ADVERTISEMENT

KESEHATAN
25 Mei 2019

Ini 6 Makanan yang Bisa Membantu Mengatasi Rasa Cemas

Bisa membantu atasi perasaan cemas lho Moms
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Carla Octama

Berhadapan dengan rutinitas sehari-hari di satu titik bisa membuat seseorang merasa lelah karena banyak bekerja, stres, dan kehabisan tenaga.

Hal ini dapat memengaruhi kesehatan mental dan menimbulkan gejala kecemasan.

Ini logis, mengingat usus berfungsi sebagai pengawal untuk seluruh sistem kekebalan tubuh dan neurologis.

Penting untuk merawat saluran pencernaan dengan pola makan yang menyehatkan pencernaan. Hal ini pun juga penting untuk Moms ketahui.

Meskipun tidak ada makanan ajaib yang dapat "menyembuhkan" atau "mengobati" kecemasan dan depresi, ada beberapa makanan yang secara ilmiah bisa memperbaiki suasana hati.

Jaclyn London, MS, RD, CDN, ahli diet terdaftar, memberikan daftarnya dalam tulisannya di Good Housekeeping.

Baca Juga: 7 Cara Membesarkan Anak yang Memiliki Gangguan Kecemasan

ADVERTISEMENT

1. Makanan Fermentasi

Foto: yogurt

Makanan fermentasi seperti miso, tempe, yogurt, dan kimchi mengandung probiotik, bakteri ramah yang hidup dalam saluran pencernaan dan membantu melawan patogen dan mikroba berbahaya.

ADVERTISEMENT

Makan lebih banyak probiotik dapat membantu merawat mikrobioma pada usus, yang berpotensi menguntungkan kesehatan pencernaan dan otak.

2. Buah Kiwi

Foto: makanan yang bisa atasi kecemasan

Beberapa studi menunjukkan bahwa kombinasi vitamin C dan E plus folat dapat membantu mengurangi stres oksidatif, yang dapat menyebabkan peradangan kronis.

ADVERTISEMENT

Dengan makan kiwi, dapat membantu meningkatkan produksi serotonin, yaitu neurotransmitter yang terkait dengan kesejahteraan dan kebahagiaan.

3. Makanan Laut

Foto: makanan yang bisa atasi kecemasan-2

Asupan makanan laut yang cukup (sekitar 226-340 gram) memiliki pengaruh dalam meningkatkan suasana hati karena asam lemak omega-3 yang dikandungnya.

Coba konsumsi lebih banyak ikan salmon, mackerel, sarden, dan kerang, atau minyak ganggang jika Moms seorang vegan atau vegetarian.

Baca Juga: Apa Gejala dan Penyebab Anxiety (Kecemasan)?

4. Alpukat

ADVERTISEMENT

Foto: alpukat

Buah kaya nutrisi ini padat akan kandungan vitamin B6 dan magnesium, yang dapat membantu produksi serotonin di otak.

Menambahkan irisan alpukat ke makanan sehari-hari akan membantu Moms mendapatkan lebih banyak serat dan lemak sehat dalam diet.

5. Gandum Utuh

Foto: makanan yang bisa atasi kecemasan-3

Prebiotik dapat memicu probiotik tubuh sehingga dapat bertahan hidup dan berkembang.

Makan biji-bijian utuh seperti gandum, serta berbagai buah, sayuran, dan kacang-kacangan untuk mendapatkan prebiotik yang cukup.

ADVERTISEMENT

Makan lebih banyak gandum utuh membantu reseptor serotonin dalam saluran pencernaan berfungsi dengan baik dan berkaitan dalam pengurangan risiko penyakit kronis.

Baca Juga : Sering Merasa Khawatir? Yuk, Kenali Tanda Kita Terserang Kecemasan

6. Susu

Foto: susu

NIkmat, biasanya orang mengonsumsi susu sebelum tidur atau di pagi hari. Tapi, tahukah Moms sda beberapa ilmu dari segelas susu yang diminum sebelum tidur.

Secangkir susu menyediakan mineral seperti kalsium, kalium, dan magnesium. Magnesium khususnya telah dipelajari memiliki peran dalam mengurangi kecemasan.

Yuk konsumsi keenam makanan dan minuman di atas untuk mengatasi rasa cemas!

(AP)

Sebelumnya

7 Cara Mudah Mengatasi Bau Kaki yang Mengganggu
Amelia Puteri • 24 Mei 2019

Selanjutnya

10 Kebiasaan Ini Bikin Gampang Sakit dan Tambah Gemuk
(fitriarahmadianti) • 25 Mei 2019

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT