WEEKLY PREGNANCY STAGE
TRIMESTER 3

WEEK :

24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40
WEEK 24

PERKEMBANGAN JANIN

Bertanya-tanya seperti apa wajah janin sekarang? Anda bisa melakukan pemeriksaan USG 4 D untuk melihat wajah Si Janin. Wajah janin hampir sempurna saat ini. Yang kurang adalah lemak yang belum banyak terakumulasi di bawah kulitnya. Janin berada pada tahapan pematangan dan akan bertambah berat badannya sekitar 6 ons setiap minggu. Gelombang otak janin sudah mengaktivasi sistem auditori dan visual, sehingga matanya dapat merespons cahaya dan telinga kecilnya dapat merespons suara dari luar. Tali pusat adalah sistem penyambung kehidupan bagi janin. Tali pusat menghubungkan antara plasenta dan janin. Tali pusat mengandung 1 vena besar dan 2 pembuluh darah arteri. Darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi dialirkan dari plasenta ke janin setiap 30 detik melalui tali pusat. Filtrasi yang terdapat di dalamnya memisahkan darah Ibu dan janin.


TUBUH ANDA

Beberapa wanita melakukan pemeriksaan gula darah antara minggu ke 24 - 28. Tes ini dilakukan bagi mereka yang memiliki risiko diabetes gestasional atau riwayat keluarga dengan diabetes melitus. Diabetes yang tidak tertangani dapat menyebabkan gangguan persalinan karena janin yang besar.
Rahim yang semakin besar akan menekan saluran pencernaan dan menyebabkan heart burn. Anda juga akan merasa lebih sulit bernapas karena hormon merelaksasikan otot di paru serta rahim yang besar mendorong diafragma. Gangguan tidur juga umum dialami Ibu hamil dan perlu diingat Anda harus menghentikan kebiasaan tidur telentang. Sebaiknya, mulailah belajar tidur menyamping.


TIPS: MENCEGAH GINGIVITIS KEHAMILAN

Sekitar 50% wanita hamil mengalami gingivitis (radang pada gusi). Gingivitis terjadi karena peningkatan kadar hormon progesteron yang menyebabkan gusi Anda bereaksi lebih terhadap bakteri yang terdapat di plak gigi. Peningkatan volume darah juga dapat meningkatkan sensitivitas gusi dan meningkatkan risiko perdarahan gusi. Pencegahan gingivitis saat kehamilan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan rongga mulut, gosok gigi secara teratur, dan menggunakan dental floss dibandingkan tusuk gigi.


WEEK 25

PERKEMBANGAN JANIN

Minggu ini berat badan janin mencapai 700 gr dengan panjang dari kepala sampai tumit sekitar 28 - 30 cm. Lemak janin akan semakin banyak dan akan menghaluskan sedikit demi sedikit kulit yang tadinya keriput. Rambut janin mulai tumbuh. Akhir minggu ini, pembuluh darah paru juga akan berkembang yang merupakan salah satu penanda kematangan pada paru. Sistem pernapasan lain yang juga sudah berkembang adalah hidung janin yang mulai berfungsi, sehingga janin bisa berlatih bernapas.
Pendengaran bayi mulai optimal sehingga dapat menanggapi rangsangan seperti suara, rasa sakit dan cahaya. Tulang bayi semakin mengeras dan menjadi lebih kuat.


TUBUH ANDA

Aktivitas Anda saat ini tidak sebebas sebelumnya. Jangan beraktivitas terlalu lelah dan hentikan semua kegiatan apabila Anda merasa nyeri, pusing, atau sesak napas. Jangan berbaring telentang dan hindari semua jenis olehraga yang dapat menyebabkan kehilangan keseimbangan (sepeda, kasti) atau olahraga dengan banyak gerakan melompat. Selama berolahraga, pastikan minum air yang cukup dan lakukan pemanasan serta pendinginan.
Dalam pemeriksaan USG di trimester kedua, dokter akan memperlihatkan posisi plasenta untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya plasenta previa yang menimbulkan risiko perdarahan baik bagi Anda maupun janin.


TIPS: TES KESEHATAN

Tergantung dari situasi dan kondisi Ibu saat ini, dokter kebidanan dapat menyarankan agar Anda melakukan beberapa tes kesehatan yaitu :

• Hemoglobin dan hematokrit : pemeriksaan darah ini dilakukan pada trimester ketiga untuk mengetahui apakah Anda mengalami anemia.
• Tes diabetes : apabila hasil skrining glukosa Anda di minggu 24 - 28 berada dalam batas normal, maka Anda tidak perlu melakukan tes diabetes ulang.
• Skrining antibodi Rh.
• Infeksi Menular Seksual : Tes ini dilakukan apabila Anda memiliki faktor risiko tinggi terhadap Infeksi Menular Seksual (IMS).


WEEK 26

PERKEMBANGAN JANIN

Saraf pendengaran janin berkembang lebih cepat dan menjadi lebih sensitif saat ini. Janin dapat mendengar suara Anda dan orang-orang yang berbicara di sekitarnya. Janin juga mulai menghirup dan mengeluarkan sedikit cairan ketuban yang penting untuk perkembangan paru-parunya. Pergerakan pernapasan yang sudah mulai dipelajari janin berguna pada saat janin lahir dan menghirup udara untuk pertama kalinya. Mata janin yang sebelumnya tertutup sekarang mulai terbuka dan mengedip, namun pigmentasi pada iris tetap masih belum sempurna. Beberapa bulan terakhir mata janin masih tertutup sehingga retina dapat berkembang sempurna.
Janin saat ini semakin menumpuk lemak di seluruh tubuhnya sehingga memiliki berat badan hampir 1 kg (800-900 gram) dengan panjang badan dari kepala sampai tumit 33 cm. Ia juga mulai aktif mengubah posisi yang umumnya Anda rasakan.


TUBUH ANDA

Anda mungkin sekarang sudah mulai sibuk menyiapkan segala kebutuhan bayi dari baju sampai kamar bayi. Di tengah-tengah aktivitas ini, jangan lupa tetap makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Jika Anda mengikuti petunjuk nutrisi seimbang, maka kemungkinan kenaikan berat badan saat ini hanya sebesar 7,2 - 9,9 kg. Anda Mulai merasakan nyeri dan pegal di bagian pinggang dan persendian tulang belakang karena beban di perut semakin berat. Selain itu, napas Anda juga menjadi pendek saat melakukan aktivitas yang agak berat.


TIPS : WASPADA PREEKLAMPSIA

Preeklampsia adalah gangguan kehamilan serius yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah, edema (pembengkakan) di kaki atau seluruh tubuh, dan terdapatnya protein di air seni setelah minggu ke-20 kehamilan. Umumnya preeklampsia terjadi setelah minggu ke-37, namun tidak menutup kemungkinan preeklampsia terjadi lebih awal. Karena hal itulah dibutuhkan kewaspadaan dan pengetahuan mengenai penyakit ini. Preeklampsia dapat menyebabkan vasokonstriksi (penyempitan) pembuluh darah, termasuk di dalamnya adalah pembuluh darah yang terdapat di plasenta sehingga menurunkan suplai nutrisi dan oksigen untuk janin. Apabila Anda mengalami pembengkakan di wajah, sekitar mata, kaki, tangan, atau seluruh tubuh dengan peningkatan berat badan yang terlalu cepat (lebih dari 2 kg dalam seminggu), segeralah berkonsultasi dengan dokter. Gejala preeklampsia lain yang perlu diwaspadai adalah sakit kepala terus-menerus, gangguan penglihatan (melihat dobel, melihat flash atau spot cahaya, sensitif terhadap cahaya, kehilangan penglihatan tiba-tiba), nyeri perut bagian atas, dan muntah-muntah.


WEEK 27

PERKEMBANGAN JANIN

Panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini adalah 10,6 - 12 cm dan berat badan janin berkisar antara 80 - 110 gram. Kepala janin sudah berada pada posisi lebih tegak sekarang. Janin juga sudah hampir sempurna dengan pertumbuhan bulu mata dan alis. Namun, ia masih terlihat kurus karena belum banyak lemak di tubuhnya. Kulit janin masih tipis sampai pembuluh darah di baliknya terlihat. Produk sisa dari pencernaan dan cairan amnion, atau yang disebut mekonium, sudah mulai terakumulasi di usus. Ia juga akan mengosongkan kandung kemihnya setiap 40 - 45 menit. Gerakan janin juga semakin aktif, mulai menghisap ibu jarinya, menguap, merenggangkan tubuhnya, sudah mampu menelan, dan cegukan.


TUBUH ANDA

Beberapa ibu hamil merasakan adanya quickening atau pergerakan janin antara minggu ke 16 - 20. Waktu ini berbeda pada tiap ibu hamil. Apabila ini adalah kehamilan pertama, maka Anda harus lebih bersabar karena umumnya pergerakan janin baru terasa pada minggu ke-20. Gerakan janin pertama dirasakan seperti perasaan terdapatnya kupu-kupu di dalam perut atau sebagai 'gelembung gas' atau 'denyut'.
Cairan tubuh yang meningkat, membuat kulit Anda lebih lembut dan bersih. Inilah yang menjadi salah satu alasan munculnya sebutan glowing mama bagi pada ibu hamil. Nafsu makan Ibu akan mulai meningkat trimester ini. Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya meningkatkan frekuensi makan dengan porsi kecil. Pilihlah makanan bergizi, agar kebutuhan nutrisi janin dan Anda terpenuhi.


TIPS: MAKANAN SEHAT SAAT HAMIL

Peningkatan berat badan trimester ini diharapkan berkisar antara 6-7 kg (dari total 12-18 kg) bila berat badan Anda sebelumnya normal. Dokter akan menyarankan untuk menambah berat badan lebih kecil bila sebelumnya Anda tergolong overweight, dan menambah berat badan lebih banyak bila sebelumnya Anda termasuk kategori underweight atau tengah mengandung bayi kembar.

Contoh makanan sehat bagi ibu hamil:

• Mulailah hari dengan sarapan bergizi yang mengandung protein cukup, karbohidrat kompleks, serat, dan sedikit lemak.
• Makan sayuran, produk gandum, daging, produk susu rendah lemak, dan hindari makanan kalengan serta makanan yang mengandung banyak gula.
• Sediakan snack sehat seperti biskuit , buah segar, yoghurt, keju rendah lemak.
• Hindari junk food
• Ganti makanan berlemak, seperti yogurt rendah lemak sebagai pengganti es krim, dan konsumsi produk susu rendah lemak sebagai sumber kalsium.
• Berolahragalah teratur, seperti jalan pagi.


WEEK 28

PERKEMBANGAN JANIN

Di minggu ini berat Si Kecil mencapai 1,1 kg dengan panjang sekitar 37 cm dari kepalanya hingga ujung kaki. Ia bisa berkedip dan penglihatannya mulai berkembang. Ia mulai bisa melihat cahaya di luar rahim. Kulit tipis janin masih berwarna kemerahan dan dilapisi dengan verniks kaseosa. Namun, ia mulai menambah lemak tubuh sebagai persiapannya hidup di luar rahim. Produksi sel darah merah sudah dilakukan seluruhnya oleh sumsum tulang janin. Meski sudah tumbuh semakin besar, Si Kecil masih bisa bergerak aktif. Ia pun sudah berada di posisi yang tepat untuk lahir, yaitu kepala berada di bawah. Pada saat ini, tidur Si Kecil sudah termasuk fase REM (rapid eye movement), yang berarti ia sudah bermimpi. Kira-kira apa ya isi mimpi Si Kecil?


TUBUH ANDA

Rata-rata di minggu ini, Anda akan mengalami kenaikan berat badan sebanyak 6 kg sejak awal kehamilan. Peningkatan berat badan yang pesat terjadi pada trimester ini. Dalam kunjungan rutin ke dokter, cobalah untuk mendiskusikan mengenai cara persalinan Anda, apakah normal atau memerlukan operasi. Apabila ini adalah persalinan pertama, maka pertanyaan mengenai episiotomi, monitoring janin, dan pereda rasa nyeri adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Mulailah untuk mendiskusikan dengan dokter mengenai A-Z rencana persalinan Anda. Di minggu ini juga merupakan masa untuk mengulangi tes darah tertentu seperti tes toleransi glukosa.


TIPS: DOKTER KANDUNGAN UNTUK SI KECIL

Di minggu ini, mulailah mencari dan menyurvei dokter anak untuk Si Kecil. Mintalah rekomendasi teman, keluarga, tetangga, atau kerabat lain yang sudah berpengalaman sebelumnya.


TIPS UNTUK AYAH

Trimester terakhir adalah trimester terberat bagi pasangan Anda. Karenanya, pastikan Anda terlibat dalam kesibukannya. Support dari ayah dapat meringankan keluhan Ibu hamil. Selain itu, penelitian juga mengatakan bahwa dukungan Anda bisa membuat proses persalinan jadi lebih mudah. Di saat ini, pasangan akan memerlukan Anda lebih dari biasanya. Beberapa bentuk dukungan Anda untuk pasangan antara lain, Anda dan pasangan dapat berbelanja untuk membeli segala kebutuhan bagi bayi, membeli pakaian hamil, atau Anda dapat membantu memijat punggung atau kaki pasangan.


WEEK 29

PERKEMBANGAN JANIN

Ruang gerak janin semakin kecil karena janin bertumbuh semakin besar. Pergerakan janin memang akan semakin berkurang saat ini, namun tidak menghilang dan Anda seharusnya masih tetap dapat merasakannya.
Jika janin Anda laki-laki, testisnya sedang berjalan turun ke skrotum (kantong kemaluan), dan klitoris (organ seksual pada wanita di daerah kemaluan) pada janin perempuan mulai terbentuk namun belum diliputi oleh labia minora (bibir vagina bagian dalam). Selain itu, bagian kakinya juga sudah terbentuk menjadi lutut, tumit, dan kaki.
Untuk memenuhi kebutuhan janin, Anda membutuhkan asupan protein, vitamin C, asam folat, dan zat besi. Saat ini tulang janin sedang tumbuh dan membutuhkan banyak kalsium, karena itu pastikan Anda mengonsumsi cukup kalsium untuk kebutuhan janin dan tubuh Anda sendiri. Pada trimester ini, sekitar 250 mg kalsium disimpan setiap harinya untuk memperkuat tulang janin.


TUBUH ANDA

Bila diukur, rahim Anda saat ini berada sekitar 7,6 - 10 cm di atas pusar. Pertumbuhan rahim anda sekitar 1cm/minggu. Anda berisiko mengalami Sindrom Hipotensi apabila berbaring telentang. Berbaring dengan punggung di bawah dapat menyebabkan perubahan detak jantung dan tekanan darah sehingga Anda akan merasa sedikit pusing ketika akan bangun atau mengubah posisi. Berbaringlah dengan posisi miring ke kiri karena ini memungkinkan aliran darah di pembuluh darah besar lebih lancar. Kelenjar adrenal Anda juga mulai menghasilkan hormon yang disebut prolaktin. Prolaktin ini akan merangsang pembentukan kolostrum pada payudara yang akan memberikan nutrisi pada bayi di beberapa hari pertama kehidupannya.


TIPS: MENGHITUNG TENDANGAN JANIN

Dr. Ngunyen, pendiri Babykick Alliance (www.babykickalliance.org) mengatakan proses menghitung gerak janin sangat mudah. Gerak janin dapat mulai dihitung begitu kandungan memasuki usia 26 minggu. Demikian cara yang dianjurkan:
Duduklah dalam posisi yang nyaman. Tetapkan waktu yang sama setiap hari, untuk mulai menghitung gerakan. Pilihlah waktu saat janin sangat aktif, misalnya 2 jam setelah Anda makan.

• Hitung gerakan bayi, sebanyak sepuluh kali gerakan setiap hari. Gerakan yang dapat dihitung adalah menendang, berputar, mengolet. Cegukan, tidak termasuk gerakan yang dapat dihitung. Rata-rata janin bergerak 10 gerakan dalam rentang waktu 15 menit- 2 jam. Namun, setiap janin memiliki pola berbeda.
• Jika janin menunjukkan perubahan dalam pola gerakan, terlalu aktif atau kurang gerak, hentikan dulu hitungan. Berjalanlah sementara waktu untuk menenangkannya atau minum jus buah untuk mengaktifkan janin.
• Segera hubungi dokter jika perubahan pola itu sangat tidak biasa, misalnya, dalam satu jam, hanya terjadi kurang dari lima gerakan.


Menghitung gerakan janin tidak membutuhkan panduan dari dokter atau ahli kebidanan. Setiap ibu hamil dapat melakukannya. Yang perlu menjadi dasar, adalah Anda mengenali pola gerak Si Kecil.


WEEK 30

PERKEMBANGAN JANIN

Berat janin Anda saat ini berkisar 1,35 kg dengan panjang total 38 cm. Indra penglihatannya pun sudah berkembang lebih baik. Ia membuka mata dan mulai bisa mengenali objek beberapa cm dari wajahnya. Ia memiliki daya lihat 20/400, sedangkan orang dewasa memiliki visual 20/20. Ia akan berada dalam posisi menekuk-melingkar saat ini dengan lutut tertekuk, lengan dan kaki melintang, serta dagu menyentuh dada. Seluruh panca indra sudah bekerja hampir sempurna. Janin akan terus menumpuk lemak di tubuhnya yang akan membuat kulit janin lebih halus dan menjaga kehangatan tubuh janin saat lahir nanti.


TUBUH ANDA

Anda mungkin mulai merasa sering lelah belakang ini, terutama karena Anda mengalami kesulitan tidur. Anda juga merasa lebih ceroboh dan tak seimbang, yang sangat wajar terjadi. Tidak hanya karena Anda bertambah berat, tetapi karena bertambahnya beban di perut menyebabkan pusat gravitasi Anda berubah. Dan karena perubahan hormon, ligamen Anda jadi lebih rileks atau mengendur. Ligamen di seputar daerah pelvix mulai meregang untuk memudahkan proses kelahiran bayi. Kondisi ini seringkali mengakibatkan sakit punggung. Perubahan hormon juga menyebabkan relaksasi dari ligamen yang menyebabkan sedikit gangguan keseimbangan. Kombinasi antara keluhan yang tidak nyaman dan perubahan hormonal membawa emosi Anda naik turun. Apabila hal ini tidak dapat teratasi maka bicarakanlah dengan dokter. Depresi ketika masa kehamilan terjadi pada 1 dari 10 wanita dan dapat membahayakan kehamilan.
Membran atau selaput yang berada di sekitar janin disebut dengan kantong kehamilan (amniotic sac). Di dalam kantung tersebut terdapat cairan ketuban yang umumnya tidak akan pecah atau merembes sampai saat persalinan tiba. Apabila cairan ketuban merembes sebelum waktunya, maka segeralah ke rumah sakit. Membran tersebut melindungi janin dari infeksi. Dengan bocornya kantung maka infeksi akan mudah terjadi.


TIPS: HINDARI JATUH SAAT HAMIL

Keseimbangan dan mobilitas Anda akan berubah karena pertambahan berat badan saat hamil. Hati-hati selama musim hujan karena banyak genangan air dan jalan yang licin. Banyak wanita hamil jatuh di tangga, selalu gunakan pegangan tangga. Perlambat langkah, pakai sepatu dengan sol datar atau berhak rendah, dan berhentilah apabila pusing atau keram. Waspada selalu untuk mencegah jatuh karena bisa membahayakan kehamilan.


WEEK 31

PERKEMBANGAN JANIN

Berat janin Anda saat ini mencapai 1,5 - 1,6 kg dengan panjang total 39 - 40 cm. Pertumbuhan janin sudah mulai melambat saat ini, namun perkembangan dari organnya akan terus terjadi sampai mencapai tahapan pematangan. Kulit janin sudah berwarna merah jambu dengan sedikit lapisan lemak di bawahnya. Lengan, tungkai, dan tubuh janin terus terisi dan akhirnya ukurannya menjadi proporsional dengan kepalanya. Gerakan janin di dalam rahim pun mulai berubah, semakin jarang dan tidak terlalu aktif seperti dulu karena ia kehabisan ruang kosong dan tidak bisa lagi berbalik arah. Tetapi kini ia bisa menggerakkan kepalanya dari satu sisi ke sisi lain. Aliran darah di plasenta memungkinkan janin menghasilkan air seni. Ia berkemih sebanyak 500 ml dalam sehari.


TUBUH ANDA

Pada saat ini, rahim akan memenuhi hampir seluruh bagian perut dan Anda akan mulai merasakan adanya tekanan di bawah tulang iga. Anda tetap perlu memperhatikan asupan nutrisi terutama kebutuhan kalsium, protein, zat besi, dan asam folat. Kalsium perlu lebih diperhatikan karena proses osifikasi atau pengerasan pada tulang janin sedang berlangsung sampai akhir kehamilan dan kalsium diperlukan untuk perkembangan tulang tersebut.
Di minggu ini, Anda juga mulai mengalami perut yang tiba-tiba menjadi kencang yang disebut dengan Braxton Hicks atau kontraksi palsu. Kontraksi ini berlangsung kurang lebih 30 detik, tidak teratur, dan tidak nyeri. Berhati-hatilah apabila kontraksi terjadi teratur, lebih dari 4 kali dalam 1 jam (meskipun tidak nyeri), mungkin saja itu adalah tanda persalinan preterm (prematur), apalagi jika diikuti dengan vlek, kental, atau mengandung darah; nyeri atau keram pada perut; terasa adanya peningkatan tekanan pada panggul bagian bawah; dan nyeri punggung yang tidak seperti biasa.


TIPS: BERKEMAS UNTUK PERSALINAN

Sebenarnya, Anda belum perlu berkemas karena persalinan masih beberapa minggu lagi. Namun Anda perlu tahu barang-barang yang dibutuhkan untuk dibawa ke rumah sakit. Selain baju ganti dan sikat gigi, berikut beberapa barang yang sebaiknya Anda kemas beberapa minggu sebelum persalinan.


1. Makanan ringan
2. Bra menyusui
3. Kamera atau video kamera beserta charger atau baterai
4. Buku bacaan
5. Sandal
6. Baju untuk Si Kecil ketika pulang dari rumah sakit (termasuk selimut, kaus kaki, diaper, dll)


WEEK 32

PERKEMBANGAN JANIN

Minggu ini berat janin Anda sekitar 1,7 - 1,8 kg dengan panjang total 40 - 41 cm. Janin Akan mengalami peningkatan berat badan sekitar 1/3 - ½ dari berat totalnya ketika dilahirkan selama 7 minggu ke depan. Janin saat ini memiliki kuku jari tangan dan kaki serta rambut. Kulitnya semakin lembut dan kerutan di kulitnya akan menghilang menjelang masa persalinan. Jari tangan dan kaki telah tumbuh sempurna. Bagi sebagian bayi, rambut sudah memenuhi bagian kepala. Begitu juga dengan bulu mata dan alis yang semakin terlihat jelas. Sistem kekebalan tubuh janin mulai terbentuk dan akan semakin diperkuat dengan asupan ASI ketika lahir nanti.
10 persen bayi dilahirkan sebelum minggu ke-37. Jika ini terjadi, Si Kecil memiliki kesempatan yang besar untuk bertahan hidup. Satu-satunya organ yang belum berkembang sempurna adalah paru-paru. Namun, ia sudah mulai menghirup cairan amnion untuk melatih bernapas.


TUBUH ANDA

Volume darah Anda akan meningkat sekitar 30 - 50% di akhir kehamilan. Karena hal itulah terkadang terjadi pembengkakan pada tubuh yang normal terjadi. Cairan ekstra ini akan masuk ke dalam jaringan tubuh Anda. Saat rahim yang membesar menekan pembuluh vena yang berada di pelvis (panggul), darah yang berasal dari bagian bawah tubuh diblokir dan akhirnya cairan masuk ke dalam kaki. Hal inilah yang menyebabkan pembengkakan, sepatu terasa sempit, dan terkadang cincin maupun arloji juga terasa ketat di tangan. Apabila terjadi pembengkakan maka lepaskan semua benda yang dapat menghambat sirkulasi (cincin, arloji), jangan pakai pakaian yang ketat), dan hindari duduk dengan menyilangkan kaki.


TIPS: KUNJUNGAN DOKTER

Selama kunjungan rutin ke dokter, Anda akan dimonitor tekanan darah, urine (air seni), pembengkakan yang terjadi, dan tanda-tanda penyakit lain seperti eklampsia dan diabetes. Beritahukan kepada dokter keluhan-keluhan apa saja yang Anda alami dan beritahu perubahan sekecil apa pun agar dapat dianalisis dengan baik.


WEEK 33

PERKEMBANGAN JANIN

Berat badan janin Anda saat ini sekitar 1,9-2 kg dengan panjang 41-42 cm. Berat badan janin akan meningkat drastis dalam beberapa minggu terakhir sebelum dilahirkan. Tulang-tulangnya semakin mengeras sehingga memudahkan janin untuk bergerak dan memasuki saluran ketika dilahirkan nanti (panggul). Namun, tulang ini belum berfusi (bergabung) secara sempurna sampai ia remaja, karena itulah tulang dapat tetap tumbuh seperti layaknya jaringan otak.
Cairan ketuban mencapai level terbanyak pada trimester ini dan akan memiliki jumlah yang tetap sampai saat melahirkan tiba. Sejak minggu ini, posisi janin umumnya berada dengan kepala di bawah. Namun jika janin belum berada di posisi seperti itu, masih ada waktu untuknya mengubah posisi. Umumnya, dokter akan menganjurkan Anda melakukan beberapa pose atau posisi tertentu agar janin memutar posisinya. Apabila janin tetap berada pada posisi sungsang (kepala di atas) di saat akan melahirkan, dokter akan merekomendasikan tindakan operasi.


TUBUH ANDA

Semakin besar rahim Anda, semakin sering heartburn terjadi. Makanlah dalam jumlah kecil namun sering (6x/hari) dan pertahankan posisi tegak setelah makan untuk mengurangi gejala heartburn. Tak hanya itu, Anda juga biasanya mengalami sakit punggung bagian bawah yang sangat tidak nyaman. Mintalah bantuan pasangan untuk memijat punggung Anda dengan lembut.
Pada minggu ini, Anda juga sebaiknya sudah memilih metode untuk bersalin. Terdapat beberapa pilihan untuk mengurangi nyeri di kala melahirkan nanti, di antaranya adalah teknik bernapas seperti yang diajarkan di kelas Lamaze, obat pereda rasa nyeri melalui suntikan, dan bius epidural. Obat untuk meredakan rasa nyeri akan diberikan oleh dokter sesuai dengan indikasi.


TIPS: KELAHIRAN PREMATUR

Bayi yang lahir antara minggu ke 38 - 42, disebut dengan bayi yang cukup bulan (full term). Apabila bayi lahir dibawah 38 minggu kehamilan, maka disebut dengan prematur dan memiliki risiko lebih tinggi. Apabila terjadi tanda persalinan dini, bedrest total dapat membantu mengurangi gejala tersebut. Beberapa penyebab dari kelahiran prematur adalah janin kembar, inkompetensi serviks (leher rahim), penyakit dalam kehamilan (toksoplasma), polihidramnion (terlalu banyak cairan ketuban), abnormalitas dari janin maupun bentuk rahim, plasenta previa atau abruptio plasenta, ketuban pecah dini karena infeksi, dan kematian janin dalam rahim.


WEEK 34

PERKEMBANGAN JANIN

Berat janin saat ini mencapai 2-2,1 kg dengan panjang total 43 cm. Janin sudah mulai membangun sistem kekebalan tubuhnya untuk membantu melawan infeksi. Cairan ketuban juga sudah mencapai kapasitas maksimumnya. Apabila Anda khawatir mengenai kemungkinan terjadi persalinan prematur, maka kekhawatiran itu dapat berkurang karena bayi yang dilahirkan pada minggu ke-34 sampai ke-37 cenderung tak mengalami masalah kesehatan (kelainan bawaan). Kemungkinannya hanya Si Kecil akan menghabiskan beberapa hari di rumah sakit lebih lama, namun selanjutnya mereka dapat berkembang normal seperti bayi cukup bulan lainnya.


TUBUH ANDA

Banyak wanita mengeluhkan lelah, cemas, dan nyeri punggung pada beberapa minggu terakhir. Cobalah bersantai dan merelaksasikan pikiran. Tidur siang teratur dan jangan mengonsumsi kafein. Semakin rahim bertambah besar, maka kulit perut akan teregang sampai mencapai maksimal. Hal ini dapat menyebabkan rasa gatal yang semakin bertambah bila udara panas atau berkeringat. Cara terbaik mengatasinya adalah menjaga kelembaban kulit perut dengan sering membalurkan pelembab.
Beberapa dokter merekomendasikan pemeriksaan Grup B-Streptokokkus karena bakteri ini dapat berada di rektal atau vagina Anda dan mengakibatkan infeksi langsung pada bayi melalui jalan lahir. Apabila tes ini positif, maka Anda akan menerima antibiotik intravena (suntikan) selama persalinan yang dapat mengurangi risiko infeksi jalan lahir pada janin.
Pada minggu ini, rahim Anda akan sering mengeras dan berkontraksi sebagai persiapan untuk melahirkan. Panggul Anda cenderung melebar dan mungkin terasa sakit, terutama di bagian belakang. Perut meregang sedemikian rupa sehingga pusar Anda menonjol dan meningkatnya pigmentasi pada linea nigra membuatnya semakin jelas terlihat.


TIPS: TANDA PECAH KETUBAN

Umumnya pecahnya selaput ketuban dirasakan sebagai kebasahan atau rembesan air. Cairan ketuban umumnya bening dan encer, terkadang disertai darah atau berwarna kuning hijau. Dua tes dapat dilakukan oleh dokter untuk membedakan antara cairan ketuban dengan air seni atau cairan vagina adalah tes nitrazin (berdasarkan pH cairan ketuban) dan tes ferning (melalui pemeriksaan mikroskop). Yang sebaiknya Anda lakukan apabila ketuban pecah adalah segera hubungi petugas kesehatan. Jangan ditunda-tunda karena pecahnya ketuban berarti membuka pintu masuk bagi kuman dan memudahkan terjadinya infeksi dalam rahim.


WEEK 35

PERKEMBANGAN JANIN

Pendengaran bayi sudah berfungsi secara sempurna. Lemak dari tubuh bayi mulai memadat, yang berfungsi untuk memberikan kehangatan pada tubuhnya. Kepala bayi sudah mulai memasuki panggul. Apabila bayi Anda laki-laki maka di bulan ini testisnya telah terbentuk sempurna. Berat janin sekarang mencapai 2,2 kg dengan panjang total 45 cm. Sebagian besar organ janin sudah sempurna saat ini. Ia mempunyai sepasang ginjal yang berkembang sempurna. Hatinya juga sudah bisa memproses sebagian produk buangan. Perkembangannya minggu ini akan berkonsentrasi untuk meningkatkan berat badan. Bila janin Ibu laki-laki maka testisnya sudah berada di kantung skrotum sekarang (kantung zakar).


TUBUH ANDA

Bayi membesar dan sangat sempit dalam rahim sehingga Anda mungkin merasa ia tidak banyak bergerak lagi. Meskipun demikian, Anda bisa mengamati siku, kaki, atau kepalanya yang menonjol dari perut ketika ia meregang dan menggeliat. Banyak wanita mengalami nyeri atau berdenyut pada pinggul, bokong, atau panggul selama minggu-minggu terakhir kehamilan. Selain itu, Anda mungkin mulai merasakan peningkatan frekuensi berkemih. Hal ini dapat terjadi karena janin yang semakin besar mulai menekan kandung kemih. Kurangi minum sebelum tidur dapat membantu mengurangi frekuensi berkemih di malam hari. Produksi ASI di payudara Anda dapat menyebabkan sedikit rembesan yang disebut kolostrum. Mulai minggu ini, Anda akan diminta untuk datang kontrol ke dokter 1 minggu sekali. Saat ini juga merupakan saat yang tepat untuk membicarakan rencana persalinan bersama pasangan dan dokter. Persiapkan juga barang-barang yang akan dibawa apabila Ibu akan bersalin nantinya.


TIPS: OPERASI CAESAR

Operasi Caesar dapat direncanakan atau tidak direncanakan. Beberapa indikasi untuk melakukan operasi Caesar adalah :

• Riwayat operasi Caesar sebelumnya dengan insisi klasik vertikal, atau operasi Caesar lebih dari 1 kali.
• Riwayat operasi rahim sebelumnya (miomektomi).
• Janin kembar (beberapa bayi kembar dapat dilahirkan secara pervaginam namun bagi mereka yang memiliki risiko tinggi atau mengandung kembar lebih dari 2 direkomendasikan untuk menjalani operasi sesar).
• Bayi besar (makrosomia, memiliki berat > 4 kg).
• Disproporsi sefalo-pelvis (CPD) , atau ukuran panggul yang tak sesuai.
• Posisi bayi sungsang (bokong di bawah) atau lintang.
• Plasenta previa (plasenta menutupi jalan lahir) atau abruptio plasenta atau plasenta terlepas.
• Ibu adalah pengidap HIV positif.
• Bayi memiliki kelainan yang membuat persalinan normal berisiko tinggi.


Anda dapat ditemani dengan pasangan atau keluarga ketika melahirkan dengan operasi sesar (tergantung kebijakan rumah sakit). Anda akan diberikan anestesi (bius) epidural atau spinal yang akan mematikan separuh bawah badan, sementara Anda masih sadar namun tidak akan merasakan sakit. Operasi ini umumnya berlangsung selama 30 menit. Ada beberapa kerugian operasi ini, antara lain komplikasi (infeksi, perdarahan, syok), Anda akan tinggal di rumah sakit lebih lama, dan pemulihan di rumah pasca operasi lebih lama dari persalinan normal (4-6 minggu).


WEEK 36

PERKEMBANGAN JANIN

Menjelang akhir minggu ini, kehamilan Anda sudah cukup bulan, artinya bayi bisa lahir kapan saja. Minggu ini berat janin Anda sekitar 2,3-2,5 kg dengan panjang 46 cm. Saat ini lanugo (rambut tipis) yang masih berada di dada dan punggung janin mulai menghilang. Begitu juga dengan verniks kaseosa, lapisan serupa lilin yang melindungi janin selama 9 bulan ini dari cairan ketuban. Janin Anda akan menelan semua substansi ini dan akan menghasilkan hasil sisa di ususnya yang berwarna kehitaman dan disebut mekonium. Mekonium akan keluar dalam waktu 24 jam setelah bayi dilahirkan. Apabila bayi mengalami stres di dalam rahim, maka mekonium dapat keluar dini di dalam rahim.
Akhir minggu ini janin akan mencapai tahapan full-term atau cukup bulan (37 - 42 minggu). Bayi yang lahir sebelum usia 37 minggu adalah bayi pre-term (kurang bulan), dan bayi yang lahir lebih dari 42 minggu adalah bayi post-term. Umumnya pada akhir minggu ini kepala janin Ibu sudah berada di bawah. Bersiaplah, bayi Ibu bisa lahir kapan saja. Tulang yang membentuk kepala janin dapat mengalami overlap pada saat melalui jalan lahir nanti. Fenomena ini disebut molase dan membantu janin untuk melewati jalan lahir. Jangan kaget apabila bayi Ibu lahir dengan sedikit benjolan di kepala. Setelah beberapa jam atau beberapa hari, kepala bayi Ibu akan kembali ke bentuk semula (bulat).


TUBUH ANDA

Anda mulai merasakan peningkatan tekanan di perut bawah dan merasakan bayi perlahan mulai turun. Frekuensi buang air kecil akan semakin meningkat, karena bayi semakin mendesak kandung kemih. Menjelang persalinan kontraksi Braxton-Hicks akan lebih sering terjadi. Kenalilah perbedaan antara kontraksi palsu dan kontraksi asli. Lightening adalah kondisi di mana hasil pengukuran pada rahim Anda lebih kecil daripada minggu sebelumnya akibat kepala janin yang sudah memasuki jalan lahir atau cairan ketuban yang sudah mulai berkurang. Kejadian lightening bisa baru terjadi ketika persalinan akan dimulai. Lightening dapat memberikan lebih banyak ruang bagi Anda untuk mengambil napas panjang ketika mengejan karena diafragma sudah tidak tertekan lagi. Lightening juga akan mengurangi keluhan heartburn. Namun lightening juga menyebabkan penekanan pada kandung kemih dan rektum sehingga meningkatkan frekuensi berkemih dan meningkatkan rasa ingin buang air besar.
Bergeraklah selalu untuk menjaga kelancaran aliran darah. Berjalan akan meningkatkan aliran darah ke janin dan juga mencegah pembengkakan pada kaki, varises vena, dan komplikasi lain. Hindari duduk dengan menyilangkan kaki dan hindari berdiri dalam satu posisi selama lebih dari 10 menit. Angkat kaki Anda ketika beristirahat.


TIPS: ABRUPTIO PLASENTA

Abruptio plasenta adalah kondisi di mana plasenta (ari-ari) terlepas dari dinding rahim. Kondisi ini merupakan komplikasi serius dan sangat berbahaya bagi janin dan Anda, serta harus ditangani dengan segera. Dengan terlepasnya plasenta, terputuslah suplai oksigen dan nutrisi bagi janin. Penyebab dari abruptio plasenta adalah luka / trauma fisik pada ibu, tali pusar yang pendek, hipertensi, tekanan darah tinggi, kelainan bentuk rahim, dan riwayat operasi rahim sebelumnya.


Abruptio plasenta ditandai dengan gejala :


• Nyeri perut hebat.
• Perut terasa lembek.
• Perdarahan dari vagina.
• Kontraksi rahim.
• Tanda-tanda persalinan prematur.
• Tanda gawat janin.


Apabila Anda mengalami tanda-tanda di atas, tindakan yang dilakukan adalah segera hubungi petugas kesehatan. Apabila perdarahan berat terjadi maka persalinan bayi segera mungkin diperlukan.


WEEK 37

PERKEMBANGAN JANIN

Paru-parunya sudah matang dan dapat berfungsi di luar rahim. Berat badan bayi mencapai 2,6-2,8 kg dengan panjang total 47 cm. Beberapa bayi memiliki rambut tebal dan beberapa bahkan tidak memiliki rambut. Bayi akan mengubah posisi untuk mempersiapkan persalinan, yaitu bayi akan turun ke panggul dan biasanya kepala akan menghadap ke arah jalan lahir. Minggu ini, sebagian besar lapisan bulu halus lanugo rontok dan vernix caseosa (lapisan seperti keju yang melapisi tubuh bayi dalam rahim dan melindungi kulitnya yang sedang berkembang) mulai menghilang, walaupun sebagian masih tetap ada saat lahir. Bayi akan menelan keduanya, bersama dengan sekresi lain, dan semuanya tetap berada dalam ususnya sampai lahir. Campuran berwarna kehitaman ini, yang disebut mekonium, akan menjadi buang air besar pertamanya.


TUBUH ANDA

Rahim Anda akan berukuran sama dengan 1 atau 2 minggu yang lalu. Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan dalam atau pemeriksaan pelvis (panggul) saat ini. Pemeriksaan ini akan membantu untuk mengevaluasi kemajuan dari persalinan dan posisi dari bayi di jalan lahir.
Apabila Anda mengalami kesulitan tidur, lakukanlah beberapa hal berikut:


- Tidur dan bangun pada waktu yang sama
- Berbaring dengan posisi miring
- Letakkan bantal di antara kedua kaki dan menyangga perut
- Jangan terlalu banyak minum di waktu malam atau Anda akan bolak-balik ke toilet sepanjang malam
- Hindari kafein sejak sore hari
- Berolahraga teratur
- Tidur di ruangan yang nyaman

Apabila Anda mengalami heartburn, tidurlah dengan bantal yang sedikit ditinggikan. Angkat kaki Anda ketika beristirahat.


TIPS: TANDA PERSALINAN

Ada beberapa tanda persalinan yang perlu Anda ketahui:


• Bloody show : Keluarnya lendir beserta darah dari vagina.
• Pecah ketuban. Rembesan cairan ketuban dari vagina.
• Peregangan, penipisan, dan pembukaan serviks (leher rahim).
• Kontraksi teratur disertai nyeri.


WEEK 38

PERKEMBANGAN JANIN

Pada saat ini bayi Ibu akan memiliki berat sekitar 2,8-3 kg dengan panjang total 47 cm. Lingkaran kepala dan lingkaran perut bayi sudah memiliki ukuran yang sama. Bayi akan terus tumbuh dan berkembang hingga nanti dilahirkan. Kini bayi sudah siap menyapa dunia. Pada masa ini rata-rata bayi masih terus menambahkan simpanan lemaknya yang akan membantunya mengatur suhu badan setelah lahir. Semua sistem organ si kecil sudah terbentuk dan sempurna pada tempatnya, walaupun paru-paru bayi adalah yang terakhir mencapai kematangan.


TUBUH ANDA

Kontraksi akan semakin sering Anda rasakan. Pada pemeriksaan rutin ke dokter, biasanya Anda akan menjalani evaluasi kadar zat besi. Jangan sampai Anda mengalami anemia karena defisiensi besi. Anda dengan anemia akan mengalami gejala mudah lelah dan dikhawatirkan tidak akan kuat saat persalinan nanti.


TIPS: OLAHRAGA UNTUK PERSALINAN YANG LEBIH MUDAH

Siapkan tubuh Anda untuk menghadapi persalinan dengan berbagai latihan berikut:


1. Tailor Sitting

Latihan ini memperkuat otot punggung, paha, panggul, dan memperkokoh postur Anda selama kehamilan. Latihan ini juga membantu melenturkan panggul sehingga mempermudah persalinan. Duduk dengan punggung tegak. Tekuk kaki Anda dan pertemukan kedua telapaknya (posisi kupu-kupu). Tekan kedua lutut secara perlahan hingga mendekati lantai. Anda akan merasakan tarikan di daerah paha. Lakukan gerakan ini secara perlahan untuk menghindari cedera otot. Bersandarlah pada tembok ketika Anda kesulitan untuk menurunkan lutut. Tahan posisi selama 10-15 detik dan ulangi sebanyak 5-10 kali.


2. Squatting

Gerakan ini mampu membuka panggul lebih lebar ¼ - ½ inci, sehingga memberikan ruang lebih untuk Si Kecil lahir. Namun, gerakan ini bisa sangat melelahkan bagi Anda, jadi berlatihlah sesering mungkin selama kehamilan. Berdirilah dengan punggung bersadar pada dinding. Lebarkan kedua kaki Anda hingga sejajar bahu, dan buat jarak sekitar 3 cm antara kaki dengan dinding. Biarkan kedua tangan Anda rileks di samping badan. Secara perlahan, turunkan tubuh Anda dengan tetap meluruskan punggung hingga membentuk posisi squad atau berjongkok. Rendahkan tubuh Anda hingga posisi paha sejajar dengan lantai. Tahan selama 5-10 detik. Kemudian naik secara perlahan. Ulangi sebanyak 5-10 kali.


WEEK 39

PERKEMBANGAN JANIN

Berat bayi saat ini mencapai 3-3,2 kg dengan panjang total 48 cm. Tali pusat bayi memiliki panjang sekitar 50 cm sehingga dapat terjadi lilitan tali pusat pada tubuh bayi. Jika lilitan tali pusat cukup kencang, biasanya Anda akan menjalani operasi Caesar. Seluruh organ tubuh bayi siap berfungsi sempurna sekarang.


TUBUH ANDA

Anda mungkin sudah merasa sangat tidak nyaman saat ini. Perasaan tekanan pada rongga panggul semakin besar. Cobalah untuk menikmati masa akhir kehamilan Anda. Perlu diketahui juga bahwa hanya 4% bayi yang lahir sesuai dengan perkiraan tanggal kelahiran. Bersantailah dan tenangkan pikiran atau pergi jalan-jalan dengan pasangan.
Kebanyakan wanita akan mengalami penurunan berat badan sekitar 5 kg segera setelah melahirkan (bayi seberat 3,5 kg, plasenta 0,5 kg, darah dan cairan amnion 1 kg). Setelah melahirkan, Anda akan mengeluarkan lokia atau selaput yang ada di rahim. Lokia ini awalnya bercampur dengan darah sehingga berwarna merah seperti darah menstruasi lalu perlahan-lahan menjadi berwarna kekuningan atau keputihan sebelum akhirnya berhenti.


TIPS: MEMBEDAKAN KONTRAKSI ASLI DAN PALSU

Ada beberapa cara untuk membedakan tanda persalinan asli dan kontraksi palsu :


• Berjalanlah. Apabila kontraksi semakin meningkat dengan Anda berjalan maka segeralah ke dokter. Kontraksi palsu akan menurun dengan pergerakan.
• Apakah kontraksi teratur? Tanda persalinan asli ditandai dengan interval kontraksi yang regular. Kontraksi palsu berlangsung singkat (< 45 detik) dan iregular.
• Nyeri pada kontraksi palsu didapatkan pada perut bagian bawah. Pada persalinan asli, nyeri dan kontraksi terjadi dari bagian atas rahim menjalar ke seluruh perut.


WEEK 40

PERKEMBANGAN JANIN

Minggu ini janin sudah berkembang dengan sempurna, ia berukuran kira-kira panjang 48 cm dan berat badan 3400 g. Bayi Anda memenuhi ruang rahim dan hampir tidak memiliki ruang gerak. Imunitas atau kekebalan dari Anda akan bertahan di tubuh bayi dan membantunya melawan infeksi selama 6 bulan ke depan. Bayi memiliki 300 tulang pada saat dilahirkan, dewasa memiliki 206 tulang. Hal ini disebabkan karena beberapa tulang bayi akan bergabung menjadi satu di kemudian hari. Sebagian besar verniks kaseosa pada bayi sudah menghilang. Lima belas persen total tubuh bayi adalah lemak, 80%-nya berada di bawah kulit, dan 20% lainnya berada di sekitar organ.
Saat Si Kecil dilahirkan, dokter akan memotong tali pusatnya kemudian mulut dan tenggorokan bayi akan disedot. Selanjutnya, bayi akan diperiksa, dibersihkan, dan dilakukan penilaian Apgar Score. Sesudah pemeriksaan, bayi akan diberikan selimut bersih dan diletakkan di dada Anda untuk inisiasi menyusu dini.
Setelah itu, bayi akan diberikan tetes mata untuk mencegah infeksi dan suntikan vitamin K untuk membantu faktor bekuan darah bayi. Kemudian bayi diletakkan di tempat penghangat selama 30 menit sampai 2 jam. Vaksin hepatitis dianjurkan diberikan pada bayi baru lahir.
Jaundice pada bayi baru lahir dapat terjadi. Jaundice memiliki artian kadar bilirubin yang meningkat dan mengakibatkan kuning pada kulit bayi. Kadar bilirubin dapat meningakat selama 3-4 hari setelah kelahiran bayi dan kemudian turun. Namun apabila jaundice terjadi dalam 24 jam pertama kelahiran dan kadar biliribun tidak menurun, maka mungkin Si Kecil memerlukan fototerapi untuk membantu menghancurkan bilirubin.


TUBUH ANDA

Ini adalah akhir dari perjalanan yang panjang. Anda sudah sangat siap untuk melahirkan. Bila kehamilan melebihi batas tanggal, plasenta akan gagal memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dan akibatnya bayi dapat kehilangan nutrisi. Keadaan ini disebut dengan postmatur. Berdasarkan beberapa pertimbangan, dokter dapat melakukan induksi atau rangsangan agar terjadi persalinan. Induksi akan dilakukan dengan obat-obatan yang diberikan meningkat secara perlahan sampai kontraksi dimulai. Selain induksi, digunakan juga obat untuk mematangkan serviks agar terjadi peregangan dan pembukaan. Apabila induksi dengan obat-obatan tidak berhasil atau terjadi gawat janin, kemungkinan dokter akan menyarankan operasi Caesar. Rahim Anda akan mengecil dari ukuran semangka ke ukuran bola voli setelah melahirkan. Dalam waktu beberapa minggu, rahim Anda akan kembali ke ukuran normal.


TIPS: TAHAP PERSALINAN

1. Tahapan pertama (Kala I, Kala Pembukaan)

Tahapan pertama adalah tahapan kontraksi dan pembukaan dari serviks (leher rahim). Serviks akan meregang, menipis, dan membuka. Permulaan kala I adalah datangnya kontraksi yang teratur dan semakin meningkat baik frekuensi maupun intensitasnya. Dokter atau petugas kesehatan akan memeriksa serviks Anda dan menghitung waktu kontraksi untuk menandakan apakah Anda sudah masuk ke dalam fase aktif atau belum. Pada saat memasuki tahapan inilah Anda sebaiknya segera bersiap-siap menuju rumah sakit. Fase ini dapat berlangsung selama 14-15 jam pada primigravida (persalinan pertama kali) dan dapat berlangsung lebih cepat pada multigravida (persalinan > 1 kali)


2. Tahapan kedua (kala 2, Kala Pengeluaran)

Kala 2 adalah kala pengeluaran. Apabila pembukaan Anda sudah lengkap (10 cm atau 10 jari) maka masuklah ke dalam fase mengejan. Teknik mengejan yang baik adalah kedua tangan mengait lutut dan mengejan hanya dilakukan bila kontraksi atau mulas datang. Kontraksi akan datang setiap 2-3 menit. Mulailah mengejan panjang dan kuat. Hentikan mengejan apabila kontraksi berhenti. Pada primigravida, kala 2 berlangsung selama 1 - 1,5 jam, dan pada multigravida berlangsung selama ¼ jam. Pada akhir tahapan ini, dokter mungkin melakukan episiotomi (pengguntingan vagina), terutama untuk persalinan pertama, untuk melebarkan jalan lahir (apabila diperlukan). Janin akan melihat dunia pertama kalinya pada tahapan ini.


3. Tahapan ketiga (Kala 3, Kala Pengeluaran Plasenta)

Setelah bayi dilahirkan, antara 6 - 15 menit plasenta atau ari-ari akan dilahirkan. Umumnya kala ini berlangsung cepat, tidak nyeri, dan tanpa masalah.


4. Tahapan keempat (Kala 4)

Tahapan ini adalah tahapan observasi atau pengawasan perdarahan dan baik atau tidaknya kontraksi rahim selama kurang lebih satu jam. Tahapan ini penting terutama bagi wanita yang memiliki risiko perdarahan pasca melahirkan (Haemoragic Post Partum).