WEEKLY PREGNANCY STAGE
TRIMESTER 2

WEEK :

13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23
WEEK 13

PERKEMBANGAN JANIN

Pada minggu ke-13, janin memiliki panjang dari kepala ke bokong sekitar 65 - 78 mm dan beratnya antara 13 - 20 gr. Pada saat ini, plasenta sudah berkembang sempurna dan memberikan oksigen, nutrisi, serta membuang produk sisa janin. Janin juga sudah dapat memasukan ibu jarinya kedalam mulut meskipun refleks menghisapnya belum sempurna. Usus janin sudah berada di dalam rongga perutnya saat ini.
Salah satu hal unik yang terjadi di minggu ini adalah pembentukan sidik jari sebagai indentitas janin nantinya. Selain itu, jika janin berjenis kelamin perempuan, ia sekarang mempunyai hampir 2 juta telur dalam indung telurnya.

TUBUH ANDA

Letih dan mual yang kerap terjadi mulai mereda. Anda pun merasa lebih berenergi. Garis gelap memanjang di sekitar perut atau linea pun mulai terlihat jelas. Begitu pula bagian belakang leher Anda akan menghitam akibat lonjakan hormon. Tetapi tenang saja, begitu Si Kecil lahir, warnanya akan kembali normal. Beberapa ibu hamil mulai merasakan peningkatan libido tinggi di minggu ini. Payudara Anda sudah mulai membentuk kolostrum, cairan kaya nutrisi untuk Si Kecil. Anda memerlukan tambahan 300 kalori (setara dengan 1 potong brownies) setiap harinya. Namun bukan berarti Anda bebas makan apa saja. Hindari junk food dan makanan manis agar kenaikan berat badan Anda tak berlebih.

TIPS: BEKERJA SAAT KEHAMILAN

Ibu hamil tetap dapat bekerja namun aktivitas yang dijalani sebaiknya tidak terlalu berat seperti menguras fisik atau mengangkat beban berat. Jika Anda tengah bekerja, berhentikan jika mulai merasa lelah, mengalami pusing, atau sulit bernapas. Pekerjaan yang membutuhkan aktivitas fisik berat, berdiri dalam jangka waktu lama, pekerjaan dalam industri mesin, atau pekerjaan yang memiliki efek samping lingkungan (contoh: limbah) sebaiknya dihindari.

WEEK 14

PERKEMBANGAN JANIN

Panjang janin dari kepala ke bokong saat ini berkisar 80-93 mm dengan perkiraan berat badan 25-45 gram. Ia sudah mulai belajar membuat ekspresi, seperti menyipit, mengernyit, dan menyeringai. Hal ini terjadi berkat impuls atau rangsangan dari otaknya. Hati janin akan mulai membentuk cairan empedu, pankreas mulai menghasilkan insulin, dan limpa janin sudah membantu menghasilkan sel darah merah. Leher janin akan bertambah panjang dan membantu kepala janin untuk berposisi lebih tegak. Lengan janin akan tumbuh dengan ukuran proposional sesuai panjang badannya. Lanugo yang berfungsi menjaga temperatur tubuh janin untuk menggantikan peran lemak tubuh sementara akan menghilang menjelang kelahiran. Denyut jantung bayi mulai berdetak kuat hampir dua kali lebih cepat dari Anda.

TUBUH ANDA

Pada trimester ini, risiko keguguran sudah berkurang dan peningkatan berat badan sudah mulai terjadi. Rahim Anda sudah berada sedikit di atas tulang pubis atau sekitar 10 cm di bawah pusar dan mulai terlihat besar dari luar. Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mengetahui jenis kelamin Si Kecil lewat pemeriksaan USG. Pada beberapa ibu hamil terjadi retensi atau peningkatan kadar cairan di mata yang menyebabkan penebalan kornea, sehingga pAndagan Anda jadi sedikit kabur. Kondisi ini hanya terjadi selama kehamilan dan akan kembali normal ketika Si Kecil sudah dilahirkan.
Salah satu efek samping dari pertumbuhan rahim adalah nyeri ligamen di bawah perut. Hal ini disebabkan karena rahim ditunjang oleh pita ligamen tebal yang berada dari selangkangan hingga perut. Ketika rahim membesar karena kehamilan, ligamen penunjang tersebut meregang dan menipis guna menjaga pembesaran rahim. Nyeri ini umum terjadi bila anda mengubah posisi secara tiba-tiba, berdiri dari posisi duduk atau berbaring, dan ketika batuk. Cara terbaik mengatasinya adalah berbaring dalam posisi nyaman dengan kaki diangkat lebih tinggi.

TIPS: KELAS PRE-NATAL

Sekarang adalah waktu yang tepat jika Anda ingin berolahraga. Pilihlah kelas yang khusus untuk ibu hamil atau pre-natal, seperti yoga atau pilates. Tak hanya Anda akan merasa lebih bertenaga dan siap menghadapi persalinan , lewat kelas ini Anda juga akan bertemu dengan banyak ibu hamil lain sehingga, Anda bisa saling bertukar cerita atau memberi dukungan satu sama lain.

WEEK 15

PERKEMBANGAN JANIN

Panjang kepala sampai bokong janin saat ini berkisar 9 - 10,3 cm dengan berat badan janin sekitar 50 gr. Pada minggu ini, janin banyak berlatih untuk bernapas, menghisap, dan menelan. Biasanya bayi akan mencoba untuk memindahkan cairan amnion (ketuban) lewat hidung dan saluran pernapasan atas untuk membantu kantung udara primitif di dalam paru-parunya berkembang. Kaki janin sekarang sudah tumbuh lebih panjang dari lengan. Meskipun kelopak matanya masih tertutup, janin sudah dapat merasakan sensasi cahaya. Ia juga sudah mendengar suara Anda dan denyut jantung Anda, Apabila Anda menyinari perut dengan senter, maka janin akan memberikan respons

TUBUH ANDA

Salah satu hal yang sering terjadi selama kehamilan adalah mimisan. Hal ini disebabkan oleh peningkatan aliran darah ke hidung. Minggu ini merupakan saat yang tepat untuk mempererat ikatan antara Anda dan janin. Mulailah berbicara dengan Si janin, seperti membacakan dongeng cerita atau memperdengarkan musik.
Saat ini, jantung Anda mulai meningkatkan aliran darah sebanyak 20% untuk menambah suplai oksigen ke janin. Jumlah ini akan terus meningkat sampai mencapai 30-50% di akhir kehamilan. Apabila tekanan darah Anda meningkat selama kehamilan, segeralah berkonsultasi dengan dokter karena merupakan pertanda dari pre-eklampsia yang bisa berbahaya bagi Anda dan janin.

TIPS: BERBICARA DENGAN JANIN

Ini merupakan aktivitas yang tepat untuk memulai ikatan atau bonding Anda dengan janin. Jika berbicara pada janin membuat Anda tak nyaman karena terdengar aneh, cobalah aktivitas lain, seperti membacakann buku, majalah, atau koran. Anda juga bisa menceritakan rahasia atau keinginan terdalam Anda padanya. Kegiatan ini juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengembangkan kemampuan bahasa Si Kecil kelak.

WEEK 16

PERKEMBANGAN JANIN

Panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini adala 10,6 - 12 cm dan berat badan janin berkisar antara 80 - 110 gram. Kepala janin sudah berada pada posisi lebih tegak sekarang. Janin juga sudah hampir sempurna dengan pertumbuhan bulu mata dan alis. Namun, ia masih terlihat kurus karena belum banyak lemak di tubuhnya. Kulit janin masih tipis sampai pembuluh darah di baliknya terlihat. Produk sisa dari pencernaan dan cairan amnion, atau yang disebut mekonium, sudah mulai terakumulasi di usus. Ia juga akan mengosongkan kandung kemihnya setiap 40 -45 menit. Gerakan janin juga semakin aktif, mulai menghisap ibu jarinya, menguap, merenggangkan tubuhnya, sudah mampu menelan, dan cegukan.

TUBUH ANDA

Beberapa ibu hamil merasakan adanya quickening atau pergerakan janin antara minggu ke 16 - 20. Waktu ini berbeda pada tiap ibu hamil. Apabila ini adalah kehamilan pertama, maka Anda harus lebih bersabar karena umumnya pergerakan janin baru terasa pada minggu ke-20. Gerakan janin pertama dirasakan seperti perasaan terdapatnya kupu-kupu di dalam perut atau sebagai 'gelembung gas' atau 'denyut'.
Cairan tubuh yang meningkat, membuat kulit Anda lebih lembut dan bersih. Inilah yang menjadi salah satu alasan munculnya sebutan glowing mama bagi para ibu hamil. Nafsu makan ibu akan mulai meningkat trimester ini, Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya mengikatkan frekuensi makan dengan porsi kecil. Pilihlah makanan bergizi, agar kebutuhan nutrisi janin dan Anda terpenuhi.

TIPS: MAKANAN SEHAT SAAT HAMIL

Peningkatan berat badan trimester ini diharapkan berkisar antara 6 - 7 kg (dari total 12 - 18 kg) bila berat badan Anda sebelumnya normal. Dokter akan menyarankan untuk menambah berat badan lebih kecil bila sebelumnya Anda tergolong overweight, dan menambah berat badan lebih banyak bila sebelumnya Anda termasuk kategori underweight atau tengah mengandung bayi kembar.

Contoh makanan yang sehat bagi ibu hamil :

• Mulailah hari dengan sarapan yang bergizi yang mengandung protein yang cukup, kabohidrat kompleks, serat, dan sedikit lemak.
• Makan sayuran, produk gandum, daging, produk susu rendah lemak, dan hindari makanan kalengan serta makanan yang mengandung banyak gula.
• Sediakan snack sehat seperti biskuit, buah segar, yoghurt, keju rendah lemak.
• Hindari junk food.
• Ganti masakan yang berlemak, seperti yogurt rendah lemak sebagai pengganti es krim, dan konsumsi produk susu rendah lemak sebagai sumber kalsium.
• Berolahragalah teratur, seperti jalan pagi.

WEEK 17

PERKEMBANGAN JANIN

Panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini adalah 11 - 13 cm dan berat badan janin berkisar 110 - 140 gr. Tulang janin berubah dari cartilage (tulang rawan) menjadi tulang keras. Tali pusar yang menyambung ke plasenta semakin menguat dan menebal. Plasenta sendiri mengandung ribuan pembuluh darah yang menjamin suplai nutrisi dan oksigen untuk janin. Selubung mielin untuk melindungi serabut saraf mulai terbentuk. Rambut mulai tumbuh di kepala bayi dan rambut-rambut halus meliputi bahu dan punggung. Kulit bayi berkembang dan masih transparan, terlihat merah sebab pembuluh darah masih terlihat jelas. Tubuh janin mulai membentuk brown fat yang akan berakumulasi sampai akhir kehamilan. Lemak ini akan menjaga kehangatan tubuh bayi setelah dilahirkan.

TUBUH ANDA

Rahim Anda berada 3,8 - 5 cm di bawah pusar. Seiring dengan perut yang bertambah besar, pusat gravitasi Anda pun berubah. Anda mungkin akan merasakan ketidakseimbangan ketika berdiri. Sebaiknya berhati-hatilah supaya Anda tidak jatuh, Pilihlah sepatu hak rendah atau hak datar untuk mengurangi risiko jatuh. Beberapa ibu hamil juga merasakan ketidaknyamanan di mata, kerena cepat terasa kering. Jika anda menggunakan lensa kontak, sebaiknya lepaskan dulu dan gantilah dengan kacamata. Anda juga bisa menggunakan obat tetes mata untuk meringankan ketidaknyamanan pada mata ini.
Selain itu, Anda juga mungkin merasakan beberapa perubahan di payudara, seperti ukurannya mulai membesar, puting membesar, areola menghitam, dan terlihat gambaran vena di payudara. Perubahan ini merupakan persiapan untuk fase menyusui. Hormon akan mempersiapkan produksi susu, sehingga lebih banyak darah mengalir ke payudara. bintikk hitam atau biasa disebut kloasma terkadang muncul di wajah, umumnya di dahi, hidung, dan pipi. Hal tersebut terjadi karena perubahan hormonal. Setelah melahirkan nanti, bintikkk hitam tersebut akan menghilang.

TIPS: CEGAH STRETCH MARK

Stretch mark akan muncul pada 90% kehamilan. Biasanya stretch mark muncul pada perut, paha, dan beberapa bagian lipatan tubuh. Penyebab munculnya strech mark salah satunya dipengaruhi oleh genetik atau keturunan.


Ada beberapa cara untuk mencegahnya :


• Jaga berat badan Anda tetap stabil atau meningkat perlahan-lahan. Hindari peningkatan berat terlalu banyak dalam satu tahun untuk menghindari overstretching kulit.
• Berolahraga teratur, minum air cukup, dan konsumsi makanan sehat dan bergizi untuk menjaga elastisitas kulit.
• Oleskan body lotion di seluruh tubuh sejak awal kehamilan. Hal ini guna menambah kelembapan kulit Anda.

WEEK 18

PERKEMBANGAN JANIN

Panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini adalah 12,5 - 14 cm dan berat badan janin berkisar 120 - 150 gram. Karena organ janin hampir semuanya sempurna, maka perkembangan janin minggu ini akan lebih berkonsentrasi pada peningkatan berat badan. Pertumbuhan tulang di telinga tengah dan saraf pendengaran menjadikan janin dapat mendengar suara, seperti suara detak jantung dan aliran darah Anda. Ia juga sangat aktif menggerakkan tangan, menekuknya, bahkan mengangkat tangannya atau bergulung mencoba bersembunyi apabila mendengar suara yang keras. Dada janin mulai kembang kempis seolah-olah bernapas. Namun hal ini bukan karena ia menghirup udara, tetapi ia sedang menelan cairan amnion. Sistem saraf janin mencapai tahap maturasi atau pematangan saat ini. Suatu lapisan pelindung bernama mielin mulai menyelubungi lapisan saraf dan proses ini masih akan terus berlanjut sampai 1 tahun setelah bayi dilahirkan.
Bila janin Anda perempuan, maka uterus (rahim), tuba fallopi (saluran tuba), dan vagina sudah terbentuk dan berada di tempatnya. Apabila janin Anda laki-laki, maka kelenjar prostat mulai terbentuk dan alat kelaminnya sudah dapat diihat, meski terkadang suka tersembunyi saat pemeriksaan USG.

TUBUH ANDA

Peningkatan selera makan adalah hal umum yang dialami ibu hamil pada trimester ini. Pilihlah makanan yang kaya akan nutrisi dibandingkan makanan instan yang tidak bergizi (kentang goreng, permen, keripik kentang), karena penambahan berat badan lebih dari yang disarankan dapat mempersulit persalinan. Penambahan volume darah dapat menurunkan tekanan darah Anda. Jadi, berdiri tiba-tiba atau pergerakan cepat yang tiba-tiba dapat mengakibatkan pusing dan berkunang-kunang. Hal tersebut normal terjadi.

TIPS: KEPUTIHAN SAAT HAMIL

Selama kehamilan, meningkatnya cairan vagina atau keputihan adalah normal. Cairan ini biasanya putih atau kuning serta agak kental. Hindari penggunaan celana dalam berbahan nilon. Gunakan bahan katun serta jaga kebersihan vagina Anda. Infeksi terjadi apabila keputihan berwarna kuning atau hijau, berbau, gatal, dan panas. Jika Anda mengalami hal tersebut maka berkonsultasilah ke dokter.

WEEK 19

PERKEMBANGAN JANIN

Panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini adalah 13 - 15 cm dan berat badan janin berkisar 200 gr. Perkembangan sensorik janin semakin bertambah. Otaknya akan mulai mengembangkan area untuk penciuman, indera rasa, pendengaran, penglihatan, dan sensasi raba. Ia juga akan lebih banyak tidur, sekitar 20 jam sehari. Janin justru baru bangun ketika Anda berusaha untuk tidur
Tak hanya itu, lapisan menyerupai lilin yang menyelubungi tubuh janin disebut verniks kaseosa mulai terbentuk di seluruh kulit janin. Lapisan ini berwarna putih dan berminyak. Verniks berfungsi melindungi kulit janin dari cairan amnion. Tanpa verniks, kulit bayi akan terlihat keriput saat lahir.

TUBUH ANDA

Pada minggu ini, kaki Anda mungkin akan terlihat bengkak karena akumulasi dari air dan relaksasi ligamen di tubuh. Untuk mengatasi kaki bengkak ini, saat berbaring, posisikan kaki lebih tinggi dari dada. Hindari juga berdiri atau duduk terlalu lama. Pertumbuhan rahim yang semakin besar dapat menyebabkan punggung belakang Anda tertarik ke depan karena gravitasi. Ditambah dengan peregangan ligamen akibat hormon relaksin, maka keluhan nyeri punggung akan datang. Kurangi rasa nyeri punggung dengan menaikkan kaki lebih tinggi di kala istirahat, kompres air hangat, dan posisikan salah satu kaki di suatu pijakan rendah ketika berdiri.

TIPS: HUBUNGAN SEKSUAL SELAMA KEHAMILAN

Banyak ibu hamil khawatir berhubungan seksual akan menyakiti janin mereka. Jawabannya adalah tidak. Hubungan seksual aman di semua tahapan kehamilan. Namun keinginan berhubungan seksual berfluktuasi tergantung dari kecemasan, rasa lelah, pembesaran rahim, dan perubahan hormonal. Bicarakanlah secara terbuka dengan pasangan mengenai hal tersebut. Pada umumnya senggama diperbolehkan selama kehamilan asalkan dilakukan dengan hati-hati. Adanya kontraksi setelah berhubungan seksual juga umum dirasakan ibu hamil. Untuk wanita dengan riwayat kehamilan prematur, mengalami plasenta previa, atau keguguran berulang, dianjurkan untuk menghindari berhubungan seksual selama kehamilan. Ketika kandungan sudah besar, tidak dianjurkan melakukan hubungan seksual dengan posisi misionaris (pria di atas). Lebih aman melakukannya dengan posisi menyamping atau wanita di atas.

WEEK 20

PERKEMBANGAN JANIN

Janin Anda sudah berkembang sangat pesat saat ini. Panjangnya dari kepala sampai bokong saat ini adalah 14 – 16 cm dan berat badan janin berkisar 260 – 300 gr. Janin semakin banyak menelan minggu ini, latihan yang baik untuk saluran pencernaannya. Janin juga sudah memproduksi mekonium, cairan kental berwarna hitam hasil produk sisa pencernaan.
Selama 10 minggu ke depan janin akan sangat aktif bergerak. Pergerakan ini akan terus terjadi sampai ruangan menjadi terlalu sempit bagi janin untuk bergerak. Janin juga sudah memiliki pola tidur seperti layaknya bayi. Beberapa janin bahkan memiliki posisi tidur favorit dengan dagu menempel di dada, beberapa tidur dengan kepala mendongak (flung back).
Kulit janin saat ini sudah terdiri atas lapisan epidermis, dermis, dan lapisan subkutis. Pembuluh darah dan saraf terdapat juga di dalamnya. Lapisan dermis sendiri terdiri atas lapisan lemak. Kulit janin juga akan semakin menebal.

TUBUH ANDA

Selamat, Anda sudah melampaui separuh perjalanan kehamilan! Rahim Ibu sekarang berukuran tepat di posisi pusar. Apakah Anda merasakan perubahan pada kuku dan rambut? Tidakkah mereka tumbuh lebih cepat dari biasanya? Efek samping dari lonjakan hormon kehamilan lainnya adalah pertumbuhan kuku dan rambut yang lebih cepat. Rambut akan menjadi lebih tebal dan lebih sehat. Hal ini juga disebabkan oleh peningkatan sirkulasi darah yang membawa nutrisi bagi rambut dan kuku.
Dalam setiap kunjungan dokter, Anda akan diukur tekanan darahnya. Tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg sudah tergolong tinggi dan menjadi salah satu gejalanya pre-eklampsia.

TIPS: BERPERGIAN SELAMA KEHAMILAN

Hal-hal yang dianjurkan apabila ibu hamil hendak bepergian adalah :

• Hindari duduk dalam jangka waktu lama karena dapat menyebabkan peningkatan risiko bekuan darah dalam vena dan tromboflebitis selama kehamilan.
• Ibu hamil dapat mengendarai mobil maksimal 6 jam dalam sehari dan harus berhenti selama 2 jam lalu berjalan kaki selama 10 menit.
• Sabuk pengaman sebaiknya selalu dipakai, sabuk tersebut diletakkan dibawah perut ketika kehamilan sudah besar.
• Hindari penerbangan yang sangat tinggi dan jangka waktu lama (ke luar negeri) karena kadar oksigen lebih rendah di tempat yang lebih tinggi. Hal ini dapat meningkatkan detak jantung Anda dan janin sehingga janin dapat kekurangan oksigen.

WEEK 21

PERKEMBANGAN JANIN

Panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini sekitar 18- 20 cm dan berat badan janin sekitar 300 gr. Pertumbuhan dan perkembangan janin sudah mulai melambat minggu ini. Janin masih tetap bersemangat untuk menendang-nendang dan mencari posisi yang lebih nyaman. Beberapa janin sudah memposisikan dirinya dengan kepala di bawah pada akhir trimester ini, namun beberapa janin baru akan memiliki posisi kepala di bawah pada akhir kehamilan.
Proses menelan yang dilakukan janin saat ini akan membantu pertumbuhan dan perkembangan sistem pencernaannya berfungsi dengan baik setelah lahir. Usus bayi sudah cukup berkembang sehingga ia sudah mampu menyerap atau menelan gula dari cairan lalu dilanjutkan melalui sistem pencernaan menuju usus besar. Cairan ketuban yang ditelan oleh janin juga berperan dalam memberikan sejumlah kalori untuk kebutuhan nutrisi. Jenis lemak yang disebut dengan brown fat akan mulai terakumulasi di tubuh janin yang berfungsi menjaga kehangatan dan mengatur suhu tubuh janin.

TUBUH ANDA

Peningkatan produksi kelenjar minyak dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Karenanya, selalu bersihkan wajah Anda setelah bepergian. Jangan menggunakan obat antijerawat karena beberapa dari obat tersebut berbahaya bagi kehamilan. Bersabarlah karena jerawat ini akan hilang setelah persalinan. Selain itu, semakin besar kehamilan maka akan terjadi peningkatan tekanan di pembuluh darah vena kaki. Kadar progesteron yang tinggi juga dapat menyebabkan relaksasi pembuluh vena di kaki sehingga semakin memudahkan terjadinya varises.

TIPS: HINDARI VARISES

• Berolahragalah secara teratur.
• Naikan kaki Anda lebih tinggi ketika sedang beristirahat.
• Secara rutin istirahatkan kaki Anda apabila sudah berdiri dalam jangka waktu tertentu.
• Pakai sepatu atau sandal yang nyaman dan tidak memiliki hak.
• Kenakan pakaian yang tidak menghambat sirkulasi pada lutut atau paha.
• Jangan menyilangkan kaki Anda karena menggangu sirkulasi.

WEEK 22

PERKEMBANGAN JANIN

Panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini sekitar 19 - 22 cm dan berat badan janin sekitar 350 gram. Janin Anda sekarang seperti miniatur dari bayi cukup bulan. Bibir, kelopak mata, alis sudah terlihat lebih jelas. Matanya sudah terbentuk namun iris janin masih belum memiliki pigmen. Lanugo atau rambut halus melingkupi seluruh tubuhnya Janin saat ini juga sudah dapat merasakan sentuhan ringan.
Salah satu fungsi hati adalah pemecahan bilirubin. Hati janin saat ini memiliki kapasitas yang terbatas untuk mengubah bilirubin. Jika janin lahir prematur, maka kemungkinan ia akan memiliki bilirubin yang tinggi dan menyebabkan jaundice atau kuning pada kulit dan mukosa. Bayi yang mencerita jaundice juga memiliki kulit dan mata yang kuning.
Tubuh bayi mulai memproduksi sel darah putih yang penting untuk melawan penyakit dan infeksi. Pankreas, yang penting untuk produksi hormon, mulai berkembang.

TUBUH ANDA

Rahim Anda terus membesar minggu-minggu ke depan. Stretchmark akan semakin terlihat jelas seiring dengan perubahan badan Ibu selama kehamilan. Stretchmark ini dapat memiliki variasi warna dari merah jambu sampai cokelat gelap, tergantung warna kulit. Meskipun umumnya terdapat di perut, stretchmark juga bisa didapatkan di daerah bokong, pinggul, paha bagian dalam, dan payudara. Selalu jaga kelembaban kulit untuk mencegah gatal pada stretchmark. Jika Anda sering merasa kram pada perut, istirahatlah lebih sering dan konsumsi susu atau makan pisang.

TIPS: OLAHRAGA PADA KEHAMILAN TRIMESTER KEDUA

Olahraga pada kehamilan trimester ke-2 sangat bermanfaat untuk meningkatkan jumlah energi Anda dan membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Olahraga juga bisa mempersiapkan tubuh Anda untuk menghadapi persalinan dan mencegah kenaikan berat badan berlebih.
Selain olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil, seperti berenang, jalan kaki, yoga, dan aerobik ringan, ada latihan lain yang bisa Anda lakukan sebagai alternatif pilihan:

1. Sepeda statis (Anda bisa melakukannya di gym).
2. Pekerjaan rumah, seperti menyapu, membersikan jendela, dan berkebun.
3. Berhubungan seks.
4. Tai chi dengan limit gerakan yang mirip yoga.
5. Dansa, seperti jazz, latin atau ballroom dance (hindari gerakan melompat dan berputar).

Jangan ragu untuk mengurangi porsi olahraga ketika Anda merasa kesulitan bernapas atau tak kuat lagi untuk melanjutkan. Ingat pula untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda dengan mengonsumsi air sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Apa pun pilihan olahraga Anda, konsultasikan dengan dokter sebelum melakukannya.

WEEK 23

PERKEMBANGAN JANIN

Janin saat ini memiliki panjang dari kepala sampai bokong sekitar 44 sampai 60 mm dengan perkiraan berat janin sekitar 8 gram. Tangan janin akan mulai terbuka dan bisa membentuk kepalan. Dasar kuku juga mulai terbentuk dan beberapa tulangnya mulai mengeras. Janin akan mulai bergerak dan menggeliat dan gerakan tersebut akan semakin bertambah seiring dengan perkembangan tubuhnya yang makin sempurna. Namun gerakan ini hanya terlihat dengan pemeriksaan Ultrasonografi (USG). Anda baru akan merasakan gerakan janin dalam beberapa minggu ke depan. Meskipun testis dan indung telur sudah sempurna terbentuk minggu ini, Anda baru dapat melihat jenis kelamin janin dalam waktu beberapa minggu lagi. Bila janin berjenis kelamin perempuan, perkembangan rahim dan vaginanya sudah dimulai.

TUBUH ANDA

Jumlah cairan ketuban akan semakin meningkat seiring dengan pertambahan usia kehamilan. Anda mungkin akan mengalami pembengkakan pada betis dan kaki dalam beberapa minggu ke depan. Perubahan sirkulasi di tubuh menyebabkan terjadinya retensi (tertahannya) air yang berakibat pembengkakan atau edema. Berbaring, regangkan kaki setelah lama duduk, naikkan kaki ke posisi lebih tinggi ketika beristirahat, dan hindari duduk atau berdiri terlalu lama bermanfaat untuk mengurangi edema. Cobalah untuk berolahraga teratur guna memperbaiki sirkulasi cairan tubuh.
Rahim Anda secara teratur akan berkontraksi dan berelaksasi. Kontraksi dan relaksasi ini juga dialami oleh wanita yang tidak hamil namun pada umumnya kontraksi tersebut tidak dirasakan. Pada kehamilan, kontraksi ini dinamakan kontraksi Braxton Hicks yang terasa seperti mengerasnya perut bagian bawah dan tidak menimbulkan nyeri. Beberapa wanita merasakan kontraksi tersebut ketika sedang lelah atau sehabis olahraga. Terkadang kontraksi dirasakan setelah berhubungan intim dan sedang dehidrasi (kekurangan cairan). Kontraksi ini berlangsung selama 25 - 60 detik. Hubungi dokter apabila kontaksi terjadi 4 kali dala waktu 1 jam atau disertai rasa nyeri, mengingkat intensitasnya, dan disertai dengan keluarnya cairan dari vagina.

TIPS: DIABETES KEHAMILAN

Wanita yang menderita diabetes selama kehamilan atau disebut dengan diabetes gestasional berisiko melahirkan bayi besar yang memiliki berbagai risiko kesehatan. Diabetes adalah kondisi yang ditandai dengan kekurangan insulin dalam darah. Insulin berguna untuk metabolisme gula dalam darah. Gejala diabetes yang perlu diwaspadai adalah sering buang air kecil (>5x di kala istirahat malam/tidur), sering lapar, sering haus, pAndagan kabur, gatal-gatal, keputihan, kehilangan berat badan. Pemeriksaan gula darah puasa dan 2 jam setelah makan pada akhir trimester kedua diperlukan untuk memantau terjadinya diabetes gestasional (terutama bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan diabetes).