COVID-19

9 September 2020

Berbagai Negara Keluarkan Travel Warning ke Indonesia, Ini 11 di Antaranya

Sejumlah negara mengeluarkan aturan pelarangan bepergian (travel warning) ke Indonesia.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Sejumlah negara mengeluarkan aturan pelarangan bepergian (travel warning) ke Indonesia bagi warganya maupun warga Indonesia yang berkunjung di negara tersebut. Hal ini dilakukan menyusul adanya penambahan kasus di Indonesia yang terus meningkat dan fasilitas kesehatan yang tak memadai. Hal ini disampaikan langsung oleh masing-masing perwakilan negara melalui situs resminya.

Baca Juga: Budaya Negara Lain yang Harus Anda Tahu Sebelum Travelling

Negara-negara yang Mengeluarkan Travel Warning ke Indonesia.

Sedikitnya, ada 11 negara yang hingga kini telah mengeluarkan larangan travel warning ke Indonesia. Berikut daftarnya.

1. Finlandia

berbagai negara keluarkan travel warning ke indonesia, ini xx faktanya

Foto: Orami Photo Stocks

Melalui situs resmi Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Finlandia, diumumkan bahwa pemerintah Finlandia mengimbau kepada warganya untuk menunda atau membatalkan perjalanan esensial ke Indonesia.

Dalam keterangannya tersebut, pemerintah Finlandia juga menyebut bahwa rumah sakit dan perawatan di Indonesia tidak memadai dan memenuhi standar Eropa dan kapasitas pelayanan kesehatan pun tidak memadai untuk pasien COVID-19.

2. Kanada

Pemerintah Kanada juga memberlakukan pembatasan perjalanan ketat ke sejumlah negara termasuk Indonesia.

"Kami terus menyarankan agar tidak melakukan perjalanan yang tidak penting di luar Kanada. Kami juga terus menyarankan agar Anda menghindari semua perjalanan kapal pesiar di luar Kanada hingga pemberitahuan lebih lanjut" tulis pemerintah Kanada dalam situs resminya.

3. Denmark

berbagai negara keluarkan travel warning ke indonesia, ini xx faktanya

Foto: Orami Photo Stocks

Kementerian Luar Negeri Denmark juga mengeluarkan pernyataan larangan berkunjung ke Indonesia selama pandemi COVID-19.

Dijelaskan dalam rilisnya bahwa Indonesia tidak memiliki standar rumah sakit dan perawatan medis yang memadai. "Hanya Terdapat rumah sakit swasta yang relatif baik di kota-kota besar, termasuk Denpasar dan Jakarta. Bantuan medis khususnya ambulans sangat terbatas," tulis pernyataan tersebut.

Baca Juga: 5 Profesi Bergaji Besar yang Memungkinkan Anda bisa Traveling Sepuasnya

4. Irlandia

Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Irlandia menyatakan bahwa negaranya tidak merekomendasikan perjalanan yang tidak penting ke Indonesia hingga waktu yang ditentukan.

"Kami ingin menggarisbawahi bahwa standar kesehatan dan perawatan medis di Indonesia mungkin buruk dan beberapa tes medis tidak dapat dilakukan dengan andal. Jika Anda jatuh sakit atau mengalami kecelakaan, mungkin sulit untuk mendapatkan perawatan yang memadai, terutama di daerah terpencil. Anda harus menyadari bahwa pilihan evakuasi medis saat ini terbatas," tulis pernyataan di laman tersebut.

5. Austria

berbagai negara keluarkan travel warning ke indonesia, ini xx faktanya

Foto: Orami Photo Stocks

Mengutip laman resmi Kementerian Luar Negeri Austria, peringatan larangan ke Indonesia tersebut berlaku untuk seluruh wilayah di Tanah Air.

"Selain kota-kota besar dan Bali, perawatan medis berkualitas tinggi tidak dijamin di sebagian besar wilayah negara," demikian bagian lain pernyataan itu.

6. Amerika Serikat

Pusat Pengendalian Penyakit dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) baru saja mengeluarkan peringatan terkait warganya yang hendak bepergian ke Indonesia.

"CDC merekomendasikan para pelancong menghindari semua perjalanan internasional yang tidak penting ke Indonesia. Wisatawan dengan peningkatan risiko penyakit parah akibat COVID-19 harus mempertimbangkan untuk menunda semua perjalanan, termasuk perjalanan penting, ke Indonesia" tulis CDC dalam situs resminya.

Pemberitahuan ini diberikan lantaran Indonesia terus mengalami lonjakan kasus COVID-19 yang signifikan. Bahkan hingga saat ini total kasus infeksi di Indonesia telah mencapai 200 ribu kasus.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Traveling

7. Malaysia

berbagai negara keluarkan travel warning ke indonesia, ini xx faktanya

Foto: Orami Photo Stocks

Melansir dari Kompas.com, Malaysia tidak mengizinkan pendatang dari 23 negara dengan kasus COVID-19 di atas 150 ribu kasus, termasuk Indonesia.

Aturan tersebut berlaku sejak Senin (7/9/2020) dan WNI yang akan berkunjung ke Malaysia juga tidak diperbolehkan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

8. Jepang

Pemerintah Jepang melarang kunjungan perjalanan atau traveling dari lebih dari 100 negara termasuk Indonesia.

Larangan tersebut bersifat sementara dan harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Meski begitu, pemerintah Jepang tetap mengizinkan WNA masuk ke Jepang utnuk alasan tertentu.

9. Arab Saudi

berbagai negara keluarkan travel warning ke indonesia, ini xx faktanya

Foto: Orami Photo Stocks

Hingga kini, Arab Saudi belum membuka penerbangan internasional dari maupun ke Arab Saudi termasuk Indonesia. Meski begitu, transportasi udara tetap disediakan untuk kepentingan teknis seperti faktor kemanusiaan, medis, evakuasi, hingga penerbangan repatriasi.

10. Australia

Australia mengumumkan telah menutup kesempatan WNI untuk mengunjungi negaranya. Hal ini disampaikan langsung oleh Kemenlu AUstralia melalui situs resminya pada 20 Maret 2020.

11. Brunei Darussalam

berbagai negara keluarkan travel warning ke indonesia, ini xx faktanya

Foto: Orami Photo Stocks

Tak hanya melarang kunjungan dari atau ke Indonesia, Brunei Darussalam juga melarang adanya transit penerbangan bagi WNA maupun WNI kecuali ada keperluan mendesak dan harus membuat izin permohonan berkunjung ke Jabatan Imigresen.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait