Balita dan Anak

NaN undefined NaN

XX Hal yang Memengaruhi Pertumbuhan Rambut Anak

Pola makan ternyata punya pengaruh lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Orami

Ini 4 Faktor Pertumbuhan Rambut Anak

Tidak semua bayi dan anak memiliki rambut yang tebal. Beberapa bayi bahkan botak, atau mempunyai rambut yang tipis. Karena itu, faktor pertumbuhan rambut anak bisa berbeda-beda.

Memiliki anak dengan rambut tebal memang menggemaskan, tetapi tentunya bukan masalah bila Si Kecil tidak memiliki rambut yang lebat. Apa yang terpenting, kulit kepala dan rambut Si Kecil tetap terawat.

Mengutip KidsHealth.org, setiap orang punya lebih dari 100.000 helai rambut di kepala, tetapi sekitar 50-100 rambut rontok setiap harinya karena dicuci, disir, atau bahkan tanpa melakukan apapun.

Tapi jangan khawatir, rambut baru terus-menerus akan menggantikan helaian rambut yang sudah rontok.

Cari tahu lebih lanjut tentang hal-hal yang memengaruhi pertumbuhan rambut anak berikut ini ya, Moms.

Faktor Pertumbuhan Rambut Anak

Mengutip Today.com, rata-rata rambut seseorang bisa tumbuh sekitar 1,2 cm dalam sebulan atau 15 cm dalams setahun, dan pertumbuhan rambut ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, Moms.

"Kecepatan pertumbuhan rambut ditentukan oleh genetika, tetapi ada faktor lain yang dapat memengaruhi laju pertumbuhan. Usia, pola makan, stres, fluktuasi hormon, kesehatan kulit kepala, praktik perawatan rambut, obat-obatan, dan kondisi kesehatan lainnya berpotensi memengaruhi pertumbuhan rambut," kata ahli pewarna rambut, Stephanie Brown.

Jika Moms ingin Si Kecil memiliki rambut yang cepat panjang dan banyak, ketahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi pertumbuhan rambut anak berikut ini.

Baca Juga: 7 Anak Artis Ini Punya Rambut yang Tebal, Menggemaskan!

1. Memerhatikan Pola Makan Sehat

faktor pertumbuhan rambut anak-1

Foto: Orami Photo Stock

Pola makan Si Kecil menjadi faktor pertumbuhan rambut pada anak, hal ini mengingat rambut pun juga membutuhkan nutrisi, sehingga diet gizi seimbang dengan banyak nutrisi akan membuat rambut tetap sehat.

"Makanan yang dimakan harus mengandung vitamin dan mineral yang dikenal mendukung pertumbuhan rambut sehat, seperti vitamin C, biotin, niasin, zat besi dan seng," kata Randy Veliky, direktur studi klinis di HairMax.

Berikut ini beberapa makanan untuk menjadi rambut kuat:

  • Ikan salmon
  • Telur
  • Alpukat
  • Ubi jalar
  • Beri
  • Kacang
  • Minyak zaitun
  • Ikan
  • Kacang polong
  • Biji-bijian utuh
  • Makanan kaya protein, biotin (vitamin H) dan omega-3

2. Menjaga Kulit Kepala Tetap Terawat

faktor pertumbuhan rambut anak-2

Foto: Orami Photo Stock

Ternyata, kulit kepala juga menjadi faktor peran besar dalam mendukung pertumbuhan rambut anak lho, Moms. Karena itu, penting menggunakan produk perawatan kulit kepala dan rambut yang aman untuk Si Kecil seperti sampo dan kondisioner.

"Gaya hidup, diet, dan obat-obatan dapat memperlambat proses pertumbuhan rambut, sehingga kulit kepala yang bersih dan sehat benar-benar punya peran penting," kata Angelo David, ahli rambut rontok dan penipis.

Lebih lanjut, ia menyarankan untuk mencuci rambut secara teratur dan jangan menggunakan terlalu banyak produk dengan bahan kimia relatif keras karena bisa menghilangkan minyak alami, membuat rambut kering dan rusak.

Baca Juga: Ingin Rambut Bayi Lebat dan Indah? Perhatikan 5 Tips Ini

3. Menjaga Kesehatan Rambut

cara cepat memanjangkan rambut - potong ujung rambut

Foto: Orami Photo Stock

Selain memilih produk perawatan rambut yang ringan untuk Si Kecil. Faktor pertumbuhan rambut pada anak juga dipengaruhi oleh kesehatan rambut yang baik. Salah satunya dengan rutin melakukan trimming rambut.

Ketika ujung rambut anak rusak atau terbelah, helaian rambut tersebut akan terus membelah batang rambut sampai putus, dan dapat membahayakan rambut sampai ke akar jika tidak dipotong tepat waktu.

Dengan memotong ujung-ujung yang terbelah itu, Moms telah menghilangkan kerusakan dan membiarkan rambut terus tumbuh tanpa ada kerusakan lebih lanjut.

Baca Juga: Rambut Anak Beruban? Ternyata Inilah 6 Penyebabnya

4. Hindari dari Hal-hal yang Merusak

faktor pertumbuhan rambut anak-3.jpg

Foto: cultofmac.com

Menurut International Journal of Trichology, rambut yang terkena sinar matahari diklaim lebih rapuh, kaku dan kering dan menunjukkan kapasitas penyerapan air yang berkurang.

Karena itu, untuk menjaga pertumbuhan rambut anak yang baik adalah dengan melindungi rambut dari paparan matahari. Ketika melakukan aktivitas outdoor, pakaikan Si Kecil topi.

Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan gaya rambut yang terlalu melintir seperti dikepang, dikeriting, atau penggunaan alat-alat panas seperti hair dryer.

Nah, itu dia Moms, faktor-faktor tentang apa yang memengaruhi pertumbuhan rambut anak.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait