Jalan-jalan

24 September 2021

Info Wisata Papandayan, Yuk AJak Keluarga Berpetualang!

Ingin coba sensasi petualangan di alam? Coba wisata Papandayan, yuk!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms dan Dads, tahukah Gunung Papandayan yang terdapat beberapa kawah yang terkenal, seperti Kawah Mas, Kawah Manuk, Kawah Baru, dan Kawah Nangklak. Wisata Papandayan juga memiliki wisata lainnya yang bukan hanya kawah. Ada juga wisata Papandayan lainnya untuk dicoba, lho.

Wisata Papandayan merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Secara administratif berada di Desa Simajaya, dan Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupten Garut, serta Desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Dilansir dari website Pemerintah Kabupaten Garut, wisata Papandayan mempunyai daya tarik berupa wilayah camping ground juga kegiatan hiking yang sangat asri. Suasana alam berupa pegunungan dan perkebunan tentu akan menyejukkan mata.

Moms, Dads serta Si Kecil yang datang untuk melakukan wisata Garut bisa mencoba ke kawasan Gunung Papandayan dapat melakukan aktivitas wisata hiking, menikmati pemandangan serta penelitian.

Wisata Papandayan

Kawah Papandayan adalah komplek gunung berapi yang masih aktif seluas 10 Ha. Secara keseluruhan kawasan ini memiliki panorama alam yang indah dengan lingkungan yang relatif masih utuh dan alami yang ditunjang dengan kesejukan udara. Nah, bentuk wisata Papandayan seperti apa yang bisa Moms, Dads dan Si Kecil nikmati, berikut ini penjelasannya.

1. Papandayan Camping Ground

Wisata Papandayan

Foto: Instagram/papandayancampingground

Wisata Papandayan pertama adalah Papandayan Camping Ground. Menuju lokasi camping ground ini tidaklah sulit, jika Moms dan Dads datang dari arah Kota Bandung, maka tinggal menuju terminal Guntur Garut dan menaiki angkutan ke arah Kecamatan Cisurupan.

Setelah bertemu plang Kecamatan Cisurupan, Kalian bisa menuju ke Papandayan Camping Ground dengan menaiki ojek. Dilansir dari laman Bappeda, untuk menaiki ojek, biasanya penumpang hanya akan dikenakan tariff sebesar Rp20.000 saja.

Baca Juga: Terbaru, 12 Tempat Wisata Singapura yang Wajib Dikunjungi

Namun, jika Moms dan Dads berangkat dari arah Kota Jakarta, bisa langsung menaiki bis menuju Kota Garut atau kendaraan pribadi ke Terminal Guntur, lalu ikuti petunjuk yang sama. Atau dengan kendaraan pribadi, Moms bisa menuju Papandayan Camping Ground melalui rute tol yaitu keluar pintu tol Cileunyi, lalu menuju ke arah Garut hingga menemukan pertigaan Tasik-Garut.

Pilihlah rute ke Garut dan ikuti jalurnya hingga sampai ke Kecamatan Cisurupan. Papandayan Camping Ground sendiri dibuka dari pagi dan tutup jam 5 sore. Tapi, Moms dan Dads bisa menikmati menginap di tempat ini sampai jam 5 sore keesokan harinya setelah melakukan booking tempat menginapmu atau mencoba menginap dalam cottage berbentuk Iglo Camp Site, juga bisa.

Fasilitas wisatanya pun nyaman karena ada toilet di sepanjang jalur pendakian dengan total 6 titik, kamar mandi, masjid, juga tempat informasi turis yang pastinya membantu untuk penjelajahan keluarga kalian.

Selain fasilitas menginap, Dads juga tidak usah khawatir soal urusan parkir jika membawa kendaraan pribadi karena lahan parkir di sini cukup luas dan aman. Pihak PCG memang menyediakan tim khusus yang ditugaskan untuk menjaga kendaraan dan barang bawaan yang dititipkan di meja registerasi seperti helm atau barang titipan lainnya supaya tetap aman.

Baca Juga: 11 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi!

2. Papandayan Leisure Park

Wisata Papandayan Leisure Park

Foto: Instagram/papandayan_leisure

Wisata Papandayan kedua jatuh kepada Papandayan Leisure Park. Lokasi ini merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarakan keindahan alam tersendiri. Moms dan Dads bisa mengajak anggota keluarga bermain outbound ataupun sekedar berfoto dengan latar belakang pemandangan alam dan pegunungan yang sangat indah.

Selain itu, area ini juga sangat pas bagi Moms yang ingin pergi piknik. Sebab, lokasi ini memiliki hamparan rumput yang hijau yang tentunya menjadi tempat yang cocok untuk menjadi tempat menghabiskan waktu bersama keluarga.

Terlepas dari namanya, taman ini terletak agak jauh dari Gunung Papandayan. Sebaliknya, Papandayan Leisure Park ini milik daerah yang disebut Nangklak (yang berada di kaki gunung). Tak heran, pemandangan di sana terlihat menakjubkan baik itu pepohonan rindang maupun sabana yang hijau.

Pengunjung tidak hanya dapat melihat alam yang masih alami, namun juga dapat melihat beberapa bangunan unik yang bertebaran di sekitar lokasi. Dengan semua atraksi ini, wisatawan dapat menikmati tamasya dan fotografi sepuasnya.

Baca Juga:15+ Destinasi Wisata Garut yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga, Seru Banget!

Alasan penting untuk Moms serta Dads mengunjungi Papandayan Leisure Park berikutnya adalah untuk menikmati kumpul keluarga. Berkat fasilitas yang tersedia. Pengunjung dapat menggunakannya dengan nyaman dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Adapun tipnya, jangan lupa membawa kamera.

Pasalnya, beberapa spot menawarkan panorama eksotis dan background alam yang memukau untuk fotografi. Salah satu tempat terbaik adalah menara pengawas yang terletak di tempat tertentu di bagian tersebut. Dari sana, orang bahkan bisa melihat gunung dengan jelas asalkan cuacanya cerah, ya.

Daya pikat selanjutnya dari Papandayan Leisure Park adalah adanya fasilitas outbond. Tak heran, pengunjung bisa memanfaatkannya untuk menikmati aktivitas outdoor yang menyenangkan terutama flying fox. Tantangan lain yang harus mereka coba adalah jembatan bergoyang, sarang laba-laba, jembatan tali, dan banyak lainnya.

Jangan khawatir. Ini aman karena kondisi fasilitas outbond yang kokoh dan layanan instruktur yang profesional. Bagi mereka yang mencari kegiatan yang lebih damai, mereka dapat memanfaatkan tempat tidur gantung dan tempat berkemah untuk bersantai.

Baca Juga:11+ Rekomendasi Tempat Wisata di Sekitar Taplau Padang, Ada Kuliner Unik Juga!

Perjalanan dimulai dari Kota Bandung. Dalam hal ini, tujuan pertama pasti Kota Garut. Selanjutnya wisatawan hanya perlu menuju Kecamatan Cisurupan dan menuju ke Desa Sirnajaya untuk mencapai taman tersebut. Seluruh perjalanan mungkin memakan waktu sekitar 2 jam 50 menit, karena jaraknya 88,4 km. Untuk rute yang lebih cepat, wisatawan dapat mengambil jalan Nanggeleng – Cirahayu.

Ada beberapa tips sebelum mencoba trip wisata Papandayan Garut di atas, jangan lupa Moms dan Dads memilih waktu yang tepat untuk mendapatkan keindahan dari spot camping groiudn serta leisure park yang terbaik.

Persiapkan juga uang tunai, beberapa baju ganti bila ingin memotret dengan tema tertentu dan tak lupa makanan untuk Si Kecil, ya. Selamat menikmati wisata Papandayan!

  • https://sikidang.com/papandayan-leisure-park/
  • https://www.garut.indonesia-tourism.com/papandayan_leisure_park.html
  • https://www.instagram.com/papandayan_leisure/?hl=id
  • https://www.orami.co.id/magazine/destinasi-wisata-garut/
  • http://sipinter.bappeda.garutkab.go.id/2019/08/31/papandayan-camping-ground/
  • https://www.instagram.com/papandayancampingground/
  • https://twapapandayan.com/explore-objek-daya-tarik-wisata/
  • https://jabarprov.go.id/index.php/potensi_daerah/detail/92
  • https://visitgarut.garutkab.go.id/kawah-papandayan__trashed/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait