Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Sekolah Anak | Feb 24, 2018

Yuk, Tiru Cara Bijak Guru Mendisiplinkan Anak

Bagikan


    

Setiap orangtua tentu memiliki cara yang berbeda-beda dalam mendisiplinkan anak. Ada orangtua yang cukup longgar pada anaknya, tapi ada juga yang sangat ketat menanamkan rasa disiplin.

Psst, ternyata Moms tak hanya bisa belajar dari orangtua lain lho dalam mendisiplinkan anak. Ada sosok lain yang bisa menjadi acuan Moms, yaitu para guru sekolah yang bijak dan sudah berpengalaman menghadapi ratusan anak seumur hidupnya.

Penasaran seperti apa trik menanam kedisiplinan para guru yang bisa Moms contek? Langsung saja simak berbagai caranya berikut ini.

 

1. Menjadi contoh dan panutan bagi anak

Belajarlah dari guru-guru yang selalu tiba di sekolah dan memulai pelajaran tepat waktu. Anak akan meniru kebiasaan tepat waktu dan menganggap terlambat adalah hal yang patut dihindari. Para guru juga biasanya memberi kesempatan anak untuk mengacungkan jari dan bertanya atau berbicara, maka anak pun akan merasa didengarkan.

Maka, Moms juga sebaiknya selalu memberi kesempatan anak bertanya, berbicara, atau bercerita. Jika orangtua selalu tampak sibuk dan enggan mendengarkan celotehannya, anak cenderung mencari perhatian dengan cara berteriak atau berbuat onar.  

  

2 Memberikan dukungan positif

Pahamilah bahwa disiplin tidak sama dengan menghukum anak. Disiplin justru berarti memandu anak untuk bertingkah laku dengan rasa tanggung jawab. Cara terbaik menanamkan tingkah laku tersebut adalah dengan dukungan positif, misalnya lewat pujian. Guru yang bijak akan memuji muridnya dengan tulus jika ia berperilaku baik atau nilainya memuaskan.

Pujian at perilaku baiknya atau nilainya memuaskan akan mendorong anak untuk mengulangi perbuatan baiknya tersebut. Namun, jika Moms terlalu fokus menghukum setiap kesalahannya, anak justru jadi kecil hati dan cenderung mengulangi kesalahannya.

  

3 Memberi perintah dan arahan yang jelas

Anak akan lebih mudah mengikuti dan mematuhi guru yang memberi perintah dengan jelas. Misalnya, guru akan memberi instruksi pada murid-muridnya untuk membaca dan meringkas dari halaman tertentu, mempelajarinya di rumah, dan akan ada ujian dari bahan tersebut minggu depan. Anak pun jadi tahu pentingnya membaca dan meringkas materi tersebut saat ini.

Moms juga mencontoh hal tersebut dengan bisa memberi perintah yang tegas. Misalnya, “Ayo tidur, Nak. Matikan komputernya sekarang, lalu masuk kamar. Ini sudah larut malam dan besok kamu harus bangun jam 6.” Perintah tersebut tentu lebih jelas daripada teguran seperti, “Nak, mau tidur jam berapa? Ini sudah malam, lho.”

  

Dengan mendidik seperti halnya guru-guru bijak di sekolah, Moms bisa menanamkan kedisiplinan. Trik-trik tersebut ampuh bahkan bagi anak nakal sekalipun. Adakah cara lain yang Moms lakukan untuk mendisiplinkan anak?

 

(IA)  

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.