Jalan-jalan

16 Agustus 2021

10 Destinasi Wisata Kuningan yang Bisa Jadi Alternatif Liburan, Seru!

Berikut ini beberapa alternatif pilihan liburan di Kuningan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms pernah berkunjung ke lokasi-lokasi wisata Kuningan?

Jawa Barat adalah salah satu provinsi dengan bentang alam yang banyak memiliki bukit dan gunung. Tak hanya Bogor atau Bandung saja yang menarik untuk dikunjungi, kota lain seperti Kuningan juga menarik untuk dikunjungi.

Destinasi wisata Kuningan juga bermacam-macam dan kebanyakan adalah wisata alam sehingga cocok untuk Moms yang ingin melepas penat.

Kuningan berjarak kurang lebih 250 kilometer dari Jakarta. Salah satu yang membuatnya dikenal adalah keberadaan Gunung Ciremai sebagai salah satu keajaiban alam.

Moms dan keluarga akan menemukan hampir semua fenomena alam di Kuningan. Mulai dari air terjun yang cantik, perbukitan yang eksotik, hingga taman wisata alam yang Instagramable dan layak didatangi.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Cirebon yang Seru!

Destinasi Wisata Kuningan yang Menyenangkan

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata Kuningan yang bisa Moms kunjungi bersama keluarga. Dijamin beberapa destinasi wisata ini mengasyikkan dan membuat Moms betah berlama-lama!

1. Telaga Remis

Wisata Kuningan - Telaga Remis

Foto: rri.co.id

Destinasi wisata Kuningan pertama yang wajib Moms kunjungi adalah Telaga Remis. Ini adalah sebuah lokasi wisata di tengah hutan yang memiliki pemandangan memukau. Air di sana juga cukup jernih dan Moms akan merasakan suasana sejuk khas pegunungan.

Danau yang teduh nan cantik ini berada di Desa Kaduela, Pasawahan, sekitar 30 km arah barat laut pusat kota Kuningan atau 20 km arah barat daya Cirebon.

Untuk menuju ke sana, Moms bisa menggunakan bus umum Jakarta-Cirebon dan turun di Pasar Cilimus, lalu melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum menuju Pasawahan.

Di lokasi wisata ini, Moms bisa berjalan-jalan melalui jalan setapak yang mengelilingi danau. Moms juga bisa bersantai menikmati rimbunnya pepohonan sekitar di saung dan rumah makan yang ada di tepi danau.

Namun, jika Moms ingin menjelajahi danau, ada juga sepeda air yang bisa Moms sewa. Tak perlu khawatir karena Moms hanya akan dikenai biaya tiket sebesar Rp5.000 saja.

2. Taman Purbakala Cipari

Wisata Kuningan - Taman Purbakala Cipari

Foto: tripadvisor.com

Ketika mengunjungi sebuah taman, Moms tentu akan melihat aneka jenis bunga yang indah. Namun, jika berkunjung ke taman satu ini, Moms akan mendapati pemandangan unik yakni bebatuan dari zaman purbakala.

Batu-batu ini berada di sebuah taman hijau yang disusun rapi, melingkar, berundak, dan berjajar. Namun Moms tak hanya bisa menikmati pemandangan taman yang unik, di sini Moms bisa menambah pengetahuan mengenai kehidupan manusia di zaman prasejarah.

Untungnya Taman Purbakala Cipari ini terletak tidak jauh dari pusat kota Kuningan. Sehingga Moms bisa naik kendaraan selama 15 menit saja dari pusat kota.

Taman ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00. Menariknya lagi, jika Moms mengunjungi taman ini, Moms tidak akan dikenai biaya tiket masuk.

Baca Juga: Berencana ke Dieng? Tengok 16 Tempat Wisata Dieng yang Menarik Dikunjungi!

3. Taman Nasional Gunung Ciremai

Wisata Kuningan - Taman Nasional Gunung Ciremai

Foto: gunung.id

Ini adalah destinasi wisata Kuningan yang mungkin menjadi favorit para pendaki gunung. Kawasan pegunungan ini selalu mampu menyuguhkan panorama yang indah dan akan membuat Moms takjub.

Namun, hanya orang dewasa dengan fisik yang sehat saja yang diizinkan untuk mengunjungi taman nasional ini.

Jarak dari kita Kuningan juga tidak terlalu jauh, yakni hanya sekitar 10 km di sebelah utara kota Kuningan. Jika Moms ingin mencapai kawasan puncak dan kawahnya, Moms perlu melakukan pendakian yang cukup panjang melalui jalur-jalur yang sudah disediakan.

Walau perjalanan akan terasa sangat melelahkan, perjalanan dan rasa letih akan segera terbayarkan oleh indahnya panorama alam. Moms bisa menyaksikan sendiri megahnya kawah dari gunung tertinggi di Jawa Barat ini.

Untuk masuk ke kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, Moms harus membayar tiket masuk sebesar Rp50.000. Moms bisa datang kapan saja, namun akan ada pemberitahuan jika jalur ditutup karena alasan tertentu.

4. Gedung Perundingan Linggarjati

Wisata Kuningan - Gedung Perundingan Linggarjati

Foto: merahputih.com

Kini beralih ke wisata sejarah lagi yang ternyata juga cukup penting pasca-proklamasi. Sebab seperti Moms ketahui di pelajaran Sejarah, Indonesia masih harus berjuang untuk mendapatkan pengakuan merdeka dari dunia internasional.

Salah satu lokasi bersejarah yang menjadi saksi perjuangan memperoleh pengakuan kemerdekaan tersebut adalah Gedung Perundingan Linggarjati.

Tempat ini berada di Desa Linggarjati, Cilimus dan tidak jauh dari Taman Nasional Gunung Ciremai.

Moms akan menempuh perjalanan sejauh 15 km ke arah utara melalui Jalan Siliwangi, lalu belok ke barat melalui Jalan Bojong-Linggarjati.

Di Gedung ini, Moms bisa menyaksikan bangunan serta furnitur asli yang dahulu digunakan para delegasi dari Indonesia dan Belanda saat melakukan perundingan.

Tak hanya itu, Moms juga akan berkesempatan melihat foto-foto pelaksanaan Perundingan Linggarjati, yang terpampang di sepanjang dinding ruangan gedung. Tiket masuk gedung ini juga murah, hanya sebesar Rp2.000 saja per orang.

5. Kebun Raya Kuningan

Wisata Kuningan - Kebun Raya Kuningan

Foto: tribunjabartravel.com

Destinasi wisata Kuningan yang selanjutnya adakah Kebun Raya Kuningan yang lokasinya terletak di areal hutan. Ia agaj jauh, yakni sekitar 38 km dari pusat kota Kuningan, tepatnya di sisi utara Gunung Ciremai.

Tempat ini sempat ditutup karena masih dalam tahap pembangunan, akan tetapi ia kini sudah bisa dikunjungi dan Moms bisa menikmati indahnya hamparan hutan hijau, taman-taman cantik, dan berbagai fasilitas yang tersedia.

Dengan harga tiket sebesar Rp10.000 per orang, Moms bisa juga akan lebih dekat mengunjunginya jika ditempuh dari Cirebon. Untuk mencapai Kebun Raya Kuningan, Moms bisa bisa lewat Palimanan. Setelah itu, ambil jalur ke arah selatan dan ikuti jalan sejauh 10 km.

Baca Juga: 20 Wisata Majalengka yang Hits untuk Dikunjungi

6. Open Space Gallery

Wisata Kuningan - Open Space Gallery

Foto: destimap.com

Ada juga destinasi wisata Kuningan di kawasan Linggarjati yang gratis untuk dikunjungi yaitu Open Space Gallery.

Ini adalah tempat wisata yang bisa digunakan untuk berolahraga atau sekadar bersantai merasakan terapi ikan dari kolam taman secara gratis.

Lokasinya juga hanya berjarak sekitar 1,5 km dari Gedung Perundingan Linggarjati. Jadi, setelah melakukan wisata sejarah, Moms bisa singgah di lokasi ini untuk melepas lelah.

Di saat liburan atau hari besar, di area ini juga kerap digelar acara pertunjukan seni atau bisa juga pameran. Sementara pada akhir pekan, Moms bisa turut serta mengikuti acara senam yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat.

Jadi, tubuh bisa kembali bugar dan siap melanjutkan perjalanan wisata ke tempat-tempat menarik lain.

7. Pemandian Sangkanhurip

Wisata Kuningan - Pemandian Sangkanhurip

Foto: kuningandistrict.blogspot.com

Karena terletak di dataran tinggi, maka di Kuningan juga bisa ditemukan pemandian air panas yang mana airnya berasal dari Gunung Ciremai.

Di Pemandian Sangkanhurip, Moms bisa merelaksasi tubuh sekaligus menghaluskan kulit. Ini karena air panas yang mengandung belerang di pemandian tersebut mampu membunuh kuman dan penyakit yang bersarang di kulit. Alhasil, Moms akan mendapatkan kembali kulit mulus.

Pemandian Sangkanhurip akan mewajibkan membayar Rp9.000 untuk kolam renang terbuka atau Rp30.000 untuk ruang eksekutif yang tertutup.

Pemandian ini terletak di Desa Sangkanhurip, yakni sekitar 14 km di sebelah utara pusat kota Kuningan. Rute yang bisa Moms tempuh untuk menuju ke lokasi tersebut adalah melalui Jalan Siliwangi.

Tepat setelah Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Moms akan menemukan pertigaan. Dari pertigaan tersebut, maka Moms bisa ambill jalur ke timur (kanan) dan ikuti rute menuju lokasi pemandian.

Baca Juga: 18 Tempat Wisata Semarang yang Cocok untuk Keluarga

8. The Mountain Recreation Park

Wisata Kuningan - The Mountain Recreation Park

Foto: sikidang.com

Destinasi wisata Kuningan selanjutnya yang cocok menjadi destinasi wisata keluarga di Kuningan adalah The Mountain Recreation Park.

Tempat ini menawarkan aneka wahana permainan yang atraktif dan ia berlokasi di Jalan Raya Cirendang-Cigugur, Cipari. Di sini ada kolam-kolam renang besar dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap serta terintegrasi dengan alam.

Moms bersama keluarga bisa menghabiskan waktu dengan berbagai hal yang menyenangkan. Mulai dari berenang, berseluncur, bermain ATV, komedi putar, kora-kora, belajar mengenai pesawat terbang, serta memancing di kolam renang yang tersedia di area taman.

Sementara itu, pemandangan yang menakjubkan juga bisa Moms saksikan selama berlibur di The Mountain Recreation Park. Ini karena taman wisata ini dikelilingi oleh deretan perbukitan dengan pepohonan hijau yang rimbun.

Sehingga meski berada di lokasi terbuka, Moms tetap bisa merasakan hawa sejuk dan segar khas daerah pegunungan.

The Mountain Recreation Park dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore. Untuk masuk ke sana, Moms akan dikenai tiket dengan biaya Rp25.000 per orang.

Sementara untuk bisa masuk ke dalam pesawat, Moms harus membayar tiket tambahan sebesar Rp7.500.

9. Curug Bangkong

Wisata Kuningan - Curug Bangkong

Foto: sikidang.com

Jika berkunjung ke Kuningan, maka objek wisata Kuningan selanjutnya yang cukup menjadi primadona bagi wisatawan adalah Curug Bangkong.

Lokasi ini terletak di Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaheran dan Moms akan mendapatkan pemandangan alam berupa air terjun yang sangat indah.

Percikan air yang jatuh dari air terjun setinggi 21 meter juga akan membuat udara di wisata Curug Bangkong menjadi sangat segar dan sejuk.

Tak hanya itu, Curug Bangkong juga terdapat wahana papalidan atau river tubing dan Moms bisa memacu adrenalin dengan menyusuri aliran anak sungai Cisanggarung sejauh 200 meter.

Untuk dapat menikmati wahana papalidan, Moms hanya perlu membayar Rp 10.000 per orangnya. Sementara itu, tiket masuk orang dewasa hanya perlu membayar Rp5.000 dan Rp2.000 untuk anak-anak.

10. Objek Wisata Cibulan

Wisata Kuningan - Objek Wisata Cibulan

Foto: travelspromo.com

Salah satu tempat wisata Kuningan yang juga menjadi favorit banyak orang adalah Objek Wisata Cibulan.

Tempat ini terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana dan objek wisata Cibulan selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada saat musim liburan.

Untuk harga tiket masuknya, Moms hanya perlu membayar sebesar Rp 15 ribu untuk hari biasa dan Rp 20 ribu untuk akhir pekan.

Salah satu yang menarik dari tempat ini adalah ratusan ikan purbakala atau dinamakan 'ikan dewa' yang dikeramatkan masyarakat sekitar.

Namun, tenang saja, meski dikeramatkan ikan-ikan tersebut sudah terbiasa berinteraksi dengan manusia. Moms bahkan bisa berfoto dengan ikan tersebut namun harus didampingi oleh pawangnya.

Di sini juga terdapat tujuh sumur yang diyakini merupakan petilasan Prabu Siliwangi.

Itulah beberapa wisata Kuningan yang bisa Moms kunjungi bersama keluarga. Selamat berlibur ya Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait