Selebriti

SELEBRITI
25 Februari 2019

Rachel Goddard Melahirkan Caesar Sambil Nge-Vlog, Begini Ceritanya!

Rachel tidak boleh mendekap bayinya setelah melahirkan karena makeup-nya terlalu tebal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Melahirkan menjadi momen paling bersejarah bagi seorang ibu. Itu menjadi kali pertama ibu melihat anak yang telah dikandungnya selama 9 bulan.

Tidak ingin menyia-nyiakan momen tersebut, beauty vlogger Rachel Goddard mengabadikannya dengan membuat video.

Bukan video dokumentasi kelahiran biasa, tapi vlog. Betul Moms! Rachel melahirkan caesar sambil nge-vlog!

Untuk melancarkan niatnya itu, Rachel sudah meminta restu dari dokter yang menanganinya. Dokter pun sudah memberikan izin.

Rachel dan suaminya Ben Goddard memutuskan untuk melakukan operasi caesar pada 18 Juli 2018. Kebetulan, tanggal tersebut merupakan tanggal cantik. Dan kebetulan juga, ketika itu Inggris, negara asal Ben, sedang tidak ada jadwal pertandingan sepak bola.

“Kita sudah plan semuanya. 18-7-18 kan bagus tanggalnya,” tutur Rachel saat berbincang dengan Orami di kediamannya di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis (17/1).

Melahirkan Caesar Karena Ada Kista

Bukan ingin melahirkan di tanggal cantik yang menjadi alasan Rachel untuk melahirkan secara caesar. Kondisi kehamilan Rachel dengan kista lah yang membuatnya memilih jalan tersebut.

“Ini perlu gue lurusin. Gue punya kista. Dan kista itu sudah mengganggu hidup gue. Sakitnya bukan main. Kalau lahiran normal, belur tentu kista bakal ikut keluar. Tapi kalau caesar, kistanya bisa sekalian dikeluarin,” terang perempuan berdarah Batak itu.

Selain mempersiapkan mental untuk menjalani operasi caesar, Rachel juga menyiapkan berbagai kebutuhan untuk syuting di rumah sakit.

Dia sudah berencana melakukan syuting makeup tutorial saat sedang mengalami kontraksi. Setelah itu, dia juga berencana untuk mengambil beberapa gambar di ruang operasi.

Peralatan seperti ring light, kamera, makeup, dan yang lainnya sudah disiapkan untuk dibawa ke rumah sakit nanti. Namun, rencana tersebut hanya tinggal rencana. Akhir Juni, Rachel mengalami flek.

Dokter kemudian memintanya untuk suntik obat demi mematangkan paru-paru bayi yang dikandungnya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bayi harus lahir sebelum jadwal yang ditentukan.

“Dokter bilang, kamu suntik paru-paru dua hari saja. Terserah mau nginap atau tidak. Gue pikir, biar nggak bolak-balik, gue nginep saja,” tuturnya.

Baca Juga: Punya Kista, Begini Perjuangan Rachel Goddard Selama Hamil

Persalinan Maju Dua Minggu

Setelah proses suntik selesai dan keesokan harinya akan pulang, malam harinya Rachel mengalami kontraksi hebat. Lucunya, ketika sedang merasakan kontraksi itu, Ben justru sedang asyik nonton pertandingan piala dunia.

“Trans TV gimana sih sinyalnya? Mau nonton bola kok sinyalnya jelek! Terus dia nengok ke gue dan cuma bilang, oh, kontraksi ya say? Duh,” kata Rachel dengan nada sedikit kesal.

Keesokan harinya, dokter datang untuk memeriksa Rachel. Betapa terkejutnya Rachel ketika dokter mengatakan bahwa dia sudah masuk pembukaan tiga dan menjadwalkan operasi caesar dadakan sore nanti.

“Gue pribadi happy banget. Akhirnya selesai juga perjalanan kehamilan gue yang berat ini. Dokter sampai kaget enggak pernah lihat orang se-happy ini mau operasi,” tutur Rachel sambil tertawa.

Dokter menjadwalkan operasi Rachel akan dilaksanakan pada pukul 16.00. Sayangnya, terjadi kesalahpahaman dengan Ben.

Ben mengira operasi akan dilakukan setelah pukul 19.00 malam karena dokter bilang akan melaksanakan operasi “This evening”. Dalam benak Ben, this evening artinya malam setelah pukul 19.00.

“Jam 14.00, Ben masih makan dengan tenang. Tapi langsung mual pas gue bilang operasinya jam 16.00. Dia malah mau muntah dulu,” cerita Rachel sambil cekikikan.

Baca Juga: Tanpa Baby Sitter, Begini Cara Rachel Goddard dan Suami Mengurus Anak

Lakukan Persiapan Dadakan

Setelah dokter mengabarkan rencana operasi, Rachel pun langsung menelepon manajernya untuk membawakan semua peralatan syuting yang belum sempat dibawanya.

“Tolong bawain ring light, kamera, dan yang lainnya. Gue kan nggak tau ya mau lahiran, jadi nggak bawa itu semua,” ungkapnya.

Rachel senang karena dokternya memberikan izin untuk membuat vlog. Namun, perawat sempat sedikit membuat Rachel kesal, karena ia diharuskan menghapus cat kukunya.

“Padahal, gue itu orangnya nail art banget. Ini harus dihapus. Akhirnya dihapus deh. Sebel,” kata ibu satu anak ini.

Baca Juga: Sering Dinyinyirin karena Belum Punya Anak, Begini Cara Rachel Goddard Menghadapinya

Dimarahi Perawat Karena Makeup Tebal

Sambil mengalami kontraksi kuat, Rachel berhasil menyelesaikan syuting makeup tutorial-nya di kamar perawatan di rumah sakit sebelum dioperasi.

Di ruang operasi, setelah melahirkan, Rachel merasa belum menemukan momen Instagrammable dengan Si Kecil. Dia kemudian meminta perawat untuk menaruh bayi mungil itu di dadanya agar bisa dia dekap.

“Pasti bagus tuh. Tapi, perawatnya bilang, eggak boleh ibu. Makeup ibu tebal banget! Gue antara mau ketawa sama kesal banget. Tapi iya juga sih, nanti malah baby-nya kena highlighter,” kata Rachel, lalu tertawa.

Pusing dan mual yang dirasakan Ben ternyata tidak juga hilang. Setelah selesai mendampingi Rachel operasi, Ben kembali ke kamar perawatan untuk menemui mertuanya.

“Dan tahu apa yang dia bilang? Mami, saya mau Panadol. Dia masih syok ngeliat operasi caesar. Cuma bisa diam saja,” cerita Rachel.

Kendati semuanya berjalan di luar rencana, Rachel bersyukur syuting vlog yang sudah direncanakannya bisa dilakukan berjalan dengan lancar. Sudah menonton vlog Rachel soal ini Moms? 

(AND)

Artikel Terkait