Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Showbiz | Aug 4, 2018

9 Artis Indonesia yang Jadi Pengusaha Startup

Bagikan


 

Meskipun peran sebagai entertainer memberikan penghasilan yang lebih dari layak, sebagian artis memilih tidak melulu menggantungkan kariernya hanya pada satu bidang.

Berbagai jenis usaha kadang digeluti artis, salah satunya mendirikan startup. Di era digitalisasi yang merambah berbagai aspek seperti sekarang, para artispun tak ketinggalan memanfaatkan momen ini.

Entah didasari oleh passion sebagai pengusaha atau alasan lain, nyatanya startup bikinan para artis juga tak kalah berkelas dibanding startup bikinan developer ternama.

Beberapa artis bahkan mendedikasikan startup-nya untuk kegiatan nonprofit, meski kebanyakan tetap mengejar keuntungan sebagai tujuan utamanya. Siapa saja mereka? Berikut artis yang melejit beserta startup kondang bikinannya:

1. Christian Sugiono – Setipe.com dan Malesbanget.com

Siapa yang tidak kenal aktor ganteng ini? Christian Sugiono akhir-akhir ini lebih sibuk di balik layar untuk mengembangkan startup-nya dibanding di depan layar sebagai entertainer.

Sukses dengan Malesbanget.com, Christian Sugiono kemudian meneruskan dengan layanan dating Setipe.com. Usut punya usut, latar belakang pendidikan suami Titi Kamal ini ternyata teknologi informasi. Pantas saja!

2. Daniel Mananta – Wishkoo.com

Daniel Mananta dikenal sebagai sosok artis yang kreatif lewat desain produk wearable-nya. Pun begitu saat membuat startup bernama Wiskhoo.com. Yang unik dari startup ini adalah konsep yang ditawarkan aneh namun unik. Wiskhoo.com akan mengabulkan permintaan pengguna untuk mendapat hadiah spesial, terutama di hari ulang tahunnya.

3. Dian Sastro – Ruangguru.com

Startup bikinan artis tidak melulu mengejar profit. Ada juga yang bertema sosial, seperti startup milik Dian Sastro yang bernama Ruangguru.com. Startup ini didirikan atas kegelisahan Dian terhadap murid yang merasa terbatasi dalam mencari guru privat. Ruangguru.com adalah wadah murid dan guru bertemu, dan sudah tersedia di 33 provinsi.

4. Giring Ganesha – Kincir.com

Pada awalnya, Kincir.com didedikasikan sebagai wadah berkumpul para penggemar dan idolanya. Dibangun tahun 2013 oleh Giring Ganesha, startup ini cukup banyak didatangi para fans yang ingin menyapa idolanya. Fans juga dapat mengetahui profil idolanya secara lebih mendetail. Yang unik, fans juga bisa menyapa artis idola melalui fasilitas live chat.

5. Fitri Tropica – Etalage-id.com

Artis satu ini lebih dikenal karena aksi konyolnya di layar kaca. Namun, di balik perannya tersebut, Fitri Tropica merupakan seorang pengusaha dan pemilik startup Etalage-id.com. Startup ini bergerak dalam jual beli barang unik dan antik seperti mug atau jam dinding. Tidak hanya produk lokal, etalage-id.com juga menyediakan barang impor.

6. Dennis Adhiswara – Layaria.com

Aktor yang juga merangkap produser film ini merupakan salah satu pengusaha muda Indonesia dalam hal startup. Dennis Adhiswara merupakan pemilik startup Layaria.com yang merupakan layanan video blogging.

Startup ini mewadahi pembuat video independen agar karyanya dapat dilihat khalayak umum. Startup Layaria.com bahkan sudah menjadi partner resmi YouTube.

7. Alice Norin – 8wood.id

Seleb cantik ini kerap terlihat di layar televisi dengan peran antagonisnya. Di luar kehidupannya sebagai artis, Alice Norin ternyata seorang pengusaha di bidang online. Melalui startup bernama 8wood.id, Alice menekuni dunia online dengan platform ecommerce. Startup lokal ini bergerak dalam bidang fesyen untuk mewadahi desainer lokal agar dikenal lebih luas.

8. Cut Tari – iPosting.com

Jika kebanyakan artis hanya memfokuskan startup-nya pada ecommerce atau layanan lain, maka startup iPosting.com milik Cut Tari lebih seperti jejaring sosial. Startup ini memiliki konsep mirip dengan Twitter dan sudah memiliki pengguna hingga 12.000. Pengguna dapat mengikuti akun milik orang lain dan juga tersedia fitur mention.

9. Glenn Alinskie – Pollask

Satu lagi yang berbeda dari startup artis kebanyakan adalah Pollask yang dimiliki aktor Glenn Alinskie. Ide awal startup ini adalah jejaring sosial yang mengedepankan polling dan asking. Pengguna dapat terhubung dengan pengguna lain jika memiliki hobi dan kecenderungan sama. Antarmuka yang digunakan hampir sama seperti Facebook.

Beberapa artis di atas menunjukkan bahwa untuk jadi pengusaha muda Indonesia harus punya bekal berupa keterampilan dalam mengelola startup miliknya. Tak jarang pula artis yang beralih jadi pengusaha mengalami kegagalan. Contoh paling aktual adalah Malesbanget.com milik Christian Sugiono yang sempat vakum sebelum melejit dan dapat menarik investor.

Kesempatan jadi pengusaha startup masih terbuka untuk Moms. Kira-kira, startup apa yang ingin Moms buat?

 

(RIA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.