Jalan-jalan

20 Agustus 2021

10 Wisata Temanggung yang Asik untuk Dikunjungi bersama Keluarga

Liburan ke sini bisa bikin penat dan stress hilang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Wisata Temanggung memang tak banyak orang yang tahu. Padahal wisata Temanggung ada banyak sekali pilihannya.

Temanggung adalah salah satu daerah yang berlokasi di Jawa Tengah. Daerah ini terkenal sebagai penghasil tembakau terbesar di Indonesia.

Tapi selain itu, ternyata Temanggung juga memiliki banyak tempat wisata yang bisa Moms datangi. Bisa dengan pasangan, keluarga, hingga teman.

Wisata Temanggung kebanyakan adalah wisata alam. Hal ini dikarenakan Temanggung memiliki panorama alam yang sangat indah. Mulai dari air terjun, bukit, danau, hingga gunung.

Baca Juga: 13 Pilihan Wisata Batu Malang yang Wajib Dikunjungi

Wisata Temanggung untuk Hilangkan Penat

Buat Moms yang ingin pergi ke wisata Temanggung, ada banyak pilihan tempat wisata yang bisa dipilih, yaitu:

1. Curug Lawe

Curug Lawe Temanggung

Foto: instagram.com/exploremagelangtemanggung

Wisata Temanggung yang pertama adalah Curug Lawe. Curug Lawe adalah wisata air terjun yang memiliki pemandangan sangat indah.

Untuk mencapai Curug Lawe, Moms harus melewati jalanan menanjak yang agak licin karena lokasi wisata Temanggung ini terbilang masuk ke dalam kawasan hutan.

Tapi saat berjalan menapaki jalanan tersebut, Moms akan dimanjakan dengan pepohonan hijau serta suara-suara burung serta hewan lainnya yang bisa menghilangkan penatmu.

Dalam bahasa Jawa, Lawe artinya benang-benang halus. Jadi nantinya ketika Moms melihat air terjun ini, Moms akan terpana dengan percikan airnya yang mirip dengan untaian benang.

Curug Lawe berlokasi di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang. Untuk harga tiket masuknya hanya Rp6.000. Tapi jika membawa kendaraan pribadi, Moms harus membayar uang parkir sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000.

Lokasi: Muncar, Gemawang, Temanggung, Muncar Lor, Muncar, Gemawang, Jawa Tengah 56283

Baca Juga: 5+ Destinasi Wisata di Blitar, Indah Memukau

2. Curug Trocoh

Curug Trocoh Temanggung

Foto: instagram.com/temanggungzone

Curug selanjutnya yang bisa Moms datangi adalag Curug Trocoh. Salah satu tempat wisata Temanggung ini memiliki pesona alam yang bisa membuat Moms takjub karena air terjun yang ada di sini memiliki tinggi hingga 120 meter dari atas permukaan laut.

Menjadi salah satu air terjun tertinggi di Jawa Tengah, Curug Trocoh terlihat cantik jika Moms jadikan sebagai latar berfoto.

Curug Trocoh memiliki lima terjunan bertingkat yang di sekitarnya ada tebing hijau sehingga tampilannya lebih asri. Jarak antara satu air terjun ke air terjun yang lain adalah sekitar 20 meter.

Nama Curug Trocoh diambil dari bahasa Jawa yang artinya mengeluarkan air. Curug Trocoh memang selalu mengeluarkan air meski sedang musim kemarau. Jadi air di curug ini tidak pernah surut.

Curug Trocoh berlokasi di Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo. Untuk dapat menikmati pemandangan alam yang ada di wisata Temanggung ini, Moms cukup mengeluarkan biaya Rp5.000 saja.

Lokasi: Tawangsari, Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56266

Baca Juga: 17 Tempat Wisata Bandung yang Baru dan Tak Kalah Seru

3. Curug Onje

Curug Onje Temanggung

Foto: instagram.com/temanggungbanget

Masih dengan wisata air terjun di Temanggung. Ada Curug Onje yang berlokasi di Desa Duren Fusun Ngliyangan, Kecamatan Bejen.

Curug Onje memiliki daya tarik yang unik dan eksotis karena tampilannya yang sedikit berbeda dibanding kedua curug di atas.

Curug Onje memiliki tiga air terjun utama dengan undakan-undakan bebatuan yang ada di bawahnya. Inilah yang membuatnya tampil berbeda.

Airnya sangat jernih dan kolamnya tidak dalam sehingga Moms bisa berenang di dalamnya. Tapi ingat, berhubung banyak bebatuan di sekitar kolam, maka Moms harus berhati-hati karena licin.

Usahakan menggunakan alas kaki saat ajan masuk atau menuju ke bawah air terjun.

Tak jauh berbeda dengan wisata air terjun lainnya yang ada di Temanggung, untuk dapat masuk ke wisata Temanggung ini, Moms hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp5.000 saja.

Curug Onje hanya buka mulai pukul 07.00 hingga pukul 15.00 saja.

Lokasi: Tanjungsari, Duren, Bejen, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56258

Baca Juga: 7 Ragam Rumah Adat Minangkabau dan Fakta Keunikannya

4. Hutan Pinus Sigrowong

Hutan Pinus Sigrowong

Foto: www.indeksberita.com

Wisata Temanggung selanjutnya yang menyajikan pemandangan alam indah adalah Hutan Pinus Sigrowong. Hutan ini merupakan hutan pinus yang kemudian difungsikan sebagai tempat wisata Temanggung.

Ada ribuan pohon pinus yang ada di area perbukitan. Selain bisa merasakan aroma khas hutan pinus dan pemandangan hijaunya, Moms juga bisa melihat pohon kopi yang juga ditanam di sekitar area tersebut.

Jika suka foto-foto, di tempat wisata Temanggung ini ada beberapa spot foto yang sudah disiapkan oleh pengelola. Salah satu spot foto yang menjadi favorit adalah perahu merah putih.

Spot perahu merah putih ini terbuat dari perahu yang dibuat dari kayu dan ban sepeda yang ditata apik sehingga menyerupai bentuk perahu. Pada bagian ujungnya diletakkan bendera merah putih.

Daya tarik lainnya dari Hutan Pinus Sigrowong adalah adanya Gua Sigrowong yang bisa dijumpai di sini. Gua ini berkedalaman kurang lebih 7 meter. Konon dulunya gua ini adalah tempat persembunyian semasa agresi militer Belanda.

Hutan Pinus Sigrowong berlokasi di Kandangan Rowo Seneng, Gesing, Kabupaten Kandangan. Untuk tiket masuknya hanya Rp5.000 saja.

Lokasi: Kandangan Rowo Seneng, Hutan, Gesing, Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56281

Baca Juga: Berapa Dosis Vitamin C yang Dibutuhkan Tubuh dalam Sehari? Waspada Berlebihan!

5. Hutan Walitis

Hutan Walitis Temanggung

Foto: instagram.com wisata_walitis

Hutan Wakitis adalah wisata Temanggung yang lokasinya berada di dalam kawasan Hutan Rasamala. Tepatnya di Desa Jetis, Tanggulamon, Selopampang.

Di dalam Hutan Walitis ada banyak pohon yang berukuran sangat besar dan usianya sudah puluhan tahun. Beberapa di antaranya bahkan ada yang disebut sebagai pohon terbesar di lereng Gunung Sumbing dan Sindoro.

Pohon-pohon yang ukurannya besar itu memiliki tinggi hingga mencapai 30 meter dengan lingkar diameter batangnya yang bisa mencapai 7,5 meter. Jadi jika ingin memeluk pohon tersebut, dibutuhkan setidaknya 6 orang dewasa yang tangannya saling direntangkan.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, pohon-pohon besar tersebut dipercaya berasal dari tongkat Ki Ageng Makukuhan yang merupakan pengikut Wali Songo. Tongkat tersebut ditancapkan ke tanah dan menjadi pohon yang ukurannya sangat besar.

Selain pohon-pohon besar tersebut juga ada tanaman Rasamala yang konon tidak mempan terhadap api.

Untuk bisa masuk ke dalam Hutan Walitis, Moms bisa masuk secara gratis. Tapi tidak ada lahan parkir yang disediakan sehingga jika ingin memarkirkan kendaraan, Moms harus memarkirkannya di dekat rumah penduduk sekitar.

Lokasi: Tanggulanom, Selopampang, Tanggulanom, Selopampang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56262

Baca Juga: 7 Rumah Adat Sumatera Utara yang Punya Ciri Khas Unik

6. Alam Sewu

Alam Sewu

Foto: triptommy.blogspot.com

Wisata Temanggung Alam Sewu sangat populer dengan keindahan alamnya. Saking terkenalnya, wisata ini dijuluki dengan nama negeri di atas awannya Temanggung.

Hal ini dikarenakan jika Moms berada di puncuk atas bukitnya, Moms bisa melihat kabut yang cukup tebal di pagi hari.

Ditambah lagi adanya pemandangan perkebunan tembakau serta gunung-gunung yang ada di sekitaran Alam Sewu. Mulai dari Gunung Ungaran, Gunung Sindoro, Gunung Kendil, dan masih banyak lagi.

Tak heran kalau pemandangannya bisa bikin Moms berdecak kagum. Untuk sampai ke bagian puncak, Moms harus berjalan cukup jauh dan menanjak sehingga dianjurkan untuk menggunakan sepeda motor.

Jika ingin berkemah, di sini ada spot khusus berkemah. Jadi saat Moms membuka mata di pagi hari bisa langsung melihat matahari terbit yang terlihat sangat cantik.

Wisata Temanggung Alam Sewu ini lokasinya berada sekitar 35 km dari pusat kota Temanggung. Tepatnya berada di Desa Pringsweu, Kecamatan Ngadirejo. Untuk tiket masuknya hanya Rp5.000 saja per orangnya.

Lokasi: Area Sawah, Giripurno, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56255

Baca Juga: 10 Sofa Minimalis untuk Ruang Tamu Kecil

7. Gunung Kendil

Gunung Kendil Temanggung

Foto: instagram.com/temanggungzone

Kita beralih ke wisata Temanggung selanjutnya. Ada Gunung Kendil yang bisa Moms datangi jika suka mendaki.

Gunung Kendil adalah salah satu gunung di Temanggung yang sangat cocok bagi pendaku pemula karena jalur pendakiannya sangat mudah dan tidak curam serta tidak tinggi. Moms bisa berkemah di sini atau hanya sekedar menikmati pemandangan lalur turun lagi.

Jika ingin menginap tapi tidak ingin berkemah, Moms bisa homestay di rumah penduduk dengan membayar sejumlah dana sebagai biaya menginap. Biasanya, jika homestay di rumah penduduk, Moms juga akan ditawari makanan sehingga bisa satu paket dengan biaya menginap.

Dulunya, Gunung Kendil ini digunakan sebagai lokasi pelatihan militer di zaman penjajahan Belanda. Lalu setelahnya Gunung masuk ke dalam cagar budaya Temanggung dan sekarang dijadikan sebagai lokasi wisata yang bisa dikunjungi warga lokal dan mancanegara.

Gunung Kendil berlokasi di Desa Sibajag, Kecamatan Candiroto. Tempat wisata Temanggung ang buka selama 24 jam ini hanya mematok tiket masuk sebesar Rp10.000 saja.

Lokasi: Sibajag, Sikatok, Canggal, Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56354

Baca Juga: Hemat, Ini 8 Tempat Wisata di Bali yang Gratis

8. Embung Kledung

Embung Kledung di Temanggung

Foto: instagram.com/areajogjajateng

Embung Kledung adalah salah satu wisata Temanggung yang sengaja dibuat untuk menjaga stabilitas persediaan air bagi sektor pertanian dan perkebunan di area sekitarnya.

Embung Kledung merupakan sebuah waduk atau danau buatan dengan luas sekitar 83x83 meter. Meski danau buatan, tapi Embung Kledung memiliki air yang sangat jernih karena airnya berasal dari air hujan.

Saking jernihnya, Moms bahkan bisa melihat ikan-ikan yang berenang di dalamnya. Ditambah lagi adanya pemandangan indah yang ada di sekelilingnya.

Terdapat Gunung Sindoro yang bisa Moms lihat di seberang danau saat cuaca sedang cerah. Kegiatan yang bisa Moms lakukan di sini adalah berfoto dengan latar pemandangan yang indah, berkemah, hingga menikmati pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit.

Wisata Temanggung ini berlokasi di Jalan Raya Parakan, Wonosobo No.KM. 12, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Untuk tiket masuknya hanya Rp7.000 saja. Tapi jika ingin berkemah, Moms harus mengeluarkan biaya tambahan Rp15.000 per tenda.

Lokasi: Jalan Raya Parakan - Wonosobo No.KM.12, Area Sawah, Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56264

Baca Juga: Ini 5 Lokasi Wisata Lampung yang Patut Dikunjungi Saat Liburan

9. Kledung Pass

Kledung Pass Temanggung

Foto: instagram.com/exploremagelangtemanggung

Kledung Pass adalah objek wisata Temanggung yang awalnya merupakan perkebunan teh dan tembakau. Tapi kemudian beralih fungsi menjadi lokasi wisata alam yang menyajikan pemandangan alam yang indah.

Di sini terdapat kolam dengan latar pemandangan bukit sekitar yang asri. Selain itu juga ada tempat untuk berkemah.

Wisata Temanggung ini punya fasilitas yang sangat lengkap sekali. Mulai dari mushola, toilet, rumah makan, hingga penginapan buat Moms yang ingin menginap di hotel.

Kledung Pass berlokasi di Jalan Raya Parakan, Wonosobo, Kledung, Temanggung. Dari pusat kota jaraknya hanya sekitar 21 km. Untuk tiket masuknya gratis alias tidak dipungut biaya.

Lokasi: Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56264

Baca Juga: 8 Rumah Adat Sunda yang Punya Bentuk Unik

10. Wisata Alam Posong

Wisata Alam Posong Temanggung

Foto: instagram.com/ayodolan

Wisata Temanggung yang terakhir adalah Wisata Alam Posong yang terkenal sebagai golden sunrise dan golden sunsetnya karena pemandangan matahari terbit dan tenggelam di sini sangat cantik.

Biasanya para wisatawan akan datang pada sore hari saat ingin melihat sunset, tapi jika ingin melihat sunrise, kebanyakan wisatawan akan memutuskan untuk mencari penginapan di sekitarnya. Meski ada juga yang datang sebelum pukul 04.30 alias sebelum matahari terbit.

Untuk dapat sampai di puncak tertinggi atau tempat melihat matahari terbit dan tenggelam, Moms harus mendaki terlebih dahulu sepanjang 3,5 km dari bawah.

Selain melihat pemandangan matahari terbit dan tenggelam, di Wisata Alam Posong ini, Moms juga dapat berfoto di beberapa spot kece yang memang disediakan oleh pihak pengelola. Ada spot tempat duduk ayunan, sayap kupu-kupu, dan lain sebagainya.

Tempat wisata Temanggung ini berlokasi di Wisata Alam Posong, tepatnya di Desa Tlahap, Kledung. Wisata Alam Posong ini hanya mematok biaya sebesar Rp10.000 sebagai tiket masuknya.

Lokasi: Area Sawah, Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56264

Wisata Temanggung yang memiliki pemandangan alam di atas terlihat menyejukkan bukan? Jika berencana untuk pergi ke wisata Temanggung, tempat mana yang paling ingin Moms datangi?

  • https://www.nativeindonesia.com/tempat-wisata-temanggung/
  • https://tempatwisataseru.com/tempat-wisata-di-temanggung-jawa-tengah/
  • https://www.javatravel.net/tempat-wisata-temanggung
  • https://wisatane.com/wisata-alam-sewu-temanggung/1988/
  • https://www.hipwee.com/narasi/keindahan-hutan-pinus-sigrowong-temanggung-kamu-wajib-ke-sini/
  • https://travel.kompas.com/read/2020/07/28/113000427/wisata-alam-posong-temanggung-ada-golden-sunrise-dari-balik-gunung?page=all
  • https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/9-rekomendasi-tempat-wisata-di-temanggung-acc/82829
  • http://www.indeksberita.com/hutan-pinus-sigrowong-destinasi-wisata-alam-dan-wisata-sejarah-temanggung/
  • https://travel.detik.com/domestic-destination/d-5356864/5-wisata-temanggung-yang-bikin-kangen

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait