Jalan-jalan

19 Juli 2021

Sedang Liburan ke Malang? Cek 12 Wisata Malang yang Patut Dikunjungi!

Mulai dari wisata edukasi hingga wisata alam. Lengkap semua!
placeholder

Foto: instagram.com/lembahindah

placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Amelia Puteri

Pegunungan hingga pantai, tempat bersejarah hingga spot wisata hits. Itulah ragam pilihan tempat wisata Malang yang tersedia pada saat berkunjung ke kota Apel.

Terkenal karena komoditas apel hijaunya, Malang menawarkan pariwisata bagi semua kalangan. Suasana modern atau pedesaan alami bisa ditemui di sini.

Nah, untuk Moms yang berencana ingin menghabiskan Lebaran di Malang, pasti senang dong dengan adanya tol ini. Selain menjadi lebih cepat, perjalanan pun akan terasa menyenangkan. Keinginan untuk jalan-jalan di sekitar Kota Malang juga pasti timbul.

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Malang yang Sayang untuk Dilewatkan

Rekomendasi Tempat Wisata Malang

Malang dikenal dengan suasananya yang sejuk dan dingin. Tetapi, bukan berarti daerah ini tidak memiliki tempat wisata yang patut dikunjungi.

Bila Moms butuh rekomendasi tempat wisata Malang yang asik dan menyenangkan, yuk cari tahu di bawah ini!

1. Eco Green Park

wisata malang, libur lebaran di malang

Foto: Orami Photo Stock

Wisata Malang yang ramah anak satu ini berada tepat di sebelah Jatim Park 2 dan Batu Secret Zoo.

Eco Green Park merupakan tempat wisata edukatif yang dikemas secara menarik tidak hanya untuk anak-anak saja, tetapi juga bisa dinikmati oleh orang dewasa.

Di sini, ada bermacam-macam wisata, seperti wisata alam, lingkungan, kebudayaan, dan seni yang unik juga mendidik.

Moms dan keluarga bisa menikmati area yang memuat replika candi yang terkenal di Pulau Jawa, ada insectarium yang berisikan berbagai macam serangga yang diawetkan lengkap dengan informasinya, melihat berbagai jenis burung yang cantik-cantik, dan masih banyak lagi.

Jadi kita tidak hanya bisa bersenang-senang saja di sini, tetapi juga mendapatkan pengetahuan baru.

Lokasi: Jl. Oro-Oro Ombo No.9A, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur (Satu Area dengan Jatim Park 2 dan Batu Secret Zoo).

Baca Juga: 5+ Destinasi Wisata di Blitar, Indah Memukau

2. Taman Kelinci

wisata malang, libur lebaran di malang

Foto: Orami Photo Stock

Siapa yang tidak suka dengan binatang lucu satu ini? Pasti akan senang sekali jika kita bisa memegang dan berfoto dengan kelinci dari jarak yang dekat. Di Malang ada Taman Kelinci yang bisa Moms dan keluarga singgahi loh.

Tempat wisata Malang satu ini baru dibuka pada Desember 2016 lalu, namun sudah ramai pengunjung.

Letaknya ada di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang. Taman Kelinci bukanlah nama sebenarnya dari tempat ini, nama aslinya Plaza Garden Wisata Edukasi Rabbit Field.

Di sini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan kelinci dari jarak yang dekat.

Tidak perlu takut, karena kelinci-kelinci ini tidak akan menggigit kok. Selain itu ada juga wisata petik stroberi, kita bisa memetik sambil menikmati stroberinya.

Atau bagi Si Kecil penggemar susu, ada juga pondok susu olahan yang asik untuk dinikmati. Jika sudah lelah, mampirlah ke kafe yang tersedia untuk bersantai sembari menikmati makanan dan minuman yang enak.

Tersedia juga rumah hobbit yang mungil dan menarik layaknya rumah hobbit di film The Hobbit. Jadi untuk berfoto dengan rumah hobbit, Moms dan keluarga tidak perlu susah-susah bertandang ke luar negeri.

Lokasi: Jl. Paralayang Batu, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata di Asia Tenggara Yang Cocok Didatangi Untuk Liburan

3. Desa Wisata Pujon Kidul

wisata malang, libur lebaran di malang

Foto: dolanyok.com

Untuk Moms dan keluarga yang mencari wisata Malang yang jauh dari hiruk pikuk dan memiliki suasana alam yang asri, Desa Wisata Pujon Kidul harus dicoba.

Tempat wisata ini terletak 30 kilometer dari pusat kota, sehingga Moms tidak akan merasakan kebisingan seperti berada di kota.

Di desa wisata ini, pengunjung bisa menikmati banyak sekali hiburan yang menyenangkan, seperti spot-spot foto yang menarik, kuliner yang lezat dan nikmati, hingga suasanan pedesaan yang asri dan sejuk.

Selain itu karena letaknya di dataran tinggi, pemandangan alam di desa ini pun sangat indah dan terjaga dengan baik. Kita bisa menikmatinya tanpa terhalang apa pun.

Lokasi: Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang (terletak di sisi Barat, 30 kilometer dari pusat kota).

4. Pantai Batu Bengkung

wisata malang, libur lebaran di malang

Foto: pinterest.com

Berlibur rasanya tidak lengkap jika tidak berkunjung ke pantai. Makanya, untuk melengkapi liburan Moms dan keluarga, Pantai Batu Bengkuang harus masuk dalam daftar tempat yang dikunjungi.

Pantai yang terletak di Desa Gajahrejo ini memiliki pemandangan yang indah.

Begitu menginjakkan kaki di pantai ini, mata kita akan dimanjakan dengan bentukan alam berupa gugusan batu karang cantik, yang membentang dari satu sudut ke sudut lainnya.

Sangat artistik. Makanya jangan heran jika penduduk setempat menyebutnya Raja Ampatnya Malang.

Tak hanya itu, kita pun bisa menikmati pemandangan ombak yang membentur batu karang dengan bunyi yang khas. Pemandangan langka seperti ini tidak bisa kita dapatkan di kota-kota besar seperti Jakarta. Jadi jangan lewatkan ya Moms.

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Malang yang Sayang untuk Dilewatkan

5. Lembah Indah

Menikmati-suasana-alam-dengan-nuansa-kekinian-di-Lembah-Indah-Ikhwan-Jauhari-476x356.jpg

Foto: travelspromo.com

Malang terkenal memiliki bentang alam yang masih asri dan sejuk. Hal ini terlihat pada salah satu destinasi wisata rekreasi sekaligus edukasi botani yaitu Lembah Indah.

Lembah Indah menyajikan hamparan perkebunan di lembah pegunungan. Mengusung konsep resor edukasi, wisata Malang ini juga cocok sebagai tujuan liburan keluarga.

Lembah Indah terletak di daerah Gendogo, Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Malang. Biaya tiket masuknya sebesar 20 ribu rupiah per orang. Kisaran biaya akomodasi menginap mulai dari 500 ribu untuk glamping dan 1 jutaan untuk villa. 

Daya tarik utamanya adalah wisata edukasi kegiatan berkebun. Wisatawan bisa bercocok tanam, mengenal berbagai jenis tanaman, dan aktivitas berkebun lainnya.

Keunikan Lembah Indah berada pada akomodasi penginapan yang berupa glamping di tenda berbentuk unik. Tenda-tenda instagrammable ini berpagar panorama lembah pegunungan yang menawan. Tertarik Moms ajak Si Kecil ke tempat wisata Malang satu ini?

6. Hawai Waterpark

waterpark.jpg

Foto: youtube.com

Nikmati keseruan bermain air di Hawai Waterpark Malang. Tempat wisata Malang yang bertemakan permainan air ini mengusung konsep kepulauan di Samudera Pasifik, Hawaii. “The Wildest Water Park” ini menyajikan suasana tropis yang ceria. Bermacam-macam kolam renang, kolam permainan, serta wahana seluncur siap menghibur. 

Hawai Waterpark dapat dikunjungi di Perumahan Graha Kencana Raya, Jalan Raya Karanglo, Banjararum Singosari, Malang.

Tiket masuknya mulai dari 50 ribu rupiah untuk hari biasa dan 75 ribu rupiah untuk akhir pekan atau musim liburan. Dengan biaya tersebut, pengunjung bisa mencicipi serunya berbagai wahana seru.

Berbagai wahana air seru tak boleh terlewat. Salah satunya Ekolu Slide adalah seluncuran dengan sudut kemiringan ekstrem 90 derajat. Selanjutnya ada Open Spiral Slide akan membawa pengunjung meluncur di jalur terowongan sepanjang 115 meter.

Kemudian Hula-Hula Slide yang seru dimainkan berdua dengan ban pelampung. Wahana lainnya yaitu Waikiki Beach (kolam ombak), Waimea Stream River (kolam arus), dan Hawai Water House yang cocok untuk anak-anak.

Baca Juga: 17 Tempat Wisata Bandung yang Baru dan Tak Kalah Seru

7. Malang Night Paradise

Malang Night Paradise.jpg

Foto: hargatiketmasuk.com

Sejak pembukaannya tahun 2017, Malang Night Paradise jadi salah satu wisata Malang yang menarik minat banyak orang. Tempat ini menyajikan keindahan lampion sebagai daya tarik utamanya.

Suasananya hampir mirip dengan Taman Pelangi di Monjali, Yogyakarta. Hanya saja, taman ini memiliki wahana wisata lainnya yang tak kalah menarik di malam hari.

Malang Night Paradise berada di kawasan yang sama dengan Hawai Water Park. Tepatnya, di Jalan Graha Kencana Raya No, 66 Kota Malang. Tiket masuk reguler seharga 35 ribu hingga 45 ribu rupiah. Terdapat tiket terpisah maupun tiket terusan untuk wahana wisata lain dengan tarif mulai dari 20 ribu hingga 105 ribu rupiah.

Ada sejumlah area yang sangat cantik di di Malang Night Paradise. Beberapa di antaranya adalah Taman Lampion, Taman Dinosaurus, dan Magic Journey.

Salah satu yang wajib adalah Dancing Water Fountain. Pengunjung dapat melihat indahnya pertunjukan air mancur yang berkolaborasi dengan teknologi cahaya serta musik.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Edukasi di Bali, Pas Banget untuk Si Kecil!

8. Taman Selecta

Taman-Selecta-Malang-Sky-Bike.jpg

Foto: travels promo

Tempat wisata Malang selanjutnya yaitu Taman Selecta yang merupakan taman bunga sekaligus taman hiburan. Taman bunga ini sudah ada sejak tahun 1928 dan hanya untuk orang Belanda pada masanya. Tahun 1950, taman ini mengalami pengembangan dan terbuka untuk khalayak umum.

Lokasi Taman Selecta berada di Jalan Raya Selecta No. 1, Tulungrejo, Bumiaji, Batu. Tiket masuknya seharga 40 ribu rupiah. Sementara tiket wahana berlaku secara terpisah dengan harga mulai dari 10 ribu rupiah. 

Temperatur udara yang sejuk membuat taman ini lokasi yang pas untuk pertumbuhan berbagai jenis bunga. Bunga Krisan, Ajisai, dan berbagai jenis bunga lainnya tumbuh subur di taman seluas 18 hektare.

Dikelilingi hamparan bunga, pengunjung dapat menikmati aneka wahana permainan seru. Salah satu favorit adalah Sky Bike, wahana kayuh yang berjalan di rel di atas taman-taman bunga.

Baca Juga: 5 Aktivitas Wisata Asyik di Dalam Kota

9. Wisata Paralayang Batu

Wisata Paralayang Batu.jpg

Foto: travelspromo.com

Bagi yang ingin mencoba paralayang, Kota Batu bisa jadi alternatif pilihan. Kota di ketinggian ini menawarkan wisata paralayang dengan landasan di bukit. Dari bukit ini, Moms juga bisa menikmati indahnya panorama kota dan perbukitan di sekitarnya.

Langsung saja menuju ke Jalan Arumdalu No. 20, Songgokerto, Kota Batu untuk mencoba olahraga menantang ini. Untuk memasuki area pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah. Sementara tarif paralayang dipatok 300 ribu rupiah per orangnya.

Pemandu berpengalaman akan menemani selama meluncur. Setelah puas merasakan sensasi terbang sejenak, pengunjung akan mendapat sertifikat.

Kawasan wisata Malang ini juga menawarkan akomodasi penginapan berupa rumah kayu di area hutan. Tarifnya mulai dari 350 ribu rupiah per malamnya.

10. Museum Angkut

harga-tiket-masuk-museum-angkut.jpg

Foto: wisatakaka.com

Museum Angkut adalah salah satu destinasi wisata Malang di Kota Batu yang sayang bila terlewat. Museum ini memamerkan berbagai jenis transportasi dari masa ke masa. Tidak hanya itu, setiap koleksi transportasi menempati ruangan dengan desain menarik. Sehingga, pengunjung mendapatkan suasana yang berbeda sekaligus menyenangkan untuk berfoto.

Museum Angkut terletak di Jalan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kota Batu. Pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar 60 ribu rupiah untuk menikmati koleksi museum ini. Tiket ini sudah termasuk Museum d’Topeng di dalamnya.

Terdapat lebih dari 300 koleksi moda transportasi yang terbagi dalam beberapa zona. Zona Uni Eropa adalah salah satu yang paling favorit karena memajang aneka kendaraan antik dari Inggris.

Ada juga Zona Hollywood yang menyajikan replika berbagai kendaraan dari cerita fiksi seperti Batman dan Scooby Doo.

Baca Juga: 4 Pilihan Wisata Edukasi Bersama Anak Untuk Liburan Tahun Baru

11. Sumber Maron

sumber maron.jpg

Foto: travelindo.com

Sumber Maron adalah referensi tempat wisata Malang bertema alam yang cocok untuk melepaskan penat. Objek wisata ini menyuguhkan sungai dan air terjun alami sebagai pemandian dan kegiatan rekreasi lainnya.

Airnya berasal dari sumber mata air alami yang bersih dan segar. Dengan suasana alam pedesaan yang asri, wisatawan akan betah untuk berlama-lama di sini.

Sumber Maron berada di Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Malang. Untuk menikmati kesegaran airnya, pengunjung cukup membayar tiket seharga 5 ribu rupiah. Meskipun murah fasilitas penunjang seperti mushola dan toilet umum sudah memadai. 

Tidak usah takut jika tidak bisa berenang, karena Moms bisa menyewa pelampung dan ban yang disediakan pengelola, yang juga merupakan warga sekitar.

Daya tarik utama obyek wisata Malang ini adalah Air terjun setinggi 6 meter yang mengalir di dinding batu. Pengunjung bisa berendam di bawah air terjun atau duduk-duduk di bagian atasnya.

Selain berendam, ada wahana River Tubing yang tersedia untuk para penyuka kegiatan menantang. Wisatawan bisa menyusuri sungai perlahan dengan ban sewaan berteman pemandu yang menjamin keamanan aktivitas ini. 

Baca Juga: Luar Biasa! 4 Bekas Tambang Ini Disulap Jadi Destinasi Cantik untuk Wisata

12. Flora Wisata San Terra

Header.jpg

Foto: Daka Tour

Dapatkan hasil selfie cantik dengan nuansa Eropa atau Asia Timur di Flora Wisata San Terra De Laponte, Malang.

Objek wisata Malang ini merupakan taman bunga dan kawasan wisata selfie kreatif. Tak kurang dari 700 jenis bunga jadi daya tarik utama taman ini. Sudut-sudut tamannya nyaman untuk bersantai atau selfie.

Tempat wisata Malang yang satu ini terletak di Jalan Trunojoyo, Jurangrejo, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon. Jaraknya sekitar 25 km dari pusat kota atau 1 jam berkendara. Tarif tiket masuknya cukup terjangkau, 25 ribu di hari biasa dan 30 ribu di akhir pekan atau hari libur.

Area taman yang tak pernah sepi adalah deretan replika rumah yang akan mengingatkan pada suasana di Belanda. Fasad rumah aneka warna ceria berhadapan langsung dengan taman bunga yang cantik.

Kemudian Moms juga bisa berfoto dengan hanbok di area yang tertata seperti perkotaan Korea Selatan. Untuk menghemat tenaga, pengunjung bisa berkeliling taman menggunakan jasa mobil golf. 

Itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata Malang yang bisa Moms dan keluarga kunjungi. Mulai dari wisata edukasi hingga wisata alam, bisa Moms sesuaikan dengan preferensi keluarga. Moms dan kelurga tinggal mendatanginya saja.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan, agar Moms dan keluarga dapat menikmati momen bersama yang menyenangkan selama berkunjung ke Malang. Selamat liburan!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait