Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




ASI & MPASI | Mar 27, 2018

Yuk Kenali Kiat Sukses Menyusui Di Tempat Umum

Bagikan


 

 

Apakah menyusui di tempat umum membuat Moms menjadi gugup, terintimidasi, dan tidak percaya diri?

Jika iya, Moms tidak perlu khawatir, karena Moms tidak sendirian. Kebanyakan wanita harus menghadapi ketakutan dan kecemasan akan pendapat orang lain tentang menyusui di tempat umum.

Padahal, menyusui merupakan hal yang penting untuk ibu dan bayi. Menyusui adalah salah satu hubungan paling alami antara seorang ibu dan anak.

Tak hanya dapat membangun hubungan yang lebih erat antara ibu dan anak, menyusui juga dapat memberikan nutrisi terpenting dan tersehat bagi anak di usia awalnya. Hal ini membuat menyusui menjadi hal yang penting dan sangat disarankan.

Namun, jadwal menyusui seringkali tidak terprediksi dan lebih sering dibandingkan jadwal makan orang dewasa. Hal ini membuat seorang ibu kadang dituntut untuk menyusui sang anak di tempat umum.

Memang kebanyakan ibu yang telah berpengalaman merasa nyaman untuk menyusui di tempat umum. Namun adapula yang bukan salah satu di antara mereka dan merasa cemas untuk menyusui di tempat umum.

Kemungkinan salah satu sumber kecemasan para ibu baru ini adalah ditegur oleh orang atau menunjukkan kulit berlebihan. Tenang saja, berikut beberapa kunci agar sukses menyusui di tempat umum.

 

Praktik di Depan Kaca

Jika Moms khawatir nantinya bagian kulit tubuh akan terlihat orang saat menyusui, maka praktik di depan kaca akan membuat Moms dapat menghindari masalah ini.

Penutup khusus atau nursing cover yang ditunjukan untuk ibu menyusui dapat menutup daerah payudara dan perut dengan lebih efisien. Moms dapat memperagakan menyusui di depan kaca dengan berganti-ganti pakaian hingga menemukan baju yang nyaman. Practice makes perfect.

 

Pilih Tempat yang Tepat

Ada 2 kriteria dalam mencari tempat ideal untuk menyusui, yaitu tempat duduk yang nyaman untuk menopang tubuh dan tempat yang tak begitu terlihat oleh orang banyak.

Misalnya saja di dalam restoran, Moms dapat memilih tempat yang tak menjadi pusat perhatian seperti di pojok ruangan atau menghadap dinding. Di dalam pusat perbelanjaan, Moms dapat menggunakan tempat ganti popok atau ruangan khusus ibu menyusui.

Bisa juga saat berada di taman, Moms dapat memilih duduk di bawah pohon karena selain teduh juga terhindar dari pandangan orang. Meski terkadang Moms merasa ribet, Moms harus ingat menyusui dan memberikan asupan nutrisi pada anak adalah prioritas utama.

 

Gunakan Gendongan Depan

Dengan sedikit praktik, Moms dapat menyusui si kecil dengan menggendongnya dalam gendongan bayi. Gendongan depan atau yang berjenis baby wrap juga dapat digunakan untuk menutupi dada. Tak hanya dapat menutupi bagian tubuh, Moms juga dapat berjalan sembari menyusui.

 

Pilih Bra yang Khusus

Jangan sepelekan hal ini, saat anak menyusui ia memerlukan akses menyusui yang pas agar mudah mengonsumsi ASI. Moms wajib mengenakan bra yang dirancang khusus untuk ibu menyusui. Biasanya bra tersebut memiliki pengait pada bagian depan yang dapat dengan mudah dilepas sehingga akses menyusui dapat terbuka lebar.

 

Pakaian yang Nyaman

Moms dapat membeli atau menjahit baju ibu menyusui yang memiliki bukaan tersembunyi sehingga kegiatan menyusui lebih mudah. Hal paling mudah, Moms juga dapat menggunakan kemeja dengan kancing depan untuk menyusui.

Namun, ada beberapa bayi yang merasa risih saat wajahnya tertutup oleh kain, hal ini membuat Moms tak bisa memakai sembarang pakaian. Oleh karena itu, Moms sebaiknya menggunakan pakaian yang dirancang khusus untuk ibu menyusui sehingga Moms dapat melakukan kegiatan menyusui dengan nyaman.

  

 

Artikel ini adalah hasil kerjasama Orami Indonesia dan HIJUP. Cek artikel aslinya di sini.

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.