Kesehatan

19 Maret 2021

11+ Makanan Penurun Darah Tinggi, Ada Greek Yogurt dan Pisang!

Berikut makanan untuk mencegah darah tinggi kambuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kebanyakan orang yang mengidap penyakit darah tinggi atau biasa disebut hipertensi, berujung pada stroke. Penderita darah tinggi biasanya sering mengeluhkan sakit kepala dan pusing, serta mengalami gangguan pada penglihatan.

Penyebab darah tinggi kumat sebagian besar dikarenakan oleh makanan yang mengandung banyak garam. Memang nyatanya masih banyak hal-hal yang dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi naik, seperti stres berlebihan, obesitas, alkohol, rokok, atau jarang berolahraga.

Namun, tenang saja Moms! Ada banyak yang cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kambuhnya penyakit ini.  

Oleh karena itu, mulailah mencegah daripada mengobati. Moms bisa coba mengonsumsi makanan-makanan penurun darah tinggi yang dapat mengurangi risiko terjadinya hipertensi.

Baca Juga: Tanda-Tanda Kepadatan Tulang Berkurang, Bisa Berujung Osteoporosis!

Makanan Penurun Darah Tinggi

makanan penurun darah tinggi

Foto: Orami Photo Stock

Darah tinggi bisa diatasi dengan mengontrol makanan yang masuk dalam tubuh kita. Apa saja yang termasuk makanan penurun darah tinggi? Yuk cari tahu!

1. Kacang Putih

Makanan penurun darah tinggi yang pertama adalah kacang putih. Selain dapat menurunkan berat badan, kacang putih juga memiliki berbagai jenis zat yang dapat menggantikan peran garam sehingga dapat menghindarkan Moms dari komplikasi darah tinggi.

Kacang putih sendiri memiliki kandungan kalsium sebesar 13 persen, magnesium 30 persen, dan potasium sebanyak 24 persen yang sangat dibutuhkan tubuh tiap harinya.

2. Cokelat

Makanan penurun darah tinggi yang selanjutnya adalah cokelat. Sangat menyenangkan bukan saat Moms tahu bahwa cokelat bisa juga digunakan untuk menurunkan darah tinggi!

Hal ini karena cokelat adalah sumber antioksidan sehingga dapat memberi pengaruh positif dalam mengendalikan tekanan darah.

Apalagi jika cokelat yang Moms pilih adalah cokelat hitam murni karena jenis ini memiliki kandung flavonoid yang tinggi dan dapat memberikan rasa rileks.

3. Pistachio

Makanan penurun darah tinggi yang selanjutnya adalah pistachio. Pistachio sangat bergizi, dan konsumsinya telah dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang sehat.

Mereka kaya akan sejumlah nutrisi penting untuk kesehatan jantung dan regulasi tekanan darah, termasuk kalium.

Tinjauan terhadap 21 studi menemukan bahwa di antara semua kacang yang termasuk dalam ulasan tersebut, asupan pistachio memiliki efek terkuat dalam mengurangi SBP dan DBP.

4. Susu Skim

Makanan penurun darah tinggi yang selanjutnya adalah susu skim. Susu tanpa lemak memang sangat baik untuk tubuh! Dengan kandungan vitamin D dan kalsium di dalamnya, susu ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 3-10 persen.

Ditambah lagi, dengan minum susu skim secara teratur dapat memperbaiki sistem kardiovaskular dalam tubuh, yang sangat memiliki peran penting pada sistem peredaran darah.

Baca Juga: Wajib Waspada, Ini Dia Perbedaan di Tiap Stadium Kanker Payudara

5. Bayam

Makanan penurun darah tinggi yang selanjutnya adalah bayam. Salah satu jenis sayuran hijau yang kaya manfaat ini memiliki serat yang tinggi, rendah kalori, dan mengandung banyak nutrisi potasium, folat, dan magnesium yang lagi-lagi berfungsi untuk menurunkan darah tinggi.

Usahakan untuk selalu memakai bayam sebagai pelengkap makan besar Moms. Atau, campurkan sayur bayam pada salad yang segar untuk menikmatinya dengan sensasi berbeda.

6. Seledri

Makanan penurun darah tinggi yang selanjutnya adalah seledri. Seledri adalah sayuran populer yang mungkin memiliki efek positif pada tekanan darah. Berdasarkan jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, bahan ini mengandung senyawa yang disebut phthalides, yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah.

Studi yang sama yang mengaitkan asupan wortel mentah dengan penurunan tekanan darah menemukan bahwa di antara sayuran yang biasa dikonsumsi, asupan seledri yang dimasak secara signifikan dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.

7. Brokoli

Makanan penurun darah tinggi yang selanjutnya adalah brokoli. Brokoli dikenal karena banyak efek menguntungkannya bagi kesehatan, termasuk kesehatan sistem peredaran darah kita.

Misalnya, menambahkan sayuran silangan ini ke dalam makanan mungkin merupakan cara cerdas untuk menurunkan tekanan darah.

Brokoli sarat dengan antioksidan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh kita.

Sebuah studi yang memasukkan data dari 187.453 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 4 atau lebih porsi brokoli per minggu memiliki risiko tekanan darah tinggi yang lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi brokoli sebulan sekali atau kurang.

8. Greek Yogurt

Makanan penurun darah tinggi yang selanjutnya adalah Greek yogurt. Greek yogurt adalah produk susu padat nutrisi yang dikemas dengan mineral yang membantu mengatur tekanan darah, termasuk kalium dan kalsium.

Sebuah tinjauan dari 28 penelitian menemukan bahwa mengonsumsi 3 porsi produk susu per hari dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi 13% lebih rendah, serta peningkatan 7 ons (200 gram) dalam asupan susu per hari dikaitkan dengan 5 persen penurunan risiko hipertensi.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Masker Yogurt untuk Wajah, Ampuh Atasi Jerawat!

Buah Penurun Darah Tinggi yang Cepat

buah penurun darah tinggi

Foto: Orami Photo Stock

Ini dia berbagai jenis buah yang bisa membantu Moms menurukan darah tinggi dengan cepat.

9. Buah Sitrus

Makanan penurun darah tinggi yang selanjutnya adalah buah sitrus. Buah jeruk, termasuk grapefruit, jeruk, dan lemon, mungkin memiliki efek penurun tekanan darah yang kuat.

Menurut jurnal Role of Dietary Components in Modulating Hypertension, buah-buahan ini sarat dengan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung kita dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Sebuah studi yang melibatkan 101 wanita Jepang menunjukkan bahwa asupan jus lemon setiap hari dikombinasikan dengan berjalan kaki secara signifikan berkorelasi dengan penurunan SBP, sebuah efek yang dikaitkan para peneliti dengan asam sitrat dan kandungan flavonoid lemon.

Penelitian juga menunjukkan minum jus jeruk dan jeruk bali dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun, jus jeruk dan belimbing dapat mengganggu obat penurun tekanan darah yang umum, jadi konsultasikan dengan dokter sebelum menambahkan buah ini ke dalam makanan kita.

10. Pisang

Makanan penurun darah tinggi yang selanjutnya adalah pisang. Buah yang manis dan lezat untuk dijadikan snack. Selain itu, pisang mempunyai kalium yang berfungsi untuk membantu mengembalikan keseimbangan komposisi darah. Sakit pada kepala pun sekejap akan hilang berkat zat potasium di dalamnya.

11. Tomat

Makanan penurun darah tinggi yang selanjutnya adalah tomat. Tomat dan produk tomat kaya akan banyak nutrisi, termasuk potasium dan likopen pigmen karotenoid.

Likopen secara signifikan dikaitkan dengan efek menguntungkan pada kesehatan jantung, dan makan makanan tinggi nutrisi ini, seperti produk tomat, dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Sebuah tinjauan dari 21 penelitian menyimpulkan bahwa mengonsumsi tomat dan produk tomat meningkatkan tekanan darah dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kematian terkait penyakit jantung.

12. Buah Bit, Bit Hijau, dan Jus Bit

Makanan penurun darah tinggi yang selanjutnya adalah buah bit. Buah bit dan bit hijau sangat bergizi, dan memakannya dapat membantu meningkatkan tekanan darah yang sehat.

Mereka tinggi nitrat, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan dapat menurunkan tekanan darah.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menambahkan bit dan produk bit ke dalam makanan kita dapat membantu meningkatkan tekanan darah yang sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Bisa untuk MPASI!

Sebagai contoh, sebuah penelitian selama 2 minggu pada 24 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi 8,4 ons (250 mL) jus bit dan 8,8 ons (250 gram) bit yang dimasak secara signifikan menurunkan tekanan darah, meskipun ditemukan bahwa jus bit lebih efektif.

Meskipun penelitian lain juga menghubungkan asupan bit dan jus bit dengan efek positif pada tekanan darah, tidak semua penelitian menunjukkan hasil positif.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa efek bit pada tekanan darah berumur pendek dan mungkin tidak membuat perbedaan substansial pada kontrol tekanan darah jangka panjang.

Namun demikian, bit, jus bit, dan sayuran bit semuanya sangat bergizi dan dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan jika ditambahkan ke dalam makanan kita.

Itulah beberapa makanan penurun darah tinggi. Semoga beberapa makanan di atas berdampak untuk kesehatan Moms yah! Kini, tidak perlu khawatir apabila Moms didiagnosa dengan penyakit hipertensi karena ada banyak cara yang bisa dilakukan agar tidak terjadi komplikasi darah tinggi.

Lalu, apakah ada alternatif lain yang Moms punya untuk menurunkan tekanan darah tinggi?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait