Jalan-jalan

14 Juli 2021

23 Wisata Jogja Terhits yang Wajib Dikunjungi!

Wisata Jogja untuk pasangan hingga keluarga, semua ada!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Daftar isi artikel

Sudah bukan rahasia lagi wisata Jogja selalu diburu untuk didatangi, tak hanya oleh para turis lokal tapi juga turis asing.

Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jogja adalah salah satu kota yang terletak di Jawa Tengah. Kota ini memiliki banyak sekali julukan. Mulai dari kota pelajar hingga kota wisata.

Ada banyak sekali wisata Jogja yang bisa kita datangi saat berkunjung ke kota tersebut. Ada wisata alam, wisata edukasi, wisata kuliner, hingga wisata kekinian.

Rasanya waktu seminggu liburan tak akan cukup untuk berwisata di kota ini.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Restoran Korea di Jogja yang Menggugah Selera

Wisata Jogja Terhits

Berhubung ada banyak sekali tempat wisata Jogja, pastinya Moms bisa bingung untuk memilihnya. Nah, dari sekian banyak tempat wisata Jogja, ada sekitar dua puluh tiga yang menjadi hits dan masuk list wajib dikunjungi, yaitu:

1. Wisata Kalibiru

Wisata Jogja Kalibiru

Foto: antarejatour.com

Wisata Jogja yang pertama adalah wisata Kalibiru. Wisata ini sangat populer sebagai tempat hits untuk berfoto karena berlatar belakang jurang dan juga kota Jogja.

Selain juga bisa dijadikan sebagai latar berfoto, Kalibiru ini juga memiliki fasilitas lain seperti flaying fox, sepeda, dan lain sebagainya.

Wisata Kalibiru terletak di Jalan Waduk Sermo, Kulon Progo dan buka setiap harinya mulai dari pukul 08.00-16.00.

2. Tebing Breksi

Wisata Jogja Tebing Breksi

Foto: www.yogyes.com

Tebing Breksi menjadi destinasi wisata Jogja berikutnya yang memiliki tampilan unik sehingga menarik minat banyak para wisatawan.

Tebing Breksi sebenarnya adalah sebuah lokasi wisata yang awalnya merupakan bekas tambang batu kapur. Pada sekitar tahun 80-an, masyarakat setempat menambang bahan bangunan di daerah ini.

Kandungan endapan kapur di daerah ini merupakan endapan abu vulkanik dari Gunung Nglanggeran, Gunung Kidul. Setelah temuan abu vulkanik tersebut ditemukan, maka kegiatan penambangan pun diberhentikan.

Kawasan tersebut pun menjadi kawasan cagar budaya yang harus dijaga dan dilestarikan sehingga dibuatlah objek wisata supaya Tebing Breksi tetap ada yang mengunjungi.

Di sini terdapat tebing dengan ukiran-ukiran dari para seniman lokal sehingga tampilannya terlihat sangat cantik. Di area sekitarnya juga terdapat candi-candi kecil yang bisa Moms kunjungi. Lokasi Tebing Breksi berada di Dusun Groyokan, Sleman.

Baca Juga: 8 Makanan Khas Jogja Paling Ikonik dengan Cita Rasa Pilihan

3. Wisata Kaliadem

Wisata Kaliadem merupakan salah satu tempat wisata Jogja yang lokasinya dekat dengan Gunung Merapi. Kawasan ini berada di Bungker Kaliadem.

Moms bisa datang ke sini sambil mempelajari sejarah tentang letusan Gunung Merapi dan juga berfoto-foto dengan latar Gunung Merapi yang terlihat sangat apik.

Saat datang ke sini, usahakan sebelum pukul 12.00 siang dan setelah pukul 15.00 karena pada tengah hari cuacanya sangat terik sekali.

4. Bukit Kali Kuning

Wisata Jogja Bukit Kali Kuning

Foto: yogjo.com

Bukit Kali Kuning menjadi destinasi wisata Jogja berikutnya yang masih di sekitar Gunung Merapi.

Kali Kuning sendiri awalnya adalah sungai yang dulunya dialiri lahar saat terjadinya peristiwa meletusnya Gunung Merapi. Sementara bukitnya juga terbentuk akibat letusan gunung pada saat itu.

Sekarang kawasan ini snagat rindang dan hijau sehingga sering dijadikan sebagai tempat bersantai, berkemah, atau berfoto dengan latar Gunung Merapi.

Baca Juga: 4 Ragam Resep Gudeg ala Jogja, Nikmat!

5. Hutan Magrove Kulon Progo

Selanjutnya ada Hutan Magrove Kulon Progo yang lokasinya berada di Dusun Pasir Mendit, Kulon Progo.

Kawasan wisata ini sebenarnya adalah kawasan konservasi yang sengaja dibuka untuk wisata dan edukasi. Di tempat wisata jogja ini, Moms bisa menikmati hamparan hutan mangrove yang luas.

Ada banyak spot berfoto juga yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Salah satu spot favorit adalah replika menara Eiffel setinggi 10 meter, spot foto kupu-kupu, hingga spot sepeda ontel.

6. Air Terjun Kedung Pedut

Wisata Jogja Kedung Pendut

Foto: garasijogja.com

Air Terjun Kedung Pedut menjadi salah satu wisata Jogja terhits yang masih sangat asri karena terletak di kawasan pedesaan.

Wisata Jogja ini berada di Desa Jatimulyo, Kulon Progo. Moms bisa menikmati wisata air terjun dengan suasana sejuk dan pemandangan yang cantik. Di sekitarnya, Moms bisa mencicip hasil panen penduduk lokal seperti durian.

Meskipun berada di pedesaan, tapi fasilitas yang dimiliki kawasan wisata ini sangat bagus. Ada gazebo sebagai tempat beristirahat, tempat beribadah, serta ada toilet umum.

Baca Juga: Varian Resep Bakpia, Bikin Rindu Jogja!

7. Ekowisata Taman Sungai Mudal

Masih dengan wisata alam, ada ekowisata Taman Sungai Mudal yang lokasinya berada di Desa Girimulyo, Kulon Progo.

Sesuai dengan namanya, wisata ini berjenis ekowisata sehingga Moms akan dimanjakan dengan keindahan alam setempat. Ada air terjun dengan kolam eksotis yang cocok untuk menyegarkan pemandanganmu.

Selain bisa menyegarkan pandangan, kita juga bisa mandi di sini karena ada kolam pemandian khusus yang diperuntukkan untuk dewasa dan anak-anak.

Tak hanya itu saja, ada juga taman di sekelilingnya dan juga ragam wahana wisata seperti flying fox, camping area, dan lain sebagainya.

8. Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Wisata Jogja Embung

Foto: garasijogja.com

Embung Nglanggeran Gunung Kidul merupakan salah satu kawasan wisata Jogja yang pastinya berada di Gunung Kidul.

Tempat wisata ini tadinya merupakan danau buatan dan hanya diperuntukkan untuk irigasi masyarakat sekitarnya. Tapi semenjak industri pariwisata Yogyakarta semakin berjaya, maka kawasan ini dibuka menjadi tempat wisata.

Di sini ada banyak sekali spot foto yang hits untuk didatangi. Lokasi berada Embung Nglanggeran Gunung Kidul di Nglanggeran, Patuk, Yogyakarta.

Baca Juga: 7 Sentra Pendaftaran Vaksin COVID-19 Usia 18+ Melalui Aplikasi Online dan Caranya, Segera Daftar!

9. Selopamioro Adventure Park

Suka dengan wisata alam? Datang saja ke Selopamioro Adventure Park yang berada di Dusun Jetis, Desa Slopamioro, Bantul.

Wisata Jogja di sini termasuk wisata alam dan ekowisata yang menyajikan aneka wahana menantang dan bisa menguji adrenalinmu.

Moms bisa melakukan rafting mendebarkan dengan tiga jenis pilihan yakni short, medium, dan long. Jika tak suka rafting, Moms juga bisa berkemah di tempat-tempat yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

10. Gua Jomblang

Wisata Jogja Gua Jombang

Foto: visitingjogja.com

Selanjutnya ada Gua Jomblang yang sangat populer di kalangan wisatawan karena hasil foto di Gua Jomblang sangatlah cantik. Gua Jomblang ini seringkali dijuluki sebagai cahaya dari surga.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan Gua Jomblang yang letaknya ada di dalam lembah ini memiliki mulut gua yang ketika terkena cahaya matahari akan memantul ke dalam gua dan menciptakan pancaran cahaya yang sangat cantik.

Moms bisa berpetualang berkeliling dalam gua sambil berfoto di bawah cahaya matahari. Jika ingin berwisata di Gua Jomblang, Moms harus melakukan reservasi terlebih dahulu karena slot pengunjungnya terbatas.

Baca Juga: 20 Nama Bayi Perempuan Yunani Modern, Unik, dan Bermakna Baik

11. Gunung Api Purba

Wisata alam lainnya yang dimiliki oleh Yogyakarta adalah Gunung Api Purba. Gunung Api Purba berada di ketinggian 700 mdpl. Untuk sampai ke puncaknya dibutuhkan waktu sekitar 1-1,5 jam lamanya.

Gunung Api Purba menjadi kawasan ekowisata yang seringkali dijadikan sebagai tempat berkemah. Pemandangannya sangat eksotis sehingga cocok juga untuk dijadikan sebagai latar lokasi untuk berfoto.

Jika tak suka berkeah, ada aktivitas lain yang bisa Moms lakukan seperti flying fox dan lain sebagainya.

12. Pantai Indrayanti

Wisata Jogja Pantai Indrayanti

Foto:travelspromo.com

Kita beralih ke pantai yang juga menjadi pesona keindahan wisata Jogja. Salah satu pantai yang banyak didatangi selain Parang Kritis, yakni Pantai Indrayanti. Pantai ini berlokasi di pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul.

Aslinya pantai ini bukan bernama Pantai Indrayanti, melainkan Pantai Pulang Syawal karena sebenarnya nama Indrayanti merupakan nama pasangan suami istri pemilik restoran dan kafe di pantai tersebut.

Namun, masyarakat setempat lebih mengenal pantai tersebut dengan nama Pantai Indrayanti ketimbang Pantai Pulang Syawal.

Baca Juga: 4 Resep Bolu Gulung, Cocok untuk Moms dan Keluarga yang Suka Camilan Manis

13. Gumuk Pasir

Sering melihat foto orang-orang yang sedang berpose di atas padang pasir yang ada di Yogyakarta? Moms bisa datang ke Gumuk Pasir.

Gumuk Pasir adalah salah satu tempat wisata Jogja yang bisa dikatakan antimainstream karena jarang dijumpai. Gumuk Pasir ini adalah padang pasir ala Yogyakarta yang bisa digunakan sebagai tempat bermain sandboarding hingga berfoto.

Gumuk Pasir berlokasi di sebelah barat Pantai parangkusumo. Kawasan padang pasir ini sebenarnya terbentuk secara alami dari hembusan angin yang membawa pasir dari pantai.

14. Teras Kaca Pantai Nguluran

Wisata Jogja Teras Kaca

Foto: mytrip123.com

Masih di kawasan Gunungkidul dan masih berada di area pantai, ada spot wisata Jogja kekinian yang fotonya wara-wiri di instagram, yakni Teras Kaca Pantai Nguluran.

Wisata ini sangat cocok buat Moms yang ingin melakukan uji nyali karena di sini terdapat teras yang alas lantainya dari kaca dengan ditopang rangka besi.

Tentunya butuh keberanian untuk dapat berjalan di atas ketinggian laut dengan lantai kaca yang transparan di bawahnya sehingga Moms bisa melihat dengan jelas deburan ombak dari Pantai Nguluran.

Selain bisa uji nyali dan berfoto di Teras Kaca, ada spot-spot berfoto lainnya juga di sini sehingga Moms tak perlu khawatir bosan. Dengan berlatarkan lautan yang indah, hasil jepretan Moms akan terlihat lebih bagus.

Baca Juga: Review Serum Royal Jelly Lift Concentrate by Jafra oleh Moms Orami, Bikin Wajah Glowing!

15. Hutan Pinus Mangunan

Sering melihat tempat wisata dengan foto hammock yang berjajar vertikal di tengah hutan? Moms bisa menjumpainya di Hutan Pinus Mangunan.

Hutan Pinus Mangunan adalah spot wisata kekinian sekaligus wisata alam yang sangat hits di Yogyakarta. Tempat ini adalah hutan pinus yang sengaja dibuka sebagai kawasan wisata.

Moms bisa berkemah atau bersantai di atas hammock yang memang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Tak hanya itu saja, di Hutan Pinus Mangunan juga terdapat beberapa spot berfoto dan juga kegiatan lainnya.

Hutan Pinus Mangunan berlokasi di Dlingo, Bantul. Kawasan wisata Jogja ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 selain hari Rabu.

16. Pinus Pengger Dlingo

Wisata Jogja Pinus Pengger

Foto: ihategreenjello.com

Masih ada lagi nih hutan pinus lainnya di Yogyakarta yang bisa Moms datangi selain Hutan Pinus Mangunan, yakni Pinus Pengger Dlingo yang lokasinya berada di Dlingo, Bantul.

Kawasan wisata ini sangat hits karena memiliki spot foto yang melimpah sehingga lebih banyak didatangi oleh para remaja.

Terdapat sekitar belasan spot berfoto yang memang sengaja dibuat khusus untuk para wisatawan supaya bisa berfoto dengan latar pemandangan alam Yogyakarta.

Belasan spot foto ini meliputi spot tangan raksasa yang dibuat dari ranting, spot sarang burung, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Mengenal Smegma, Tumpukan Kotoran di Lipatan Alat Kelamin yang Mengganggu

17. Goa Pindul

Bagi penyuka kegiatan ekstrem atau olahraga air, Moms bisa datang ke Goa Pindul. Di sini Moms bisa melakukan rafting dengan menyusuri sungai yang ada di sepanjang Goa Pindul.

Keunikan dari wisata ini adalah Moms bisa melihat pemandangan gua yang eksotik dengan cara rafting. Goa Pindul memiliki panjang sekitar 350 meter dengan lebar hingga 5 meter.

Ada tiga zona yang bisa dinikmati saat berwisata di Goa Pindul, yakni zona terang, remang, dan gelap. Semuanya dapat dinikmati dalam waktu sekitar 45 menit.

18. Taman Pelangi

Wisata Jogja Taman Pelangi

Foto: sitimustiani.com

Buat yang tidak terlalu suka dengan wisata alam, ada Taman Pelangi yang bisa dinikmati di Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Kabupaten Sleman.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Pelangi adalah di malam hari karena memang spot wisata Jogja ini akan terlihat lebih cantik di malam hari.

Keunikan dari Taman Pelangi adalah ratusan lampion yang dipajang di sini sehingga menambah cantik suasana, apalagi saat kita mengabadikannya dengan kamera.

Selain lampion juga ada beragam lampion yang dikreasikan menjadi beragam bentuk.

Baca Juga: Ingin Bibir Tampak Cerah? Ikuti 10 Cara Merawat Bibir dengan Alami

19. Museum Ullen Sentalu

Wisata Jogja yang berikutnya adalah wisata edukasi. Ada Museum Ullen Sentalu yang lokasinya berada di Kaliurang, Kabupaten Sleman.

Wisata ini sebenarnya merupakan wisata lama, hanya saja keberadaannya masih difavoritkan oleh para wisatawan. Di sini, Moms bisa menjumpai karya seni dari seniman-seniman Yogyakarta.

Wisata ini sangat cocok untuk keluarga karena bisa sekaligus mengajarkan anak-anak.

20. Selfie Park Umbulharjo

Wisata Jogja Selfie Park

Foto: ngetripkemana.com

Kalau wisata Jogja yang satu ini cocok untuk pecinta foto dan selfie. Tempat wisata ini bernama Selfie Park Umbulharjo. Jaraknya hanya 10 menitan saja dari Malioboro dengan kendaraan bermotor sehingga mudah dijangkau.

Selfie Park Umbulharjo sebenarnya bernama Taman Pule XT Square karena di kawasan ini banyak pohon pule.

Terdapat puluhan objek foto yang bisa memuaskan hasratmu untuk berfoto di sini. Waktu terbaik untuk datang ke Selfie Park Umbulharjo adalah malam hari karena ada lampu kerlap kerlip di sini sehingga terlihat indah saat difoto.

Baca Juga: 5+ Destinasi Wisata di Blitar, Indah Memukau

21. The Lost World Castle

Wisata Jogja The Lost World

Foto: backpackerjakarta.com

The Lost World Castle adalah wisata kekinian yang sedang hits saat ini karena masih terbilang baru. The Lost World Castle adalah wisata yang letaknya berada di lereng Gunung Merapi.

Wisata ini memang menawarkan keindahan alam Gunung Merapi. Ada banyak sekali spot-spot yang menarik, mulai dari taman koboi, awan putih, sepeda motor terbang, hingga sayap bidadari yang cocok untuk latar berfoto.

Dinamakan The Lost World Castle karena kawasan wisata ini dikelilingi oleh tembok yang kokoh mirip dengan Tembok Besar China. Jam bukanya antara pukul 07.00-18.00 setiap hari.

22. Taman Sari

Tak suka berwisata jauh-jauh dari pusat kota? Datang saja ke Taman Sari yang berada di dalam area Benteng Kraton Yogyakarta.

Taman Sari awalnya adalah pemandian bagi sultan dan para permaisurinya. Setelah tidak digunakan lagi, tempat ini menjadi lokasi wisata Jogja yang banyak dikunjungi karena memiliki arsitektur yang unik.

Taman Sari ini buka setiap harinya mulai dari pukul 09.00-15.00.

Baca Juga: Ngemil Santai Hingga Berwisata, Ini 5 Kegiatan di Akhir Pekan yang Asyik

23. Puncak Segoro

Wisata Jogja Puncak Segoro

Foto: jogjakita.co.id

Wisata Jogja yang terakhir adalah Puncak Segoro. Kawasan wisata ini sangat sering dijadikan sebagai lokasi hunting foto hingga pre wedding karena memiliki tampilan yang cantik.

Puncak Segoro yang berada di Desa Girikarto, Gunungkidul, Yogyakarta ini berlatarkan laut lepas dengan deburan ombak yang bisa mempesonamu.

Dianjurkan untuk datang pagi atau sore hari untuk menghindari cuaca yang panas terik.

Ada banyak sekali kan aneka destinasi wisata Jogja yang bisa Moms datangi, baik itu bersama dengan teman maupun keluarga.

  • https://visitingjogja.com/
  • https://garasijogja.com/wisata-kalibiru-jogja/
  • https://wisatagoapindul.co.id/2021/02/cave-tubing-di-goa-pindul-jogja-9/
  • https://garasijogja.com/tempat-wisata-sekitar-kalibiru-kulon-progo-jogja/
  • https://www.klook.com/id/blog/tempat-wisata-di-jogja/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait