Parenting

11 Juni 2019

4 Cara Jitu Melatih Kesabaran Anak agar Tidak Menyebalkan

Kesabaran adalah salah satu sifat positif yang perlu diajari kepada Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Orang tua memiliki peran untuk memberikan pola asuh yang terbaik bagi anaknya. Pola asuh yang baik termasuk mengajari anak sifat-sifat positif seperti kesabaran, kegembiraan, cinta, kelembutan, dan pengendalian diri.

Tidak ada yang dilahirkan dengan karakter yang baik. Karenanya Moms harus mengajari Si Kecil, salah satunya sifat yang sabar. Ini merupakan karakter yang mungkin Moms sendiri cukup sulit untuk memilikinya.

Karena itu, ketahui beberapa cara untuk melatih kesabaran anak, dan tentu saja membutuhkan keterlibatan dari Moms dan Dads sebagai orang tua, dikutip dari imom.com.

Baca Jaga: Ingin Bayi Tidak Gampang Ngambek? Ajari Sabar dengan Cara Ini

1. Mulai Dari Hal Kecil

melatih sabar pada anak-2.jpg

Mulailah melatih kesabaran anak di usia yang sangat dini, bahkan ketika mereka masih balita.

Contohnya, Moms mungkin bisa meminta anak untuk menunggu dengan tenang selama 1-2 menit sebelum Moms memasukkan lebih banyak susu ke dalam cangkir, ini bisa menjadi permulaan.

Ketika anak bertambah besar, Moms dapat mendorong mereka untuk menunjukkan kesabaran untuk waktu yang lebih lama sampai keinginan mereka terpenuhi.

2. Ajarkan Kontrol Diri

Bagi seorang anak, memiliki kesabaran adalah persoalan bahwa mereka dapat dan harus mengendalikan emosi dan tindakan mereka, bahkan ketika anak cemas, bersemangat, atau lelah.

Minta Si Kecil untuk mengendalikan diri sebelum Moms memenuhi permintaan mereka. Hal ini untuk menanamkan pemikiran bahwa bertindak tidak sabar bukanlah cara untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Untuk Melatih Balita Membuat Keputusan Sendiri

3. Sengaja Ditunda

melatih sabar pada anak-1.jpg

Ketika banyak kepuasan untuk mendapatkan keinginan dengan cepat di lingkungan sekitar, orang tua mungkin perlu sengaja menunda beberapa hal. Ini bisa menjadi alasan untuk melatih kesabaran anak.

Misalnya, bila Si Kecil menginginkan anak anjing baru, mungkin saat itu tidak ada alasan kuat baginya mengapa harus memilikinya sekarang.

Tetapi menunggu hingga Natal atau di hari ulang tahunnya bisa mengajarinya bahwa ia dapat menunggu hal-hal yang penting dan bersikap lebih sabar.

Baca Juga: 6 Zodiak ini Dikenal Paling Tidak Sabaran

4. Bergantian

Ketika berpikir tentang cara melatih kesabaran anak, tidak ada yang lebih baik bagi anak dari harus menunggu giliran dan bergantian untuk sesuatu yang menyenangkan.

Satu-satunya cara untuk menjadi lebih baik dalam hal ini adalah berlatih. Jika Si Kecil kesulitan menunggu giliran untuk ayunan, coba melakukan jalan-jalan ringan ke taman

Ini untuk memperkuat kepribadian menjadi lebih sopan dan sabar. Pengulangan akan membantunya belajar untuk menunggu.

(AP)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait