Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perilaku Anak | Apr 10, 2018

Anak Lebih Lancar Berbahasa Asing? Ini 4 Cara Agar Anak Fasih Berbicara Bahasa Ibu

Bagikan


Sekarang ini sudah banyak sekolah bilingual yang mengajarkan muridnya untuk berbicara 2 hingga 3 bahasa sekaligus. Tapi sayangnya, justru tidak banyak sekolah yang mengajarkan bahasa ibu atau bahasa asli daerah.

Jadi tak heran kalau anak jadi kurang peduli dengan budaya aslinya, bahkan merasa enggan atau malu untuk menggunakannya.

Mempelajari bahasa ibu atau bahasa daerah sebenarnya penting lho, Moms. Selain membuat anak dapat belajar tentang kearifan budaya daerah, mereka juga bisa berperan aktif dalam melestarikannya. Yuk, ajarkan anak berbicara bahasa ibu dengan 4 tips mudah berikut ini:

1. Gunakan Bahasa Khusus Didalam Rumah

internationalnannies.com

Layaknya mengajarkan bahasa asing, membedakan bahasa yang digunakan di dalam dan di luar rumah menjadi salah satu cara paling efektif agar anak cepat menguasainya. Proses pemisahan ini sedikit banyak akan membuat si kecil memiliki kebiasaan baru, yaitu berlatih 2 bahasa sekaligus dalam beraktivitas.

Moms bisa mengajak anak untuk menggunakan bahasa ibu di dalam rumah, dan menggunakan bahasa Indonesia di luar rumah. Bahkan jika perlu, Moms bisa meminta si kecil untuk berbicara dengan bahasa yang berbeda untuk setiap orang di rumah.

Sudah cukup banyak orang tua yang menggunakan cara ini agar anak bisa berbicara dengan banyak bahasa.

2. Sediakan Majalah & Cerita Dengan Bahasa Ibu

pinterest.com

Cara lain adalah dengan menyediakan majalah dan cerita yang menggunakan bahasa ibu. Moms bisa menaruh buku cerita bergambar di kamarnya, atau rutin membacakan ceritanya pada si kecil.

Proses ini tidak hanya akan membuatnya sering mendengar suara dan kata-kata dalam bahasa ibu, tapi juga akan menambah kosakata dan dialek daerah berdasarkan apa yang anak dengar.

Baca Juga : Pentingnya Anak Belajar Bahasa Indonesia

3. Bermain & Bernyanyi Menggunakan Alat Musik Tradisional

pinterest.com

Moms juga bisa mengajak anak untuk bernyanyi sambil lagu daerah sambil memainkan alat musik tradisional.

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa anak yang belajar dengan menari dan menyanyi akan menyerap lebih banyak informasi dibandingkan yang tidak.

Ini berarti semakin sering si kecil menyanyi lagu daerah semakin mudah pula dia mempelajari bahasa ibu. Ternyata tidak sulit kan, Moms?

4. Sering Berkunjung Ke Rumah Kakek & Nenek

babycouture.in

Tips terakhir yang bisa Moms gunakan adalah mengajak anak rutin bermain ke rumah kakek dan nenek yang fasih dan mengerti tentang budaya asli dan bahasa ibu. Moms bisa mengajak kakek atau nenek untuk berbicara dan bersenda gurau dalam bahasa ibu, supaya anak ikut terdorong untuk menggunakannya.

Selain berguna untuk mengajarkan bahasa ibu, pertemuan rutin ini juga pasti akan menguatkan bonding antara anak dan kakek neneknya. Nah, eratnya hubungan ini akan membuat proses belajar bahasa ibu jadi lebih mudah dan cepat.

Mengajarkan bahasa ibu pada anak memang susah-susah gampang. Selama Moms rutin menngajak anak berbicara bahasa ibu dengan menggunakan 4 tips di atas, si kecil pasti akan cepat bisa berbicara bahasa daerah.

Apa Moms sudah pernah mengenalkan bahasa ibu dan budaya daerah pada buah hati?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.