Gesing yang punya banyak daya tarik apik untuk berfoto. Pantai yang satu ini menyajikan pemandangan lautan yang sangat indah karena warna lautnya sangat biru.

Ditambah lagi, ada banyak spot foto kekinian yang bisa Moms datangi. Mulai dari spot perahu, lantai kaca, dan masih banyak lagi.

Saat melakukan foto-foto di sini, Moms harus memperhatikan ombaknya karena ombaknya terbilang cukup besar.

Pantai Gesing berlokasi di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul. Moms bisa datang kapan saja karena buka setiap hari selama 24 jam. Untuk harga tiketnya hanya Rp10.000 saja.

Lokasi: Bolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133

Baca Juga: 11 Manfaat Propolis untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya, Catat!

8. Gunung Ireng Patuk

Gunung Ireng Patuk Wisata Gunungkidul

Foto: instagram.com/wisata_oke

Moms termasuk penyuka pemandangan sunset dan sunrise? Pastikan untuk datang ke Gunung Ireng Patuk yang ada di Desa Pengkok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.

Wisata Gunung Kidul ini menampilkan pemandangan matahari terbenam dan terbit yang sangat indah. Di pagi hari, pemandangannya bisa seperti negeri di atas awan.

Salah satu spot terfavorit di lokasi wisata Gunung Kidul ini adalah rumah gubuk yang terbuat dari bambu dan kayu.

Harga tiket masuk Gunung Ireng Patuk ini hanya Rp5.000 saja dan Moms bisa bebas berfoto di berbagai spot yang ada di sana.

Lokasi: Ngrancahan, Pengkok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862

9. Taman Bunga Nawari

Taman Bunga Nawari Wisata Gunung Kidul

Foto: instagram.com/arifahfs

Taman Bunga Nawari ini sedang populer di kalangan wisatawan muda karena bisa menjadi spot foto favorit yang hits di instagram.

Taman Bunga Nawari adalah tempat wisata Gunung Kidul yang menyajkan pemandangan ribuan bunga matahari yang ditanam di sana.

Berhubung pemandangan yang disajikan di sini adalah bunga matahari, maka Moms sebaiknya datang sebelum pukul 09.00 pagi supaya bisa mendapatkan momen saat bunga matahari sedang berdiri tegak menatap matahari.

Lokasi wisata Gunung Kidul ini berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul. Untuk datang ke sini, Moms cukup mengeluarkan biasa sebesar Rp6.000 saja.

Lokasi: Grogol I, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891

Baca Juga: 3 Rumah Adat Maluku dan Filosofi Kehidupan yang Ada di Dalamnya

10. Telaga Biru

Telaga Biru Wisata Gunung Kidul

Foto: instagram.com/voilajogja

Telaga Biru adalah salah satu wisata Gunung Kidul yang berlokasi puncak bukit Ngentak, Desa Candi Rejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul.

Telaga Biru memiliki ciri khas warna airnya yang terlihat biru dan jernih. Selain pemandangan telaganya yang sangat indah, pemandangan alam di sekitarnya juga terlihat cantik dan pastinya asri.

Telaga ini dikelilingi oleh pohon-pohon rindang. Ada yang berwarna kehijauan dan juga kecoklatan sehingga tampilannya jadi lebih berwarna.

Awalnya Telaga Biru ini adalah sebuah pegunungan batu kapur. Berhubung sering ditambang atau diambil kapurnya oleh masyarakat setempat, maka pegunungan ini pun terkikis dan meninggalkan lubang-lubang yang kemudian terisi dengan air hujan dan menjadi telaga.

Saking cantiknya, Telaga Biru tak hanya menjadi tempat wisata, tapi juga kerap kali menjadi tempat untuk foto prewedding. Jika Moms ingin datang ke sini, siapkan Rp10.000 untuk harga tiket masuknya.

Lokasi: Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Sukoharjo, Geneng, Candi Rejo, Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Jawa Tengah 57562

11. HeHa Ocean & Sky View

HeHa Ocean Wisata Gunung Kidul

Foto: instagram.com/wonderfultrip.id

HeHa Ocean & Sky View adalah wisata Gunung Kidul yang sedang hits saat ini. Tempay wisata ini sengaja dibuat menyerupai Santorini di Yunani sehingga dikenal sebagai Santorininya Gunung Kidul.

HeHa Ocean & Sky View pada dasarnya adalah dua tempat wisata yang berbeda tapi masih dikelola dengan pengelola yang sama.

Untuk HeHa Ocean View adalah lokasi wisata Gunung Kidul yang menawarkan pemandangan laut yang indah. Sementara HeHa Sky View lebih menawarkan pemandangan langit dan kota Yogyakarta dari atas ketinggian.

HeHa Ocean View berlokasi di Bolang, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul. Selain menawarkan pemandangan lautnya indah, di sini juga angkringan, tempat refleksi, dan pastinya spot berfoto yang instagramable.

Untuk Heha Sky View yang berlokasi di Jalan Dlingo-Patuk Nomor 2, Bukit Patuk, Gunung Kidul ini juga punya banyak spot berfoto yang instagramable dengan pemandangan dari atas ketinggian yang sangat indah.

Lokasi: Jalan Dlingo-Patuk No.2, Patuk, Bukit, Patuk, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55862

Baca Juga: 13 Rekomendasi Tempat Liburan di Pangalengan, Bagus Banget!

12. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran Wisata Gunungkidul

Foto: instagram.com/lianasofiani

Terakhir ada Gunung Api Purba Nglanggeran yang menjadi wisata Gunung Kidul dengan pemandangan indah dan pastinya instagramable untuk difoto.

Lokasi wisata Gunung Kidul ini sebenarnya adalah kawasan mendaki yang telah diakui oleh Global Geopark Network akan keindahan alamnya.

Biasanya para wisatawan ingin menyaksikan pemandangan matahari terbit di sini sehingga tak heran kalau ada yang datang pagi-pagi hingga berkemah di sini.

Untuk mencapai puncak, waktu tempuh yang harus Moms habiskan adalah sekitar 50-60 meniit karena jalanan pendakiannya cukup menantang dan menguras tenaga.

Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul.

Tiket masuk ke wisata Gunung Kidul ini adalah Rp15.000 jika Moms datang di siang hari. Tapi kalau datangnya malam, tiket masuknya menjadi Rp20.000.

Lokasi: Tlogo, Terbah, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Itulah beberapa wisata Gunung Kidul yang bisa Moms kunjungi saat liburan. Terlihat menarik untuk didatangi bukan Moms?

  • https://travel.kompas.com/read/2019/06/19/100400727/lokasi-rute-dan-harga-tiket-masuk-gunung-ireng-gunungkidul?page=all
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Nglanggeran
  • https://travelingyuk.com/puncak-segoro-wisata-jogja/268163?utm_source=idle&utm_medium=dekstop&utm_campaign=reload
  • https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/destinasi-tempat-wisata-di-gunungkidul-acc/25469
  • https://visitingjogja.com/31083/heha-ocean-view-tempat-wisata-viral-di-gunung-kidul/
  • https://jejak-kenzie.blogspot.com/2020/03/info-lengkap-wisata-goa-pindul-jogja.html
  • https://www.tripadvisor.co.id/Attractions-g2304083-Activities-c57-Gunung_Kidul_Java.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait