Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Kesehatan Anak | Feb 18, 2019

Yuk, Berikan 9 Makanan Kaya Zat Besi Ini untuk Anak

Bagikan


makanan sumber zat besi

Selama ini dikenal sebagai mineral yang dapat membantu produksi sel darah merah. Padahal, zat besi punya banyak manfaat lain lho untuk Si Kecil. Zat besi akan membantu tubuh Si Kecil berfungsi dengan baik. Karena itu juga, penting bagi Moms untuk memastikan asupan zat besi Si Kecil.

Beda usia, beda juga kebutuhan zat besinya Moms. Si Kecil yang berusia 7 - 12 bulan membutuhkan 11 miligram zat besi per hari, 1 - 3 tahun membutuhkan 7 miligram zat besi per hari, 4 - 8 tahun membutuhkan 10 miligram zat besi per hari, dan 9 - 13 tahun membutuhkan 8 miligram zat besi per hari.

Anak yang lahir prematur, anak perempuan yang sudah menstruasi, serta anak yang menjalankan pola makan vegan memiliki kebutuhan zat besi yang lebih banyak lagi, Moms

Kekurangan zat besi bukan hanya akan menyebabkan anemia, tapi juga dapat menghambat pertumbuhan serta masalah perilaku dan belajar anak. Ada beberapa makanan kaya zat besi yang bisa Moms berikan kepada Si Kecil. Apa saja? Yuk kita cari tahu Moms!

1. Daging Tanpa Lemak

makanan kaya zat besi

Womansday.com

Selain dari daging unggas seperti ayam, bebek, maupun kalkun, manfaat zat besi untuk anak juga bisa didapat dari daging, hati, serta jeroan sapi, kambing, maupun kerbau lho, Moms. Yang terpenting adalah memilih daging maupun jeroan yang mengandung sesedikit mungkin lemak.

2. Ikan Tuna dan Seafood

makanan kaya zat besi

Primaverakitchen.com

Sudah tahu belum Moms, kalau manfaat zat besi untuk anak juga bisa didapat dari ikan tuna dan seafood seperti udang dan kerang? Tuna, udang, dan kerang mengandung cukup banyak zat besi.

Terdapat 1 miligram zat besi dalam 3 ons daging tuna, 2 miligram zat besi dalam 4 ons udang, dan 3 miligram zat besi dalam 4 ons daging kerang. Hidangan seafood ini bisa disajikan dengan roti gandum yang diperkaya zat besi dan bumbu lemon agar manfaatnya semakin optimal ya, Moms.

Baca Juga: Bagaimana Ciri-ciri Anak yang Kekurangan Zat Besi?

3. Sereal Yang Diperkaya Zat Besi

makanan kaya zat besi

Independent.co.uk

Supaya tidak bosan, sesekali biarkan anak sarapan dengan sereal atau oatmeal yang rendah gula dan sudah diperkaya dengan zat besi. Bila mengecek label kemasan, biasanya kebutuhan zat besi harian anak sudah bisa terpenuhi hanya dengan satu porsi saja.

4. Kacang-Kacangan

makanan kaya zat besi

Eatingwell.com

Untuk Si Kecil yang tidak suka daging, berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang polong, maupun kacang kedelai juga bisa menjadi alternatif makanan kaya zat besi untuk anak.

5. Bayam dan Sayur Berdaun Hijau Lain

makanan kaya zat besi

Thedailymeal.com

Selain bayam, sayuran berdaun hijau seperti kale dan sawi juga termasuk makanan kaya zat besi untuk anak. Selain bisa dijadikan sayur maupun tumis, sayuran berdaun hijau yang dicampur dengan stroberi dan air jeruk lalu dijadikan smoothies juga tidak kalah lezat lho, Moms.

Baca Juga: Kenali Gejala, Penyebab, dan Cara mencegah Anemia

6. Kismis dan Buah Kering Lain

makanan kaya zat besi

Smartlifebites.com

Setiap porsi (sekitar 43 gram) kismis dan buah kering seperti kurma atau aprikot mengandung sekitar 1.5-3 miligram zat besi. Yang paling asyik, kismis dan buah kering lain bisa dijadikan alternatif cemilan sehat maupun dicampurkan ke dalam makanan lain.

7. Kentang Dengan Kulit

makanan kaya zat besi

Bbc.com

Jumlah zat besi pada kulit kentang lima kali lebih besar ketimbang kentangnya sendiri. Kentang juga mengandung kadar vitamin C yang cukup banyak, sehingga tubuh bisa menyerap zat besi dengan lebih optimal.

Jadi saat lain kali membuat wedges kentang, kentang bakar, atau kentang goreng, kulitnya cukup dicuci bersih dan tidak dibuang ya, Moms.

8. Telur

makanan kaya zat besi

Hickitchen.com

Tahu tidak Moms, kalau kuning telur juga termasuk salah satu makanan kaya zat besi untuk anak? Agar kebutuhan zat besi harian buah hati terpenuhi, Moms bisa memberikannya sebutir telur dengan segelas jus jeruk untuk sarapannya setiap hari.

9. Tahu

makanan kaya zat besi

Mejorconsalud.com

Ini dia, makanan kaya zat besi untuk anak yang murah meriah dan gampang diolah. Dalam 400 gram tahu terkandung sekitar 6 miligram zat besi, sehingga bisa menjadi sumber zat besi yang sangat baik bagi anak vegetarian.

Ternyata tidak sulit mendapatkan makanan kaya zat besi untuk anak ya, Moms. Kira-kira, hidangan apa saja yang bisa Moms buat dengan kombinasi berbagai bahan diatas?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.