Jalan-jalan

16 Juli 2021

23 Wisata Jakarta yang Sayang Banget untuk Dilewatkan

Wisata Jakarta nggak hanya ke mall, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Sebagai ibukota Indonesia, Jakarta tak hanya terkenal akan gedung pencakar langitnya saja, tapi juga populer akan wisata Jakarta.

Kebanyakan orang akan berpendapat kalau Jakarta yang merupakan pusat perekonomian ini lebih identik dengan gedung-gedung tinggi serta pusat perbelanjaan barang-barang mewah.

Padahal, Jakarta juga menawarkan beragam wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata kuliner, dan pastinya wisata kekinian.

Baca Juga: Kerap Rewel, Ukkasya Anak Zaskia Sungkar Disebut Mengalami "Wonder Week", Apa Itu?

Wisata Jakarta yang Wajib Kita Datangi

Ada banyak wisata Jakarta yang bisa didatangi. Di antaranya ada dua puluh tiga wisata Jakarta yang direkomendasikan, yaitu:

1. Taman Mini Indonesia Indah

Wisata Jakarta TMII

Foto: kompas.com

Wisata Jakarta yang pertama adalah Taman Mini Indonesia Indah atau yang lebih dikenal dengan singkatan TMII.

TMII merupakan salah satu tempat wisaya yang di dalamnya terdapat banyak sekali wahana untuk dinikmati. Terdapat miniatur rumah adat, taman bunga, taman dinosaurus, gedung teater, hingga museum yang bisa kita datangi di TMII.

Masing-masing wahana ini memiliki harga tiket masuk sendiri dan Moms bisa memilih wahana mana yang ingin dimasuki.

Salah satu ikon wahana TMII yang paling banyak dikunjungi adalah istana anak-anak Indonesia yang gedungnya berbentuk kastil megah berwarna kemerahan.

TMII memiliki area yang sangat luas sehingga disarankan untuk membawa kendaraan pribadi atau menyewa sepeda sehingga Moms tidak kelelahan saat berjalan-jalan di dalamnya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Penjual Kurban Online, Idul Adha Sebentar Lagi

2. Monumen Nasional

Wisata Jakarta Monas

Foto: wikimedia.org

Monumen Nasional atau yang disingkat dengan nama Monas adalah destinasi wisata Jakarta yang sekaligus menjadi ikon kota Jakarta.

Tak lengkap rasanya jika kita tidak datang ke Monas saat sedang berwisata di Jakarta. Monas adalah sebuah monumen peringatan setinggi 132 meter dan didirikan sebagai bentuk dalam mengenag perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan Belanda.

Ikon Monas adalah emas yang terdapat pada bagian atasnya. Dari bagian atasnya, kita bisa melihat pemandangan kota Jakarta secara keseluruhan.

Wisata Jakarta ini sangat cocok dinikmati bersama dengan keluarga, jadi kalau ke Monas, jangan lupa untuk mengajak anak ya Moms!

3. Kebun Binatang Ragunan

Selain TMMI dan Monas, wisata Jakarta yang populer adalah Kebun Binatang Ragunan atau yang disingkat dengan nama bonbin Ragunan.

Nama kebun binatang ini memang sudah tak asing lagi karena menjadi salah satu kebun binatang tertua di Indonesia, terutama di Jakarta.

Di Kebun Binatang Ragunan, kita bisa menemukan aneka spesies binatang secara lengkap. Mulai dari hewan primata, mamalia, ikan, dan masih banyak lagi. Tercatat ada sekitar 300 jenis hewan yang ada di kebun binatang ini.

Moms bisa mengajak Si Kecil untuk mengenalkan aneka hewan kepada mereka dengan mengunjungi Kebun Binatang Ragunan.

Baca Juga: Blighted Ovum: Penyebab, Gejala, Cara Mencegah, dan Cara Mengatasinya

4. Dufan

Wisata Jakarta Dufan

Foto: penginapan.net

Ingin berwisata ke wahana permainan? Moms bisa datang ke Dufan atau Dunia Fantasi Ancol yang berlokasi di area Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Dufan memiliki puluhan wahana bermain yang bisa dinikmati bersama dengan pasangan hingga bersama keluarga.

Jika ingin datang ke Dufan, disarankan untuk datang saat hari biasa karena saat hari libur atau akhir pekan, biasanya Dufan sangat ramai sekali sehingga untuk naik wahana, kita harus mengantri terlebih dahulu.

5. Sea World Ancol

Masih di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, ada Sea World yang merupakan wisata Jakarta. Sea World menyajikan aneka biota laut di dalam akuarium raksasa.

Moms bisa menelusuri terowongan bawah air, berinteraksi dengan hewan air, hingga menyaksikan pemberian makan hewan laut.

Sea World Ancol ini lebih banyak didatangi oleh anak-anak sehingga cocok untuk dijadikan sebagai wisata keluarga.

Baca Juga: Jodoh Harus Dijemput, 7 Cara Meluluhkan Hati Wanita Idaman

6. Pantai Ancol

Wisata Jakarta Pantai Ancol

Foto: andarabus.com

Siapa bilang Jakarta tak punya pantai? Ada wisata Jakarta berupa Pantai Ancol yang berada di dalam Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Di Pantai Ancol ini, kita bisa melihat pemandangan lautan luas. Waktu terbaik untuk datang ke Pantau Ancol adalah di sore hari karena kita bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang indah.

Moms juga bisa bermain di pasir yang ada di pinggir pantai bersama dengan anak-anak.

7. Kota Tua

Wisata Jakarta Kota Tua

Foto: dolanyok.com

Masih dengan wisata Jakarta yang menjadi ikon, ada Kota Tua yang berlokasi di Jakarta Barat. Kota Tua ini sangat populer dengan bangunan-bangunan kolonialnya.

Dinamakan Kota Tua karena memang arsitektur bangunannya ini sangat jadul sekali. Kebanyakan bangunan di Kota Tua sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan hingga sekarang masih tetap dilestarikan.

Saat berkunjung ke Kota Tua, kita tak hanya bisa menikmati pemandangan zaman dulu, tapi juga bisa bersepeda dengan menggunakan sepeda ontel jaman dulu. Selain berkunjung ke Kota Tua, di sekitar area sana juga terdapat banyak museum yang juga bisa kita kunjungi.

Baca Juga: 7 Penyebab Perut Kembung dan Cara Mengatasinya

8. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki atau biasa disingkat dengan nama TIM adalah tempat pentas seni seperti teater, pertunjukan musik, pembacaan puisi, dan lain sebagainya, yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata Jakarta.

Di dalamnya terdapat enam ruangan yakni teater modern, galeri, bioskop, balai pameran, dan gedung arsip.

Moms bisa mengecek jadwalnya secara online melalui situs resminya atau melihat jadwal di pintu masuk TIM.

9. Planetarium

Wisata Jakarta Planetarium

Foto: www.jejakpiknik.com

Buat penyuka astronomi, ada Planetarium yang merupakan wisata Jakarta yang menyajikan pemandangan luar angkasa.

Di dalam Planetarium ini kita akan melihat konsep tata surya dan juga replika letak planet dan binang. Planetarium terletak di dalam Taman Ismail Marzuki.

Jika ingin datang ke Planetarium, Moms harus datang pagi-pagi karena tempat wisata Jakarta ini hanya buka dari jam 09.00-13.00.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Souvenir Ulang Tahun Anak yang Berguna

10. Petak Sembilan

Kawasan Petak Sembilan sangat cocok buat Moms yang suka wisata sejarah dan wisata kuliner karena di sini Moms akan dimanjakan dengan pemandangan kota pecinan.

Di Petak Sembilan, ada klenteng, pasar yang menjual aksesoris dan perabotan khas Tionghoa, dan pastinya akan ada kuliner khas Tionghoa yang bisa memanjakan lidahmu.

Kebanyakan kuliner yang ada di Petak Sembilan adalah kuliner legendaris yang keberadaannya sudah sejak puluhan tahun yang lalu.

Beberapa di antaranya adalah Es Kopi Tak Kie yang sudah ada sejak tahun 1927, Rujak Shanghai Encim yang sudah ada sejak tahun 1950, Ketupat Gloria 65 Cap Go Meh yang ada sejak tahun 1963, dan masih banyak lagi kuliner legendaris lainnya.

Baca Juga: 12 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Moms Coba, Menarik Lho!

11. Pelabuhan Sunda Kelapa

Wisata Jakarta Pelabuhan Sunda Kelapa

Foto: www.deviantart.com

Pelabuhan Sunda Kelapa sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi untuk melakukan wisata bahari. Di Pelabuhan Sunda Kelapa, kita akan disambut dengan puluhan perahu raksasa yang berlabuh di pinggir dermaga.

Kebanyakan orang yang datang ke Pelabuhan Sunda Kelapa ingin berfoto dengan latar deretan perahu raksasa yang apik.

12. Kepulauan Seribu

Wisata bahari juga bisa Moms lakukan dengan mengunjungi Kepulauan Seribu. Di sini ada banyak sekali pulau-pulau yang bisa dikunjungi sehingga dinamakan dengan Kepulauan Seribu.

Beberapa pulau yang masuk di Kepulauan Seribu adalah Pulau Tidung, Pulau Bidadari, Pulau Harapan, Pulau Pari, dan masih banyak lagi.

Untuk sampai ke Kepulauan Seribu, Moms harus menyebrang terlebih dahulu dengan kapal laut dari Muara Angke, Jakarta Utara.

Setelah sampai di salah satu pulau yang ada di Kepulauan Seribu, Moms bisa menikmati keindahan laut dengan melakukan beragam kegiatan olahraga air. Mulai dari berenang hingga melakukan diving.

Baca Juga: 25 Lokasi Vaksin COVID-19 di Tangerang Selatan dan Sekitarnya, Catat Moms!

13. Jembatan Kota Intan

Wisata Jakarta Jembatan Kota Intan

Foto: jejakpiknik.com

Jembatan Kota Intan adalah spot wisata foto kekinian yang banyak didatangi oleh anak muda. Pasalnya, jembatan ini memiliki tampilan yang unik dan menarik.

Jembatan Kota Intan ini adalah jembatan tua yang sudah ada sejak abad ke-17. Memiliki warna merah kecoklatan dengan arsitektur khas era zaman dulu membuat jembatan ini punya ciri khas sendiri.

Jembatan Kota Intan memiliki panjang sekitar 30 meter dan menjadi perjalanan bangsa Indonesia selama kurang lebih 400 tahun lamanya.

14. Taman Wisata Alam Angke

Wisata Jakarta selanjutnya adalah Taman Wisata Alam Angke. Kawasan wisata ini sangat banyak peminatnya karena sering dijadikan sebagai lokasi untuk berfoto, terutama foto prewedding.

Taman Wisata Alam Angke sebenarnya adalah hutan bakau yang dijadikan sebagai kawasan wisata. Di dalamnya terdapat penginapan sehingga Moms bisa menikmati suasana bermalam di tengah hutan bakau yang asri.

Baca Juga: 5+ Destinasi Wisata di Blitar, Indah Memukau

15. Setu Babakan

Ingin mencari wisata Jakarta yang mengenalkan tentang budaya ? Datang saja ke Setu Babakan. Setu Babakan adalah pusat perkambungan budaya Betawi. Jadi di sini Moms bisa mempelajari tentang budaya Betawi.

Di dalam Setu Babakan terdapat panggung pertunjukan, toko souvenir, hingga beragam kuliner khas Betawi yang bisa diicip.

Setu Babakan berlokasi di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

16. Taman Situ Lembang

Wisata Jakarta Taman Situ Lembang

Foto: jejakpiknik.com

Taman Situ Lembang menjadi lokasi wisata Jakarta selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai wisata alam. Taman ini berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat.

Di sini terdapat taman bunga, rerumputan hijau, serta kolam yang cukup besar. Rata-rata orang yang datang ke Taman Situ Lembang ini bersama dengan anggota keluarga. Bisa sambil berpiknik, bersepeda, hingga melakukan kegiatan lainnya.

Di Taman Situ Lembang terdapat kolam ikan buatan dan Moms bisa memancing ikan di sini.

Baca Juga: Ngemil Santai Hingga Berwisata, Ini 5 Kegiatan di Akhir Pekan yang Asyik

17. Museum Tengah Kebun

Kita lanjut ke wisata edukasi. Ada Museum Tengah Kebun yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan. Museum ini bukan milik pemerintah alias milik pribadi.

Museum Tengah Kebun sebenarnya adalah rumah kediaman Sjarial Djalil yang merupakan seorang kolektor benda seni antik. Beliau memiliki koleksi sebanyak kurang lebih 4000 item yang berasal dari seluruh dunia.

Museum ini mulai dibuka pada tahun 2009. Terdapat sekitar 17 ruangan yang digunakan untuk menampilkan koleksi museum. Dinamakan Museum Tengah Kebun karena di bagian dalamnya terdapat kebun yang ukurannya sangat luas sekali.

18. Museum Wayang

Museum Wayang adalah museum yang lokasinya berada di sekitar kawasan Kota Tua sehingga saat Moms sedang datang ke Kota Tua, sempatkanlah untuk mampir ke Museum Wayang ini.

Sesuai dengan namanya, Museum Wayang adalah sebuah museum yang di dalamnya terdapat beragam jenis wayang dari seluruh Indonesia. Mulai dari wayang kulit, wayang golek, dan lain sebagainya.

Koleksi-koleksi wayang yang ada di museum ini memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Museum yang sudah berdiri sejak tahun 1975 ini juga memiliki koleksi boneka serta lukisan dari berbagai dunia yang sengaja dipamerkan di sini.

Museum Wayang berlokasi di daerah Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

Baca Juga: 3 Wisata Terbaru di Lembang. Semuanya Menarik!

19. Museum Tekstil

Wisata Jakarta Museum Tekstil

Foto: travelspromo.com

Museum Tekstil adalah salah satu museum di Jakarta yang terbilang unik karena khusus menyajikan beragam jenis tekstil tradisional khas Indonesia dari berbagai daerah.

Di dalamnya terdapat galeri batik hingga tenun, mulai dari yang tampilannya kuno hingga kontemporer.

Selain menghadirkan aneka kain tradisional Indonesia, di dalamnya juga perpustakaan mengenai kain khas Indonesia, labolatorium, benda-benda yang digunakan untuk membuat kain seperti alat tenun, hingga kebun pewarna alam yang di dalamnya terdapat tanaman untuk pewarna alami pada kain tradisional.

Museum ini juga seringkali mengadakan pameran hingga pembelajaran membatik yang bisa Moms ikuti bersama dengan keluarga. Tapi sebelum itu, Moms harus melakukan reservasi terlebih dahulu pastinya.

Wisata edukasi ini memang sangat cocok untuk didatangi bersama dengan kekuarga. Museum Tekstil ini berlokasi di Jalan Ks Tubun, Palmerah, Jakarta Barat.

20. Museum Bahari

Jika berada di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, Moms bisa datang ke Museum Bahari. Museum Bahari adalah museum yang di dalamnya terdapat koleksi atau penyimpanan kapal, perahu, hingga peralatan nelayan.

Awalnya, Museum Bahari hanyalah sebuah gudang yang menjadi tempat penyimpanan logistik berupa hasil bumi serta hasil laut. Lalu seiring berjalannya waktu, tempat ini beralih fungsi menjadi museum yang dikhususkan dengan bahari dan kelautan.

Baca Juga: Sambil Ngabuburit, Ini 4 Wisata Religi di Jakarta yang Bisa Dikunjungi

21. Museum Fatahillah

Wisata Jakarta Museum Fatahillah

Foto: tribunnews.com

Museum Fatahillah menjadi salah satu museum di Jakarta yang wajib didatangi saat akan berwisata edukasi.

Museum Fatahillah merupakan museum yang namanya diambil dari salah satu nama pahlawan pejuang kemerdekaan Indonesia dalam melawan penjajah Belanda, yakni Fatahillah.

Di dalam museum tersebut terdapat berbagai miniatur serta foto-foto sejarah yang menggambarkan keadaan Batavia di masa penjajahan Belanda.

Wisata Jakarta ini terletak di kawasan Pinangsia, Jakarta Barat.

22. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia adalah salah satu museum ternama di Jakarta yang harus dikunjungi. Di dalam museum ini terdapat informasi yang lengkap mengenai sejarah keuangan dan perbankan yang ada di Indonesia.

Di museum ini ada berbagai macam mata uang, baik itu mata uang Indonesia hingga mata uang asing. Selain itu juga ada barang-barang yang sering digunakan dalam industri perbankan seperti mesin pencetak uang hingga mesin penghitung uang.

Jika ingin datang ke Museum Bank Indonesia, Moms bisa datang ke daerah Jakarta Barat, tepatnya di kawasan Pinangsia.

Baca Juga: 5 Wisata Indonesia Timur yang Wajib Dikunjungi

23. Moja Museum

Moja Museum

Foto: mediaindonesia.com

Wisata Jakarta yang terakhir adalah Moja. Museum ini sebenarnya adalah museum modern dan kekinian sehingga berbeda dengan museum kebanyakan.

Moja Museum menawarkan perpaduan karya seni yang menjadi favorit anak kekinian dengan tampilan yang terlihat sangat apik ketika diabadikan melalui jepretan kamera.

Jadi jangan heran kalau museum ini justru lebih banyak didatangi anak muda atau remaja untuk berfoto dengan tampilan latar yang apik.

Per tiga bulan sekali, instalasi seni ini akan diganti-ganti secara terus-menerus.

Moja Museum berlokasi di Gelora Bung Karno (GBK), tepatnya masuk melalui Pintu Biru Zona 8. Jika ingin datang ke museum ini, kita harus melakukan reservasi terlebih dahulu secara online atau melalui whatsapp karena per harinya jumlah pengunjung dibatasi.

Selain menawarkan instalasi museum kekinian, di Moja Museum ini kita juga bisa bermain sepatu roda dan juga melukis. Tapi tentu saja tiket masuknya ini berbeda.

Itulah wisata Jakarta yang sayang banget dilewatkan. Dari keduapuluh tiga wisata Jakarta di atas, kira-kira Moms ingin bepergian ke mana dulu nih?

  • http://jakarta-tourism.go.id/visit/blog/2013/12/jembatan-gantung-kota-intan
  • https://www.itrip.id/tempat-wisata-jakarta
  • https://www.javatravel.net/tempat-wisata-jakarta
  • https://travelspromo.com/htm-wisata/moja-museum-jakarta/
  • https://www.traveloka.com/id-id/activities/indonesia/region/jakarta-102813
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait