2-3 tahun

17 Januari 2018

Perkembangan Batita Bulan Ke-23

Siapkan anak untuk menjalani pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangannya sekaligus melengkapi imunisasi yang mungkin belum diperolehnya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Perkembangan Anak:

Sudahkah Moms membuat jadwal dengan dokter lagi, Moms? Si Kecil hampir dua tahun, yang berarti dia hampir siap untuk menjalani pemeriksaan fisik lain di mana dokter anak memeriksa pertumbuhan dan perkembangannya sekaligus melengkapi imunisasi yang mungkin belum diperolehnya.

Baca Juga : Kiat Mengajak Balita ke Dokter Tanpa Rewel

Catatan untuk Orang Tua:

Tidak perlu terkejut kalau kali ini Si Kecil lebih rewel saat diajak ke dokter. Ini bisa jadi karena daya ingat anak sudah semakin baik. Ia kini bisa mengingat dan memiliki gagasan tentang situasi yang pernah dia alami.

Misal, ia ingat terakhir kali ke dokter, ia disuntik dan menangis! Tapi Moms bisa mengingatkan hal lain. Misalnya tentang stiker yang diperolehnya dari dokter setelah ia disuntik. Senang, kan?

Tips Bulan Ini:

Si Kecil tidak hanya mengingat kejadian tapi juga mengingat banyak hal tentang cara melakukan sesuatu. Menaiki tangga, mendaki dan turun, memanjat kursi...banyak lagi. Saat dia belajar, pengawasan Moms adalah bagian penting untuk menjaganya agar tetap aman. Beri ia dukungan dengan memberi semangat atau mengingatkan satu cara padanya. Misal, “Pegang dindingnya dulu, Nak. Melangkah satu-satu. Nah, seperti itu!”

(AK)

Narasumber Ahli : Belinda Agustya, M.Psi., Psikolog Anak (Rainbow Castle, Jakarta Selatan)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait