3-12 bulan

10 September 2021

Yogurt untuk Bayi, Ini Waktu Pemberian dan Rekomendasi Produk yang Aman!

Apakah Si Kecil suka makan yogurt?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Yogurt dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan, terutama pada saluran pencernaan. Namun mengingat rasanya yang cukup asam, sehingga banyak orang tua khawatir memberikan yogurt untuk bayi.

Yogurt merupakan produk olahan susu hasil fermentasi. Melansir Journal of Dairy Science, yogurt mengandung berbagai vitamin seperti kalsium, asam folat, berbagai bakteri baik, hingga vitamin B12.

Selain mengandung nutrisi yang sama dengan susu, yogurt juga mengandung probiotik. Probiotik bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan saluran cerna. Tak heran jika yogurt banyak digemari banyak orang.

Lantas, apakah aman memberikan yogurt untuk bayi? Mulai usia berapakah yogurt sebaiknya diberikan kepada bayi? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 10 Dampak Media Sosial dari Sisi Positif dan Negatif yang Harus Diketahui

Yogurt untuk Bayi

balita makan yogurt

Foto: Orami Photo Stock

Moms, memang menyenangkan melihat pertumbuhan Si Kecil yang sudah mulai belajar MPASI. Tak jarang, Moms juga membuat beragam menu agar Si Kecil tidak mudah bosen dengan menggunakan beberapa bahan, salah satunya yogurt.

Jika selama ini Moms ragu memberikan yogurt untuk bayi karena khawatir akan sakit perut, nyatanya produk susu fermentasi ini aman diberikan pada Si Kecil.

Melansir American Academy of Pediatrics (AAP), yogurt untuk bayi sudah bisa diberikan sebagai menu MPASI pertama berusia sekitar 6 bulan. Faktanya, menunda memberikan makanan berbahan susu, seperti yogurt terlalu lama dapat meningkatkan risiko alergi anak.

Namun, jika Moms masih ragu untuk memberikan yogurt untuk bayi, bisa menundanya hingga Si Kecil berusia 9 bulan.

Bila balita makan yogurt, perhatikan reaksi alergi. Kalau Si Kecil alergi susu sapi, maka sangat mungkin dia akan bereaksi pula pada yogurt yang dia makan.

Tanda-tanda tersebut dapat meliputi, gatal-gatal, gejala sulit bernapas atau asma, pembengkakan mulut atau tenggorokan, muntah atau diare dan kehilangan kesadaran.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Lemari Baju Bayi, Baju Si Kecil akan Tertata Rapi!

Manfaat Yogurt untuk Bayi

Manfaat yogurt untuk bayi tidak hanya melancarkan pencernaan saja, tetapi ada beragam. Berikut ini manfaat yogurt untuk bayi:

1. Mengandung banyak Vitamin

Yoghurt

Foto: Orami Photo Stock

Saat ini yogurt sudah sering menjadi makanan pelengkap makanan sehari-hari karena kandungan gizinya yang baik untuk tubuh. Selain kandungan mineral, yogurt juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi seperti kalium, fosfor, vitamin B1, B2, B3, B6, B12, seng, yodium, riboflavin, asam folat, dan biotin.

Melansir jurnal Academic Press, semua vitamin yang terkandung pada yogurt sangat baik untuk tumbuh kembang Si Kecil, misalnya untuk menjaga sel-sel darah merah dan juga sistem saraf pada anak.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

yogurt1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Yogurt merupakan susu yang diolah dengan cara difermentasi oleh bakteri baik. Dalam pengolahannya, temperatur suhu harus dijaga dengan baik agar proses fermentasi bisa berhasil dan kualitas yogurt baik.

Yogurt yang berkualitas tentu akan sangat menyehatkan bagi Si Kecil.

Manfaat lainnya dari yogurt ini adalah sebagai pembentuk imun yang baik untuk Si Kecil. makanan ini bisa menjadikan anak lebih sehat dan tidak mudah sakit karena kandungannya yang baik dan fungsinya yang bisa membantu kerja organ tubuh.

3. Menghindari Obesitas

balita makan yogurt

Foto: Orami Photo Stock

Kelebihan berat badan atau obesitas sering terjadi pada anak. Biasanya anak yang obesitas terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan manis dan kurang mengonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah.

Jika Si Kecil sulit memakan sayur dan buah, Moms bisa menawarkan yogurt. Sebab melansir The American Journal of Clinical Nutrition, yogurt memiliki kalori rendah yang bisa membantu menurunkan dan menjaga berat badan.

Baca Juga: 8 Desain Ruko Minimalis dan Nyaman, Bisa Dijadikan Bisnis sekaligus Hunian

Rekomendasi Yogurt untuk Bayi

Ada hal yang harus diperhatikan saat balita makan yogurt. Yogurt bisa menjadi makanan yang sangat baik untuk balita, tetapi ini bisa menjadi junk food jika tidak berhati-hati.

Beberapa merek mengandung pemanis buatan, pewarna buatan, gula, sirup jagung fruktosa tinggi, dan pengental.

Yogurt rendah lemak dan bebas lemak mungkin memiliki zat adiktif untuk membuatnya lebih tebal.

Moms dapat membeli yogurt polos atau plain tanpa gula dan menambahkan buah favorit balita ke dalamnya.

“Untuk menghindari kebingungan, lebih baik pilih yogurt yang plain, karena tidak mengandung gula. Sebab, apapun yang memiliki rasa bisa dipastikan mengandung gula tambahan, termasuk yogurt vanila dan stroberi,” ujar Megan McNamee MPH, RDN, ahli nutrisi asal Scottsdale dan pemilik situs Feeding Littles.

Berikut ini rekomendasi yogurt untuk bayi yang bisa Moms pilih:

1. Elle & Vire Yoghurt Plain

yogurt untuk bayi Elle & Vire Yoghurt Plain.jpg

Rekomendasi yogurt untuk bayi yang pertama adalah Elle & Vire Yoghurt Plain.

Produk ini terdapat banyak protein, seperti vitamin B dan mineral yang sangat penting serta mengandung lemak setara dengan susu.

Kandungan protein dalam yogurt juga sangat penting dalam proses pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh anak.

Elle & Vire Yoghurt Plain dapat dikonsumsi oleh bayi sejak berumur 7 bulan bulan sampai dewasa.

Walaupun Elle & Vire Dairy Dessert memiliki potongan buah di dalamnya, namun menjamin yoghurt tidak mengandung gula atau 0% tambahan gula. Rasanya pun tidak terlalu asam dan cocok untuk dijadikan MPASI.

2. Biokul

yogurt untuk bayi Biokul.jpg

Rekomendasi yogurt untuk bayi selanjutnya adalah biokul.

Produk ini mengandung potongan buah asli dari Perancis, sehingga sangat segar dan cocok dipadukan untuk menu MPASI.

Biokul juga mengandung kultur probiotik hidup , seperti S. thermophilus, L. bulgaricus, L. acidophilus, Bifidobacterium, yang bermanfaat untuk sistem pencernaan.

Baca Juga: 11 Cara Menagih Hutang Agar Segara Dibayar, Bisa Dicoba Moms!

3. Greenfield Yoghurt Original

Greenfield Yoghurt Original.jpeg

Greenfields Yoghurt Original merupakan salah satu rekomendasi yogurt untuk bayi terbuat dari susu sapi segar yang telah melalui proses fermentasi.

Produk susu fermentasi yang rasanya enak dan segar ini juga mengandung sejumlah bakteri baik yang bagus untuk memelihara kesehatan pencernaan.

Bakteri baik di dalam produk ini, seperti Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus berperan aktif dalam menjaga tubuh yang sehat. Kandungan probiotiknya juga membantu merangsang sel darah putih untuk melawan infeksi yang ada di dalam aliran darah.

Greenfields Yoghurt Original juga sudah dirancang tingkat rasa asam yang pas dan rendah gula, sehingga Moms tidak perlu khawatir Si Kecil sakit perut.

4. Emmi

emmi.jpg

Merk yogurt yang berasal dari Swiss ini tidak mengandung lemak atau total fat 0%.

Produk ini memakai susu sapi segar dari Swiss yang rendah lemak dan kaya akan bakteri asam laktat yang membantu melancarkan proses pencernaan.

5. Yummy Yogurt

yummy.jpg

Rekomendasi yogurt untuk bayi selanjutnya adalah yummy yogurt.

Produk ini kaya akan kandungan probiotik dan memiliki kadar gula serta lemak yang rendah. Rasanya tidak terlalu asam dan cocok Moms kombinasikan dengan buah-buahan untuk MPASI.

Jumlah kalsium dan protein dalam yogurt Yummy juga sangat tinggi. Jika mengonsumsinya secara rutin, dapat menjaga kesehatan tulang serta meningkatkan imun tubuh.

Baca Juga: 13 Cara Membuat Masker Rambut Alami, Atasi Rambut Ketombean hingga Rontok!

Nah, jadi aman ya Moms memberikan yogurt untuk bayi. Hanya saja, Moms harus memastikan usia hingga produk yang digunakan.

Sebaiknya pilihlah yang tidak mengandung gula tambahan atau yang kandungan gula tambahannya paling sedikit.

  • https://www.whattoexpect.com/first-year/baby-feeding/when-can-babies-eat-yogurt
  • https://academic.oup.com/ajcn/article/99/5/1243S/4577504
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780128051344000286
  • https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/feeding-nutrition/Pages/Starting-Solid-Foods.aspx
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait