Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Anak | Oct 17, 2018

4 Cara Melatih Anak untuk Menjaga Kebersihan di Sekolah

Bagikan


Sanitasi dan menjaga kebersihan memang masih terdengar merepotkan bagi anak. Mereka menganggap banyak aturan yang membuat mereka malas memperhatikan kebersigan saat berada di luar pengawasan orang tua.

Sekolah biasanya menjadi arena “bebas” bagi anak untuk tidak menerapkan sanitasi yang menurut anak terlalu banyak aturan. Padahal justru di area umum seperti itu justru kesadaran sanitasi sangat perlu diterapkan anak.

Lalu, bagaimana caranya untuk menanamkan pentingnya kebersihan pada anak, agar anak sadar bahwa menjaga kesehatan adalah tanggung jawab dirinya sendiri? Berikut beberapa cara melatih anak untuk menjaga kebersihan di sekolah!

1. Buang Sampah Pada Tempatnya

Menanamkan gaya hidup sehat tidak akan terjadi dalam satu dua hari Moms. Ini wajib dibiasakan sejak kecil lewat contoh yang mereka lihat sehari-hari.

Berilah contoh kebiasaan mulai dari diri Moms ketika di area publik. Menyimpan sampah saat tidak ada tempat sampah terdekat jadi salah satu contohnya.

Jangan paksakan anak dengan bahasa yang “memerintah” tapi ciptakanlah kebiasaan buang sampah pada tempatnya.

Saat di lingkungan sekolah, ajarkan anak untuk menjadi contoh yang baik bagi teman-temannya. Kalau Si Kecil jadi contoh yang positif, bukankah itu juga suatu kebanggan juga Moms?

Baca Juga: Ajari Anak Membuang Sampah Pada Tempatnya Dengan 4 Cara Mudah Ini

2. Cuci Tangan Sebelum Makan

Kalau urusan ini sepertinya cukup sulit, karena kadang anak sering tidak sabaran untuk segera makan sebelum cuci tangan.

Saat di sekolah, salah satu caranya agar Si Kecil bisa menjaga kebersihan tangan adalah memberikannya sabun cuci tangan cair atau bisa juga hand sanitizer dengan bentuk yang lucu, sehingga mereka selalu ingin menggunakannya.

Jika perlu, mintalah guru anak untuk mengingatkan cuci tangan sebelum makan, bukan hanya kepada anak Moms tapi juga untuk anak-anak lainnya.

Sehingga anak sadar, bahwa menjaga kebersihan tangan sebelum makan bukan hanya kewajiban dirinya sendiri, tapi juga semua anak.

3. Buang Air di Toilet

Banyak anak usia sekolah dasar kurang suka buang air besar atau kecil di toilet sekolah mereka. Banyak juga guru-guru yang kewalahan sering mendapati anak buang air di dalam kelas.

Kemungkinannya ada dua Moms. Pertama, karena kebersihan toilet sekolah yang kurang, dan yang kedua mereka takut atau sungkan untuk meminta tolong guru untuk menemani anak ke toilet.

Kalau sudah seperti ini, mintalah pihak sekolah untuk mengontrol kebersihan toilet sekolah juga mengajarkan anak untuk tidak sungkan meminta izin ke toilet dan minta ditemani gurunya.

Baca Juga: 5 Cara Mengajarkan Anak Agar Cinta Lingkungan

4. Memilih Jajanan yang Sehat

Sekolah dan jajanan memang tidak bisa dilepaskan! Banyak sekali jajanan yang menggugah selera anak yang tidak bisa dikontrol jika Moms tidak berada langsung mengawasi anak di sekolah.

Untuk itu, Moms bisa memberikan sebuah petunjuk mengenai jenis jajanan yang tidak dapat dikonsumsi di sekolah.

Misalnya, jangan membeli makanan dengan pewarna yang mencolok, jajanan yang tidak diberi kemasan, atau jajanan yang dihinggapi banyak lalat karena bisa membuatnya sakit.

Sampaikan petunjuk ini setiap hari sebelum anak berangkat ke sekolah agar anak selalu mengingatnya.

Coba Moms perhatikan, apakah Si Kecil sudah memulai perilaku hidup sehat di sekolah?

(LMF)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.