Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Anak | Feb 15, 2018

Yuk Dandani Si Kecil Saat Imlek!

Bagikan


 

  

Gong Xi Fa Cai! Selamat tahun baru Imlek! Memasuki tahun Ayam Api ini, tentu menjadi momen spesial bagi seluruh anggota jeluarga untuk berkumpul bersama dan berbagi cerita, apalagi Imlek tahun ini jatuh akhir pekan, Jumat 16 Februari 2017.

Perayaan Imlek ini memang tak hanya berlaku untuk orang dewasa saja yang sudah memahami makna Imlek sesungguhnya. Anak-anak juga harus dilibatkan dalam perayaan tahun baru Imlek untuk mengenalkan budaya leluhur sejak dini, khusus.

Tentu anak-anak senang jika berkumpul dengan keluarga, makan bersama, dan tentunya mendapatkan angpao, meskipun belum memahami dengan baik makna Imlek yang sebenarnya. 

Moms juga bisa mendekatkan si kecil dengan Imlek melalui pakaian tradisional Tionghoa yang biasanya identik dengan warna merah. Balutan busana yang elegan ini akan membantunya menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap budaya leluhur.

Seiring dengan kemajuan zaman, pakaian tradisional Tionghoa mengalami modernisasi dari segi model, bahan, motif bahkan juga warnanya. Menjelang perayaan Imlek seperti ini, tentu Moms akan menjumpai berbagai jenis busana lucu yang cocok untuk buah hati.

Namun, karena selama hari Imlek ini si kecil akan beraktivitas seharian, maka kenyamanannya tetap saja harus diperhatikan. Oleh sebab itu, sebelum membelinya, kenali terlebih dahulu model-model baju Imlek yang bisa dipilih seperti berikut ini:

Cheongsam

Atau juga dikenal sebagai qipao. Versi busana untuk laki-laki bernama changsan. Model baju satu ini pasti sering Moms lihat khususnya saat perayaan Imlek. Pakaian tradisional ini memiliki bentuk memeluk tubuh ini awalnya hanya digunakan oleh para sosialita dan kaum bangsawan saja.

Cheongsam biasanya merupakan one-piece dress atau busana terusan panjang dengan kerah tinggi. Kancing khas di sisi kanan atas serta belahan di sisi kanan dan kiri menambah keanggunan busana ini. 

Saat ini, cheongsam sudah mengalami berbagai modernisasi dan bentuknya pun sudah berbagai ragam. Cheongsam modern kini tidak harus selalu panjang, ada pula model dress cheongsam selutut yang tidak akan menghalangi gerak si kecil. Model roknya pun beragam, mulai dari A line hingga mermaid. Cheongsam pun tidak melulu hadir dengan warna merah menyala. Moms bisa mendandani si kecil dengan warna pilihannya di Imlek kali ini.  

Pienfu

Model satu ini terdiri dari bagian atasan berkancing depan dan bawahan yang biasa digunakan untuk upacara-upacara adat. Atasannya berbentuk tunik panjang hingga lutut atau ada juga yang hingga menyentuh mata kaki. Tunik ini memiliki belahan pada bagian sampingnya hingga paha atau pinggul dan kadang pemakaiannya dibarengi dengan celana panjang. Kostum ini umumnya disertai dengan topi upacara berbentuk silinder yang disebut pien a.

Umumnya, pienfu didominasi oleh warna merah dengan ornamen berwarna emas. Namun, tak menutup kemungkinan jika Moms ingin memodifikasinya menjadi warna lain seperti kombinasi biru, putih, dan kuning. Moms juga bisa mengganti pien a dengan topi biasa yang lebih nyaman dikenakan atau hiasan rambut lucu untuk buah hati perempuan. Si kecil pasti akan sangat imut memakai pienfu di perayaan Imlek kali ini!

Changpao

Pakaian Imlek yang satu ini terdiri dari atasan model jubah panjang yang terbentang dari bahu hingga lutut. Untuk baju anak laki-laki, model ini  banyak dimodifikasi seperti sebuah mantel. Changpao dibuat dari kain sutra yang memiliki bordiran penuh pada bagian pinggirnya.

Namun, saat ini sudah banyak changpao khusus anak-anak yang hiasannya lebih sedikit sehingga tidak terasa berat dan gerah saat dipakai. Meskipun demikian, pakaian khas Imlek ini lebih cocok digunakan oleh anak yang sudah bisa berjalan atau minimal dapat berdiri tegak. Sebab, model baju yang panjang akan menyulitkan si kecil yang masih dalam tahap merangkak.

Moms juga bisa menambahkan beberapa aksesori lucu untuk memaksimalkan penampilan buah hati tersayang, misalnya saja jepit dan pita untuk anak perempuan. Sedangkan untuk sang jagoan kecil, pilihlah sepatu yang senada dengan warna pakaiannya.

Shenyi

Sebenarnya, shenyi merupakan variasi dari model pienfu yang berupa potongan baju panjang disertai rok atau celana panjang. Bedanya, shenyi tidak memiliki kancing pada bagian depannya. Busana Imlek ini sangat cocok untuk anak laki-laki jagoan kecil Moms.

Atasan shenyi sering dimodifikasi menjadi blus pendek sebatas pinggang.  Model ini memang lebih cocok untuk anak-anak karena bisa membuat mereka bebas bergerak dan tak akan merasa kegerahan. Apabila anak Moms tergolong anak yang aktif, Moms bisa memilih model busana ini untuk dipakai si kecil saat Imlek.

Hal terpenting yang harus diingat saat membeli baju Imlek untuk buah hati adalah memerhatikan kenyamanannya. Selucu apapun model busana yang Moms pilih, tak akan disukai si kecil jika membuatnya merasa gerah atau kesulitan bergerak.

Pilih baju berbahan katun yang lembut saat bersentuhan dengan kulitnya serta efektif dalam menyerap keringat. Selain itu, hindari memilih pakaian yang memiliki terlalu banyak kancing karena bisa membuat buah hati tidak nyaman saat ia berbaring.

Diantara model-model busana Imlek tersebut mana yang Moms pilih? Atau Moms juga menyerasikan pakaian Imlek Moms dengan si kecil? Yuk berbagi cerita di kolom komentar!

 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.