2-3 tahun

20 Februari 2018

Ajarkan Si Kecil Tentang Waktu dengan 4 Cara Berikut Ini

Mengajarkan balita tentang waktu akan membuatnya lebih disiplin.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Waktu adalah sebuah konsep yang sangat penting untuk diajarkan pada balita, karena hanya dengan begitulah Si Kecil dapat menghargai waktu yang ia miliki. Tapi Moms mungkin jadi bingung, bagaimana caranya mengajarkan balita tentang waktu?

Cara mengajarkannya tentu tidak dengan meminta balita menghitung banyaknya menit yang terpakai sambil menunjukkan jam ya, Moms. Mengajarkan balita tentang waktu harus dimulai dari dasar, agar ia dapat mengerti konsep waktu secara menyeluruh. Untuk memulainya, Moms bisa coba 4 cara berikut:

Baca juga: 5 Cara Mengajarkan Anak Pentingnya Menghargai Makanan

1. Ajarkan angka terlebih dahulu

ajarkan si kecil tentang waktu dengan 4 cara berikut ini 1

foto: romper.com

Hal paling mendasar sebelum mengajarkan balita tentang waktu adalah dengan terlebih dahulu mengenalkan pada angka. Meski terdengar mudah, tapi nyatanya banyak orang tua yang bingung dan merasa kesulitan lho, Moms.

Untuk itu Moms bisa mulai dengan secara rutin membiasakan Si Kecil menghitung 1, 2, 3 dengan irama. Boleh dengan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, karena yang terpenting adalah membiasakan balita menghitung dengan urutan yang benar. Sebagai awal, ajak balita berhitung 1 hingga 10 dulu, lalu secara bertahap naikkan angkanya hingga 60.

Menurut riset, menyanyi sekaligus berhitung dengan irama akan membuat balita lebih mudah mengerti tentang angka dan urutannya. Nah, kalau Si Kecil sudah mengerti tentang angka, tentu ia jadi lebih mudah belajar tentang waktu.

2. Menghitung waktu yang akan dipakai

ajarkan si kecil tentang waktu dengan 4 cara berikut ini 2

foto: shutterstock.com

Untuk membuatnya mengerti akan konsep waktu yang terpakai dan terbuang, biasakan balita untuk menghitung waktu yang digunakannya sejak dini. Caranya tidak sulit kok, Moms bisa mulai dengan memberi tahu berapa waktu yang akan dipakainya untuk beraktivitas.

Contoh mudahnya, Moms bisa memberi tahu di awal kalau dia mempunyai waktu 30 menit untuk menonton TV. Jelaskan juga padanya apa arti 30 menit tersebut, jangan lupa juga untuk menunjukan di angka mana Si Kecil harus berhenti. Jadikan jam dinding atau jam analog sebagai patokan agar dia terbiasa melihat jam dan menghitung waktu dengan sendirinya.

Baca juga: Berapa Lama Durasi Anak Menonton TV?

3. Gunakan jam tangan

ajarkan si kecil tentang waktu dengan 4 cara berikut ini 3

foto: smartwatches.org

Untuk mempermudah proses belajarnya, Moms bisa membelikannya jam tangan untuk digunakan. Secara tidak langsung jam tangan pada lengannya akan membuat Si Kecil lebih sadar pada waktu. Dengan begitu, balita jadi bisa lebih sering memperhatikan waktu yang akan dipakai, yang sekaligus akan membuatnya lebih mandiri dan disiplin.

4. Ingatkan jadwal aktivitas Si Kecil

ajarkan si kecil tentang waktu dengan 4 cara berikut ini 4

foto: netmums.com

Meskipun Si Kecil belum mengerti tentang konsep waktu sepenuhnya, sebaiknya Moms secara rutin mengingatkan jadwal aktivitas sesaat sebelum ia memulainya. Contohnya, Moms bisa ingatkan jadwal rutin seperti makan atau bermain dengan terlebih dahulu memintanya melihat jam. Dengan begitu ia mengerti kapan harus bersiap untuk melakukan aktivitasnya.

Mengajarkan waktu pada balita tidak mungkin dilakukan dalam hitungan hari. Dibutuhkan kesabaran ekstra serta latihan rutin setiap harinya, agar dia menyadari bagaimana waktu bekerja. Sudahkah Moms mengajarkan waktu pada Si Kecil hari ini?

(WA)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait