21 Februari 2022

Bisnis Makin Gemilang, Ikuti Strategi Marketing Influencer di Tahun 2022

Ingin menggunakan Marketing Influencer, cek strategi paling tepat di tahun 2022 ini!
Bisnis Makin Gemilang, Ikuti Strategi Marketing Influencer di Tahun 2022

Dengan banyaknya pengguna media sosial di Indonesia, sebagai pemilik bisnis juga harus mengikuti tren perkembangan dunia digital. Termasuk dilingkup marketing, seperti dengan menggunakan KOL (Key Opinion Leader) ataupun influencer.

Kredibilitas menggunakan KOL dan influencer ini sudah banyak dipercaya pendapatnya oleh banyak masyarakat.

Biasanya mereka telah memiliki pengikut setia yang dapat mereka pengaruhi, baik dari segi pertimbangan bahkan sampai dari perilaku followers mereka ketika ingin membeli sebuah produk maupun jasa.

Nah, KOL dan influencer ini dapat ditemukan pada media sosial Instagram, TikTok, Twitter, bahkan Youtube.

Pilih Platform yang Sesuai dengan Bisnis

smartphone-screen-hand-with-social-media-icons
Foto: smartphone-screen-hand-with-social-media-icons

Baca Juga: 6 Cara Membuat Instagram Bisnis, Ketahu Juga Fiturnya!

Pada tips dan strategi Marketing Influencer ini hal pertama yang bisa dilakukan adalah memilih platform yang tepat. Ya, hal ini dapat menjadi strategi influencer marketing yang bisa dilakukan pada bisnis yang Anda jalankan.

Namun, tidak semua platform media sosial cocok untuk bisnis Anda. Perlunya memahami karakteristik pada setiap platform dan menyesuaikan pada tipe pengguna media sosial dengan target bisnis yang dimiliki.

Menentukan Brand Guidelines

jose-vazquez-Q5RBHz9cu1A-unsplash
Foto: jose-vazquez-Q5RBHz9cu1A-unsplash

Apa itu brand guidelines? Ini merupakan pedoman brand yang untuk mengatur desain, komposisi, dan tampilan dari suatu brand.

Singkatnya, brand guidelines adalah suatu kumpulan aturan yang menjelaskan seperti apa brand ingin menampilkan dirinya ke publik.

Nah, dalam konteks pada influencer gunanya brand guidelines ini agar influencer dapat mempresentasikan nilai dari bisnis yang Anda punya. influencer akan mengomunikasikan pesan brand Anda dengan kreativitas konten dari influencer tersebut.

Brand guidelines ini juga bisa memperkuat bisnis Anda ke benak para konsumen lho, jadi tentukan brand guidelines Anda dengan tepat ya!

Baca Juga: Agar Tidak Bosan di Rumah, Ini 5 Cara Memulai Bisnis Online Shop

Pilih Sistem Kerjasama yang Sesuai dengan Bisnis Anda

handshake-close-up-executives
Foto: handshake-close-up-executives

Tentukan sistem kerjasama apa yang diinginkan dengan influencer yang dipilih.

Biasanya ada banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya Anda bisa melakukan product review dengan mengirimkan produk kepada influencer untuk di review di media sosial influencer tersebut.

Kemudian, ada juga untuk store visit di sini Anda dapat mengundang influencer untuk mendatangi toko Anda.

Terakhir, Anda bisa melakukan giveaway untuk menarik dan menjangkau pengikut dari influencer. Sistem ini dapat dengan cepat memperkenalkan produk yang Anda miliki dengan memberikan produk, voucher, ataupun layanan gratis.

Baca Juga: Seluk Beluk Influencer Marketing yang Wajib Moms Pahami

Ukur Data dari Keberhasilan Marketing Influencer yang Sudah Dilakukan

goal-ge1728ff1f_1920
Foto: goal-ge1728ff1f_1920

Baca Juga: Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik, Pemula Wajib Tahu!

Dalam melakukan marketing influencer penting sekali untuk menentukan metrics atau KPI (Key Performance Indicator) apa yang ingin dicapai. Bisa menggunakan tools ataupun software yang tersedia untuk mengukur keberhasilan dari marketing Influencer ini.

Di sini juga perlu diketahui mana-mana saja influencer yang memberikan ROI terbaik dan memberikan dampak positif pada bisnis.

Nah, di IbuSibuk Anda bisa mengukur performance yang dihasilkan influencer dengan sangat mudah!

Sesuaikan Budget Sebelum Menggunakan Marketing Influencer

thoughtful-businessman-sitting-with-open-laptop-computer-looking-worried-while-thinking-about-planning-top-view
Foto: thoughtful-businessman-sitting-with-open-laptop-computer-looking-worried-while-thinking-about-planning-top-view

Untuk biaya influencer biasanya berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah per posting, tergantung dari rate card influencer tersebut. Biasanya semakin tinggi followers, maka semakin besar juga harga yang akan diberikan.

Ternyata di setiap tahun pun rate card influencer pasti akan memiliki perbedaan dan cenderung adanya kenaikan lho!

Jadi tentukan dulu budget influencer yang akan dikeluarkan saat menggunakan marketing influencer ini. Karena ini sangatlah penting, tidak semua influencer dengan followers yang banyak akan menghasilkan ROI (Return of Investment) yang tinggi.

Baca Juga: 3 Kemampuan Utama untuk Jadi Mompreneur Sukses, Simak Yuk Moms!

Nah bagaimana, sudah tentukan strategi marketing influencer seperti apa yang ingin dilakukan? Atau masih bingung influencer seperti apa yang cocok untuk di bisnis Anda?

Yuk, hubungi IbuSibuk sekarang! Anda dapat mengkonsultasikan di IbuSibuk, kami akan memberikan solusi tepat untuk membuat marketing influencer sesuai dengan keinginan dan juga budget Anda.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb