2-3 tahun

9 April 2019

5 Makanan Yang Dapat Memicu Eczema Pada Balita

Balita yang memiliki eczema dan alergi khusus sebaiknya menghindari 5 makanan ini ya, Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Moms, eczema pada balita adalah kondisi dimana kulit berubah warna menjadi merah, terasa sangat gatal, dan menjadi iritasi bila digaruk.

Walau tidak berbahaya, eczema pada balita yang sedang kambuh akan membuatnya rewel dan sulit tidur karena merasa tidak nyaman.

Jenis eczema yang paling umum diderita oleh balita berusia 6 bulan sampai 5 tahun adalah tipe atopic dermatitis, yang menurut American College of Allergy, Asthma & Immunology dipicu oleh alergen atau zat penyebab alergi.

Dalam sebuah ulasan dari 66 hasil penelitian yang dilansir oleh jurnal medis The Lancet, ada beberapa makanan pemicu eczema pada balita yang sebaiknya dihindari, seperti:

Baca Juga : Berbahayakah Alergi Untuk Tumbuh Kembang Balita?

1. Susu dan Produk Olahan Susu

Foto : Thinkusadairy.org

Eczema pada balita bisa kambuh bila dia mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kasein, yaitu protein susu yang terdapat dalam susu sapi dan kambing serta produk turunannya.

Reaksi eczema terjadi karena sistem kekebalan tubuh balita menganggap kasein sebagai zat berbahaya dan kemudian memproduksi antibodi yang memicu produksi histamin dan menimbulkan eczema, diare, kembung, sakit kepala, dan dermatitis.

Oh ya Moms, eczema pada balita bisa jadi lebih parah bila produk susu yang dikonsumsi telah melalui proses pemanasan.

2. Telur

Foto : Pillsbury.com

Walau mengandung banyak nutrisi baik untuk mendukung tumbuh kembang, balita yang memiliki eczema dan alergi telur sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung telur ya, Moms.

Sebagaimana disebutkan dalam situs Eczema Life, rutin makan telur dapat menyebabkan defisiensi biotin yang dapat memicu eczema pada balita.

Baca Juga : Moms, Tambahkan 7 Rempah untuk Makanan Balita dan Rasakan Manfaatnya

3. Gandum dan Tepung yang Mengandung Gluten

Foto : Self.com

Gandum diketahui mengandung empat jenis protein yang dapat menyebabkan alergi atau intoleransi, dimana salah satunya adalah gluten.

Bila sejak awal Si Kecil sudah memiliki alergi atau intoleransi gluten, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gandum atau gluten akan memicu timbulnya eczema pada balita.

4. Minyak Sayur dan Margarin5 makanan yang dapat memicu eczema pada balita 4

Foto : Medscape.com

Tahukah Moms, kalau minyak sayur dan margarin termasuk bahan makanan pemicu eczema pada balita karena dapat menimbulkan peradangan pada tubuh?

Menurut studi yang dilansir oleh National Institutes of Health, diketahui kalau minyak sayur dan margarin memiliki kandungan omega-6 tinggi, yang bila dikonsumsi terlalu banyak akan memicu reaksi eczema pada balita.

Baca Juga : Berapa Jumlah Ideal Lemak Yang Dibutuhkan Dalam Pola Makan Balita?

5. Jenis Buah Mengandung Salisilat dan Amine

Foto : Videoblocks.com

Makan buah memang baik, tapi sebaiknya dihindari bila ada eczema pada balita ya, Moms.

Beberapa jenis buah seperti alpukat, anggur, kiwi, jeruk, dan buah kering mengandung tiga zat kimia pemicu eczema, yaitu salisilat, amine, dan monosodium glutamat (MSG) alami.

Selain menghindari makanan pemicu eczema pada balita, Moms juga perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga keseimbangan bakteri dalam perut untuk menjauhkan balita dari serangan eczema.

Nah, apa Moms tahu caranya meredakan eczema pada balita?

(WA/CAR)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait