Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perilaku Balita | Jun 5, 2018

Yuk Ajarkan Anak Peduli Lingkungan Dengan 4 Aktivitas Sederhana Ini

Bagikan


Senang sekali ya, melihat konsep peduli lingkungan dan go-green sekarang mulai naik daun dan semakin banyak diminati oleh masyarakat luas.

Tidak hanya dianggap kekinian, gerakan ini juga dianggap sebagai sesuatu yang sangat diperlukan, mengingat semakin menumpuknya sampah yang berpotensi merusak lingkungan dan menyebarkan penyakit.

Konsep peduli lingkungan ini sebaiknya sudah diajarkan pada balita sejak dini lho, Moms. Faktanya, semakin cepat balita diajarkan untuk peduli lingkungan, akan semakin kuat pula niat dan usahanya untuk turut aktif menjaga lingkungan di sekitarnya. Mau tahu bagaimana caranya?

1. Ajak Menyusuri Hutan & Gunung

mengajak anak peduli lingkungan, mengajak anak camping

hikeitbaby.com

Menyusuri hutan, mendaki lembah, dan melihat alam bebas yang segar dan luas bisa menjadi salah satu cara ampuh agar balita mengerti pentingnya peduli lingkungan.

Dengan memperlihatkan keadaan lingkungan yang asri tanpa sampah dan polusi, secara tidak langsung dia akan merasa memiliki kewajiban untuk turut menjaga lingkungan.

Agar petualangannya semakin terasa, Moms juga bisa mengajak si kecil untuk bersama-sama memungut sampah sepanjang perjalanan. Atau setidaknya memberi contoh untuk tidak membuang sampah sembarangan serta tidak melakukan kegiatan yang bisa merusak alam.

2. Ajak Menanam Banyak Tanaman Di Rumah

mengajarkan anak peduli lingkungan, mengajak anka menanam tanaman, mengajak anak berkebun

netmums.com

Apa di rumah Moms ada halaman? Jika iya, coba deh sesekali ajak balita untuk menanam berbagai jenis tanaman di taman tersebut. Pilihlah tanaman yang mudah dirawat serta cepat tumbuh, seperti bunga, tomat ceri, atau tanaman rempah seperti basil, rosemary, atau mint.

Inti dari aktivitas menanam ini adalah membua balita mengerti fungsi penting tanaman bagi kehidupan manusia. Jadi sambil menanam, Moms juga bisa memberikan penjelasan kalau tanaman tak hanya bisa dipetik buah atau bunganya saja, tapi juga bisa memproduksi oksigen, mencegah banjir, dan sebagainya.

Baca Juga : 4 Keuntungan Mengajak Anak Main Sambil Berkebun di Halaman Rumah

3. Buat Mainan Dari Bahan Daur Ulang

mainan dan bahan organik, mengajak anak mencintai lingkungan

pinterest.com

Si kecil termasuk balita yang gampang bosan dengan mainan? Jika iya, Moms bisa membuat mainan dari berbagai bahan yang bisa di daur ulang di rumah. Gunakan botol bekas, kardus atam lem untuk membuat berbagai macam mainan seperti mobil-mobilan misalnya.

Dalam pembuatan mainan ini, ajak balita untuk turut berpartisipasi dan memberikan bantuannya. Secara tidak langsung proses ini akan membuat balita semakin kreatif sekaligus menumbuhkan kesadaran bahwa barang terpakai ternyata ada juga yang masih memiliki kegunaan lain.

4. Ikut Kerja Bakti

mengajak anak kerja bakti, mengajarkan anak peduli lingkungan

nunabookclub.com

Mengajak si kecil untuk ikut serta dalam kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan bersama warga lain bisa dibilang sebagai salah satu cara ampuh untuk mengajarkan balita agar lebih peduli lingkungan. Dia akan melihat kalau semua orang, baik tua maupun muda turut aktif bersama-sama menjaga lingkungan.

Selain menjadi contoh nyata untuk lebih peduli lingkungan, kegiatan semacam ini juga akan membuat balita sadar kalau proses menjaga lingkungan harus selalu dimulai dari diri sendiri. Lambat laun dia akan mengerti kalau menjaga kebersihan lingkungan rumah juga akan lingkungan di sekitarnya terlihat lebih bersih dan indah.

Mengajari balita lebih peduli lingkungan tidak bisa dilakukan hanya dalam satu hari ya, Moms. Perlu upaya, waktu, dan pemahaman berkelanjutan agar buah hati dapat mengerti dan mulai mencoba untuk turut serta menjaga lingkungan sekitarnya. Apa Moms sudah pernah mengajarkan balita untuk hidup go-green dan peduli lingkungan?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.