Rupa-rupa

11 Agustus 2021

YouTube Premium: Ini Keuntungan dan Cara Berlangganannya

YouTube premium berbeda dari YouTube TV dan YouTube music
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

YouTube Premium menjadi salah satu layanan yang ditawarkan oleh YouTube kepada para pelanggannya.

YouTube sendiri telah menjadi situs streaming vireo yang paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Seiring perkembangannya, YouTube ini sebenarnya terbagi menjadi dua golongan, yani golongan YouTube reguler dan YouTube premium.

Jika Moms selama ini menonton video-video yang ada di YouTube secara gratis, maka itu tandanya Moms menggunakan layanan YouTube reguler. Lantas bagaimana dengan YouTube premium?

Baca Juga: Baru Menjadi YouTuber? Simak 7 Cara Menambah Subscriber Berikut Ini!

Apa Itu YouTube Premium?

Youtube Premium

Foto: www.recode.id

Berbeda dengan layanan YouTube reguler yang membolehkan penggunaannya untuk menikmati layanan secara gratis. Tapi untuk YouTube premium, Moms harus mengeluarkan sejumlah dana untuk biaya berlangganan karena layanan ini berbayar.

YouTube premium awalnya bernama YouTube Red dan pada tahun 2018, pihak YouTube melakukan rebranding produk dengan mengganti nama menjadi YouTube premium.

YouTube premium awalnya bisa dinikmati oleh Moms selama satu bulan secara gratis. Hal ini dilakukan sebagai langkah uji coba untuk menarik para pelanggan.

Nantinya, barulah jika pelanggan merasa kalau layanan ini ternyata sangat menguntungkan dan menarik untuk digunakan, maka mereka akan mencoba untuk berlangganan.

Saat ini untuk biaya berlangganan untuk layanan ini adalah Rp59.000 per bulan untuk satu akun.

Jika Moms ingin berlangganan untuk buah hati yang merupakan seorang pelajar, harga untuk pelajar ini berbeda dari harga berlangganan YouTube premium pada umumnya karena khusus pelajar hanya dikenakan biaya Rp35.000. Tentunya saat berlangganan, Moms harus menyertakan bukti pelajar seperti identitas kartu pelajar.

Tapi ada menu paket yang untuk keluarga yakni YouTube Family Plan seharga Rp75.000 saja per bulan. YouTube Family Plan ini bisa digunakan hingga 6 akun. Jadi akan lebih hemat buat Moms dan keluarga jika ingin berlangganan YouTube premium untuk keluarga.

Baca Juga:

Salmafina Sunan Curhat Anak Berisik YouTube-an di Tempat Umum, Simak Cara Menenangkan Anak Tanpa Gadget

Keuntungan YouTube Premium

Youtube Premium

Foto: hargabelanja.com

Menjadi layanan yang berbayar, tentu saja akan ada keuntungan yang didapat jika dibandingkan dengan yang tidak berbayar.

Dilansir dari support.google.com, ada beberapa keuntungan yang bisa didapat jika kita berlangganan YouTube premium, di antaranya adalah:

1. Menonton Video Bebas Iklan

Saat menonton YouTube reguler, salah satu hal yang paling membuat kita merasa kesal biasanya adalah adanya iklan yang membuat kenikmatan saat menonton YouTube menjadi terganggu.

Di sinilah YouTube premium hadir sebagai penolong karena jika Moms berlangganan layanan ini, maka tak perlu khawatir lagi dengan iklan video hingga iklan banner dari pihak ketiga.

YouTube premium menawarkan Moms untuk menonton video bebas iklan alias tanpa iklan sama sekali.

Video bebas iklan yang dinikmati pada layanan ini didukung oleh semua perangkat dan platform. Jadi kalau Moms bisa dengan mudah menikmati layanan premium ini melalui ponsel, laptop, komputer, hingga smart tv.

2. Download Video untuk Ditonton Offline

Youtube Premium

Foto: www.imore.com

Salah satu keuntungan dari berlangganan layanan ini adalah bisa mendownload video yang ada di YouTube untuk nantinya ditonton secara offline tanpa menggunakan koneksi internet.

Untuk mendownload video, Moms hanya bisa melakukannya melalui ponsel karena untuk perangkat komputer dan laptop masih belum mendukung fitur ini.

Cara untuk mendownload video YouTube melalui aplikasi yang ada di ponsel adalah:

  • Buka video yang akan di download lalu putar videonya.
  • Klik tombol download yang ada di bagian bawah pemutar video.
  • Pilih kualitas video yang akan didownload. Kualitas video terdiri dari ukuran 144, 240, 360, hingga 720. Semakin besar kualitas video maka semakin bagus tampilan video, tapi semakin besar kapasitas penyimpanan yang diperlukan untuk menyimpannya.
  • Nantinya setelah setelah didownload akan ada tanda kalau video telah selesai didownload.

Moms bisa melihat video yang telah didownload pada tab koleksi atau menu akun YouTube Premium. Caranya mudah bukan?

Baca Juga: 6 Rekomendasi Channel YouTube Memasak yang Patut Moms Subscribe!

3. Putar di Background

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh YouTube premium adalah bisa memutar video di background.

Jadi nantinya Moms tetap bisa menikmati video yang diputar meski sudah keluar dari aplikasi YouTube. Lain halnya dengan YouTube reguler yang akan langsung memutus video ketika aplikasi YouTube ditutup.

Hal ini akan sangat berguna bagi Moms yang multi-tasking atau suka melakukan dua pekerjaan sekaligus, yakni menonton video sambil mengerjakan hal lain di ponsel, laptop, atau komputer.

4. Akses Penuh ke YouTube Originals

Fitur kelebihan dari YouTube premium yang terakhir adalah bisa mengakses penuh ke YouTube Originals.

YouTube Originals adalah video konten acara eksklusif yang dibuat oleh YouTube sendiri. Bagi pengguna YouTube regular biasanya hanya bisa menonton cuplikan atau beberapa episodenya saja, tapi untuk pengguna YouTube premium, Moms bisa menikmatinya dengan akses penuh.

Fitur ini memang sengaja diberikan untuk memberikan keuntungan ekstra dari pelanggan YouTube premium.

Baca Juga: Channel YouTube Lagu Anak yang Bisa Disubscribe

Perbedaan YouTube Premium, YouTube Music, dan YouTube TV

Youtube Musik

Foto: matamatamusik.com

Lantas apakah YouTube premium ini sama dengan YouTube music dan TV? Tentu saja berbeda. Disamping YouTube premium, sebelumnya memang sudah ada YouTube music dan TV. Tapi ketiganya ini berbeda satu sama lain.

YouTube TV sendiri merupakan layanan streaming yang memungkinkan penggunanya untuk menonton channel TV secara live. Jadi dari fitur ini saja berbeda dengan YouTube premium.

Berlangganan YouTube TV bukan berarti Moms berlangganan YouTube premium, begitu juga sebaliknya. Namun, bagi mereka yang berlangganan YouTube TV juga bisa mendapatkan akses penuh ke YouTube Originals.

Sedangkan untuk YouTube music adalah aplikasi YouTube yang terpisah dari YouTube utama sehingga jika Moms ingin menikmati layanannya bisa mendownloadnya sendiri di App Store atau Play Store.

YouTube music juga memiliki dua pilihan, yakni yang reguler dan yang premium. Untuk yang reguler ini gratis sedangkan untuk yang premium ini berbayar. Dalam versi reguler, YouTube music masih ada iklannya, sementara pada YouTube music premium tidak ada iklannya.

Sama halnya dengan YouTube TV dengan YouTube premium yang berlangganan secara terpisah, untuk YouTube music ini juga sama saja. Jadi kalau Moms berlangganan YouTube premium, bukan berarti Moms berlangganan YouTube music, begitu pula sebaliknya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Channel untuk Menonton Drama Korea, Moms Wajib Tahu!

Cara Berlangganan YouTube Premium

Youtube Premium

Foto: www.romania-insider.com

Untuk bisa berlangganan YouTube premium, caranya sangatlah mudah. Moms hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini, yaitu:

  • Buka aplikasi YouTube premium atau klik link https://www.youtube.com/premium
  • Lakukan sign in dengan aku milik Moms yang ingin digunakan
  • Klik tombol ‘try it for free’ atau coba gratis
  • Lalu pilih metode pembayaran yang akan digunakan nantinya. Pembayaran YouTube premium ini bisa menggunakan kartu kredit atau GoPay
  • Setelah itu klik tombol beli atau buy

Moms hanya perlu beberapa detik untuk memastikan kalau proses berlangganan layanan premium ini sudah bisa digunakan untuk menikmati beragam fitur-fitur yang ada di atas.

Itulah sekilas mengenai YouTube Premium, mulai dari keuntungan serta perbedaannya dengan YouTube music dan YouTube TV. Apakah Moms tertarik untuk berlangganan?

  • https://www.androidauthority.com/download-youtube-videos-watch-offline-748566/
  • https://www.youtube.com/premium
  • https://www.firstmedia.com/article/youtube-premium-dan-youtube-music-apa-bedanya
  • https://id.wikipedia.org/wiki/YouTube_Premium#Fitur
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait