17 April 2022

Yuk Ikuti Strategi Meningkatkan Branding Bisnismu Menggunakan Hashtag!

Maksimalkan penggunaan hashtag di media sosial untuk meningkatkan branding bisnismu. Ada strategi ampuhnya, cek disini!
Yuk Ikuti Strategi Meningkatkan Branding Bisnismu Menggunakan Hashtag!

Sebagai pebisnis pasti kita sudah familiar dengan kata hashtag atau tagar yang sering muncul dalam media sosial manapun, baik di Twitter, Facebook, bahkan Instagram. Penggunaannya yang kerap netizen terapkan juga untuk membuat simbol tagar ini semakin menjadi tren.

Tapi, tahukah Anda bahwa hashtag adalah salah satu strategi bisnis yang juga dapat menarik dan memiliki banyak manfaat untuk bisnis kita?

Dengan kehadiran tagar ini memang bukan tanpa alasan, simbol ini memiliki sejumlah keuntungan yang besar bahkan lebih dari sekedar mengumpulkan tagar yang serupa.

Sebelum kita mengenal cara kerja sebuah tagar dalam Instagram, yuk kita ulas dulu di artikel ini lebih dalam lagi mengenai apa itu hashtag

Apa Sih Hashtag Itu?

19198761
Foto: 19198761

Hashtag adalah keyword yang penulisannya menggunakan tanda tagar atau pagar (#) yang bisa kita temukan di keyboard. Hashtag ini merupakan sebuah kata kunci yang tertulis, serta cenderung tanpa spasi supaya dapat terkait dengan tagar yang sama.

Penulisan tagar ini sama seperti saat kita menuliskan alamat link yang juga tidak menggunakan spasi.

Sebab ketika adanya jeda spasi kata tersebut tidak dapat menjadi hyperlink. Dengan menuliskan sebuah tagar kita juga mendapatkan kombinasi huruf, angka serta simbol ciri khas kita.

Hashtag juga tidak memiliki aturan khusus untuk penulisan huruf besar atau kecil, karena besar dan kecilnya huruf dalam rangkaian hashtag begitu mempengaruhi pengelompokan kata yang terkait.

Beberapa platform media sosial kata yang menggunakan simbol pagar ini akan menjadi warna biru layaknya sebuah hyperlink.

Bagaimana Cara Kerja Hashtag?

3398545
Foto: 3398545

Baca Juga: Momfluencer, Cara Cepat Berjualan Masa Kini

Dalam penggunaan dan penulisannya kurang lebih sama pada semua platform media sosial dan juga laman lain seperti pada platform berbasis website. Tapi, yang membedakan adalah fitur dan cara kerja dalam media sosial tersebut.

Bisa dikatakan secara umum cara kerja tagar ini mirip-mirip, seperti sebuah posting-an dalam laman website dengan hashtag #GoGreen maka akan terkait dengan semua post yang telah menuliskan tagar tersebut pada posting-an mereka.

Inilah yang disebut dengan pengelompokan kata yang membuat user atau pengguna dapat dengan mudah melihat posting-an mana saja yang memakai tagar tersebut.

  1. Hashtag Pada Twitter

4065299
Foto: 4065299

Pada media sosial Twitter hashtag adalah sekumpulan percakapan dengan tagar yang terkelompok sesuai dengan tagar tersebut. Sebagai pengguna Twitter pasti kita sudah familiar dengan penggunaan tagar pada media ini.

Setiap pengguna dapat membuat tweet berupa percakapan atau media seperti gambar dan video dengan menyisipkan tagar sesuai dengan konten yang di posting. Kalau kita memencet tagar dalam tweet tersebut, pasti kita akan melihat sejumlah kelompok tweet dengan tagar serupa.

Disini kita dapat melihat tweet dari seluruh pengguna meskipun tidak terhubung dengan mereka di dalam following Twitter. Kita juga bisa melihat tagar tertentu dengan mengetiknya di kolom pencarian Twitter dengan menuliskan tagar tersebut.

Dalam kolom pencarian di Twitter, pengguna bisa melihat apa saja konten yang sedang trending dengan sistem tagar. Kolom trending ini bisa diatur berdasarkan wilayah yang dikehendaki. Lalu, apa yang membedakan tagar Twitter dengan media sosial lain?

Pengelompokan hashtag ini masih dapat terbagi menjadi kelompok yang lebih kecil lagi, yakni dengan pengelompokan berdasarkan pengguna, waktu, trending, serta media.

Baca Juga: Bisnis Makin Gemilang, Ikuti Strategi Marketing Influencer di Tahun 2022

  • Top, adalah pengelompokan tagar Twitter yang sedang trending. Maka tidak heran apabila tagar yang berada di kolom top ini biasanya memiliki jumlah comment, like, dan retweet yang banyak.
  • Latest, hashtag di kolom ini merupakan kumpulan percakapan terbaru yang terdapat tagar serupa. Berbanding terbalik dengan top, umumnya tweet dengan tagar dalam kolom ini memiliki jumlah comment, like, dan retweet yang sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.
  • Photos, pada bagian ini hashtag yang akan muncul adalah hashtag yang menyertakan foto. Biasanya tweet dengan foto sering menuliskan hashtag sebagai caption-nya.
  • Video, mirip dengan kolom photos yang mana merupakan kolom yang mengelompokkan tweet dengan tagar yang sama beserta video atau GIF (Graphics Interchange Format).
  • People, merupakan pengelompokan orang-orang dengan nama profil atau akun serupa. Umumnya ketika kita telusuri adalah tagarnya maka kemungkinan di kolom ini tidak akan muncul nama orang kecuali jika ada pengguna dengan nama profil dengan tagar.

2. Hashtag Pada Instagram

73
Foto: 73

Secara garis besar penggunaan tagar di Instagram hampir sama dengan penggunaannya di Twitter. Namun, tagar biasanya ditulis pada kolom caption di bawah foto ataupun video unggahan.

Saat ini sudah banyak dari kita yang familiar dengan penggunaan tagar ini di Instagram. Penggunaannya juga masih amat sering terlihat oleh banyak pengguna.

Seperti di Twitter, tagar Instagram juga dapat ditelusuri melalui kolom pencarian Instagram. Untuk mencarinya kita dapat menuliskan dengan menggunakan atau tanpa menggunakan simbol tagar langsung.

Nantinya seluruh hashtag yang muncul adalah hashtag dari seluruh pengguna yang menuliskan hashtag tersebut di berbagai posting Instagram.

4757012
Foto: 4757012

Baca Juga: Jangan Terkecoh! Hindari Fake Influencer untuk Bisnis Anda

Biasanya pengelompokan Instagram dalam pencarian tagar masih terbagi menjadi kelompok yang lebih kecil berdasarkan waktu dan trending.

  • Populer, di kolom ini hashtag yang akan muncul adalah kelompok Instagram yang sedang trending ataupun sedang populer dan mendapatkan banyak respon. Biasanya juga merupakan campuran dari foto, video, IG TV, dan juga reels.
  • Terbaru, pada kolom ini sesuai dengan namanya merupakan postingan Instagram dengan tagar yang sama dan muncul berdasarkan unggahan paling terbaru.
  • Reels, kelompok ini biasanya kumpulan posting Instagram berupa reels yang memiliki tagar yang sama.

Dengan menggunakan tagar seperti ini para pengguna dapat melihat posting Instagram dengan mudah meskipun tidak mengikuti atau bahkan tidak saling terhubung.

Memang kemudahan pengguna tagar dan dengan adanya sistem pengelompokan ini juga bermanfaat bagi pengguna yang mencari peluang bisnis.

Manfaat dari Hashtag

20943867
Foto: 20943867

Sebagai pengguna media sosial, penting untuk mengetahui manfaat dari penggunaan hashtag untuk pribadi maupun untuk berbisnis. Disini kita akan membahas sejumlah keuntungan dengan menggunakan tagar pada media sosial.

  • Memudahkan Pencarian Konten Serupa

Memang kegunaan hashtag supaya pengguna lebih mudah mencari konten yang sama dengan adanya penambahan tagar tersebut.

Dari pengelompokan konten serupa ini sangat membantu pengguna, terutama untuk berbisnis supaya dapat menilik konten serupa dengan posting brand bisnis mereka.

Baca Juga: 4 Hal Wajib Diketahui Perbedaan KOL dan Influencer

  • Meningkatkan Engagement

Salah satu manfaat hashtag adalah untuk meningkatkan engagement posting Instagram agar dapat menjangkau orang lain dengan sebanyak-banyaknya.

Misalnya, sebuah posting-an di Twitter tanpa menggunakan tagar kemungkinan tweet yang kita buat hanya akan terjangkau oleh pengguna yang telah mengikuti kita saja atau hanya terhubung secara sistem inner circle.

Begitupun dengan Instagram dari sebuah posting hanya akan terlihat atau terjangkau oleh pengguna yang terhubung secara following atau follower saja. Akan tetapi dengan adanya tagar ini akan menjangkau lebih banyak pengguna sebab adanya pengelompokan kata pada tagar yang serupa tadi.

Selain itu, hashtag ini membuat engagement sosial media kita jadi semakin tinggi. Jangan heran jika dengan membubuhkan tagar posting-an bisnis kita dapat menjadi jauh lebih banyak comment, like, ataupun retweet.

  • Membantu Branding

Dengan adanya hashtag ini memang akan ada pengelompokan konten serupa. Jika konten serupa ini adalah konten bisnis sebuah brand maka pengguna lain yang sedang mencari konten serupa dapat menemukan brand lain dengan mudah.

Karena itu, penggunaan hashtag ini adalah cara yang dapat meningkatkan visibilitas brand kita dalam membantu branding memiliki jangkauan yang lebih besar lagi.

Jangan heran apabila banyak brand yang sering mencantumkan tagar pada setiap post media sosial mereka.

Baca Juga: 4 Pekerjaan Wajib Cuma dari Rumah, Biar Makin Cuan!

Cara Mengoptimalkan Hashtag di Instagram

5618169
Foto: 5618169

  • Gunakan Hashtag yang Relevan

Dalam pemilihan hashtag merupakan suatu hal yang penting untuk menentukan apakah hashtag ini dapat menjangkau pengguna dengan baik atau tidak. Sehingga pemilihan kata yang akan diberikan untuk tagar harus relevan dengan identitas brand dan konten dari bisnis kita.

Memakai tagar yang sedang populer juga sangat baik, tapi harus disesuaikan dengan brand atau konten yang kita punya. Karena, jika tagar tidak relevan akan membuat konten terasa tidak believable dan tagar tersebut hanya sekedar memenuhi kebutuhan caption yang tidak efektif.

  • Mengikuti Tren

Hal penting yang harus diingat agar memilih tagar yang sedang hangat dan tren di antara pengguna. Hashtag populer di kalangan pengguna masa kini adalah sebuah strategi yang akan membantu konten yang kita unggah menjadi ramai pengunjung.

Pengguna akan secara random dan cenderung akan mencari tagar yang sedang tren daripada tagar yang tidak populer. Kecuali pada pengguna tertentu yang memang sedang mencari kelompok tagar yang mereka inginkan.

Baca Juga: Endorsement Strategi Ladang Marketing Menguntungkan!

  • Gunakan Hashtag Secukupnya

Biasanya dalam satu posting Instagram menyediakan ruang maksimal 30 hashtag, tapi akan lebih baik jika tidak memakai tagar terlalu banyak. Karena algoritma Instagram akan membaca mana saja posting-an tanpa caption, dengan caption terlalu sedikit ataupun terlalu banyak.

Nantinya ini akan mempengaruhi jangkauan posting yang kita lakukan terhadap pengguna lain. Jika penulisan tagar terlalu banyak, maka sistem Instagram akan membaca konten tersebut berlebihan atau bisa dibilang spam.

Sehingga kemungkinan tidak akan muncul pada sebagian pengguna Instagram bahkan ketika mereka sudah terhubung, begitupun sebaliknya. Hal ini yang membuat seseorang yang menggunakan tagar sebaiknya seperlunya saja.

Jadi, pilihlah tagar yang sesuai dan relevan dengan pengguna lain.

  • Lakukan Hashtag Analytics

Dalam melakukan analisis hashtag merupakan langkah terpenting yang perlu kita perhatikan apabila ingin penggunaan tagar tersebut semakin optimal.

Diperlukan untuk memilah-milah tagar mana-mana saja yang berhasil mendapatkan jangkauan dan respon yang sesuai dengan posting-an Instagram kita sebelumnya.

Analisis ini akan berfungsi untuk mengecek mana tagar yang efektif dan mana saja yang tidak serta tagar yang perlu diganti. Dari efektif atau tidaknya ini akan terlihat dari tingginya jangkauan dan tagar mana yang banyak pengguna lain cari.

Kita dapat melihatnya dari insight Instagram bisnis untuk mengecek posting-an mana saja yang mendapatkan banyak respon. Namun, respon ini bukan selalu tentang jumlah like dan komentar saja.

Lihat dari kunjungan ke posting-an dan profil Instagram kita setelah menggunakan tagar tersebut.

Analisa ini juga bisa kita lihat pada kompetitor bisnis. Kita dapat melihat tagar mana saja pada posting Instagram mereka yang selalu mendapat banyak respon oleh pengguna dan tagar mana saja yang sering digunakan.

Untuk jangka panjang, sebaiknya kita melakukan penggantian hashtag secara berkala. Supaya setiap caption dalam posting-an kita tidak tampak monoton. Gunakan aplikasi generator hashtag gratis yang tersedia apabila tidak memiliki ide untuk memilih tagar.

Nah bagaimana, sekarang sudah tau cara kerja hashtag agar lebih optimal untuk mengembangkan bisnis? Kita sudah tidak perlu bersusah-susah untuk memaksimalkan hashtag, Anda hanya perlu mengikuti tips di atas saja.

Hal terpenting adalah pahami tujuan bisnis kita dan buat strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis yang kita jalankan.

IbuSibuk dapat membantu bisnis Anda semakin berkembang dan viral! Kami akan membantu membuat strategi bisnis agar brand Anda bisa mencapai sesuai dengan tujuan.

Sampaikan pada kami, apa yang menjadi tujuan bisnis Anda. @IbuSibukcom punya lebih dari 30.000 Momfluencer yang akan membantu brand Anda semakin terkenal.

Yuk hubungi kami disini!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb