Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Pasca Melahirkan | Dec 24, 2018

Yuk Ketahui Bagaimana Pola Makan yang Tepat untuk Ibu Menyusui

Bagikan


Saat menyusui, Moms tentu harus memperhatikan dan menjaga pola makan menjadi lebih sehat. Sebab, manfaatnya tak hanya untuk Moms saja, tapi juga bayi.

Prinsip utama pola makan selama menyusui adalah makan bahan makanan yang sehat dengan gizi seimbang, karena pada dasarnya tidak ada pola makan khusus yang harus dijalani selama menyusui.

Namun Moms harus ingat, selama menyusui diharapkan dapat menambah asupan energi sebesar 500 kkal di luar kebutuhan energi dasar Moms.

Baca Juga : Tips Sehat untuk Ibu Menyusui yang Sering Begadang Saat Bayi Baru Lahir

Untuk memilih menu makanan Moms sehari-hari, gunakan selalu prinsip pola makan yang tepat dalam pemilihan sumber bahan makanan yang akan dikonsumsi.

Berikut merupakan contoh bahan makanan yang baik untuk Moms konsumsi selama periode menyusui :

Konsumsi Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Buat prioritas untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, terutama buah dan sayur yang berwarna merah, hijau tua, dan ungu (bit, kale, paprika, pepaya, anggur) karena kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan.

Pilih Protein Berkualitas

Pilih protein berkualitas seperti daging rendah lemak, ikan, telur, serta kacang-kacangan.

Moms juga dapat memasukkan biji-bijian seperti gandum, biji selasih, chia seed, flaxseed, ataupun quinoa sebagai sumber serat dan protein dalam menu Moms sehari-hari.

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini 6 Makanan Yang Harus Dijauhi Oleh Ibu Menyusui

Pilihlah Karbohidrat yang Mengandung Biji Gandum Utuh

Jika harus mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti sereal, roti atau pasta, pilihlah yang mengandung biji gandum utuh (whole grain) untuk menambah asupan serat.

Susu Rendah Lemak

Konsumsi produk susu yang rendah lemak dan gula, serta asupan kecil lemak tak jenuh dari berbagai jenis minyak sayur bagi tubuh Moms.

Selalu ingat untuk makan dengan porsi secukupnya dalam interval waktu yang tetap, yakni sarapan atau makan pagi, makan siang, makan malam, serta makanan selingan.

Untuk makanan selingan, buat prioritas untuk mengkonsumsi buah atau kacang-kacangan. Hindari makanan yang mengandung gula dan lemak tinggi seperti kue, coklat, atau minuman manis.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah kebutuhan akan cairan. Pastikan tubuh Moms cukup akan cairan, dengan cara minum air putih sebagai sumber cairan utama.

Oleh: dr. Meutia Ayuputeri, MRes, IBCLC

Sumber: Kejora Indonesia

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.