Scroll untuk melanjutkan membaca

PARENTING ISLAMI
26 April 2022

6 Rekomendasi Model Baju Lebaran Kekinian, Bisa Kompakan Bareng Pasangan dan Keluarga!

Sesuaikan dengan selera dan budget, ya Moms!
6 Rekomendasi Model Baju Lebaran Kekinian, Bisa Kompakan Bareng Pasangan dan Keluarga!

Lebaran menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap umat Islam. Persiapan yang dilakukan dalam menyambutnya pun beragam, salah satunya beli baju Lebaran.

Biar tidak bingung, yuk simak rekomendasi baju lebaran pada artikel ini.

Rekomendasi Model Baju Lebaran

Terdapat banyak model baju lebaran setiap tahunnya. Hal ini tentunya sedikit banyak membuat bingung para Moms untuk menentukan pakaian yang tepat.

Semua itu sebenarnya dapat diketahui dengan preferensi masing-masing, namun tidak ada salahnya melihat beberapa rekomendasi model baju lebaran berikut ini.

Baca Juga: Daftar Kalori Kue Lebaran, Nastar atau Kastengel yang Lebih Tinggi Kalorinya?

1. Abaya

Abaya

Foto: Abaya

Foto: shopee.com

Rekomendasi model baju lebaran yang pertama adalah abaya. Abaya merupakan jenis pakaian yang memiliki ukuran panjang ke bawah, dan berasal dari Timur Tengah.

Sering kali disebut juga dengan gamis khas Arab. Model busana ini cenderung simpel dengan bentuk yang melebar dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh pemakainya.

Tentunya akan terasa nyaman dikenakan bagi Moms yang mengenakan hijab.

Aksen busana abaya juga terkesan minimalis, dan memiliki detail bordir, manik-manik, dan layer, serta sering kali hadir dalam warna hitam yang diberi pemanis berwarna emas di beberapa sisi.

Beberapa merek lokal abaya wanita yang bisa Moms jumpai di sejumlah e-commerce, yaitu Parayu Official, Caftanesia, dan Musamma.id.

2. Kaftan

Kaftan

Foto: Kaftan

Foto: shopee.com

Kaftan merupakan salah satu model pakaian yang ditandai dengan ukuran yang lebar dan longgar, serta panjang.

Terdapat berbagai jenis model kaftan, seperti kaftan balik, kaftan kerut depan, dan kaftan dengan model khusus.

Sebenarnya jenis baju ini dapat digunakan dalam berbagai acara, tidak hanya untuk lebaran saja.

Selain untuk lebaran, kaftan juga bisa digunakan untuk pergi ke acara pernikahan, wisuda, aqiqah, pengajian, dan lainnya.

Model pakaian ini dapat digunakan oleh siapa saja tanpa memandang ukuran tubuh.

Model kaftan yang berpotongan lurus dan cenderung lebar di bagian bawah tidak membentuk tubuh dan membuat pemakainya terlihat anggun.

Jenis kain kaftan yang bagus digunakan adalah kain sifon, satin, atau sutra yang dikenal dengan kualitas kain yang bagus dalam menyerap keringat, sehingga ketika dipakai dalam kondisi apapun tetap terasa nyaman.

Beberapa merek lokal yang menyediakan kaftan dengan kualitas yang baik, yaitu Orimozasolo, Floral.id, Epicthelabel, dan Cheval.official.

Baca Juga: 10 Cara Menjaga Berat Badan Ideal saat Lebaran, Tanpa Takut Gemuk!

3. Gamis

13% Rp220.000
Rp190.000
Haura Abla gamis haura  black

Gamis merupakan busana muslimah yang memiliki berbagai model dan dapat menutupi tubuh dari leher hingga kaki.

Gamis juga hadir dalam berbagai motif, ada motif bunga, garis-garis, dan juga ada pula yang polos.

Adapun jenis gamis, yaitu gamis ruffle, gamis cape, gamis peplum, gamis layering, gamis ikat, dan gamis lengan berbentuk lonceng.

Tidak hanya untuk lebaran, gamis juga seringkali menjadi busana wanita muslimah yang digunakan sehari-hari dalam berbagai kesempatan, seperti arisan, mengadakan pertemuan dengan teman, hingga pernikahan.

Agar penampilan terlihat bagus saat memakai gamis, pastikan pilih gamis yang ukurannya sesuai, yang tidak membuat lekuk tubuh menjadi tampak jelas, namun juga tidak kebesaran.

Baca Juga: Daftar Kalori Kue Lebaran, Nastar atau Kastengel yang Lebih Tinggi Kalorinya?

4. Tunik

Tunik

Foto: Tunik

Foto: shopee.com

Rekomendasi baju lebaran berikutnya adalah tunik. Tunik merupakan salah satu jenis busana muslimah yang cukup populer dan dapat digunakan siapa saja, baik remaja, hingga dewasa.

Busana muslimah ini rupanya memiliki sejarah dan pada awalnya berasal dari Romawi Kuno dan Yunani.

Tunik memiliki ciri di mana jenis baju ini tampak longga dan sedikit lebar, serta menutupi bagian atas tubuh, dan sering kali memiliki panjang sampai lutut, paha, hingga betis.

Tunik hadir dalam berbagai jenis motif, warna, dan bentuk. Adapun beberapa jenis tunik yang sering kali dijumpai yaitu, tunik polos, tunik vest, tunik asimetris, tunik batik, tunik abaya, tunik dress, dan tunik motif.

Moms bisa mendapatkan beberapa jenis dan model tunik dari beberapa merek lokal, seperti Tuniquewear, Bayleaf.id, Nobby.co.id, Zaskiamecca.official, dan Kyoya_official.

Nah, selain beberapa model baju lebaran untuk wanita di atas, Moms juga bisa mencoba inspirasi baju lebaran yang berseragam bersama keluarga atau pasangan.

5. Baju Lebaran Couple

Baju Lebaran Couple

Foto: Baju Lebaran Couple

Foto: shopee.com

Baju lebaran couple seringkali menjadi pilihan bagi beberapa pasangan atau ibu dan anak agar tampak serasi.

Moms bisa memakai busana untuk lebaran dari salah satu model pakaian, namun memiliki warna atau model yang sama dengan Si Kecil atau pasangan.

Baca Juga: 5 Anak Seleb dengan Baju Muslim Saat Lebaran #DiRumahAja

6. Baju Lebaran Keluarga

Baju Lebaran Keluarga

Foto: Baju Lebaran Keluarga

Foto: shopee.com

Rekomendasi baju lebaran yang terakhir adalah busana yang memiliki motif atau warna yang sama dengan anggota keluarga lainnya.

Mengenakan baju lebaran dengan warna dan motif yang sama saat lebaran dapat memperlihatkan kekompakan Moms dan keluarga.

Moms bisa memilih baju koko dengan warna yang senada dengan gamis atau tunik yang Moms gunakan, begitu pula dengan busana Si Kecil.

Salah satu merek lokal yang baju Lebaran yang seragam bersama keluarga, yaitu Kakhaofficial.

Demikian rekomendasi baju lebaran untuk mempermudah Moms dan keluarga saat memilih. Sesuaikan dengan selera dan budget yang dipunya, ya!

Copyright © 2023 Orami. All rights reserved.