2-3 tahun

2-3 TAHUN
10 Januari 2018

Perkembangan Batita Bulan Ke-16

Minta anak mengikuti petunjuk atau memenuhi permintaan sederhana.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Perkembangan Anak:

Pada usia 16 bulan, umumnya Si Kecil sudah bisa berjalan. Mungkin jalannya masih terlihat sedikit lucu atau sering terjatuh karena ia belum memiliki keseimbangan yang bagus.

Untuk menjaga keseimbangan, anak mungkin berjalan dengan kaki terbentang lebar, berdiri dengan menaikkan bokong ke atas, atau gerakan-gerakan khas lainnya.

Kelihatannya memang lucu atau bahkan aneh, tapi ini bagus untuk melatih kemampuannya. Kenali juga bentuk kaki balita saat pertama kali berjalan ya, Moms. Perhatian Moms sangat menentukan penanganan yang tepat bila memang Si Kecil membutuhkannya.

Catatan untuk Moms:

Seiring dengan kemampuannya bergerak bahkan berjalan, anak memiliki keinginan yang semakin besar untuk menjelajahi lingkungannya.

Jadi berikan ia kesempatan untuk mengeksplorasi termasuk juga untuk bermain sendiri. Tidak selalu harus bermain bersama Moms atau Dads, anak juga bisa asik main sendiri, lho.

Namun, bukan berarti anak tidak membutuhkan atau menginginkan Moms mengawasinya, tapi bermain bebas tanpa dipimpin orang dewasa memberi ia rasa percaya diri.

Tips bulan ini:

Minta anak mengikuti petunjuk atau memenuhi permintaan sederhana. Ambilkan kaus kaki yang terjatuh di lantai, menutup kotak mainan, taruh boneka di dekat bantal dan lain sebagainya. Ia sudah mengerti instruksi sederhana lho, Moms!

Narasumber: Belinda Agustya, M.Psi., Psikolog Anak (Rainbow Castle, Jakarta Selatan)

(AK)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait