Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Resep | May 7, 2018

Yuk Dicoba! Ini 3 Makanan Sehat untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Bagikan


Puasa bukanlah halangan untuk tetap aktif melakukan berbagai kegiatan, namun ternyata banyak juga orang yang aktivitasnya terganggu karena merasa lemas dan mengantuk saat menjalankan ibadah ini.

Agar Moms tak mengalami hal tersebut, pastikan mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka puasa puasa sehingga kebutuhan nutrisi tercukupi dan tetap bertenaga sepanjang hari.

Pada dasarnya, ada 3 jenis makanan sehat yang wajib Moms santap saat sahur dan berbuka puasa puasa untuk menjaga stamina tubuh, yaitu :

1. Buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan makanan kaya serat yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mencegah sembelit dan membuat perut kenyang lebih lama saat Moms berpuasa.

Tak hanya itu, buah dan sayur juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga perlu Moms konsumsi secara rutin pada saat sahur dan berbuka puasa.

Akan tetapi, buah dan sayur bisa juga merugikan apabila Moms salah dalam mengolahnya. Misalnya, buah yang dijadikan menu minuman dengan campuran pemanis dan sirup tentu saja tak baik untuk kesehatan karena tinggi kandungan gula.

Selain itu, sayur yang direbus terlalu lama juga tak memberikan manfaat apapun karena zat-zat penting di dalamnya sudah hilang dan larut dalam air.

Baca Juga : 9 Tips Mempersiapkan Tubuh Agar Tak Kaget Saat Puasa

2. Nasi dan alternatif lainnya

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang wajib Moms konsumsi saat sahur dan berbuka puasa karena mampu menghasilkan tenaga yang dibutuhkan untuk beraktivitas selama berpuasa. Selain nasi, Moms juga bisa mendapatkan karbohidrat dari bahan makanan sehat lainnya, seperti jagung, umbi-umbian, beras merah, dan juga gandum.

Namun, ingatlah untuk tidak mengonsumsi nasi terlalu banyak saat sahur dan berbuka puasa karena karbohidrat akan mengalami proses pencernaan dan diubah menjadi gula yang tentunya tidak baik untuk tubuh bila jumlahnya berlebih.

Imbangi asupan karbohidrat dengan makanan sehat lainnya, misalnya saja sayur, buah, dan juga berbagai sumber protein nabati maupun hewani.

3. Daging dan alternatif lainnya

Protein dan lemak merupakan 2 zat penting yang dibutuhkan tubuh untuk untuk menjaga stamina, terutama saat berpuasa. Saat sahur dan berbuka puasa, setidaknya harus ada 1 jenis makanan sehat yang terbuat dari sumber protein seperti daging, ayam, ikan, udang, cumi, ataupun kerang.

Agar sumber protein ini tak menyumbangkan lemak jahat ke dalam tubuh, hindari memasaknya dengan digoreng dan pilihlah metode lain yang lebih sehat, seperti direbus, dikukus, atau dipanggang. Selain lebih bersahabat dengan tubuh, metode memasak tersebut dijamin membuat rasa makanan menjadi lebih lezat.

Mulai hari ini, pastikan ketiga jenis makanan sehat tersebut selalu tersaji di meja makan pada saat sahur dan berbuka puasa.

Dengan demikian, kebutuhan gizi dan energi tubuh akan tercukupi sehingga Moms dan keluarga tercinta dapat menjalani ibadah puasa dengan nyaman tanpa perlu meninggalkan berbagai aktivitas sehari-hari.

(BILNA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.