Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
13 April 2019

Tidak Disangka, Ternyata Ini 4 Manfaat Bermain Skateboard untuk Anak

Mental dan fisik anak sehat berkat bermain skateboard
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Walau kelihatannya sulit, mendorong anak bermain skateboard ternyata dapat memberikan manfaat luar biasa bagi perkembangan serta kesehatan fisik dan mentalnya lho, Moms.

Permainan skateboard sendiri lahir di awal tahun 1950an ketika para peselancar di California ingin tetap berkegiatan saat ombak di laut sedang tidak tinggi.

Sejak itu popularitas skateboard terus meroket dan digemari oleh anak muda di segala penjuru dunia.

Selain meningkatkan kesehatan fisik, manfaat skateboard untuk anak ternyata juga banyak bagi kesehatan mental dan perkembangannya lho, Moms.

Mau tahu apa saja? Yuk kita lihat di bawah ini!

Baca Juga: 5 Manfaat Anak Bermain Kotor

1. Meningkatkan Koordinasi dan Keseimbangan

tidak disangka, ternyata ini 4 manfaat bermain skateboard untuk anak 1

Foto: Townoffrisco.com

Bermain skateboard tidak sekadar tentang menjaga keseimbangan saat berdiri di atas papan yang bergerak lho, Moms.

Menurut pakar fitness dan kesehatan internasional Samir Becic, bermain skateboard akan melatih koordinasi mata, kaki, lengan, dan tangan anak, sehingga akan membantunya lebih mahir dalam melakukan berbagai olahraga dan aktivitas.

2. Melatih Anak Gigih untuk Mencapai Tujuan

tidak disangka, ternyata ini 4 manfaat bermain skateboard untuk anak 2

Foto: Techspirited.com

Saat anak bermain skateboard, pasti akan ada saatnya di mana dia terjatuh dan gagal saat belajar melakukan gerakan baru.

Walau begitu, dia harus bangkit lagi untuk berlatih dan memperbaiki diri agar kemampuan skateboard-nya meningkat.

Seperti dituliskan dalam majalah Thrillspire, bermain skateboard bukan hanya melatih anak pantang menyerah untuk mencapai tujuan, tapi juga mendorong anak berani mencoba hal baru, serta melatih pikirannya agar tetap tenang dan fokus dalam situasi apapun.

Nah, manfaat bermain skateboard untuk anak itulah yang disebut dengan growth mindset atau pola pikir bertumbuh yang penting untuk mendukung kesuksesannya di masa depan.

3. Mengurangi Resiko Stres dan Depresi

tidak disangka, ternyata ini 4 manfaat bermain skateboard untuk anak 3

Foto: Romper.com

Organisasi Hull Services bahkan menjadikan permainan skateboard sebagai bagian dari terapi anak yang mengalami trauma akibat konflik, depresi, kecemasan, dan perundungan lho, Moms.

Dengan mengikuti pendekatan neurosequential model dari ChildTrauma Academy, para staf yang memberikan terapi melihat kemajuan besar pada kesehatan mental anak setelah bemain skateboard secara rutin.

Menurut mereka, bermain skateboard menjadi sarana bagi anak untuk melegakan pikiran dan melepaskan ketegangan dengan cara yang aman dan sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat Main Balok untuk Anak, Bisa Bikin Percaya Diri!

4. Meningkatkan Metabolisme

tidak disangka, ternyata ini 4 manfaat bermain skateboard untuk anak 4

Variasi gerakan aktif dan posisi tubuh saat berlatih ternyata membawa manfaat bermain skateboard untuk anak yang tidak terduga, yaitu meningkatnya metabolisme tubuh.

Metabolisme tubuh yang baik akan menjaga keseimbangan kadar gula dan lemak dalam darah, sehingga anak terlindungi dari resiko obesitas dan diabetes.

Selain itu, metabolisme juga dapat meningkatkan fungsi organ tubuh, penyerapan nutrisi, regenerasi sel dan jaringan halus, pembuangan racun, dan pengaturan panas tubuh.

Melihat banyaknya manfaat untuk anak, apa Moms akan mendukung anak yang ingin mulai bermain skateboard?

(WA/AND)

Artikel Terkait