Baby Name Finder

Baby Name Finder

Yuk, cari inspirasi atau arti nama
untuk Si Kecilnya Mom dan Dad

placeholder

Laki - laki

placeholder

Perempuan

placeholder

Unisex

Cara Menggunakan Baby Name Finder

  • Pada fitur ini, Moms bisa mencari rekomendasi nama Si Kecil berdasarkan Preferensi. Begini caranya:

    1. Tentukan dahulu “Jenis Kelamin”, laki-laki atau perempuan.
    2. Jika Moms ingin mencari rekomendasi nama berdasarkan preferensi tertentu, sentuh opsi di bawah tulisan “Preferensi” lalu pilih tema apa yang hendak dijadikan inspirasi.
    3. Moms bisa juga memilih “Asal” atau “Bulan Lahir”. Tetapi, hanya dapat memilih satu preferensi saja dari tiga sub-preferensi yang tersedia. Misalnya, tema “Bunga” atau asal “Inggris”.
    4. Pilih “Terapkan”.
    5. Moms dapat memilih “Awalan Huruf” jika menghendaki huruf tertentu. Misalnya, nama dari tema Asal Inggris dengan Awalan Huruf L. Jika tidak, pilih “Semua Awalan Huruf”.
    6. Klik “Cari Inspirasi Nama”.
    7. Akan muncul daftar nama sesuai kriteria yang telah dipilih. Sentuh salah satu nama untuk melihat arti nama tersebut. Misalnya, nama Lane yang artinya “dari padang panjang”.
    8. Moms dapat membagikan nama lewat opsi “Bagikan Nama”.

  • Pada fitur ini, Moms bisa mencari rekomendasi nama Si Kecil berdasarkan Arti Nama. Begini caranya:

    1. Bila ingin mencari rekomendasi dari Arti Nama, klik bulatan “Cari Arti Nama” lalu tuliskan makna yang diinginkan. Misalnya, “gembira”.
    2. Klik tombol “Cari Arti atau Nama”.
    3. Akan muncul daftar nama yang memiliki arti “gembira”. Klik nama yang diinginkan untuk mengetahui maknanya. Misalnya, Edward yang artinya “penjaga yang gembira; pelindung kekayaan”.
    4. Sementara, bila ingin mencari rekomendasi dari Nama, klik bulatan “Cari Nama dari Kata” lalu tuliskan nama yang hendak dicari. Misalnya, nama “Ella”.
    5. Klik tombol “Cari Arti atau Nama”.
    6. Akan muncul daftar nama yang mengandung kata “Ella”. Klik salah satu nama untuk mengetahui maknanya. Misalnya, Della yang artinya “terang; wanita dari Pulau Delos; tingkah laku yang anggun”.
    7. Moms dapat membagikan nama lewat opsi “Bagikan Nama”.

  • Pada fitur ini, Moms bisa mencari rekomendasi nama Si Kecil berdasarkan Nama. Begini caranya:

    1. Bila ingin mencari rekomendasi dari Nama, pilih fitur Berdasarkan Arti/Nama.
    2. Klik bulatan “Cari Nama dari Kata” lalu tuliskan nama yang hendak dicari. Misalnya, nama “Ella”.
    3. Klik tombol “Cari Arti atau Nama”.
    4. Akan muncul daftar nama yang mengandung kata “Ella”. Klik salah satu nama untuk mengetahui maknanya. Misalnya, Della yang artinya “terang; wanita dari Pulau Delos; tingkah laku yang anggun”.
    5. Moms dapat membagikan nama lewat opsi “Bagikan Nama”.

Tips dan Trik Mencari Nama

  • Selipkan Kata Doa dan Harapan
    Selipkan kata yang berarti doa atau harapan untuk nama Si Kecil. Karena hal ini yang akan selalu menyemangati Si Kecil untuk selalu mencerminkan doa dan harapan untuk orang tuanya hingga kelak ia dewasa.
  • Mudah Diucapkan
    Pertimbangkan memberikan nama yang sebaiknya mudah diucapkan. Selain itu, jangan sampai nama Si Kecil menjadi bahan olokan atau mengandung makna ambigu bila salah dibaca.
  • Mudah Ditulis
    Selain mudah diucapkan, nama Si Kecil juga harus mudah ditulis. Tak jarang ejaan nama yang salah bisa bermasalah. Hal ini bisa berakibat fatal, terutama bila berkaitan dengan hal yang berhubungan birokrasi atau hukum.
  • Berikan Nama Sesuai Waktu Lahir
    Ini merupakan tips yang banyak dilakukan orang tua. Moms bisa mengambilnya dari nama hari atau bulan lahir Si Kecil, atau berikan nama sesuai dengan momen yang terjadi pada saat itu.
  • Memberi Nama Seperti Sosok Idola
    Jika Moms atau Dads punya sosok yang sangat diidolakan dan menjadi inspirasi, nama idola ini bisa menjadi pilihan untuk nama Si Kecil.

  • Berikan Arti yang Lebih Personal
    Nama tengah bisa menjadi bentuk penghormatan seseorang, karena nama ini jarang digunakan. Namun, Moms juga bisa menyisipkan kata unik di antara nama belakang dan nama depan Si Kecil untuk memberikan makna lebih personal.
  • Perhatikan Alurnya
    Pemberian nama tengah Si Kecil harus senada dan cocok jika digabungkan dengan nama belakang dan nama depan. Hindari nama tengah dengan akhiran huruf konsonan, karena terdengar kurang enak. Sebaiknya, pilih nama tengah dengan huruf akhir vokal.
  • Pilih Nama Populer yang Sering Digunakan
    Moms juga bisa mencoba inspirasi nama tengah yang populer. Contoh: Rose, Jane, Hope, dan Grace untuk anak perempuan, atau Aliando, Adhitama, Evano, Mahendra, Kenzo, atau Randi.

  • Gunakan Nama Belakang Paling Populer
    Moms bisa memilih nama belakang yang paling sering digunakan. Misalnya, pilih nama yang terkesan menarik dan keren untuk Si Kecil.
  • Memilih Antara Nama Belakang Orang Tua
    Jika Moms dan Dads punya nama belakang sama, maka tidak akan jadi masalah. Namun, jika nama belakang keduanya berbeda, bicarakan berdua terlebih dahulu dan lihat kelebihan dan kekurangannya, sebelum diputuskan nama siapa yang akan digunakan.
  • Membuat Nama Keluarga yang Baru
    Moms juga bisa membuat nama belakang baru yang menggabungkan nama Moms dan Dads. Hal ini bisa memberikan nuansa yang baru bagi keluarga.
  • Menggunakan Nama Belakang yang Berbeda
    Tips lain adalah memberikan nama belakang yang berbeda untuk Si Kecil. Misalnya anak pertama menggunakan nama belakang ibu, dan anak kedua menggunakan nama belakang ayah.
  • Menggunakan Semua Nama Belakang Orang Tua
    Ingin menggunakan dua nama sekaligus? Tak masalah! Moms dan Dads bisa menggabungkan nama belakang dan berikan kepada Si Kecil.

  • Ditulis dengan Tanda Penghubung
    Salah satu cara menggabungkan nama bisa dengan tanda penghubung. Pilih nama-nama yang diinginkan untuk digabungkan. Contoh: Robyn-Ava atau John-David.
  • Gabungkan Dua Nama atau Lebih untuk Jadi Nama Unik
    Cocok bila Moms ingin nama yang unik. Caranya, pilih beberapa nama yang disuka, dan gabungkan menjadi nama baru yang unik. Contoh: Audrey dan Melissa menjadi Aulissa atau Melrey. Samantha dan Isabella bisa menjadi Anthabella.
  • Menggunakan Prefiks
    Moms bisa menggunakan nama yang relatif sederhana atau umum, dan tambahkan awalan atau prefiks seperti De-, Ke-, La-, Le-, atau Ra- ke dalamnya. Contoh: Anna menjadi Deanna, Dina menjadi Radina.
  • Menggabungkan Nama Orang Tua
    Menggabungkan nama Moms dan Dads juga bisa dicoba, lho! Moms juga bisa mengombinasikan nama dari kakek atau nenek. Caranya, gunakan nama depan atau belakang untuk membuat nama baru. Contoh: Silvia dan Mario menjadi Malvia, Daniel dan Jessica menjadi Danica.
  • Pilih Sebuah Objek
    Moms mungkin mendapatkan inspirasi untuk nama Si Kecil yang unik hanya dengan melihat-lihat objek di rumah. Perhatikan benda-benda di setiap ruangan dan lihat apakah ada sesuatu yang menarik. Nama-nama warna bisa menjadi inspirasi.

  • Perhatikan Waktu yang Tepat untuk Memberi Nama Bayi
    Waktu terbaik untuk memberikan nama anak ada tiga, yaitu di hari kelahiran, hari ketiga, dan hari ketujuh setelah kelahiran. Ini adalah sunnah dan Moms dapat mengikuti ajaran Rasulullah SAW.
  • Memberi Nama Anak dengan Nama yang Baik
    Karena nama adalah doa dan harapan untuk Si Kecil. Jadi, Moms dapat memberi nama Si Kecil yang bagus. Bisa diambil dari nama para Nabi atau Asmaul Husna (nama Allah SWT).
  • Jangan Gunakan Nama Mengandung Arti Buruk
    Hindari memilih nama berdasarkan nama para dewa, matahari, berhala dan nama yang memuja sesuatu. Selain itu, makruh hukumnya memberikan nama anak yang artinya buruk dan berdampak pada kehidupan di dunia dan akhirat.
  • Menggunakan Nama Nabi atau Rasul
    Berikan nama-nama nabi atau rasul untuk anak mengandung arti yang baik. Misalnya seperti Abdul Aziz, Aziz, Abdurrahim, Abdul Malik, Abdullah, Abdussalam dan lain sebagainya.
  • Jangan Gunakan Nama Mengandung Arti Buruk
    Dalam memilih nama Si Kecil, pastikan arti dan tujuan yang baik menurut Islam. Hindari penggunaan nama yang mengandung arti.

Artikel Terkait

Inspirasi Nama Bayi

Floria Zulvi • 27 Jul 21
0 komentar0
29+ Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Jawa dan Perempuan Jawa, Ada Mahesa dan Gayatri, Keren!

Inspirasi Nama Bayi

Floria Zulvi • 26 Jul 21
0 komentar0
23 Nama Bayi Lahir di Bulan Ramadhan Beserta Artinya dan Bulan Islam yang Lain

Inspirasi Nama Bayi

Dresyamaya Fiona • 19 Jul 21
0 komentar0
15 Ide Nama Bayi Perempuan Huruf R dari Berbagai Bahasa!

Inspirasi Nama Bayi

Dresyamaya Fiona • 17 Jul 21
0 komentar0
15 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Huruf S dan Artinya yang Indah

Inspirasi Nama Bayi

Defara Millenia • 16 Jul 21
0 komentar0
20 Nama Anak Perempuan Cina dengan Arti yang Indah