07 Juli 2023

7 Tips Agar Postingan Carousel Kamu Bisa Menarik Audiens

Berikut tips-tips agar postingan carousel Instagram kamu tidak membosankan dan gak dilewatin audiens. Simak baik-baik ya!
7 Tips Agar Postingan Carousel Kamu Bisa Menarik Audiens

Foto: pixabay


Pengguna sosial media instagram tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur satu ini. Yap, fitur carousel. Carousel sendiri merupakan fitur dimana pengguna dapat mengunggah beberapa foto maupun video hanya dalam satu postingan saja. Fitur satu ini memang praktis secara fungsional, juga tidak menimbulkan spamming. Carousel menjadi salah satu cara yang tepat untuk membuat audiens berhenti melakukan scroll dan berinteraksi dengan konten.

carousel 2
Foto: carousel 2 (pixabay)

Lalu seberapa penting sih carousel ini?

Dalam marketing, konten visual berperan menciptakan engagement rate yang tinggi. Karena di dalamnya terdapat gambar dan warna yang mempermudah audiens menerima informasi. Namun, terkadang satu unggahan gambar saja tidak cukup untuk menampung semua informasi. Dibutuhkan beberapa gambar agar informasi dapat tersampaikan secara menyeluruh, tanpa perlu mengganggu estetika konten dan agar tulisannya tidak penuh. Disinilah peran penting carousel bagi influencer, yaitu memberikan informasi secara praktis hanya lewat satu postingan saja. Menyertakan beberapa foto dan video dapat meningkatkan peluang meningkatnya engagement rate.

carousel 3
Foto: carousel 3 (pixabay)

Setelah membaca penjelasan singkat diatas, tentu kamu perlu tahu, tips agar carousel kamu tidak terkesan membosankan dan dapat menarik perhatian para pembacanya. Berikut 7 tips nya.

  • Informatif

Bahas konten yang didalamnya terdapat informasi, fakta, atau rekomendasi hal tertentu yang perlu diketahui audiens. Analisa terlebih dahulu informasi seperti apa yang dibutuhkan oleh target audiensmu, karena tidak sembarang informasi bisa mendapatkan engagement rate yang tinggi. Lalu bungkus informasi tersebut dengan ringkas dan jelas, agar mudah dipahami oleh audiens.

  • Storytelling

Ceritakan mengenai pengalaman, kesan, atau kekaguman akan sesuatu. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh audiens dan tekankan ciri khas kamu ketika bercerita. Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan gambar pada cerita.

  • Konten Before-After

Tahu gak sih, konten before-after ini sangat menarik perhatian audiens? Kamu bisa membuatnya dalam bentuk carousel lho. Kamu bisa membagikan postingan before pada slide pertama dan after pada slide kedua. Konten bisa berupa transformasi seperti style, make-up, hingga DIY atau apapun yang berkaitan dengan produk brand.

  • Sisipkan Video

Sisipkan video dalam salah satu slide agar lebih menarik dan menghibur audiens. Audiens akan lebih tertarik lagi untuk menggeser slide berikutnya, ataupun melihat konten-konten carousel selanjutnya.

  • Terapkan CTA

CTA bisa berupa ajakan atau pertanyaan yang membuat audiens berinteraksi dengan konten kamu. Ini bisa menjadikan audiens loyal dan akan lebih sering membaca konten-konten kamu berikutnya.

  • Pakai Design yang Menarik

Tentu saja soal design tidak boleh sampai terlewatkan. Design yang menarik, rapi, enak dipandang dan sesuai dengan isi konten tentu menjadi faktor utama konten kamu dibaca oleh audiens. Design yang dibuat jangan sampai terlalu ramai, sehingga mengurangi esensi dalam penyebaran informasi bagi audiens.

Itu dia beberapa tips dalam menarik audiens melihat carousel instagram kamu. Tips ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan target pasar audiens kamu. Yuk gabung IbuSibuk bersama 92.000+ ibu lainnya, jadi influencer handal! Untuk informasi hubungi IbuSibuk sekarang!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb