2-3 tahun

29 Juli 2019

4 Kesalahan Paling Sering Dilakukan Orang Tua Saat Berikan Obat pada Balita

Bahayanya bisa menimbulkan overdosis, alergi hingga gangguan organ
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Moms tentu memahami kecelakaan pada balita di rumah tak hanya bisa terjadi akibat aktivitas fisik saja. Dan bukan hanya ketika Si Kecil dalam kondisi sehat, tapi kecelakaan tersebut juga bisa menimpanya di kala sakit.

Misalnya, kesalahan memberi obat pada anak akibat kurang teliti atau ceroboh yang juga bisa berdampak serius bagi kesehatan buah hati. Selain berisiko menunjukkan reaksi negatif seperti mual dan muntah, dalam kadar yang lebih parah balita juga bisa terkena penyakit serius.

Agar hal tersebut tak sampai menimpa balita Moms, yuk hindari 4 kesalahan yang paling sering dilakukan orang tua saat berikan obat pada balita berikut ini:

1. Salah Memberikan Dosis

Meski dosis obat sudah tertera dengan jelas di label kemasan, rupanya masih banyak orang tua yang melewatkannya dengan alasan sudah tahu kondisi dan tubuh buah hati.

Padahal, selain obat jadi tidak bisa bekerja dengan efektif bila diberikan kurang dari dosis yang dianjurkan, dosis obat yang berlebih juga malah akan membahayakan tubuh balita.

Selain itu, banyak juga orang tua yang salah memberikan dosis untuk anak karena menggunakan acuan umur dan bukannya berat badan. Padahal, massa tubuh dan berat badan adalah alat ukur yang lebih akurat jika dibandingkan dengan menggunakan acuan umur lho, Moms.

Baca Juga: Cara Mudah Memberikan Balita Obat Agar Mau Meminumnya

2. Terlalu Banyak Memberikan Obat

Masih berhubungan dengan dosis obat yang tidak sesuai, ternyata ada pula orang tua yang terlalu banyak memberikan obat, baik dari segi dosis maupun jenisnya. Biasanya, hal ini dilakukan dengan alasan agar buah hati cepat sembuh dari sakitnya.

Agar balita tak sampai terkena overdosis obat, alergi, atau gangguan organ dalam, pastikan Mama memberikan obat sesuai dosis dan menghindari pemberian beberapa jenis obat dengan kandungan bahan yang sama. Supaya lebih yakin, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter ya, Moms.

Baca Juga: Cara Mengobati Flu Pada Anak

3. Tidak Memberikan Sesuai Aturan Pakai

Yakin sudah teliti membaca label kemasan obat sebelum memberikannya pada balita? Ini penting sekali, karena salah satu kesalahan memberikan obat pada anak yang sering tak disadari oleh orang tua adalah mengabaikan label kandungan dan aturan pakai.

Padahal, setiap informasi yang ada pada kemasan sangat penting, karena bisa menunjukkan kandungan obat serta gejala yang bisa disembuhkan. Kalau Moms memberikan obat yang tidak sesuai dengan gejala sakit Si Kecil, tentunya ia tidak akan dia bisa sembuh dengan obat tersebut, bukan?

Baca Juga: 5 Kesalahan Orang Tua pada Anak Usia Balita, Pasti Moms Pernah Melakukannya

4. Mencoba Mengobati Anak Sendiri

Karena merasa lebih tahu dengan kondisi buah hatinya, tak sedikit orang tua yang merasa mampu dan yakin bisa mengobati balita sendiri. Padahal, ia tak punya pengetahuan mengenai kandungan obat ataupun kondisi medis yang diderita anaknya. Biasanya, mereka membeli obat warung atau sekedar bertanya pada penjaga apotek.

Kalau sudah begitu, niat untuk menyembuhkan balita malah bisa berujung pada sakit yang semakin parah, lo, Moms?

Jadi, bila Moms tak mempunyai latar belakang medis yang mumpuni, lebih baik periksakan balita pada dokter, agar bisa diberikan penanganan dan pengobatan yang sesuai diagnosa kondisi penyakit Si Kecil.

Baca juga: Perlukah Anak Minum Obat Cacing?

Jadi, agar buah hati bisa cepat sembuh dari sakit, hindari semua kesalahan memberikan obat pada anak di atas ya, Moms.

Percaya deh, lebih teliti dan mengikuti anjuran dokter akan jauh lebih baik bagi kesehatan balita.

Selama ini, apakah Moms juga pernah mengalami kejadian tidak menyenangkan akibat cara memberikan obat pada anak yang kurang sesuai? Mari bagikan pengalaman Moms dibawah ini....

(WA)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait