Jalan-jalan

23 November 2021

Rekomendasi Wisata Tegal yang Wajib untuk Dikunjungi

Yuk, ajak keluarga untuk liburan ke Tegal!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Daftar isi artikel

Moms dan keluarga yang ingin pergi liburan mungkin bisa menjadikan beberapa tempat wisata Tegal berikut sebagai tujuan.

Tak hanya dikenal lewat kulinernya, ada banyak tempat menarik juga di salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah ini.

Terutama, wisata alam dengan pemandangannya yang indah. Pasti bisa membuat waktu liburan Moms dengan keluarga menjadi tak terlupakan.

Mulai dari wisata alam, rekreasi, dan edukasi ada di Tegal. Penasaran? Yuk, cari tahu selengkapnya!

Baca Juga: Nikmati Wisata Indah di Jawa Tengah, Eling Bening Semarang!

Rekomendasi Wisata Tegal

Apa saja ya, tempat wisata Tegal yang patut untuk Moms dan keluarga sambangi jika berkunjung ke sana? Ini dia daftarnya,

1. Goa Lawa

goa lawa.jpg

Foto: liburmulu.com

Tempat wisata Tegal pertama yang bisa Moms dan keluarga kunjungi adalah Goa Lawa.

Wisata alam ini berlokasi di 3 desa, tepatnya Desa Batu Agung, Desa Harjawinangun, dan Desa Bukateja, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Menurut cerita setempat, dinamakan Goa Lawa karena tempat ini banyak dijadikan tempat tinggal lawa yang dalam bahasa Jawa artinya kelelawar.

Di tempat ini, Moms akan dimanjakan oleh pemandangan hijau yang asri. Selain itu, yang paling menarik adalah adanya tumpukkan batu besar di atas bukit.

Tumpukkan batu besar tersebut menjadi ikon Goa Lawa sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkannya sebagai spot foto. Unik, bukan?

2. Curug Cantel

Curug-Cantel.jpg

Foto: jadwal-travel.com

Masih wisata alam, kini Tegal punya Curug Cantel yang bisa dijadikan tempat Moms liburan.

Curug Cantel sendiri berada di Desa Gendong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Tepatnya, di kaki Gunung Slamet yang fenomenal di Jawa Tengah.

Moms dan Dads yang suka tantangan pasti akan cocok untuk berkunjung ke wisata Tegal yang satu ini.

Meskipun perlu perjuangan untuk mencapai Curug Cantel, Moms dapat menikmati pemandangan air terjun yang sangat indah.

Bebatuan di sekitar curug juga akan menambah kesan eksotis. Moms dapat bermain air dan berfoto sepuasnya.

Baca Juga: Wisata Alam ke Bukit Mongkrang, Surga Indah dekat Gunung Lawu!

3. Pantai Alam Indah

Pantai-Alam-Indah-Tegal.jpg

Foto: pantainesia.com

Moms yang menyukai pemandangan alam laut tak perlu khawatir karena di Tegal juga ada pantai yang cantik. Salah satunya Pantai Alam Indah yang berlokasi di Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Di sini, Moms bisa menikmati pantai dengan air laut yang tenang. Sangat ideal untuk menyegarkan mata dan bersantai sejenak.

Baru-baru ini, pemerintah Tegal pun menghadirkan berbagai wahana air untuk menarik pengunjung. Moms bisa bermain jetski, banana boat, paralayang, dan masih banyak lagi di Pantai Alam Indah.

4. Danau Beko Margasari

danau beko.jpg

Foto: blogunik.com

Selain pantai, wisata Tegal berikutnya yang dapat Moms sambangi ialah Danau Beko Margasari. Tentu saja, pemandangan alam yang ditawarkan sangat memikat hati.

Moms bisa menikmati ketenangan sekaligus keindahan alam di sini. Danau Beko Margasari yang berada di Jatilaba, Kec. Margasari, Tegal, Jawa Tengah ini pun memiliki berbagai spot foto menarik.

Sebagai informasi, Danau Beko Margasari ini merupakan danau yang muncul akibat cekungan bekas penambangan kapur. Cekungan tersebut pada akhirnya terisi air hujan hingga membentuk danau yang unik.

Waktu ideal untuk berkunjung ke Danau Beko Margasari adalah saat pagi dan sore hari sehingga cuacanya tak terlalu panas.

Baca Juga: Wisata Hits Curug Love, Disebut Juga Green Canyon Mini yang Eksotis di Bogor!

5. Pantai Muara Reja

pantai-muarareja.jpg

Foto: garispantai.com

Pantai Muara Reja menjadi salah satu wisata alam laut di Tegal yang bisa Moms jadikan pilihan liburan.

Pantai yang satu ini beralamat di Jalan Brawijaya, Kelurahan Muarareja, Kecamatan Tegal Bar, Tegal, Jawa Tengah.

Di pantai ini, Moms dapat berburu sunset atau matahari tenggelam yang cantik. Selain itu, Moms bisa menyewa perahu untuk berkeliling lautan.

Moms dan keluarga pun dapat menikmati waktu santai di pinggir pantai dengan membeli beberapa makanan khas Tegal dari warung-warung pinggir jalan. Waktu liburan pasti akan semakin asyik!

6. Taman Wisata Guci

taman wisata guci tegal.jpg

Foto: travelspromo.com

Jika Moms ingin mengunjungi tempat wisata Tegal lainnya, bisa pergi ke Taman Wisata Guci yang menyediakan tempat pemandian air panas.

Tempat wisata yang satu ini telah banyak dikenal. Moms bisa menyambangi Taman Wisata Guci yang bertempat di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Destinasi wisata ini berada di kaki Gunung Slamet sehingga udaranya cenderung sejuk dan dingin. Namun, Moms bisa menghangatkan tubuh di pemandian air panasnya.

Masyarakat sekitar dan pengunjung tempat wisata Guci ini percaya bahwa air panas tersebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Jadi, banyak pengunjung yang sengaja datang untuk berobat.

Selain pemandian air panas, tempat wisata Guci juga menyediakan pilihan rekreasi lain, seperti wisata naik kuda, bumi perkemahan, hingga penginapan.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Klaten yang Sayang untuk Dilewatkan!

7. Wisata Kesehatan Jamu

Wisata-Kesehatan-Jamu.jpg

Foto: javatravel.net

Moms dan keluarga yang ingin mencoba tempat liburan baru mungkin bisa berkunjung ke Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) yang berada di jl. Raya Moga-Guci, Kebonagung, Kec. Balapulang, Tegal, Jawa Tengah.

Di WKJ, Moms akan dibawa untuk mengenal jamu khas Indonesia secara lebih mendalam. Moms pun akan mendapatkan berbagai informasi tentang minuman herbal dari Nusantara yang satu ini.

Kurang lebih terdapat 280 jenis tanaman obat atau herbal yang diberi label nama dan manfaat kesehatannya. Menariknya lagi, para pengunjung dapat melakukan konsultasi dengan tenaga kesehatan profesional untuk mendapatkan obat herbal bagi penyakit tertentu.

Selain itu, terdapat pelayanan kesehatan tradisional lainnya seperti akupunktur dan akupresur.

8. Wisata Loco Antik

wisata loko antik.jpg

Foto: ihategreenjello.com

Tempat wisata Tegal berikutnya ialah wisata Loco Antik yang berlokasi di jl. Raya Slawi, Pangkah, Kec. Bogares Kidul, Kab. Tegal, Jawa Tengah.

Destinasi wisata yang satu ini berisi peninggalan dari penjajahan Belanda berupa lokomotif antik. Moms dan keluarga pun dapat berkeliling kebun tebu yang berada di tempat wisata menggunakan lokomotif yang telah disediakan.

Tak hanya itu, terdapat bangunan dari zaman Belanda yang masih berdiri kokoh dan sarat nilai sejarah.

Tempat ini bisa menjadi pilihan wisata edukasi bagi Si Kecil, lho. Yuk, ajak anak-anak untuk ke wisata Loco Antik, Moms!

Baca Juga: Kunjungi Objek Wisata Stonehenge Jogja, Replika Peninggalan Kuno dari Inggris

9. Rita Park

rita park.jpg

Foto: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Wisata Tegal yang satu ini bisa menjadi tempat liburan dengan anak-anak, lho. Namanya, Rita Park yang berlokasi di jl. Kolonel Sugiono No. 155, Pesurungan Kidul, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Sesuai dengan namanya, Rita Park merupakan taman bermain yang bisa dinikmati oleh anak-anak. Ada berbagai wahana rekreasi yang menyenangkan bagi Si Kecil.

Fasilitasnya pun lengkap sehingga Moms dan keluarga dapat liburan dengan nyaman.

Selain itu, terdapat pusat perbelanjaan yang bisa Moms singgahi, yakni Rita Super Mall.

Itu dia tempat wisata Tegal yang dapat Moms dan keluarga kunjungi. Tertarik untuk menyambanginya?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait