Jalan-jalan

18 Agustus 2021

10 Tempat Wisata Magelang yang Bisa Jadi Alternatif Liburan Menyenangkan

Berikut ini beberapa destinasi wisata Magelang yang bisa jadi pilihan untuk dikunjungi!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Widya Citra Andini

Jika bicara tentang destinasi wisata Magelang, yang pertama Moms pikirkan pasti Candi Borobudur. Padahal jika Moms menyisihkan banyak waktu untuk menjelajah Magelang, akan ada banyak tempat wisata di sana yang juga tak kalah menarik.

Beberapa orang juga kerap menyebut Magelang adalah Nepal van Java dan masih sedikit tempat wisata di Magelang yang diketahui para wisatawan.

Padahal kota ini memiliki banyak pesona yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan, setiap bulannya mungkin deretan tempat wisata di Magelang terus bertambah.

Jika Moms ada kesempatan untuk berlibur, tidak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata Magelang berikut ini!

Baca Juga: 3 Wisata Terbaru di Lembang. Semuanya Menarik!

Rekomendasi Tempat Wisata Magelang

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Magelang yang bisa Moms coba:

1. Wisata Terasering Sitegong

Wisata Magelang - Wisata Terasering Sitegong

Foto: kompas.com

Wisata terasering yang berada di Dusun Nampan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran ini juga dikenal dengan Wisata Terasering View Sumbing atau Sukomakmur View Gunung.

Ini merupakan wisata baru di Sukomakmur, Kecamatan Kajoran dan jika Moms berkunjung ke sana, Moms dapat menikmati indahnya hamparan persawahan terasering dengan latar belakang Gunung Sumbing.

Moms juga bisa memilih beberapa spot foto seperti gardu pandang dua tingkat, spot untuk melihat pemandangan yang menjulur ke arah persawahan.

Ada juga tempat duduk beratap tumpukan kayu. Jika ingin yang lebih alami, di setiap sudut jalur-jalur kecil antar persawahan di Wisata Terasering Dusun Nampan dapat dimanfaatkan sebagai spot foto.

Jika Moms ingin berkunjung dalam waktu dekat, harga tiket masuk Wisata Terasering Sitegong hanya sebesar Rp5.000 per orang. Jam operasionalnya adalah setiap hari pukul 06.00-17.00 WIB.

2. Wisata Gethek Bambu

Wisata Magelang - Wisata Gethek Bambu

Foto: tribunjogjatravel.com

Ini adalah wisata yang bertempat di Dusun Bujungan, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur.

Jarak dari Candi Borobudur juga hanya sekitar 2 kilometer saja sehingga dalam satu hari, Moms mungkin bisa mengunjungi dua tempat wisata ini sekaligus.

Jika Moms punya waktu untuk mengunjungi area wisata ini, Moms bisa naik gethek untuk melintasi Sungai Progo.

Jika datang pada sore hari, Moms akan menyaksikan sendiri indahnya pemandangan matahari terbenam.

Jika ingin menjajal pengalaman wisata yang lebih unik, Moms juga bisa mencoba untuk menikmati wisata dengan paket makan di atas gethek dengan harga sekitar Rp 25.000-Rp 100.000 per orang.

Beberapa menu yang dihidangkan ini umumnya adalah mi ayam, bakso, soto, serta beberapa makanan tradisional lainnya.

Sementara itu, untuk harga tiket naik gethek di Wisata Gethek Bambu adalah Rp 30.000 per gethek. Setiap gethek ini akan muat untuk dinaiki enam orang.

Tenpat wisata ini buka setiap Senin hingga Kamis pukul 08:00-17:00 WIB, serta Sabtu dan Minggu pukul 07.00-17.00 WIB. Di hari Jumat mereka libur.

3. Awang Awang Sky View

Wisata Magelang - Awang Awang Sky View

Foto: dowes29.com

Berlokasi di Kecamatan Ngablak tepatnya di tepatnya di Gunung Telomoyo, wisata Awang Awang Sky View ini dikenal sebagai titik terbaik untuk melihat pemandangan.

Ini karena Moms dapat melihat Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Tak hanya itu, di sana juga terdapat hamparan hutan pinus yang bisa dilihat dari dek kaca.

Ini juga biasanya menjadi spot foto yang kerap dimanfaatkan sebagai area untuk melihat pemandangan.

Jika Moms ingin berkunjung, tempat wisata ini buka setiap hari pukul 08.00-18.30 WIB. Tak perlu khawatir karena harga tiket masuknya adalah Rp15.000 termasuk sandal untuk dipakai di area dek kaca.

Baca Juga: 23 Wisata Jakarta yang Sayang Banget untuk Dilewatkan

4. Candi Borobudur

Wisata Magelang - Candi Borobudur

Foto: Orami Photo Stock

Candi Borobudur tercatat sebagai bangunan candi Buddha terbesar di dunia, dan salah satu keajaiban dunia ini dibangun antara 780-840 Masehi, tepatnya pada zaman Mataram Kuno.

Karena tercatat sebagai keajaiban dunia, maka sangat disayangkan jika Moms tidak mengunjungi tempat ini bersama keluarga.

Bangunan candi ini sangat megah dengan stupa-stupa yang berjejer dihiasi dengan pemandangan yang luar biasa indahnya.

Jika matahari sedang terik, jangan lupa untuk memakai topi dan kacamata hitam serta mengoleskan tabir surya ya, Moms.

Meski panas terik, sejauh mata memandang, candi ini adalah tempat yang sempurna untuk dijadikan spot berfoto.

Wisatawan lokal umumnya dikenai biaya sebesar Rp 50.000 per orang untuk usia 10 tahun ke atas

Sementara untuk anak usia 3 hingga 10 tahun biaya masuknya adalah Rp25.000 per orang.

Untuk rombongan dengan minimal 20 orang, mereka bisa mendapatkan harga tiket masuk Rp25.000 per orang.

Saat mengunjungi Candi Borobudur, ada juga dua jenis paket kunjungan, yakni paket Borobudur–Prambanan dan Borobudur–Ratu Boko dengan harga yang sama.

Harga paket ini adalah Rp 75.000 per orang, sementara untuk anak usia 3 hingga 10 tahun adalah sebesar Rp35.000 per orang.

5. Candi Selogriyo

Wisata Magelang - Candi Selogriyo

Foto: wisatamagelang.com

Tak hanya Candi Borobudur, wisata Magelang selanjutnya adalah Candi Selogriyo yang berada di lereng Gunung Sumbing.

Candi ini terletak di lokasi terpencil di antara Bukit Giyanti, Bukit Condong, dan Bukit Malang, tepatnya di Desa Candisari, Kecamatan Windusari.

Jika ditelusuri, Candi Selogriyo ini ternyata peninggalan purbakala yang diperkirakan dibangun pada masa Mataram Kuno dan dianggap sebagai bukti perkembangan nilai-nilai agama Hindu.

Candi ini berada di antara perbukitan dan ia menawarkan pemandangan dari pegunungan yang indah dan udara sejuk yang menenangkan.

Moms bisa berkunjung ke candi ini pukul 08.00-16.00 WIB dengan membayar tiket masuk sebesar Rp7.000 untuk wisatawan asing dan Rp25.000 untuk wisatawan mancanegara.

6. Candi Mendut

Wisata Magelang - Candi Mendut

Foto: wikimedia.org

Wisata Magelang lainnya yang merupakan jenis wisata candi adalah Candi Mendut yang hanya berjarak sekitar 3 km dengan Candi Borobudur.

Situs peninggalan purbakala ini terletak di Jalan Mayor Kusen, Sumberrejo, Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, dan merupakan candi peninggalan agama Buddha.

Jika Moms punya kesempatan untuk mengunjunginya, Moms akan melihat bahwa candi ini penuh dengan nilai sejarah dan penuh makna kehidupan tertuang dalam relief-relief pada dinding candi.

Candi Mendut yang kini dimanfaatkan sebagai wisata sejarah, budaya, serta religi adalah tempat wisata yang paling cocok untuk berwisata edukasi atau keluarga.

Jangan khawatir, karena di area candi ini ada fasilitas seperti area parkir dan toilet.

Candi Mendut beroperasi setiap hari Selasa hingga Minggu dan pengunjung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp10.500 per orang untuk wisatawan domestik dan sebesar Rp20.500 per orang untuk wisatawan mancanegara.

Tiket yang dibeli ini juga sudah termasuk untuk mengunjungi Candi Pawon.

Baca Juga: 20 Wisata Majalengka yang Hits untuk Dikunjungi

7. Candi Pawon

Wisata Magelang - Candi Pawon

Foto: rentaljogja.co.id

Di dekat Candi Mendut ada Candi Pawon atau yang disebut juga Candi Brajanalan yang merupakan candi dengan corak agama Buddha.

Wisata Magelang ini berlokasi di Brojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Borobudur, Kabupaten Magelang.

Jika dilihat, candi ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan terbuat dari batu dengan relief pada dindingnya, sebagaimana Candi Borobudur.

Meskipun berukuran kecil, candi ini dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet, area parkir, dan penjual makanan yang disediakan khusus di sekitar candi.

Dengan banyaknya relief-relief pada Candi Pawon, ada banyak cerita yang disampaikan di sana. Salah satu ceritanya adalah cerita Kinara-Kinari.

8. Nepal van Java Dusun Butuh, Kaliangkrik

Wisata Magelang - Nepal van Java.

Foto: kompas.com

Ini merupakan destinasi wisata Magelang yang belakangan sedang naik daun. Tempat wisata ini berlokasi di Dusun Butuh Kaliangkrik dan ia terletak pada ketinggian 1.620 mdpl, tepatnya di bawah kaki Gunung Sumbing.

Jika Moms melihatnya secara sekilas, dusun ini cukup mirip dengan Pegunungan Himalaya di Nepal.

Di Dusun Butuh ini, Moms akan disuguhi oleh panorama indah dengan udara yang dingin nan sejuk.

Selain itu, pada saat pagi hari matahari terbit dari dusun ini terlihat sangat jelas dan juga cantik.

Sementara di malam hari Moms akan melihat jelas hamparan bintang-bintang yang bertabur di langit.

Desa ini menjadi viral di kalangan anak-anak muda karena sangat cantik untuk dijadikan spot foto dan untuk diunggah di media sosial.

Ada berbagai spot foto yang disediakan pengelola desa. Seperti misalnya adalah spot yang berada di atas atap rumah warga dengan menyuguhkan pemandangan Dusun Butuh berpadu dengan kemegahan Gunung Sumbing.

Jika Moms tertarik untuk mampir, Moms akan dikenai tarif parkir sebesar Rp2.000 untuk roda dua dan Rp5.000 untuk roda empat.

Baca Juga: Sedang Liburan ke Malang? Cek 12 Wisata Malang yang Patut Dikunjungi!

9. Silancur Highland

Wisata Magelang - Silancur Highland

Foto: jadwaltravel.com

Silancur Highland ini adalah tempat wisata Magelang yang juga sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Tempat wisata ini berada di sebelah tenggara Gunung Sumbing, tepatnya di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Saat mengunjunginya, Moms akan disajikan pemandangan indah berupa pegunungan yang terbentang dengan pepohonan nan hijau dan langit biru.

Dengan begitu, Silancur Highland ini sangat cocok untuk bersantai dan menghilangkan penat akan kesibukan kota.

Pemandangan matahari terbit yang memesona dan pemandangan kota Magelang saat malam hari akan sangat memanjakan mata.

Tak jauh dari loket masuk, ada kebun penuh dengan bunga berwarna-warni yang sangat cocok untuk spot foto.

Untuk Moms yang mau bermalam, ada juga wisata malam di Silancur, seperti tempat nongkrong dan camping.

Moms akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Biaya untuk berkemah adalah Rp15.000 per orang.

10. Ketep Pass

Wisata Magelang - Ketep pass

Foto: beritamagelang.id

Ini adalah destinasi wisata Magelang lainnya yang merupakan gardu pandang yang berada pada ketinggian 1.200 mdpl.

Lokasinya ada di Jalan Blabak Boyolali kilometer 16, Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Jika berkunjung ke sini, Moms akan menikmati pemandangan Gunung yang mengelilingi Magelang seperti Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro.

Di Ketep Pass juga Moms bisa datang ke Museum Vulkanologi bernama Ketep Volcano Centre yang akan memberikan informasi terkait Gunung Merapi.

Moms juga dapat menikmati kuliner yang tersedia di Ketep Pass Restaurant, sambil menikmati pemandangan indah yang disuguhkan dari tempat ini.

Moms akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp10.500 pada hari biasa dan Rp12.500 pada hari libur.

Baca Juga: Mau Tas Tetap Rapi Saat Travelling? Coba Packing Cube Yuk

Itulah beberapa destinasi wisata Magelang yang bisa Moms kunjungi saat waktunya liburan nanti. Tempat-tempat tadi juga umumnya tidak mahal sehingga tidak akan menguras kantong Moms.

Apalagi banyak di antaranya merupakan wisata alam sehingga ini akan menjadi tempat pelarian yang tepat untuk Moms melepas stres dari rutinitas di kota.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/16/070700027/25-tempat-wisata-keren-di-magelang-pas-untuk-liburan?page=all

https://www.idntimes.com/travel/destination/prila-arofani/10-tempat-wisata-di-magelang-yang-wajib-masuk-bucket-list-kamu/3

https://travel.kompas.com/read/2021/06/05/090900727/5-tempat-wisata-magelang-terbaru-2021-pas-untuk-melepas-penat?page=all

https://www.itrip.id/tempat-wisata-magelang

https://sikidang.com/tempat-wisata-di-magelang/

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait